KIS Kartu Indonesia Sehat | Bansos, Cara Mendapatkan, Dimana Digunakan?

Cara Daftar dtks.kemensos.go.id KIS untuk Mencairkan Bansos Tunai

Pemerintah kembali lanjutkan program Bantuan Sosial (Bansos) di tahun 2021. Pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) juga akan kebagian. Bantuan tersebut diberikan kepada pemilik KIS sebagai Penerima Bantuan Iuran PBI yang masuk dalam data terpadu keserjahteraan sosial (DTKS) Kemensos. Para pemilik Kartu Indonesia Sehat (KIS) Juga Terima Bansos. Begini cara ceknya:

1. calon penerima bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu di link dtks.kemensos.go.id dengan memasukkan bisa menggunakan ID NIK KTP, ID DTKS, ID PBI JK / KIS.

2. Pilih ID kepesertaan DTKS yang diinginkan. Ada 3 pilihan yakni NIK, ID DTKS/BDT dan Nomor PBI JK/KIS.

3. Ketik nomor kepesertaan ID yang dipilih dalam DTKS dan masukkan nama sesuai ID yang dipilih dalam DTKS.

4. Ketik kode captcha dalam kotak yang tersedia, dan klik ‘Cari’.

Kartu indonesia sehat bisa dipakai dimana saja

Kartu KIS dapat digunakan di mana saja, baik di klinik, Puskesmas, maupun rumah sakit mana pun yang ada di Indonesia. Adapun pemakaian BPJS hanya berlaku di klinik, Puskesmas, atau rumah sakit yang telah didaftarkan.

Cara mendapatkan Kartu Indonesia Sehat

Terdapat sejumlah syarat yang perlu Anda persiapkan untuk mendapatkan KIS. Beberapa syarat untuk membuat Kartu Indonesia Sehat meliputi:

  • Merupakan masyarakat dengan kondisi ekonomi lemah, penyandang disabilitas, anak jalanan, penderita gangguan jiwa, lansia terlantar, pengemis, atau gelandangan
  • Pemegang kartu Jaminan Kesehatan
  • Masyarakat (Jamkesmas)
  • Telah terdaftar di BPJS Kesehatan dan merupakan penerima bantuan dari pemerintah
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Lampiran KTP masing-masing anggota keluarga
  • Surat pengantar pendaftaran KIS dari puskesmas
  • Surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari kelurahan tempat tinggal

Jika syarat tersebut telah Anda miliki dan terpenuhi, Anda dapat langsung pergi menuju kantor BPJS untuk melakukan pendaftaran. Setelah memberikan berkas kepada petugas, Anda akan diberikan formulir pendaftaran.

Sebelum menyerahkan kembali ke petugas, pastikan data yang ada dalam formulir sudah Anda isi dengan benar. Setelah yakin tidak ada data yang salah, segera kembalikan ke petugas dan tunggu hingga Kartu Indonesia Sehat Anda selesai dicetak.

Baca juga 👉 Token Listrik Gratis | PLN Listrik Gratis | www.pln.co.id gratis dan Cara Klaim

Apakah Bisa Daftar Daftar Kartu Indonesia Sehat (KIS) secara Online?

Untuk sementara tidak bisa daftar KIS secara online, pendaftaran online saat ini hanya untuk peserta BPJS Mandiri yang iuran bulanannya dibayar oleh pribadi namun hanya diperuntukan untuk anggota keluarga yang keluarganya satupun belum terdaftar menjadi peserta BPJS,

Demikian tentang Cara mendapatkan kartu KIS Untuk Peserta BPJS PBI, semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.

Baca juga 👉 SKTM Surat Keterangan Tidak Mampu | Syarat, Dokumen, Cara Membuat

Cara cek kartu Kis masih aktif atau tidak?

Berikut ara cek Kartu Indonesia Sehat atau KIS, Peserta PBI Aktif atau Tidak adalah sebagai berikut:

1. Melalui SMS

KETIK NOKA<SPASI>NOMOR KARTU INDONESIA SEHAT WARGA DAN KIRIM KE NOMOR 087775500400 atau bisa juga dengan pilihan KETIK NIK<SPASI>NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN ATAU NOMOR KTP DAN KIRIM KE NOMOR 087775500400

SMS Gateway diatas bisa anda contoh walaupun terkadang tidak bisa berjalan mungkin karena terlalu padat. Jika SMS Gateway tidak berjalan warga bisa menggunakan alternatif lain

2. Care Center BPJS di Nomor Telepon 1500400

Telepon 1500400 dan utarakan perihal maksud anda, contohnya: ingin mengetahui status kepesertaan aktif tidaknya Kartu Indonesia Sehat warga dengan Nomor sekian..sekian atas nama… dan Pihak BPJS akan memberikan informasi yang warga minta.

Care Center BPJS bisa digunakan untuk mengecek status kepesertaan aktif tidaknya kartu warga. Juga bisa digunakan mendapatkan informasi lainnya yang berkaitan dengan Kepesertaan Kartu Indonesia Sehat, seperti keluhan ingin mendapatkan informasi tertentu dan lain sebagainya.

3. Melalui Aplikasi Android Mobile JKN

Buka Playstore dan download aplikasi Mobile JKN kemudian pasang di HP dan LOGIN di aplikasi Mobile JKN atau klik 👉 https://play.google.com/store/apps/details?id=app.bpjs.mobile&hl=id

Selain itu, warga bisa mendapatkan informasi aktif tidaknya kartu KIS warga, Warga juga bisa melakukan perubahan Faskes Tingkat 1 dan melihat informasi lainnya terkait data kepesertaan.

4.  Datang ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat

Ini merupakan cara terakhir yang bisa warga gunakan yaitu mendatangi Kantor BPJS Kesehatan lalu tanyakan kepada Petugas BPJS mengenai status aktif tidaknya Kartu Indonesia Sehat milik warga.

Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita! Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: PLN, Lightup

Info: syarat dan ketentuan dapat berubah-ubah, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dari pihak instansi terkait.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-01-16T20:45:26+07:00 Januari 16th, 2021|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment