Hari Bakti Dokter Indonesia 20 Mei – Apa dokter yang baik dan bagaimana Anda menjadinya?

Penetapan Hari Bakti Dokter Indonesia

Sejak tahun 2008, tanggal 20 Mei, telah ditetapkan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) sebagai Hari Bakti Dokter Indonesia yang kemudian diketahui oleh Kepala Negara dan seluruh masyarakat luas merupakan penghargaan yang tidak ternilai untuk jasa-jasa dokter yang menggerakkan kebangkitan nasional bangsa kita.

(Disampaikan pada saat peringatan puncak peringatan Seabad Kebangkitan Nasional dan Seabad Kiprah Dokter Indonesia oleh IDI di Istana Negara, 28 Mei 2008).

Apa dokter yang baik dan bagaimana Anda menjadinya?

Kami sering mengajukan pertanyaan ini di antara kami sendiri — seorang dokter yang memulai kariernya, seorang peneliti aktif yang sedang mendekati puncaknya, dan seorang pensiunan dokter yang membutuhkan perawatan geriatri. Kami terkadang bertanya kepada orang lain juga. Terlepas dari poin yang berbeda, daftar harapan sangat mirip. Kita semua menginginkan dokter yang akan:

1. Hormati orang, sehat atau sakit, terlepas dari siapa mereka, kaya atau miskin, cantik atau tidak.

2. Mendukung pasien dan orang yang mereka cintai kapan dan di mana mereka dibutuhkan.

3. Menjelaskan tentang kesehatan serta mengobati penyakit. Tidak berbohong dan jika tidak tahu jelas tentang suatu penyakit, harus tetap di informsikan kepada pasien. Karena seorang dokter, tetap seorang manusia dan memiliki keterbatasan  yang layak untuk menjadi seorang dokter.

4. Merangkul kekuatan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung orang-orang dengan informasi terbaik yang tersedia, sambil menghormati nilai-nilai dan preferensi individu mereka.

5. Selalu ajukan pertanyaan yang sopan, biarkan orang bicara, dan dengarkan dengan cermat.

6. Berikan saran yang tidak memihak, biarkan orang berpartisipasi secara aktif dalam semua keputusan yang terkait dengan kesehatan dan perawatan kesehatan mereka, menilai setiap situasi dengan cermat, dan membantu apa pun situasinya.

7. Gunakan bukti sebagai alat, bukan sebagai penentu praktik; dengan rendah hati menerima kematian sebagai bagian penting dari kehidupan; dan membantu orang membuat pengaturan terbaik ketika kematian sudah dekat.

8. Bekerja sama dengan anggota tim kesehatan lainnya.

9. Jadilah advokat proaktif untuk pasien mereka, mentor bagi profesional kesehatan lainnya, dan siap untuk belajar dari orang lain, tanpa memandang usia, peran, atau status mereka

10. Akhirnya, kami ingin dokter memiliki kehidupan yang seimbang dan merawat diri mereka sendiri dan keluarga mereka serta orang lain. Singkatnya, kami ingin dokter bahagia dan sehat, peduli dan kompeten, dan teman perjalanan yang baik bagi orang-orang melalui perjalanan yang kita sebut kehidupan.

Sayangnya, kami tidak memiliki lampu ajaib, dan tidak ada jin. Kita harus menggunakan keterampilan dan upaya kita sendiri untuk membuat dokter yang baik yang kita inginkan dan butuhkan. Ini adalah tanggung jawab yang luar biasa.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2020-05-20T17:08:06+07:00 Mei 20th, 2020|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment