Sinus – Penyakit Sinusitis – Tanda Gejala, Perawatan, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan

4 min read

Penyakit sinusitis sinus

Penyakit Sinus (Sinusitis)

Penyakit sinusitis atau sering disingkat menjadi sinus adalah peradangan atau pembengkakan jaringan yang melapisi sinus. Sinus yang sehat dipenuhi dengan udara. Tetapi ketika mereka tersumbat dan dipenuhi dengan cairan, kuman dapat tumbuh dan menyebabkan infeksi.

Penyakit sinusitis adalah peradangan atau pembengkakan dari jaringan yang melapisi sinus, yaitu rongga yang membantuk tengkorak, berada di dahi, pipi, belakang mata, dan belakang hidung.

Sinus yang sehat dipenuhi dengan udara. Tetapi ketika sinus menjadi tersumbat dan berisi cairan, kuman dapat tumbuh dan menyebabkan infeksi yang disebut sebagai penyakit sinus.

Penyakit sinusitis adalah penyakit yang sangat mengganggu. Ada beberapa penyebab sinusitis pada penderita sinus yang harus diketahui. Kondisi yang dapat menyebabkan penyumbatan sinus atau menjadi penyebab sinusitis adalah:

Flu biasa dapat menyebabkan infeksi sinus.
Rinitis alergi, yaitu pembengkakan selaput hidung karena proses alergi.
Pertumbuhan jaringan kecil di lapisan hidung yang disebut polip hidung.
Penyimpangan septum, yang merupakan pergeseran batas tengah rongga hidung.

Gejala Sinus Adalah

Penyakit sinusitis yang akut biasanya dimulai dengan gejala sinusitis yang mirip seperti flu, yaitu mata berair, hidung tersumbat dan nyeri di wajah. Gejala sinusitis ini mungkin muncul tiba-tiba dan berlangsung 2-4 minggu.
Inflamasi subakut sinus biasanya berlangsung 4-12 minggu.

Gejala sinus berupa inflamasi kronis dalam waktu 12 minggu atau lebih.
Sinusitis berulang terjadi beberapa kali dalam setahun. Gejala sinusitis yang terjadi beberapa kali dalam setahun ini kurang lebih sama. Perhatikan ciri-ciri sinusitis yang muncul untuk menentukan apakah penyakit sinusitis tersebut disebabkan karena flu biasa, rhinitis alergi, polip hodung, atau penyimpangan septum yang juga sering memicu gejala dari infeksi sinus.

Ciri-ciri sinus

Pengenalan ciri-ciri sinusitis atau gejala sinusitis akan lebih mudah jika Anda mengalami:

  • Pembengkakan di dalam hidung seperti pilek.
  • Saluran drainase yang tersumbat.
  • Perbedaan struktural yang mempersempit saluran tersebut.
  • Polip hidung.
  • Kekurangan sistem kekebalan atau obat yang menekan sistem kekebalan tubuh.

Untuk anak-anak, hal-hal yang dapat menjadi penyebab sinusitis meliputi:

  • Alergi.
  • Penyakit dari anak-anak lain di penitipan atau sekolah.
  • Dot.
  • Minum dari botol sambil berbaring.
  • Asap di lingkungan..

Tidak hanya pada anak-anak, penyakit sinus adalah penyakit yang bisa menyerang semua umur, termasuk orang dewasa. Jika penyebab sinusitis pada anak-anak adalah karena paparan asap atau udara kotor di lingkungan sekolah atau lingkungan tempat bermainnya, infeksi sinus pada orang dewasa biasanya memiliki sebab utama karena infeksi dan merokok.

Penyakit sinusitis sinus
Ilustrasi yang menggambarkan sinusitis – Penyakit Sinus – Tanda Gejala, Perawatan, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan. Sumber foto: Wikimedia Commons

Gejala Penyakit Sinusitis Akut

Setelah tahu apa itu sinusitis, anda perlu juga untuk mengetahui gejala sinusitis. Gejala sinusitis akut meliputi:

  • Nyeri wajah atau tekanan pada wajah.
  • Hidung merasa tidak nyaman (rasa sakit).
  • Pilek.
  • Hilangnya kemampuan membaui.
  • Batuk.
  • Anda juga mungkin mengalami:
    • Demam.
    • Bau mulut.
    • Kelelahan.
    • Nyeri gigi.
    • Mungkin Anda terkena infeksi sinus akut jika Anda memiliki dua gejala atau lebih, atau ingus hidung yang tebal, hijau, atau kuning.

Gejala Penyakit Sinusitis Kronis

Anda mungkin memiliki gejala-gejala ini selama 12 minggu atau lebih:

  • Perasaan kemacetan atau kepenuhan di wajah Anda.
  • Hidung tersumbat.
  • Demam.
  • Hidung berair atau ingus yang berwarna.
  • Anda mungkin mengalami sakit kepala, bau mulut, dan sakit gigi, juga mungkin merasa lelah.

Cara Mengobati Sinus (Sinusitis)

Penyakit sinusitis sangat banyak terjadi di masyarakat. Pada pembahasan di atas, penyebab sinusitis juga sudah anda ketahui. Namun, tahukah anda bagaimana pengobatan sinusitis ini? Ada beberapa cara mengobati sinusitis yang perlu anda tahu. Ada cara mengobati sinusitis yang mudah, maupun cara mengobati sinusitis dengan penanganan yang lebih rumit.

Pengobatan sinus ditentukan sesuai dengan gejala yang muncul sekaligus tergantung pada penyebab sinus tersebut. Pengobatan sinusitis akut bisa dilakukan untuk meringankan gejala sinus yang muncul tersebut. Anda bisa mengonsumsi dekongestan atau pereda rasa sakit. Jangan lupa pula untuk meminta obat pencegah radang pada dokter anda. Konsultasikanlah obat-obatan untuk sinus yang akan anda pakai ini sesuai petunjuk dokter.

Tidak hanya obat-obatan, ada pula semprotan hidung yang bisa anda gunakan untuk membersihkan hidung agar jalan napas tidak lagi terasa tersumbat. Apabila dokter menemukan infeksi sinus tersebut muncul karena bakteri, maka dokter akan meresepkan antibiotik untuk meredakannya. Dengan pemberian antibiotik, infeksi bakteri ini akan ditekan. Biasanya dosis antibiotik sudah ditentukan dan obat harus dihabiskan agar tidak ada reaksi yang tidak diinginkan.

Namun, ada kalanya seseorang yang sudah berusaha melakukan pengobatan sinus merasa bahwa gejala sinusitis yang dirasakan olehnya tak kunjung sembuh. Jika sudah demikian, mungkin dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi sinus.

Operasi sinus ini dilakukan untuk mengangkat jaringan yang menyumbat saluran sinus dalam hidung, seperti polip. Lebih lengkap tentang pengobatan sinus dan operasi sinusitis ini bisa and baca pada pembahasan di halaman selanjutnya.

Mengetahui penyebab infeksi pada sinus akan memudahkan Anda dan dokter untuk menyepakati cara pengobatan sinusitis yang paling sesuai.

Obat sinus
  • Saline nasal spray, yang Anda semprotkan ke hidung Anda beberapa kali sehari untuk membilas hidung Anda.
  • Kortikosteroid hidung. Semprotan hidung ini membantu mencegah dan mengobati peradangan.
  • Dekongestan.
  • Obat pereda nyeriseperti: acetaminophen (Tylenol, lainnya), ibuprofen (Advil, Motrin IB, lainnya) atau aspirin.

Rinitis Alergi | Gejala, penyebab, pengobatan dan pencegahan


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan di PINTERpandai.com
Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

UU USA Undang-Undang Konstitusi (US Constitution) Legislatif, Eksekutif, Yudikatif

UU USA (US Constitution) / Hukum Tertinggi Negara UU USA atau Konstitusi Amerika Serikat, dengan kata-katanya sendiri, adalah “hukum tertinggi negara”. Diterima pada 17...
PinterPandai
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *