Gosip dan Fitnah – Perbedaan Gosip beritanya benar dan Fitnah beritanya palsu – Tips Menangani Gosip dan Fitnah

Perbedaan Gosip dan Fitnah

Perbedaan gosip dan fitnah tipis, secara singkat, Gosip biasayanya beritanya benar dan fitnah beritanya palsu. Pada umumnya mulut mereka bocor, yang dimana tidak dapat menahan perkataan (suka membuka rahasia dan sebagainya). Contoh: Semua orang tahu bahwa dia itu bocor mulutnya!

Apa Gossip itu?

Gosip mengacu pada pembicaraan kosong atau rumor, terutama tentang urusan pribadi atau pribadi orang lain. Bergosip juga dikenal dengan istilah dishing atau tattling. Jika Anda bergosip dengan seseorang, Anda berbicara secara informal, terutama tentang orang lain atau acara lokal. Sebagian besar dari kita bergosip, meskipun sebagian dari kita enggan mengakuinya. Apakah Anda ingat situasi di mana Anda berbicara tentang atasan Anda dengan rekan kerja atau situasi di mana Anda memberi tahu salah satu teman Anda tentang hal-hal yang tidak Anda sukai dari teman Anda yang lain? Nah, kedua situasi ini adalah contoh gosip.

Orang yang bisa jaga rahasia bisa menjadi besar. Jaga data dan info! akan menentukan perusahaan dan negara

Perbedaan Antara Gosip dan Fitnah

Tentu saja, gosip bisa dimulai dengan polos, tanpa Anda berniat menyakiti siapa pun. Tetapi, percakapan Anda tentang orang yang tidak ada bersama Anda, yaitu subjek gosip Anda, cenderung meningkat dengan cepat, mengarah pada kritik dan kecaman.

Misalnya, bayangkan Anda melihat foto baru teman Anda di media sosial. Anda merasa gaya rambut atau pakaiannya aneh dan menunjukkan hal ini kepada teman lain dan mulai membicarakan teman yang tidak ada di sana.

Selain itu, percakapan ini mungkin dimulai dengan komentar santai seperti, “Saya tidak suka potongan rambut barunya”, tetapi ini berpotensi memburuk karena Anda pada akhirnya akan membicarakan semua pilihan aneh teman Anda, dan hal-hal lain yang tidak Anda lakukan.
 

 

Apa itu Fitnah?

Fitnah bisa kita gambarkan sebagai salah satu bentuk gosip. Namun fitnah adalah tindakan menyebarkan rumor atau kebohongan tentang seseorang untuk menimbulkan kerusakan dengan sengaja. Selain itu, ini dilakukan dengan tujuan merusak reputasi seseorang.

Fitnah, dergama, atau defamasi merupakan komunikasi kepada satu orang atau lebih yang bertujuan untuk memberikan stigma negatif atas suatu peristiwa yang dilakukan oleh pihak lain berdasarkan atas fakta palsu yang dapat memengaruhi penghormatan, wibawa, atau reputasi seseorang. Kata “fitnah” diserap dari bahasa Arab, dan pengertian aslinya adalah “cobaan” atau “ujian”.

Hukum penjelasan palsu “terutama ditujukan untuk melindungi kesejahteraan mental atau emosional penuntut”. Jika publikasi informasi itu palsu, terjadilah kesalahan berupa fitnah. Jika komunikasi itu tidak salah secara teknis namun menyesatkan, kesalahan berupa penjelasan palsu bisa terjadi.

Hal terkait fitnah adalah pengumuman fakta yang bersifat pribadi kepada publik, yang muncul ketika seseorang mengungkapkan informasi yang bukan masalah umum, dan hal tersebut bersifat menyerang pribadi yang bersangkutan.

Baca juga 👉 Cara Menghentikan Penindasan (Bullying) Perundungan

Perbedaan Utama Antara Gosip dan Fitnah

Secara hukum, fitnah adalah salah satu jenis fitnah. Sementara fitnah mengacu pada fitnah lisan, fitnah mengacu pada fitnah yang dipublikasikan atau tertulis. Jadi, fitnah dan fitnah itu tidak sama, meski banyak orang menganggapnya sama. Fitnah adalah perbuatan melawan hukum (kesalahan sipil) yang dapat dihukum oleh hukum. Terlebih lagi, orang yang memfitnah orang lain dapat dihukum dengan hukuman penjara sederhana, denda, atau keduanya.

Baca juga 👉 Lihat 5 cara efektif ini, untuk mengatasi apabila Anda di gossip-in

Apa Persamaan Antara Gosip dan Fitnah?

Baik gosip maupun fitnah mencakup pembicaraan tentang orang lain saat mereka tidak ada.
Juga, keduanya cenderung melibatkan informasi yang salah atau berlebihan.

Apa Perbedaan Gosip dan Fitnah?
Gosip adalah omong kosong atau rumor, terutama tentang urusan pribadi atau pribadi orang lain sedangkan fitnah adalah tindakan menyebarkan rumor atau kebohongan tentang seseorang untuk menimbulkan kerusakan dengan sengaja. Oleh karena itu, perbedaan utama antara gosip dan fitnah adalah bahwa meskipun bergosip biasanya tidak dimulai dengan niat untuk menyakiti seseorang, fitnah adalah upaya yang disengaja untuk merusak reputasi seseorang. Perbedaan signifikan lainnya antara gosip dan fitnah adalah bahwa gosip tidak dapat dihukum oleh hukum sedangkan fitnah dapat dihukum oleh hukum.

Baca juga 👉 Sifat (perilaku) dapat dirubah. Tetapi watak (karakter) tidak dapat. Setuju ???
 

Ringkasan – Gosip vs Fitnah

Baik gosip maupun fitnah mencakup pembicaraan tentang orang lain saat mereka tidak ada. Meskipun keduanya adalah kebiasaan buruk, fitnah lebih buruk dari gosip.

Perbedaan utama antara gosip dan fitnah adalah bahwa gosip biasanya tidak dimulai dengan maksud untuk menyakiti seseorang sedangkan fitnah adalah upaya yang disengaja untuk merusak reputasi seseorang.

Baca juga 👉 Cara Untuk Menguji Apakah Dia, Adalah Teman Sejati Anda Atau Bukan BFF

Bisakah Anda menuntut gosip dan fitnah?

Gosip dan fitnah yang berbahaya di tempat kerja dapat menyebabkan pencemaran nama baik. Untuk menyatakan gugatan pencemaran nama baik, penggugat harus menunjukkan publikasi yang disengaja atas pernyataan fakta yang tidak benar, tidak berhak dan memiliki kecenderungan alami untuk mencederai atau menyebabkan kerusakan khusus.
 


 

Tips Menangani Gosip dan Fitnah

Bayangkan Anda baru saja mengetahui bahwa seseorang membicarakan Anda di belakang Anda. Mungkin musuh menuduh Anda sebagai penggoda tanpa harapan. Atau mungkin seorang teman yang Anda percayai dengan permintaan doa memberi tahu seluruh gereja tentang pergumulan rahasia Anda. Emosi membanjiri Anda dengan cepat. Kemarahan, rasa malu, dan segerombolan emosi lainnya saling berlarian di benak Anda.

Apa yang Anda lakukan saat menghadapi gosip dan fitnah? Berikut beberapa tip yang dapat membantu Anda menangani situasi tersebut.

1. Bernapas

Yang ini hal terpenting pertama.  Tarik napas dalam-dalam! Pernapasan tidak hanya membantu otak Anda bekerja lebih baik, tetapi juga mencegah Anda pingsan karena terkejut atas beberapa hal konyol yang dikatakan beberapa orang. Serius, setelah mendengar semua tentang drama, luangkan waktu sejenak untuk bernapas sebelum mencoba memprosesnya. Pikiran Anda akan berterima kasih.

2. Jangan Menjawab Dengan Baik

Manusia pada dasarnya memiliki kekurangan. Ketika saya mendengar bahwa seseorang berbicara buruk tentang saya, kecenderungan pertama saya hampir selalu memikirkan sesuatu yang buruk yang telah saya amati tentang mereka. Mudah untuk mengatakan, “Dia tidak punya tempat untuk bicara karena dia punya masalah di sini, di sini, dan di sini!”

Ini bukanlah reaksi yang saleh; itu pembalasan. Ada tempat untuk memikirkan sifat si penggosip dan mengapa dia mungkin mengatakan apa yang mereka lakukan, tetapi membalas dengan kritik terhadap orang lain bukanlah tindakan yang bijaksana. Itu hanya menyedot Anda ke dalam lingkaran gosip yang berantakan. Anda mungkin mengira tanggapan Anda cerdas, tetapi sering kali itu hanya bersifat impulsif. Penyesalan biasanya segera menyusul.

3. Pertimbangkan Sumbernya

Dari mana berita buruk itu berasal adalah masalah besar. Apakah Anda mendengar gosip atau fitnah dengan telinga Anda sendiri? Atau apakah pembawa cerita memberi tahu Anda tentang hal itu?

Gosip dan fitnah adalah sifat buruk yang rumit karena selalu membutuhkan setidaknya dua orang untuk beroperasi: orang yang berbicara dan orang yang mendengarkan. Saya biasanya punya dua pertanyaan untuk siapa saja yang mengadu drama dengan saya. “Pertama-tama, mengapa penggosip / pemfitnah merasa bebas untuk membicarakan saya tentang saya? Kedua, mengapa Anda memberi tahu saya tentang apa yang mereka katakan? Demi kebaikan saya? Atau hanya untuk melihat reaksiku? ”

Sangat penting untuk mempertimbangkan sumbernya ketika berurusan dengan mereka yang terus-menerus memiliki cerita untuk diceritakan. Saya biasanya secara mental menandai mereka sebagai orang yang tidak bisa dipercaya dengan sebuah rahasia. Mereka mungkin bermaksud baik, tetapi seringkali mereka mengatakan setengah kebenaran dan tidak menyadari kerusakan yang ditimbulkannya.

4. Berdoa

Doa sangat penting dalam setiap langkah menangani gosip dan fitnah. Mudah untuk marah, merasa benar sendiri, dan sombong. Pastikan untuk berdoa untuk hati Anda sendiri serta hati semua orang yang terlibat dalam lingkaran gosip.

Menumbuhkan rasa pahit tidak akan membuat rasa sakitnya berkurang.

Cobalah yang terbaik untuk memaafkan dan memberikan pipi yang lain. Ini mungkin proses yang memakan waktu, yang merupakan alasan lain untuk mandi situasi dalam doa.

5. Batalkan “Pesta” Kasihan

Meskipun gosip dan fitnah bisa membuat Anda depresi, Anda tidak harus membiarkan keadaan membuat Anda menjadi martir yang tidak berdaya.  Sekalipun para penggosip mengatakan semi-benar tentang pergumulan atau masa lalu Anda, Anda adalah ciptaan baru di dalam Tuhan.

Percayai Dia dan cinta-Nya untuk Anda. Dia tidak akan pernah meninggalkan atau mengabaikan Anda, tidak peduli apa yang telah Anda lakukan. Dia lebih dari mampu untuk menebus Anda dan situasi ini untuk kemuliaan dan kebaikan Anda.

6. Lepaskan

Sayangnya, tidak ada gosip dan fitnah yang mengontrol. Jika sangat sulit untuk mengekang lidah kita, apa yang membuat kita berpikir bahwa kita mungkin bisa menjinakkan lidah orang lain?

Apa pun yang Anda lakukan, Anda tidak dapat menghentikan orang lain untuk membicarakan Anda. Satu-satunya orang yang dapat Anda kendalikan adalah diri Anda sendiri, kata-kata Anda, dan tanggapan Anda.

Setelah Anda menyadarinya, ini akan memungkinkan Anda untuk melihat dengan jelas opsi apa yang Anda miliki. Daripada sia-sia berpikir bahwa Anda ingin mereka berhenti, Anda dapat memutuskan apa yang harus dilakukan dengan situasi Anda dan melanjutkan hidup Anda.

Lepaskan, teman. Tolong lepaskan.

7. Menanggapi

Sekarang kita sampai pada aksinya. Apa yang akan kamu lakukan sekarang?

Salah satu pilihan adalah tidak melakukan apa-apa. Untuk bersabar dan melepaskan pandangan sekilas. Menggunakan situasi sebagai kesempatan untuk bertumbuh.

Pilihan lainnya adalah pergi ke akar rumor dan berbicara dengan mereka tentang apa yang mereka katakan. Kadang-kadang, setelah berbicara dengan mereka, Anda bahkan mungkin mengetahui bahwa mereka tidak mengatakan apa yang dilaporkan kepada Anda atau bahwa itu semua hanya kesalahpahaman.

Apa pun yang Anda pilih, perlu diingat bahwa penggosip dan fitnah berkembang pesat dalam drama. Jika Anda memberi mereka respons emosional, kemungkinan besar itu hanya akan menjadi bahan bakar untuk petualangan mereka berikutnya.

Ingat juga, biasanya yang terbaik adalah tidak mencari pendapat orang lain tentang Anda. Jika Anda tidak sengaja menemukan kesempatan untuk mendengar atau membaca kritik non-konstruktif atau opini negatif orang lain tentang Anda, jangan diam saja dan mendengarkan. Berjalan (atau lari). Hanya dengarkan suara Guru Anda dan mereka yang membangun dengan kata-kata cinta-Nya.
 


 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 
Sumber bacaan: Difference Between, Kindred Grace, Avvo
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-10-08T03:07:44+07:00 Oktober 7th, 2020|Lainnya|0 Comments

Leave A Comment