fbpx

Infeksi Sinus – Tanda Gejala, Perawatan, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan

Infeksi Sinus

Infeksi sinus adalah rongga pada tulang berada sekitar nasal hidung ketika mereka tersumbat dan dipenuhi dengan cairan atau kuman.

Secara medis dikenal sebagai rinosinusitis, infeksi sinus terjadi ketika rongga hidung Anda terinfeksi, bengkak dan meradang.

Sinusitis biasanya disebabkan oleh virus dan sering berlanjut bahkan setelah gejala pernapasan atas lainnya hilang. Dalam beberapa kasus, bakteri, atau jarang jamur, dapat menyebabkan infeksi sinus.

Kondisi lain seperti alergi, polip hidung, dan infeksi gigi juga dapat berkontribusi terhadap nyeri dan gejala sinus.

Gejala infeksi sinus

Berijut adalah gejala infeksi sinus:

1. Nyeri pada sinus Anda

Nyeri adalah gejala umum sinusitis. Anda memiliki beberapa sinus berbeda di atas dan di bawah mata Anda serta di belakang hidung Anda. Semua ini dapat menyakitkan ketika Anda memiliki infeksi sinus.

Peradangan dan pembengkakan menyebabkan sinus Anda terasa sakit dengan tekanan tumpul. Anda mungkin merasakan sakit di dahi, di kedua sisi hidung, di rahang dan gigi bagian atas, atau di antara mata Anda. Ini dapat menyebabkan sakit kepala.

2. Keluar cairan dari hidung

Ketika Anda memiliki infeksi sinus, Anda mungkin perlu sering meniup hidung karena keluarnya cairan dari hidung, yang bisa keruh, hijau, atau kuning. Cairan ini berasal dari sinus Anda yang terinfeksi dan mengalir ke saluran hidung Anda.

Cairan ini juga dapat memintas hidung dan mengeringkan bagian belakang tenggorokan Anda. Anda mungkin merasakan gatal, gatal, atau bahkan sakit tenggorokan.

Ini disebut postnasal drip dan dapat menyebabkan Anda batuk pada malam hari ketika Anda berbaring untuk tidur, dan di pagi hari setelah bangun. Ini juga dapat menyebabkan suara Anda terdengar serak.

3. Hidung tersumbat

Sinus yang meradang juga membatasi kemampuan bernapas melalui hidung. Infeksi ini menyebabkan pembengkakan pada sinus dan saluran hidung. Karena hidung tersumbat, Anda mungkin tidak akan bisa mencium atau merasakan seperti biasa. Suara Anda mungkin terdengar “pengap.”

4. Sakit kepala sinus

Tekanan tanpa henti dan pembengkakan pada sinus Anda dapat memberi Anda gejala sakit kepala. Nyeri sinus juga bisa membuat Anda sakit telinga, sakit gigi, dan sakit pada rahang dan pipi.

Sakit kepala sinus sering kali paling buruk di pagi hari karena cairan telah terkumpul sepanjang malam. Sakit kepala Anda juga bisa bertambah buruk ketika tekanan barometrik lingkungan Anda tiba-tiba berubah.

5. Iritasi tenggorokan dan batuk

Ketika cairan sinus Anda mengalir ke bagian belakang tenggorokan Anda, itu dapat menyebabkan iritasi, terutama dalam jangka waktu yang lama. Ini dapat menyebabkan batuk terus-menerus dan menyebalkan, yang bisa lebih buruk ketika berbaring tidur atau hal pertama di pagi hari setelah bangun dari tempat tidur.

Ini juga dapat membuat sulit tidur. Tidur tegak atau dengan kepala terangkat dapat membantu mengurangi frekuensi dan intensitas batuk Anda.

6. Sakit tenggorokan dan suara serak

Tetes postnasal dapat membuat Anda sakit tenggorokan. Meskipun mungkin mulai sebagai gelitik yang menyebalkan, ini bisa menjadi lebih buruk. Jika infeksi Anda berlangsung selama beberapa minggu atau lebih, lendir dapat mengiritasi dan mengobarkan tenggorokan Anda saat menetes, menghasilkan sakit tenggorokan yang menyakitkan dan suara serak.

Kapan harus menemui dokter Anda untuk infeksi sinus?

Buat janji dengan dokter Anda jika Anda demam, hidung tersumbat, hidung tersumbat, atau sakit di wajah yang bertahan lebih dari sepuluh hari atau terus datang kembali.

Demam bukanlah gejala khas dari sinusitis kronis atau akut, tetapi itu mungkin. Anda dapat memiliki kondisi mendasar yang menyebabkan infeksi kronis, sehingga Anda mungkin memerlukan perawatan khusus.

Infeksi Sinus – Diagnosis dan Pengobatan

Dokter akan melihat gejala Anda dan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter dapat menekan wajah Anda untuk mencari nyeri di sinus, dan menekan gigi Anda untuk melihat apakah sinus di dekat hidung mengganggu Anda.

Anda juga mungkin perlu pemeriksaan lain seperti endoskopi nasal. Endoskopi nasal adalah pemeriksaan dengan memasukkan alat seperti tabung panjang ke dalam hidung yang dilengkapi dengan lampu dan kamera. Dokter menggunakannya untuk melihat ke dalam area saluran hidung dan sinus Anda.

Pengobatan Infeksi Sinus

Jika Anda memiliki infeksi sinus sederhana, dokter mungkin menyarankan Anda menggunakan dekongestan dan mencuci hidung Anda dengan saline atau larutan garam. Anda tidak harus menggunakan obat dekongestan lebih dari 3 hari karena dapat membuat ingus menjadi lebih padat.

Jika dokter Anda memberi Anda antibiotik, Anda mungkin akan mengonsumsinya selama 10 sampai 14 hari. Gejala biasanya menghilang dengan pengobatan.

Udara yang hangat, udara lembab dapat membantu jika Anda memiliki sinusitis kronis. Anda dapat menggunakan vaporizer, atau Anda dapat menghirup uap air hangat. Pastikan air tidak terlalu panas.

Ada beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan sendiri, di antaranya:
  • Kompres dengan air hangat dapat meringankan rasa sakit di hidung dan sinus.
  • Tetes hidung saline aman digunakan di rumah
  • Dekongestan tetes atau semprotan yang dapat dibeli bebas, ini dapat membantu. Jangan menggunakannya lebih lama dari yang direkomendasikan.
  • Dalam beberapa kasus, dokter mungkin meresepkan steroid bersama dengan antibiotik.
Pengobatan lainnya

Anda juga perlu menghindari pemicu terkait dengan sinusitis Anda. Beberapa pilihan pengobatan termasuk:

  • Jika Anda memiliki alergi, dokter Anda dapat merekomendasikan antihistamin.
  • Jika jamur menjadi penyebab, Anda akan mendapatkan resep untuk obat antijamur.
  • Jika Anda memiliki defisiensi imun tertentu, dokter mungkin memberikan imunoglobulin, yang membantu melawan hal-hal yang tubuh lawan.
Pencegahan

Tidak ada cara yang pasti untuk mencegah sinusitis. Tapi ada beberapa hal yang mungkin bisa membantu, antara lain:

  • Jangan merokok, dan cobalah untuk tidak terlalu dekat orang-orang yang merokok
  • Sesering mungkin mencuci tangan Anda, terutama selama musim dingin dan flu, dan mencoba untuk tidak menyentuh wajah Anda
  • Cobalah untuk menjauh dari penyebab alergi.

Perlukah operasi sinusitis?

Anda mungkin membutuhkan operasi, jika antibiotik dan obat-obatan lain tidak membuka sinus Anda. Juga, jika struktur sinus Anda mungkin tidak benar. Misalnya, polip hidung dapat menghalangi aliran sinus. Jika itu yang terjadi, dokter Anda dapat berdiskusi dengan Anda tentang beberapa jenis prosedur operasi.

Dokter biasanya menggunakan endoskopi untuk melakukan operasi ini. Kebanyakan orang dapat kembali ke kegiatan normal mereka dalam waktu 5-7 hari. Pemulihan penuh bisa memakan waktu sekitar 4 sampai 6 minggu.

Ada beberapa prosedur yang dapat dilakukan secara rawat jalan:

Turbinektomi untuk menyusutkan jaringan yang bengkak di hidung. Ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit.
Balloon sinuplasty membuka sinus yang membengkak, yang memungkinkan mereka untuk mengalirkan lendir lebih bebas. Ini jauh seperti balon angioplasty, di mana ahli bedah terbuka diblokir pembuluh darah ke jantung.

Apa yang terjadi jika sinusitis tidak diobati?

Anda akan mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan. Dalam kasus yang jarang terjadi, sinusitis yang tidak diobati dapat menyebabkan meningitis, abses otak, atau infeksi tulang. Bicarakan dengan dokter Anda tentang keprihatinan Anda.

Pencegahan Sinusitis

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk dapat mengurangi risiko sinusitis:

  • Vaksinasi flu setiap tahun akan membantu mencegah flu (influenza) dan infeksi berikutnya pada saluran pernapasan bagian atas.
  • Hindari kontak dengan orang yang sedang pilek dan infeksi virus saluran pernapasan atas. Jika Anda memiliki kontak dengan orang yang sedang infeksi ini, cucilah tangan Anda sesering mungkin, terutama setelah kontak dengan orang yang terinfeksi.
  • Hindari rokok, cerutu, dan asap rokok di rumah Anda dan tempat kerja. Asap akan mengganggu dan membuat peradangan membran dalam hidung dan sinus.
  • Jika Anda memiliki alergi, hindari hal-hal yang memicu serangan alergi Anda. Pertimbangkan berbicara dengan dokter Anda tentang imunoterapi, seperti suntikan alergi.
  • Hindari menghirup udara kering. Pertimbangkan untuk menggunakan air humidifier (pelembab udara) di rumah dan tingkatkan kelembaban di udara.
  • Pastikan anak Anda mendapatkan semua imunisasi yang dianjurkan. Beberapa imunisasi, seperti vaksin konjugasi pneumokokus, dapat membantu mencegah infeksi telinga dan sinus.

Infeksi sinus pada anak-anak

Anak-anak memiliki alergi dan rentan terhadap infeksi di hidung dan telinga.

Anak Anda mungkin memiliki infeksi sinus jika mereka memiliki gejala berikut:

  • Pilek yang berlangsung lebih dari 7 hari dengan demam.
  • Bengkak di sekitar mata.
  • Cairan tebal dan berwarna dari hidung.
  • Bau mulut, batuk, mual atau muntah.
  • Sakit kepala.
  • Sakit telinga.

Temui dokter anak Anda untuk menentukan perawatan terbaik untuk anak Anda. Semprotan hidung, semprotan saline, dan penghilang rasa sakit adalah pengobatan yang efektif untuk sinusitis akut.

Jangan memberikan obat batuk dingin atau pilek atau dekongestan kepada anak Anda jika mereka berusia di bawah 2 tahun.

Sebagian besar anak akan pulih sepenuhnya dari infeksi sinus tanpa antibiotik. Antibiotik digunakan untuk kasus sinusitis parah atau pada anak-anak yang memiliki komplikasi lain karena sinusitis.

Jika anak Anda tidak menanggapi pengobatan atau mengembangkan sinusitis kronis, dokter Anda mungkin menyarankan agar mereka menemui dokter THT, yang berspesialisasi dalam masalah telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

Seorang spesialis THT dapat mengambil budaya drainase hidung untuk lebih memahami penyebab infeksi. Spesialis THT juga dapat memeriksa sinus lebih dekat dan mencari masalah dalam struktur saluran hidung yang dapat menyebabkan masalah sinus kronis.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan di PINTERpandai.com
Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kesehatan Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Sumber bacaan: Web MD, Mayo Clinic, World Health Organization (WHO), National Health Service (UK), HealthLine, Centers for Disease Control and Prevention (CDC), The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), MedlinePlus is a service of the National Library of Medicine (NLM) – part of the National Institutes of Health (NIH), National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine (NCBI),

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya 


By | 2020-03-24T02:00:28+07:00 Maret 24th, 2020|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment