Jenis Inventaris (Stok) Dengan Contohnya Untuk Berbisnis Lebih Lancar

Jenis Inventaris (Stok)

Jika ada satu hal yang benar untuk inventaris, itu adalah bahwa jenis inventaris berpindah di banyak saluran sebelum sampai ke konsumen. Untuk menjalankan bisnis Anda secara hemat biaya, penting untuk memahami jenis inventaris yang umum digunakan dan tahapan yang dilaluinya.

Terkait dalam hal penawaran dan permintaan, ada berbagai jenis inventaris yang perlu diketahui untuk pemilik bisnis dan para manajer. Memahami berbagai jenis inventaris ini dapat membantu Anda mengelola, merencanakan, dan menganggarkan dengan lebih baik. Anda kemudian akan dapat memenuhi permintaan dan berkembang di pasar.

Bahan baku

Gudang perusahaan tidak hanya menampung produk jadi. Beberapa produsen menggunakan pusat distribusi untuk menyimpan bahan mentah untuk jalur produksi mereka. Perangkat lunak kontrol inventaris harus membedakan antara item di rak yang ditujukan untuk pelanggan dan bahan yang dialokasikan untuk penggunaan bisnis. Barcode memungkinkan tingkat dan pergerakan stok yang akurat dengan mengotomatiskan pengumpulan data untuk inventaris.

Memobilisasi manajemen inventaris untuk ERP perusahaan Anda memungkinkan tim manufaktur dan pekerja gudang untuk mengkomunikasikan aktivitas inventaris di sumber pusat. Barcode seluler memungkinkan transaksi material real-time terhadap ERP, di mana pun mereka bekerja. Perangkat lunak mobilitas dapat membedakan antara bahan yang tidak digunakan, barang yang disimpan, dan konsumsi, sehingga memudahkan pelacakan semua jenis bahan secara akurat dan efisien.

Pekerja gudang harus memantau bahan baku untuk memastikan operasi dapat dilanjutkan. Ini tidak hanya berarti aset manufaktur. Inbound Logistics berbagi contoh perusahaan yang harus menghentikan rantai pasokannya karena kehabisan palet pengiriman. Manajer harus melacak setiap alat bisnis yang penting untuk operasi di sistem pusat. Pekerja dapat memberi label pada palet, kendaraan, dan aset lainnya dengan tag pengumpulan data kode batang agar selalu di bawah pengawasan.

Baca juga 👉 Pengembalian Modal (Return on Capital – ROC) – Beserta ROIC, CROIC, ROCE – Rumus, Contoh Soal dan Jawaban

Produk yang Belum Selesai

Setelah bahan mentah dipindahkan ke produksi, mereka dapat kembali ke gudang sebelum siap untuk dijual. Pekerja mungkin bingung dengan produk yang belum jadi yang disimpan di rak gudang untuk barang dagangan yang siap dikirim. Karyawan perlu menggunakan perangkat pengumpulan data otomatis untuk memperbarui status setiap bagian dari inventaris.

Perangkat seluler membuat proses sederhana untuk perubahan klasifikasi. Karyawan dapat menggunakan pemindai kode batang, ponsel cerdas, tablet, atau teknologi pengambilan suara untuk mengkomunikasikan kemajuan inventaris dalam siklus bisnis. Memperlengkapi departemen yang berbeda dengan alat yang seragam mencegah kesalahan komunikasi. Saat material bergerak antara gudang dan manufaktur, prosedur pengumpulan data seluler membatasi kesalahan.

Baca juga 👉 Rumus Akuntansi- Rumus Dasar, Metode, Penyusutan, HPP, Perusahaan Dagang / Jasa

Inventaris Dalam Transit

Tidak semua inventaris disimpan di gudang. Pelatih Akuntansi menggambarkan inventaris dalam perjalanan sebagai produk yang dimiliki perusahaan tetapi tidak dimiliki karena barang-barang tersebut ada di dalam kendaraan transportasi. Akun manajer untuk inventaris ini dengan sistem pengumpulan data. Logistik Masuk yang dilaporkan persediaan dalam perjalanan dapat mencapai 5% hingga 20% dari pendapatan perusahaan.

Untuk mendapatkan visibilitas inventaris yang sedang dalam perjalanan, perusahaan perlu memperluas prosedur pengumpulan data otomatisnya kepada karyawan dan pemasok pengiriman. Pengemudi distribusi dapat menggunakan beberapa alat seluler sebagai karyawan gudang. Manajer dapat menggunakan laporan inventaris yang masuk dari praktik pengumpulan data otomatis waktu nyata untuk berkomunikasi dengan vendor. Setiap karyawan yang berbicara dengan pemasok harus mencatat detail interaksi ke dalam sistem data pusat.

Jenis Inventaris Perputaran (Cycle Inventory)

Persediaan yang bergerak cepat melalui rantai pasokan disebut persediaan siklus. Ini adalah produk yang datang dari pemasok atau proses manufaktur dan hampir segera dikirim ke pelanggan. Pekerja gudang membutuhkan prosedur yang fleksibel dan cepat untuk mengikuti kecepatan pergerakan siklus.

Demand Media mengatakan banyak perusahaan menyukai cycle stock karena mengindikasikan permintaan produk yang tinggi. Bisnis tidak perlu membayar biaya overhead atau pemeliharaan yang terkait dengan penyimpanan jangka panjang. Namun, rantai pasokan yang cepat bisa jadi sulit untuk dipantau, dan permintaan pelanggan selalu bisa berubah. Karyawan yang menerima, mengambil, dan mengirim stok siklus membutuhkan perangkat pengumpulan data otomatis seluler untuk melacak barang dengan omset tinggi. Visibilitas data yang lengkap membantu manajer mengantisipasi perubahan pasar.

Baca juga 👉 Stok Inventaris | Rumus, Manajemen, Cara Memperbaiki, Teknik dan Contoh

Inventaris Keamanan dan Antisipatif

Ada banyak alasan perusahaan dapat menambah pasokan produk keamanan. Bisnis mungkin ingin barang dagangan menutupi fluktuasi pasar. Stok pengaman terkadang dibuat pada saat permintaan rendah sehingga produsen dapat melanjutkan jadwal produksi dan tetap mempekerjakan pekerja.

Stok cadangan mungkin juga harus diantisipasi. Perusahaan membuat tumpukan inventaris untuk saat-saat proyeksi penjualan tinggi. Jika produsen mengharapkan kenaikan harga persediaan atau ketidakmampuan di masa depan untuk mendapatkan bahan, ia mungkin ingin memproduksi barang sebanyak mungkin dengan kondisi yang baik.

Riwayat data lengkap yang mengintegrasikan kinerja pasar, tindakan pemasok, proses manufaktur, dan kinerja rantai pasokan membantu perusahaan mengantisipasi kebutuhan inventaris.

Persediaan pengaman atau antisipatif berada di rak gudang lebih lama dari klasifikasi lain sehingga karyawan harus memantau kondisinya. Alat pengumpulan data seluler memungkinkan pekerja untuk memeriksa informasi tentang barang dagangan dan melaporkan ketika bahan menurun atau rusak.


Contoh Jenis Inventaris

Contoh dunia nyata dapat membuat model inventaris lebih mudah dipahami. Contoh berikut menunjukkan cara kerja berbagai jenis inventaris dalam bisnis ritel dan manufaktur.

Bahan / Komponen Baku:

Perusahaan yang membuat kaos memiliki komponen yang meliputi kain, benang, pewarna, dan desain cetak.

Barang jadi:

Produsen perhiasan membuat kalung pesona. Staf menempelkan kalung ke kartu pracetak dan menyelipkannya ke dalam amplop plastik untuk membuat barang jadi yang siap dijual. Harga pokok barang (COGS) barang jadi termasuk pengemasannya serta tenaga kerja untuk membuat barang tersebut.

Pekerjaan Dalam Proses:

Ponsel terdiri dari casing, papan sirkuit tercetak, dan komponen. Proses perakitan potongan di workstation khusus adalah WIP Work In Progress.

Barang MRO (Maintenance, Repair and Operating):

Pemeliharaan, perbaikan dan pengoperasian perlengkapan untuk komunitas kondominium termasuk kertas fotokopi, map, toner printer, sarung tangan, pembersih kaca dan sapu untuk menyapu pekarangan.

Bahan Packing:

Di perusahaan bahan kemasan utama adalah kantong tertutup yang berisi, misalnya biji rami. Menempatkan kantong biji rami ke dalam kotak untuk transportasi dan penyimpanan adalah pengepakan sekunder. Pengemasan tersier adalah bungkus menyusut yang diperlukan untuk mengirimkan palet kotak produk.

Stok kesehatan:

Seorang dokter hewan di komunitas terpencil menyimpan disinfektan dan camilan anjing dan kucing jika banjir di jalan raya selama musim semi mencair, sehingga menunda truk pengiriman. Dokter hewan menyimpan barang-barang ini untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Inventaris yang Diantisipasi / Menghaluskan:
Seorang perencana acara membeli gulungan pita dan taplak meja bunga dengan harga diskon untuk mengantisipasi musim pernikahan di bulan Juni.

Inventaris Terpisah:

Di toko roti, para dekorator menyimpan toko mawar gula untuk menghiasi kue pernikahan – jadi meskipun persediaan campuran frosting dari tim ornamen terlambat, para dekorator dapat tetap bekerja. Bunganya adalah bagian dari desain kue. Jika tukang roti kehabisan, mereka tidak dapat mengirimkan kue yang sudah jadi.

Inventaris Siklus:

Karena sebuah restoran menggunakan 500 serbet kertas terakhirnya, pesanan isi ulang baru tiba. Serbet pas dengan mudah di ruang penyimpanan khusus.

Inventaris Layanan:

Sebuah kafe buka selama 12 jam per hari, dengan 10 meja tempat pengunjung menghabiskan rata-rata satu jam untuk makan. Persediaan layanannya, oleh karena itu, 120 kali makan per hari.

Biaya Stok Teori (Theoretical Inventory Cost):

Sebuah restoran bertujuan untuk menghabiskan 30% dari anggarannya untuk makanan tetapi ternyata pengeluaran sebenarnya adalah 34%. “Persediaan teoritis” adalah 4% dari makanan yang hilang atau terbuang percuma.

Inventaris Buku:

Persediaan teoritis dari persediaan dalam catatan atau sistem persediaan, yang mungkin berbeda dari persediaan sebenarnya ketika Anda melakukan penghitungan.

Inventaris Transit:

Sebuah toko seni memesan dan membayar 40 kaleng set pensil yang populer. Kaleng sedang dalam perjalanan dari pemasok dan, oleh karena itu, dalam perjalanan.

Kelebihan persediaan (Excess Inventory):

Sebuah perusahaan sampo memproduksi 50.000 botol sampo khusus yang diberi merek untuk Olimpiade musim panas, tetapi hanya menjual 45.000 dan Olimpiade berakhir — tidak ada yang mau membelinya, jadi mereka terpaksa mendiskon atau membuangnya.


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Accounting Tools, QuickBooks

Sumber foto: Pxhere

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-01-11T22:23:03+07:00 Januari 11th, 2021|Business Marketing|0 Comments

Leave A Comment