Vaksin Covid dari China melaporkan hasil yang beragam – apa artinya bagi pandemi?

Vaksin Covid dari China

Di tempat lain di Asia Tenggara, negara-negara juga dengan mudah menggunakan vaksin COVID dari China; Sinovac, meskipun tingkat kemanjuran yang sangat berbeda telah dicatat untuk vaksinnya.

Para peneliti di Brasil melaporkan bahwa CoronaVac, yang dikembangkan oleh Sinovac yang berbasis di Beijing, 50,4% efektif mencegah COVID-19 yang parah dan ringan dalam uji coba tahap akhir. Itu jauh lebih rendah daripada kemanjuran 90% dari beberapa vaksin terkemuka.

Apa yang dilaporkan oleh Institut Butantan publik Brasil, penyedia vaksin utama negara itu, minggu lalu ketika tingkat kemanjuran 78% dirusak oleh gemuruh issu yang sebenarnya kurang dari 60% efektif, sebelum lembaga tersebut secara tajam merevisi tingkat kemanjuran total menjadi 50,4%.

Lebih dari 12.000 sukarelawan mengambil bagian dalam uji coba tersebut, vaksin terbesar.

Itu jauh lebih rendah dari 91,25% dan 65% tingkat kemanjuran yang dilaporkan Turki dan Indonesia sebelumnya dari uji klinis kecil yang terpisah. Data terbatas telah diterbitkan dari salah satu uji coba ini, namun, menimbulkan pertanyaan tentang transparansi.

Baca juga ūüĎȬ†Coronavirus Bermutasi dan Berubah. Varian virus corona baru: Apa yang kita ketahui? Apa artinya lebih mematikan?

Kurangnya transparansi vaksin Covid dari China

Kurangnya transparansi telah menjadi perhatian utama yang mengaburkan vaksin buatan China, yang telah dijanjikan oleh Presiden China Xi Jinping untuk menjadi “kebaikan publik global.”

Baik Sinovac dan Sinopharm telah menghadapi pertanyaan terkait rilis data. Saat mengumumkan hasil kemanjurannya, Badan Usaha Milik Negara Sinopharm tidak memberikan rincian data uji klinisnya.

Seorang eksekutif Sinopharm mengatakan data rinci akan dirilis nanti dan dipublikasikan di jurnal ilmiah, tanpa memberikan garis waktu.

Ada juga masalah perbedaan hasil dari uji klinis yang dilakukan di tempat yang berbeda.

Setelah sebagian besar memberantas virus korona di dalam perbatasannya awal tahun lalu, pembuat obat China harus mencari tempat di luar negeri untuk menguji kemanjuran vaksin mereka. Tetapi hasil yang dilaporkan sejauh ini jauh dari konsisten.

Indonesia dan Vaksin Covid dari China

Indonesia juga telah mengesahkan CoronaVac untuk penggunaan darurat dan memulai program vaksinasi nasionalnya pada 13 Januari.

Hasil dari uji kemanjuran sekitar 1.600 orang di negara itu menemukan bahwa vaksin tersebut 65,3% efektif dalam mencegah penyakit bergejala berdasarkan 25 kasus COVID-19, kata Jarir At Thobari, ahli vaksinasi di Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta, Indonesia.

Mengingat populasi Indonesia yang besar, banyak orang dapat memperoleh manfaat dari vaksin ini bahkan dengan efektivitas 65%, katanya.

Hasil vaksin yang beragam

Para ilmuwan mengatakan hasil yang beragam tidak mengejutkan untuk vaksin dengan kemanjuran lebih rendah yang telah diuji pada sejumlah kecil orang. Hasil beragam juga telah dilaporkan dari uji coba vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh University of Oxford, Inggris, dan perusahaan obat AstraZeneca.

‚ÄúJika Anda mendapatkan vaksin dengan kemanjuran yang sangat tinggi, Anda tidak memerlukan banyak angka untuk mendapatkan gambaran yang jelas. Tetapi jika itu rumit, maka Anda benar-benar membutuhkan jumlah yang lebih besar untuk memahami apa yang terjadi dengan lebih baik, ‚ÄĚkata Bastian.

Para peneliti yang terlibat dalam uji coba di Brasil mengatakan kemanjuran yang lebih rendah dibandingkan dengan vaksin lain bisa jadi karena dua suntikan diberikan hanya dengan jarak 2 minggu; yang tidak memberikan waktu yang cukup bagi peserta untuk mencapai kekebalan puncak.

Mereka juga mengatakan bahwa uji coba, yang hanya merekrut profesional kesehatan, yang lebih mungkin terpapar virus, melaporkan gejala dan menjalani tes; mungkin mengidentifikasi lebih banyak infeksi ringan daripada uji coba di Indonesia dan Turki, yang melibatkan masyarakat.

Badan regulator kesehatan Brasil, Anvisa, akan memutuskan apakah akan menyetujui vaksin CoronaVac dan AstraZeneca untuk penggunaan darurat pada 17 Januari. Sekitar tujuh juta dosis CoronaVac telah didistribusikan ke seluruh China.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons¬†‚ÄúOoo begitu ya‚Ķ‚Ä̬†akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CNN, BBC, Nature

Sumber foto untuk ilustrasi: Pixy

Pinter Pandai ‚ÄúBersama-Sama Berbagi Ilmu‚ÄĚ
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-01-16T15:37:16+07:00 Januari 16th, 2021|Sehat dan Cantik | Kesehatan & Pengobatan|0 Comments

Leave A Comment