Ulangan (Deuteronomy) Pasal 1-46

83 min read

Ulangan (Deuteronomy) Pasal 1-46

Kitab Ulangan terdiri dari serangkaian khotbah-khotbah yang diucapkan Musa di depan bangsa Israel waktu mereka berada di negeri Moab (nama kuno dari daerah pegunungan di timur dan tenggara Laut Mati, yang sekarang berada di dalam wilayah negara Yordani. Mereka berhenti di situ sesudah mengakhiri perjalanan panjang lewat padang gurun dan sebelum masuk ke Kanaan untuk menduduki negeri itu.


Ulangan Pasal 1 (Total ayat 46)

1) [Musa Berbicara kepada Orang Israel] Inilah perintah yang disampaikan Musa kepada orang Israel ketika mereka di Lembah Yordan, di padang gurun sebelah timur Sungai Yordan, yaitu di seberang Suf, antara Padang Gurun Paran dan kota Tofel, Laban, Hesrot, dan Dizahab.

2) Perjalanan dari Gunung Horeb melewati pegunungan Seir ke Kadesy-Barnea memakan waktu hanya 11 hari.

3) Namun, ada 40 tahun dari hari pertama orang Israel meninggalkan Mesir sampai mereka tiba di tempat itu. Pada hari pertama bulan kesebelas, tahun keempat puluh, Musa berbicara kepada umat dan mengatakan kepada mereka segala sesuatu yang diperintahkan TUHAN.

4) Hal itu terjadi sesudah dia mengalahkan Sihon dan Og. Sihon raja Amori tinggal di Hesybon. Og raja Basan tinggal di Asytarot dan Edrei.

5) Orang Israel ada di Moab, sebelah timur Sungai Yordan, ketika Musa mulai menerangkan perintah Allah. Musa mengatakan,

6) “TUHAN Allah kita telah berbicara kepada kita di Gunung Horeb. Katanya, ‘Kamu sudah tinggal di gunung ini cukup lama.

7) Pergilah ke negeri pebukitan tempat tinggal orang Amori dan ke negeri-negeri tetangga di Lembah Yordan, daerah pebukitan, lereng sebelah barat, daerah Negeb, dan daerah pantai. Pergilah melewati tanah Kanaan dan Libanon sejauh Efrat, sungai besar itu.

8) Lihatlah, Aku, TUHAN, memberikan negeri itu kepadamu. Pergilah dan milikilah itu, yang telah Kujanjikan memberikannya kepada nenek moyangmu — Abraham, Ishak, dan Yakub. Aku telah janjikan memberikan negeri itu kepada keturunannya.’”

9) [Musa Memilih Pemimpin] “Musa mengatakan, ‘Ketika itu aku mengatakan kepadamu bahwa aku sendiri tidak mampu mengurus kamu.

10) Dan sekarang, kamu bahkan bertambah. TUHAN Allahmu telah membuatmu bertambah-tambah sehingga hari ini kamu sebanyak bintang di langit.

11) Semoga TUHAN, Allah nenek moyangmu melipatgandakan jumlahmu 1.000 kali lebih daripada yang sekarang. Semoga Ia memberkati kamu seperti yang telah dijanjikan-Nya.

12) Aku tidak mungkin menjaga kamu dan menyelesaikan masalahmu.

13) Jadi, pilihlah beberapa orang dari setiap suku, dan aku akan mengangkat mereka menjadi pemimpinmu. Pilihlah orang bijaksana yang berpengalaman yang mengerti akan umat.’

14) Dan kamu berkata, ‘Hal itu adalah baik.’

15) Jadi, aku menerima orang yang bijaksana dan berpengalaman yang telah kamu pilih dari suku-sukumu, dan aku menetapkan mereka menjadi pemimpinmu. Dengan demikian, aku memberikan kepadamu pemimpin atas 1.000 orang, pemimpin atas 100 orang, pemimpin atas 50 orang, pemimpin atas 10 orang. Aku juga memberikan kepadamu kepala untuk setiap sukumu.

16) Pada saat itu aku berkata kepada para hakim, ‘Dengarlah segala perkara di antara umatmu dan jujurlah apabila kamu menghakiminya. Tidak soal apakah masalah antara dua orang Israel atau antara orang Israel dengan orang asing. Hakimilah setiap kasus dengan jujur.

17) Perlakukanlah hal yang sama terhadap setiap orang bila kamu mengadili. Berikanlah perhatianmu kepada setiap orang — apakah mereka orang penting atau tidak. Jangan takut kepada siapa pun juga karena keputusanmu dari Allah. Sekiranya ada masalah yang terlampau sulit bagimu, serahkanlah kepadaku dan aku akan mengadilinya.

18) Pada waktu yang sama aku juga telah mengatakan kepadamu segala sesuatu yang harus kamu lakukan.’”

19) [Pengintai Pergi ke Kanaan] “Jadi, kita menaati TUHAN Allah kita. Kita meninggalkan Gunung Horeb dan pergi ke daerah pebukitan Amori. Kamu ingat padang gurun yang luas dan mengerikan yang kita lalui itu. Kita sampai sejauh Kadesy-Barnea.

20) Kemudian aku berkata kepadamu, ‘Sekarang kamu telah tiba di daerah pebukitan Amori. TUHAN Allah kita akan memberikan negeri itu kepada kita.

21) Lihatlah, itu dia. Pergi dan ambillah negeri itu menjadi milikmu. TUHAN, Allah nenek moyangmu telah mengatakannya kepadamu untuk melakukannya. Jadi, jangan takut! Jangan khawatir atas segala sesuatu.’

22) Namun, kamu semua datang kepadaku dan berkata, ‘Biarlah kita menyuruh beberapa orang menyelidiki negeri itu terlebih dahulu. Mereka dapat meneliti negeri itu lalu kembali dan memberitakan jalan yang harus kita tempuh dan kota-kota mana yang harus kita datangi.’

23) Aku setuju dengan pendapat itu sehingga aku memilih dua belas orang dari antaramu, seorang dari setiap suku.

24) Kemudian mereka berangkat menuju daerah pebukitan dan mendatangi Lembah Eskol dan menyelidikinya.

25) Mereka mengambil beberapa buah dari negeri itu dan membawanya kepada kita. Mereka juga memberikan laporan kepada kita dan berkata, ‘TUHAN Allah kita memberikan negeri yang baik kepada kita.’

26) Tetapi kamu tidak mau memasuki negeri itu, kamu tidak menaati TUHAN Allahmu.

27) Kamu masuk ke kemahmu dan mulai bersungut-sungut. Kamu mengatakan, ‘TUHAN membenci kita. Ia membawa kita keluar dari tanah Mesir, hanya supaya orang Amori membinasakan kita.

28) Ke mana kita akan pergi sekarang? Orang yang kita utus telah membuat kita ketakutan dengan laporannya. Mereka berkata, “Orang itu lebih besar dan lebih tinggi daripada kita, kota-kotanya besar dan berbenteng dengan tembok-tembok setinggi langit. Kami juga melihat para raksasa di sana.”’

29) Jadi, aku berkata kepadamu: Jangan bingung. Jangan takut kepada mereka.

30) TUHAN Allahmu ada di depan memimpin kamu. Ia akan berperang untukmu seperti yang telah dilakukan-Nya di Mesir.

31) Kamu telah melihat yang terjadi di padang gurun. Kamu telah melihat bagaimana TUHAN membawa kamu bagaikan seorang ayah membawa anaknya. Ia membawa kamu dengan selamat sepanjang jalan hingga tiba di tempat ini.

32) Namun, kamu tidak percaya kepada TUHAN Allahmu,

33) tetapi Ia selalu di depan, mendahului kamu untuk mendapatkan tempat berkemah bagimu. Pada malam hari, Ia ada dalam api untuk menunjukkan ke mana kamu pergi. Dan pada siang hari, Ia ada dalam awan.”

34) [Umat Tidak Diizinkan Memasuki Kanaan] “TUHAN mendengar suaramu dan Dia marah. Ia berjanji dengan keras dan berkata,

35) ‘Tidak seorang pun dari umat yang jahat ini akan melihat tanah yang baik yang sudah Kujanjikan kepada nenek moyangmu.

36) Hanya Kaleb anak Yefune akan melihatnya. Hanya kepadanya dan kepada keturunannya Aku, TUHAN, memberikan negeri yang diinjaknya itu karena dia melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan.’

37) Bahkan karena kamu, TUHAN marah juga kepadaku, kata-Nya, ‘Musa, engkau juga tidak akan memasuki negeri itu,

38) tetapi penolongmu, Yosua anak Nun akan memasuki negeri itu. Doronglah Yosua karena dialah yang akan memimpin Israel mengambil negeri itu menjadi milik mereka.

39) Kamu berkata bahwa anak-anakmu yang kecil akan diambil oleh musuhmu, tetapi anak-anak itu belum tahu yang baik dan yang buruk, merekalah yang akan memasuki negeri itu. Aku akan memberikan negeri itu kepada mereka dan mereka akan memilikinya.

40) Kamu kembali ke padang gurun yang menuju ke Laut Merah.’

41) Dan kamu mengatakan, ‘Musa, kami telah berdosa terhadap TUHAN, tetapi sekarang kami melakukan perintah TUHAN sebelumnya kepada kami — kami akan pergi dan berperang.’ Setiap orang dari kamu mempersiapkan senjata. Kamu menganggap mudah saja memasuki daerah pebukitan.

42) TUHAN berkata kepadaku, ‘Katakan kepada mereka supaya jangan pergi dan berperang, karena Aku tidak bersama mereka. Musuh mereka akan mengalahkannya.’

43) Aku berbicara kepadamu, tetapi kamu tidak mendengarkan. Kamu tidak mau menaati perintah TUHAN. Kamu menganggap kamu dapat memakai kuasamu sendiri, jadi kamu berangkat ke daerah pebukitan.

44) Orang Amori yang tinggal di daerah pebukitan itu keluar seperti lebah. Mereka mengusir kamu mulai dari Seir sampai ke Horma.

45) Kamu kembali dan menangis di hadapan TUHAN minta tolong, tetapi TUHAN tidak mau mendengarkan kamu.

46) Jadi, kamu tinggal di Kadesy cukup lama.”


Ulangan  Pasal 2 (Total ayat 37)

1) [Israel Berjalan Melalui Padang Gurun] “Kemudian kita melakukan sesuai dengan perintah TUHAN kepadaku. Kita kembali ke padang gurun pada jalan yang menuju Laut Merah. Kita berjalan berhari-hari mengelilingi pegunungan Seir.

2) Kemudian TUHAN berkata kepadaku,

3) ‘Kamu sudah mengelilingi pegunungan itu cukup lama. Beloklah ke utara.

4) Katakan kepada umat: Kamu akan melewati tanah Seir, milik sanak-saudaramu, keturunan Esau. Mereka akan takut kepadamu. Hati-hatilah!

5) Jangan serang mereka. Aku tidak akan memberikan kepadamu sejengkal pun dari negeri mereka karena Aku telah memberikan daerah pebukitan Seir kepada Esau sebagai miliknya.

6) Bayarlah kepada orang Esau makanan yang kamu makan atau air yang kamu minum.

7) Ingatlah bahwa TUHAN Allahmu telah memberkatimu dalam segala sesuatu yang kamu lakukan. Dia tahu tentang segala sesuatu yang terjadi pada perjalananmu melalui padang gurun yang luas itu. TUHAN Allahmu menyertaimu selama 40 tahun. Tidak ada yang kurang sesuatu apa pun padamu.’

8) Kita melewati keluarga kita, keturunan Esau yang tinggal di Seir. Kita meninggalkan jalan yang dari Lembah Yordan menuju kota Elat dan Ezion-Geber. Kita berjalan pada jalan menuju padang gurun di Moab.”

9) [Orang Israel di Ar] “TUHAN berkata kepadaku, ‘Jangan ganggu orang Moab. Jangan mulai memerangi mereka. Aku tidak akan memberikan sejengkal pun dari tanahnya. Mereka adalah keturunan Lot, dan Aku telah memberikan kota Ar kepada mereka.’”

10) Pada masa lalu, orang Emim tinggal di Ar. Mereka kuat, banyak, dan tinggi seperti raksasa.

11) Orang Enak adalah sebagian dari orang Refaim. Orang menganggap bahwa orang Emim adalah juga orang Refaim, tetapi orang Moab menyebut mereka orang Emim.

12) Juga orang Hori tinggal di Seir dahulu, kemudian keturunan Esau membinasakan orang Hori, mereka mengambil negerinya lalu tinggal di sana seperti yang dilakukan Israel terhadap penduduk di negeri yang diberikan TUHAN kepada mereka.

13) “Ia berkata kepadaku, ‘Sekarang pergilah ke seberang Lembah Zered,’ lalu kita menyeberangi Lembah Zered.

14) Perjalanan kita dari Kadesy-Barnea ke Lembah Zered memakan waktu 38 tahun. Dalam masa itu seluruh tentara dari angkatan itu mati, sesuai dengan janji TUHAN tentang mereka.

15) TUHAN telah menentang mereka sampai mereka semuanya mati dan pergi dari perkemahan kita.

16) Sesudah semua tentara itu mati dan pergi,

17) TUHAN berkata kepadaku,

18) ‘Hari ini kamu akan melintasi perbatasan Ar dan pergi ke Moab.

19) Kamu hanya melintas dari orang Amon. Jangan ganggu mereka. Jangan berperang dengan mereka karena Aku tidak akan memberikan negeri mereka kepadamu. Mereka adalah keturunan Lot, dan Aku telah memberikan negeri itu kepada mereka.’”

20) Tanah itu juga dikenal sebagai tanah orang Refaim. Orang Refaim hidup di sana dahulu. Orang Amon menyebut mereka orang Zamzumim.

21) Mereka banyak dan kuat seperti orang Enak, tetapi TUHAN menolong orang Amon membinasakannya. Orang Amon mengambil alih negerinya dan mereka tinggal di sana sekarang.

22) Allah melakukan hal yang sama terhadap keturunan Esau. Pada masa lalu, orang Hori tinggal di Seir, tetapi keturunan Esau membinasakan orang Hori, dan keturunan Esau tinggal di sana hari ini.

23) Allah melakukan hal yang sama terhadap beberapa orang dari Kaftor. Orang Awi tinggal di kota-kota sekitar Gaza, tetapi beberapa orang datang dari Kaftor dan membinasakan orang Awi. Orang dari Kaftor mengambil tanah itu lalu tinggal di sana sekarang.

24) [Perang Melawan Orang Amori] “Tuhan berkata kepadaku, ‘Bersiaplah dan seberangilah Lembah Arnon. Aku sudah memberikan kuasa kepadamu untuk mengalahkan Sihon, orang Amori, raja Hesybon. Aku membiarkan kamu merebut negerinya. Jadi, seranglah dan dudukilah negerinya.

25) Hari ini Aku akan membuat semua orang di mana-mana takut terhadap kamu. Mereka akan mendengar berita tentang kamu dan mereka akan takut dan gemetar.’

26) Ketika kita di padang gurun Kedemot, aku mengirim utusan kepada Sihon raja Hesybon. Mereka membawa usul perdamaian kepada Sihon, dengan mengatakan,

27) ‘Biarkanlah kami melewati tanahmu dan kami akan tetap ada di jalan. Kami tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri.

28) Kami membeli dengan perak makanan yang kami makan atau air yang kami minum. Kami hanya mau lewat dari negerimu.

29) Biarlah kami pergi melalui tanahmu sampai kami menyeberangi Sungai Yordan ke tanah yang diberikan TUHAN Allah kami kepada kami. Orang lain telah membiarkan kami melintas dari negerinya — keturunan Esau yang tinggal di Seir dan orang Moab di Ar.’

30) Namun, Sihon raja Hesybon tidak membiarkan kita melintasi negerinya. TUHAN Allahmu membuatnya keras kepala. TUHAN melakukannya sehingga Ia membiarkan kamu mengalahkan Raja Sihon. Dan hari ini, kita tahu itu sesungguhnya terjadi.

31) TUHAN berkata kepadaku, ‘Aku memberikan Raja Sihon dan negerinya kepadamu. Sekarang pergi dan ambillah negerinya.’

32) Kemudian Raja Sihon dengan semua orangnya keluar ke Yahas untuk memerangi kita.

33) TUHAN Allah kita memberikan dia kepada kita. Kita mengalahkannya, anak-anaknya, dan semua orangnya.

34) Kita menaklukkan semua kota milik Raja Sihon pada saat itu. Kita membinasakan orang di setiap kota — laki-laki, perempuan, dan anak-anak. Kita tidak membiarkan seorang pun yang hidup.

35) Kita hanya mengambil ternak dan barang berharga dari kota-kota itu.

36) Kita mengalahkan kota Aroer di tepi Lembah Arnon dan kota lainnya di tengah-tengah lembah itu. TUHAN membiarkan kita mengalahkan semua kota antara Lembah Arnon dan Gilead. Tidak ada kota yang terlalu kuat terhadap kita.

37) Hanya kamu tidak mendekati tanah milik orang Amon termasuk tepi Sungai Yabok atau kota-kota di daerah pebukitan. Kamu tidak mendekati sesuatu tempat yang tidak dibiarkan oleh TUHAN Allah kita untuk kita miliki.”


Ulangan Pasal 3 (Total ayat 29)

1) [Perang Melawan Orang Basan] “Kita berangkat ke Basan dan Og raja Basan beserta semua orangnya keluar memerangi kita di Edrei.

2) TUHAN berkata kepadaku, ‘Jangan takut kepada Og. Aku sudah menentukan memberikan dia kepadamu. Aku akan memberikan semua orang dan negerinya kepadamu. Kamu akan mengalahkannya sama seperti kamu mengalahkan Sihon, raja Amori yang memerintah di Hesybon.’

3) Jadi, TUHAN Allah kita membiarkan kita mengalahkan Og raja Basan. Kita membinasakan dia dan semua orangnya. Tidak seorang pun yang dibiarkan hidup.

4) Kemudian kita merebut semua kota milik Og pada masa itu. Kita merebut semua kota dari rakyat Og — 60 kota di wilayah Argob, kerajaan Og di Basan.

5) Semua kota itu sangat kuat, mempunyai tembok yang tinggi, pintu gerbang, dengan palang besi yang kuat. Di samping itu terdapat kota-kota kecil tanpa tembok.

6) Kita membinasakannya seperti yang kita lakukan terhadap Raja Sihon dari Hesybon. Kita membinasakan seluruh kota dan semua orang yang ada di dalamnya, bahkan perempuan dan bayi-bayi.

7) Semua ternak dan barang rampasan dari kota-kota kita ambil untuk kita sendiri.

8) Pada hari itu kita merebut tanah dari dua raja Amori. Kita mengambilnya yang di sebelah timur Sungai Yordan, dari Lembah Arnon sampai ke Gunung Hermon.

9) Orang Sidon menyebut gunung itu Siryon dan orang Amori menyebutnya Senir.

10) Kita menduduki kota-kota di dataran tinggi, semua yang ada di Gilead, dan di Basan, dan sepanjang jalan ke Salkha dan Edrei. Salkha dan Edrei adalah kota kerajaan Og di Basan.”

11) Hanya Og raja Basanlah yang tinggal dari sisa-sisa orang Refaim. Tempat tidurnya terbuat dari besi, panjangnya lebih 4,5 meter dan lebarnya 2 meter. Tempat tidur itu masih ada di kota Raba, tempat tinggal orang Amon.

12) [Negeri di Timur Sungai Yordan] “Jadi, kita mengambil negeri itu sebagai milik kita. Aku memberikan negeri itu kepada orang Ruben dan Gad. Aku memberikan kepada mereka tanah dari Aroer yang ada di Lembah Arnon sampai ke daerah pebukitan Gilead dan kota-kotanya. Mereka menerima setengah dari daerah pebukitan di Gilead.

13) Dan sisanya dari Gilead dan semua tanah Basan, kerajaan Og, kuberikan kepada setengah suku Manasye. Basan adalah kerajaan Og. Sebagian Basan disebut Argob, juga disebut daerah Refaim.

14) Yair dari suku Manasye mengambil seluruh wilayah Argob sampai ke perbatasan orang Gesur dan Maakha. Daerah itu disebut menurut nama Yair, dan hingga hari ini Basan disebut orang kota-kota Yair.

15) Kepada Makhir kuberikan Gilead.

16) Kepada suku Ruben dan suku Gad kuberikan tanah mulai dari Gilead. Tanah itu meluas dari Lembah Arnon ke Sungai Yabok. Pada pertengahan lembah itu terdapat satu perbatasan. Sungai Yabok merupakan perbatasan bagi orang Amon.

17) Sungai Yordan dekat padang gurun adalah perbatasan sebelah barat. Danau Galilea adalah bagian utara daerah itu dan Laut Mati ke arah selatan. Daerah kaki Gunung Pisga di bagian timur.

18) Waktu itu aku memberikan perintah kepada suku-suku, ‘TUHAN Allahmu telah memberikan negeri di seberang Yordan untuk tempat tinggalmu. Para tentaramu sekarang harus mengambil senjatanya dan membawa suku-suku Israel lainnya menyeberangi Sungai Yordan.

19) Istri-istrimu, anak-anakmu, dan ternakmu — aku tahu bahwa kamu memiliki banyak ternak — dapat tetap tinggal di kota-kota yang telah kuberikan kepadamu.

20) Tetapi kamu harus menolong saudara-saudaramu orang Israel, sehingga mereka mengambil alih tanah yang telah diberikan TUHAN kepada mereka di seberang Sungai Yordan. Bantulah mereka hingga TUHAN memberikan kedamaian kepada mereka di tempatnya seperti yang kamu peroleh di sini di tanahmu. Sesudah itu kamu dapat kembali ke tanah yang telah kuberikan kepadamu.’

21) Dan aku mengatakan kepada Yosua, ‘Engkau telah melihat segala sesuatu yang dilakukan TUHAN Allahmu terhadap kedua raja itu. TUHAN akan melakukan yang sama kepada semua kerajaan yang akan kamu masuki.

22) Jangan takut kepada raja-raja daerah itu karena TUHAN Allahmu akan berperang untukmu.’”

23) [Musa Tidak Diperbolehkan ke Kanaan] “Kemudian aku memohon kepada TUHAN untuk melakukan sesuatu yang khusus untukku. Aku mengatakan,

24) ‘Ya Tuhan ALLAH, aku adalah hamba-Mu. Aku tahu bahwa Engkau telah menunjukkan kepadaku hanya sebagian kecil dari hal-hal yang ajaib dan penuh kuasa yang Kaulakukan. Tidak ada allah di surga dan di bumi yang dapat melakukan hal-hal yang sama atau tindakan-tindakan penuh kuasa seperti yang Engkau lakukan.

25) Biarkanlah aku menyeberangi Sungai Yordan dan melihat tanah yang baik di seberang. Biarkanlah aku melihat daerah pebukitan yang menarik dan Libanon.’

26) TUHAN marah kepadaku karena kamu dan Dia tidak mengabulkan permohonanku. TUHAN berkata kepadaku, ‘Sudah cukup. Jangan bicarakan hal itu lagi dengan Aku.

27) Pergilah ke puncak Gunung Pisga. Pandanglah ke arah barat, ke arah utara, ke arah selatan, dan ke arah timur. Engkau dapat melihat itu semuanya dengan mata sendiri, tetapi engkau tidak akan pernah menyeberangi Sungai Yordan.

28) Berikanlah perintah kepada Yosua. Kuatkan dan teguhkanlah hatinya. Kuatkanlah dia karena ia harus memimpin umat menyeberangi Sungai Yordan. Engkau dapat melihat tanah itu, tetapi Yosua yang membawa mereka ke tanah itu. Ia menolong mereka mengambil tanah itu dan tinggal di sana.’

29) Jadi, kita berkemah di lembah di seberang Bet-Peor.”


Ulangan Pasal 4 (Total ayat 49)

1) [Musa Memperingatkan untuk Menaati Taurat Allah] “Sekarang hai Israel, dengarkanlah hukum dan perintah yang kuajarkan kepadamu. Taatilah itu agar kamu hidup. Kemudian kamu dapat memasuki dan memiliki tanah yang diberikan TUHAN, Allah nenek moyangmu kepadamu.

2) Jangan tambahkan sesuatu pada yang kuperintahkan kepadamu. Jangan ambil sesuatu dari dalamnya. Taatilah perintah-perintah TUHAN Allahmu yang kusampaikan kepadamu.

3) Kamu telah melihat yang dilakukan oleh TUHAN di Baal-Peor. TUHAN Allahmu membinasakan semua orang yang mengikuti Baal di tempat itu,

4) tetapi kamu semua yang tinggal bersama TUHAN Allahmu masih hidup hari ini.

5) Aku telah mengajar kamu tentang hukum dan peraturan yang diperintahkan TUHAN Allahku kepadaku. Aku melakukan itu supaya kamu menaatinya di negeri yang akan kamu masuki dan memilikinya.

6) Taatilah hukum-hukum itu dengan hati-hati. Itu akan menjadi bukti bagi bangsa-bangsa lain bahwa kamu bijaksana dan berakal sehat. Mereka akan mendengar tentang hukum-hukum itu, dan berkata, ‘Benar, bangsa yang besar itu bijaksana dan berakal sehat.’

7) TUHAN Allah kita dekat bila kita minta tolong kepada-Nya. Tidak ada bangsa lain yang mempunyai allah seperti itu.

8) Dan tidak ada bangsa besar yang memiliki hukum, peraturan sebaik ajaran yang kuberikan kepadamu hari ini.

9) Hati-hati dan perhatikan dirimu dengan seksama, sehingga kamu tidak akan melupakan hal-hal yang kamu lihat. Ajarkanlah itu kepada anak-anak dan cucu-cucumu.

10) Ingatlah akan hari ini ketika kamu berdiri di hadapan TUHAN Allahmu di Gunung Horeb. TUHAN berkata kepadaku, ‘Kumpulkanlah umat di hadapan-Ku, biarlah mereka mendengarkan yang harus Kukatakan, maka mereka akan tahu menghormati Aku selama mereka hidup di dunia ini, dan juga mengajarkan tentang hal-hal itu kepada anak-anaknya.’

11) Kamu mendekat dan berdiri di kaki gunung, dan gunung itu terbakar dengan api yang membubung ke langit. Dan ada awan tebal yang hitam dan gelap.

12) Dan dari tengah-tengah api itu TUHAN berbicara kepadamu. Kamu mendengar kata-kata itu, tetapi kamu tidak melihat sesuatu, hanya suara yang ada.

13) Ia menyampaikan perjanjian-Nya dan kesepuluh Hukum dan menyuruh kamu menurutinya. Tuhan menuliskannya di atas dua loh batu.

14) Ketika itu TUHAN juga menyuruh aku untuk mengajarkan kepadamu hukum dan peraturan lainnya, agar kamu menaatinya di negeri yang akan kamu ambil dan menempatinya.

15) Pada hari ketika TUHAN berbicara kepadamu dari api di atas Gunung Horeb, kamu tidak melihat Dia — Allah tidak mempunyai bentuk.

16) Hati-hatilah! Jangan berbuat dosa dan membinasakan dirimu dengan membuat berhala atau patung dalam bentuk makhluk hidup apa pun juga.

17) Jangan buat patung yang tampaknya seperti binatang di darat, atau berupa burung di udara.

18) Jangan buat patung berupa sesuatu yang merayap di atas tanah, atau yang menyerupai ikan di dalam air.

19) Dan hati-hatilah bila kamu memandang ke langit dan melihat matahari, bulan, dan bintang-bintang — semua yang ada di langit. Hati-hatilah supaya jangan kamu dicobai untuk menyembah dan melayaninya. TUHAN Allahmu membiarkan orang lain di dunia ini melakukannya.

20) TUHAN telah membawa kamu keluar dari Mesir dan membuat kamu menjadi umat-Nya. Sama seperti seakan-akan Dia menarik kamu dari peleburan besi yang panas. Dan sekarang kamu adalah umat-Nya.

21) TUHAN marah kepadaku karena kamu. Ia bersumpah bahwa aku tidak dapat menyeberangi Sungai Yordan dan tidak akan memasuki tanah yang baik yang diberikan TUHAN Allahmu kepadamu.

22) Jadi, aku harus mati di daerah ini dan tidak dapat menyeberangi Sungai Yordan, tetapi kamu akan segera menyeberang dan mengambil tanah yang baik itu dan tinggal di sana.

23) Berjaga-jagalah agar kamu tidak melupakan Perjanjian yang diadakan TUHAN Allahmu dengan kamu, sehingga kamu tidak membuat patung dalam bentuk apa pun sesuai dengan perintah TUHAN,

24) karena TUHAN Allahmu benci terhadap umat-Nya yang menyembah dewa lain. Dan Dia dapat seperti api yang menghanguskan.

25) Kamu akan tinggal di negeri itu untuk waktu yang lama. Kamu akan mempunyai anak dan cucu di sana. Kamu akan menjadi tua di sana. Dan kemudian kamu merusak hidupmu — kamu akan membuat patung dalam segala bentuk. Bila kamu melakukan hal itu, kamu membuat TUHAN Allahmu sangat marah.

26) Jadi, hari ini aku menasihati kamu, langit dan bumi adalah saksiku. Jika kamu melakukan yang jahat itu, kamu segera binasa. Kamu akan menyeberangi Sungai Yordan sekarang untuk mengambil tanah itu. Jika kamu membuat patung-patung, kamu tidak akan lama tinggal di sana. Tidak. Kamu akan binasa semua.

27) TUHAN akan mencerai-beraikan kamu di antara bangsa-bangsa dan hanya sedikit dari kamu yang tinggal, yang akan dibawa pergi ke negeri-negeri ke mana kamu disuruh TUHAN.

28) Di sana kamu akan menyembah allah yang dibuat tangan manusia — dibuat dari kayu dan batu yang tidak dapat melihat, mendengar, makan, atau mencium.

29) Dari sanalah kamu akan mencari TUHAN Allahmu. Dan kamu akan menemui-Nya jika kamu mencari dengan segenap hatimu.

30) Jika kamu ada dalam kesulitan — bila segala sesuatu itu terjadi kepadamu — kamu akan kembali kepada TUHAN Allahmu dan kamu akan taat kepada-Nya.

31) TUHAN Allahmulah Allah pengasih. Ia tidak akan meninggalkan kamu di sana dan tidak membinasakan kamu. Ia tidak melupakan Perjanjian yang dibuat-Nya dengan nenek moyangmu.”

32) [Ingatlah Perbuatan Besar Allah] “Apakah ada sesuatu sebesar itu terjadi sebelumnya? Tidak pernah! Ingatlah tentang sesuatu yang telah terjadi sebelum kamu lahir. Ingatlah sewaktu Allah menjadikan manusia di bumi ini. Periksalah segala sesuatu yang terjadi di mana-mana di dunia ini. Apakah ada orang yang telah mendengar sesuatu sebesar itu? Tidak ada!

33) Kamu telah mendengar Allah berbicara kepadamu dari api, dan kamu masih hidup. Apakah pernah terjadi demikian terhadap orang lain? Tidak!

34) Apakah ada berhala yang pernah berusaha mengambil dan memiliki umat untuk dirinya sendiri dari tengah-tengah bangsa lain? Tidak! Namun, kamu sendiri telah melihat segala sesuatu yang dilakukan TUHAN Allahmu terhadap kamu. Ia menunjukkan kepadamu kuasa dan kekuatan-Nya. Kamu telah melihat kesulitan yang menguji umat. Kamu telah melihat tanda-tanda dan mukjizat. Kamu telah melihat perang dan hal yang mengerikan yang telah terjadi.

35) TUHAN telah menunjukkan segala sesuatu itu kepadamu agar kamu tahu bahwa Ia adalah Allah. Tidak ada allah lain seperti Dia.

36) Dari langit Ia membiarkan kamu dapat mendengar suara-Nya sehingga Dia mengajarkan ajaran kepadamu. Di bumi Dia memperlihatkan api-Nya yang besar dan Dia berbicara kepadamu dari dalamnya.

37) Ia mengasihi nenek moyangmu. Oleh sebab itu, Ia memilih kamu, keturunan mereka. Dan oleh sebab itu, Ia membawa kamu keluar dari Mesir. Ia ada bersamamu dan membawa kamu dengan kuasa-Nya yang besar.

38) Ketika kamu bergerak maju, Ia mengusir bangsa-bangsa yang lebih besar dan lebih berkuasa daripada kamu. Dan Dia membawa kamu masuk ke daerah mereka. Ia memberikan negeri mereka kepadamu untuk tinggal di sana, seperti yang masih dilakukan-Nya hari ini.

39) Jadi, hari ini ingat dan terimalah bahwa TUHANlah Allah. Dialah Allah di surga dan di bumi. Tidak ada allah lain.

40) Dan taatilah segala hukum dan perintah-Nya yang kuberikan kepadamu hari ini lalu segala sesuatu akan berjalan dengan baik padamu dan anak-anakmu yang hidup sesudah kamu. Dan kamu akan hidup lama di tanah yang diberikan oleh TUHAN kepadamu — dan itu akan menjadi milikmu untuk selamanya.”

41) [Musa Memilih Kota-kota Perlindungan] Kemudian Musa memilih tiga kota di sebelah timur Sungai Yordan.

42) Kota-kota itu menjadi kota perlindungan bagi orang yang membunuh sesamanya dengan tidak sengaja dan tidak membencinya sebelumnya. Orang itu dapat melarikan diri ke salah satu kota itu dan tinggal di sana.

43) Ketiga kota yang dipilih Musa, yaitu: Bezer di dataran tinggi untuk suku Ruben; Ramot di Gilead untuk suku Gad; dan Golan di Basan untuk suku Manasye.

44) [Pembimbing ke Dalam Taurat Musa] Musa memberikan Hukum Taurat Allah kepada orang Israel.

45) Musa memberikan ajaran, hukum, peraturan kepada umat setelah mereka keluar dari Mesir.

46) Musa memberikan hukum itu kepada mereka ketika mereka di sebelah timur Sungai Yordan, di lembah di seberang Bet-Peor. Mereka ada di tanah Sihon, raja Amori yang tinggal di Hesybon. Musa dan orang Israel telah mengalahkan Sihon ketika mereka keluar dari Mesir.

47) Mereka menduduki tanah Sihon. Mereka juga menduduki tanah milik Og raja Basan. Kedua raja Amori itu tinggal di sebelah timur Sungai Yordan.

48) Tanah itu terbentang dari Aroer, yang terletak di tepi Lembah Arnon terus ke Gunung Hermon.

49) Tanah itu juga mencakup seluruh Lembah Yordan sebelah timur Sungai Yordan sampai ke sebelah selatan terus ke Laut Mati dan di sebelah timur sampai ke kaki Gunung Pisga.


Ulangan Pasal 5 (Total ayat 33)

1) [Sepuluh Hukum Taurat] Musa memanggil semua orang Israel dan berkata kepada mereka, “Dengarlah, hai orang Israel, hukum dan peraturan yang kukatakan kepadamu pada hari ini. Pelajari dan taatilah itu dengan seksama.

2) TUHAN Allah kita telah membuat Perjanjian dengan kita di Gunung Horeb.

3) TUHAN tidak membuat Perjanjian itu dengan nenek moyang kita, tetapi dengan kita — ya, dengan kita semua yang hidup di sini hari ini.

4) TUHAN berbicara dengan kamu secara langsung di atas gunung, Ia berbicara kepadamu dari api.

5) Tetapi karena kamu takut akan api itu, dan kamu tidak naik ke gunung, maka aku berdiri di antara TUHAN dengan kamu untuk menerangkan yang dikatakan TUHAN, kata-Nya,

6) ‘Akulah TUHAN Allahmu yang telah membawa kamu keluar dari Mesir, tempat kamu menjadi hamba.

7) Jangan menyembah allah lain kecuali Aku.

8) Jangan membuat berhala apa pun. Jangan membuat patung atau gambar sesuatu yang ada di langit, atau di bumi, atau di bawah dalam air.

9) Jangan beribadat kepada berhala apa pun karena Akulah TUHAN Allahmu. Aku membenci mereka yang menyembah allah lain. Orang yang berdosa terhadap Aku menjadi musuh-Ku. Dan Aku akan menghukum mereka, anak-anaknya, cucunya, bahkan cicitnya,

10) tetapi Aku baik terhadap orang yang mengasihi Aku dan menaati perintah-Ku. Aku mengasihi keluarga mereka yang beribu-ribu itu.

11) Jangan memakai nama TUHAN Allahmu untuk membuat janji kosong. Jika engkau melakukannya, TUHAN menghukummu.

12) Ingatlah membuat Hari Sabat menjadi hari yang istimewa sesuai dengan perintah TUHAN Allahmu.

13) Bekerjalah enam hari dalam seminggu dan lakukan pekerjaanmu,

14) tetapi hari ketujuh adalah hari peristirahatan untuk memuliakan TUHAN Allahmu. Jadi, pada hari itu jangan ada yang melakukan pekerjaan — kamu pun tidak, anakmu laki-laki dan perempuan, orang asing di dalam kotamu, atau hambamu laki-laki dan perempuan. Bahkan lembu, keledai, atau hewanmu yang lain pun jangan bekerja. Para hambamu harus dapat beristirahat seperti kamu.

15) Ingatlah bahwa kamu pernah menjadi hamba di tanah Mesir. TUHAN Allahmu telah membawa kamu keluar dari Mesir dengan kuasa-Nya yang besar. Ia membuat kamu bebas. Oleh sebab itu, TUHAN Allahmu menyuruh kamu, supaya kamu tetap menjadikan Sabat hari khusus.

16) Hormatilah ayah dan ibumu sebagaimana TUHAN Allahmu telah memerintahkannya kepadamu. Jika kamu mengikutinya, kamu akan hidup lama dan segala sesuatu berjalan dengan baik bagimu di negeri yang diberikan TUHAN Allahmu kepadamu.

17) Jangan membunuh.

18) Jangan berzina.

19) Jangan mencuri.

20) Jangan katakan dusta tentang orang lain.

21) Jangan mengingini istri orang lain, rumahnya, ladangnya, hambanya laki-laki dan perempuan, lembunya, keledainya. Jangan mengambil sesuatu milik orang lain.’”

22) [Umat Takut akan Allah] Musa mengatakan, “TUHAN telah menyampaikan perintah-perintah itu dengan suara yang keras kepada kamu semuanya ketika kamu berkumpul di atas gunung. Ia berkata dari api, awan, dan kegelapan dengan suara yang kuat. Setelah selesai menyampaikan semuanya itu, Ia berhenti berbicara. Ia menuliskannya di atas dua loh batu dan memberikannya kepadaku.

23) Kamu mendengar suara-Nya keluar dari kegelapan sementara gunung sedang terbakar. Kemudian tua-tua dan para pemimpin lainnya dari sukumu datang kepadaku.

24) Mereka berkata, ‘TUHAN Allah kita telah menunjukkan kemuliaan dan kebesaran-Nya. Kami mendengar suara-Nya dari api. Kami telah melihat pada hari ini bahwa sudah mungkin hidup terus, meskipun Allah sudah berbicara kepada kita.

25) Jika kami mendengar suara TUHAN Allah lagi, kami pasti mati. Api yang mengerikan itu akan membinasakan kami. Kami tidak ingin mati.

26) Tidak pernah ada orang yang mendengar suara Allah yang hidup dari api seperti kita telah mendengarnya dan masih hidup.

27) Musa, pergilah mendekat dan dengarlah apa yang dikatakan TUHAN Allah kita. Kemudian katakan kepada kami segala sesuatu yang dikatakan TUHAN kepadamu. Kami akan mendengar engkau, dan kami melakukan segala sesuatu yang engkau katakan.’”

28) [Tuhan Berbicara kepada Musa] “TUHAN mendengar yang kamu katakan dan berkata kepadaku, ‘Aku telah dengar perkataan orang itu. Dan hal itu baik.

29) Aku hanya ingin agar mereka mengubah sikapnya — Aku mau supaya mereka menghormati Aku dan mematuhi semua perintah-Ku dengan segenap hati. Kemudian segala sesuatu dapat berjalan baik bagi mereka dan keturunannya selamanya.

30) Pergilah, dan katakan kepada mereka supaya kembali ke tendanya,

31) tetapi engkau, Musa, berdirilah di dekat-Ku. Aku menyampaikan kepadamu semua perintah, hukum, dan peraturan yang kauajarkan kepada mereka. Mereka harus melakukannya di negeri yang akan Kuberikan kepada mereka untuk didiami.’

32) Jadi, kamu umat, hati-hatilah melakukan semuanya sesuai yang diperintahkan TUHAN. Jangan berhenti mengikut Allah.

33) Kamu harus hidup sesuai dengan perintah TUHAN kepadamu sehingga kamu tetap hidup dan berhasil dengan baik. Kamu akan lama hidup di negeri yang kamu miliki.”


Ulangan Pasal 6 (Total ayat 25)

1) [Kasihi dan Taatilah Allah Senantiasa] “Inilah perintah, hukum, dan peraturan yang diperintahkan TUHAN Allahmu kepadaku untuk mengajar kamu. Taatilah hukum itu di negeri yang kamu masuki untuk didiami.

2) Kamu dan anak cucumu harus menghormati TUHAN Allahmu selama kamu hidup. Taatilah semua hukum dan perintah yang telah kuberikan kepadamu. Jika kamu melakukannya, kamu akan lama hidup di negeri yang baru itu.

3) Hai orang Israel, dengarlah dengan hati-hati dan lakukanlah hukum-hukum itu, maka segala sesuatu berhasil dengan baik bagimu. Kamu akan mendapat banyak anak dan kamu mendapat tanah yang penuh dengan hal-hal yang baik — seperti telah dijanjikan oleh TUHAN Allahmu kepada nenek moyangmu.

4) Dengarlah, hai orang Israel. TUHANlah Allah kita. TUHAN adalah satu.

5) Kasihilah TUHAN Allahmu dengan segenap hatimu, dengan segenap jiwamu, dan dengan segala kekuatanmu.

6) Ingatlah selalu perintah-perintah yang kusampaikan kepadamu hari ini.

7) Pastikan untuk mengajarkannya kepada anak-anakmu. Bicarakanlah tentang perintah-perintah itu apabila kamu duduk di rumahmu dan apabila kamu sedang berjalan. Bicarakan tentang itu apabila kamu berbaring dan apabila kamu bangun.

8) Ikatkanlah itu pada tanganmu dan pakailah itu pada dahimu untuk menolong kamu mengingat ajaran-Ku.

9) Tuliskanlah itu pada pintu rumahmu dan gerbangmu.

10) TUHAN Allahmu sudah berjanji kepada nenek moyangmu, Abraham, Ishak, dan Yakub. Ia berjanji memberikan negeri itu kepadamu. Ia akan memberikannya kepadamu. Dan Dia memberikan kota-kota besar dan yang makmur kepadamu yang tidak kamu dirikan.

11) Tuhan memberikan kepadamu rumah-rumah penuh dengan benda-benda yang bagus yang tidak kamu isi, sumur-sumur yang tidak kamu gali, kebun-kebun anggur dan pohon zaitun yang tidak kamu tanam, dan kamu mempunyai cukup makanan.

12) Hati-hatilah! Jangan lupa akan TUHAN. Kamu dahulu hamba di Mesir, tetapi Ia telah membawa kamu keluar dari tanah Mesir.

13) Hormatilah TUHAN Allahmu dan hanya menyembah kepada-Nya. Kamu hanya memakai nama-Nya untuk membuat perjanjian.

14) Jangan ikuti berhala lain. Jangan ikuti berhala orang yang tinggal di sekitarmu.

15) TUHAN Allahmu selalu bersama kamu. Dan Dia membenci penyembahan terhadap allah lain. Jadi, jika kamu ikut allah lain, TUHAN akan sangat marah kepada kamu. Ia membinasakan kamu dari muka bumi.

16) Jangan uji TUHAN Allahmu sebagaimana kamu telah menguji-Nya di Masa.

17) Taatilah perintah TUHAN Allahmu. Ikutilah segala ajaran dan hukum yang telah diberikan-Nya kepadamu.

18) Lakukanlah hal-hal yang benar dan baik — yang berkenan bagi TUHAN, maka segala sesuatu akan berjalan dengan baik bagimu dan kamu dapat memasuki dan memiliki negeri yang dijanjikan TUHAN kepada nenek moyangmu.

19) Dan kamu akan mengusir semua musuhmu seperti yang dikatakan TUHAN.”

20) [Ajarkanlah kepada Anak-anakmu Hal-hal yang Dilakukan Allah] “Pada masa mendatang, mungkin anak-anakmu bertanya kepadamu, ‘Apakah artinya ajaran, hukum, dan peraturan yang diberikan TUHAN kepadamu?’

21) Jawabmu kepada mereka, ‘Kami adalah hamba Firaun di Mesir, tetapi TUHAN membawa kami keluar dari Mesir dengan kuasa-Nya.

22) TUHAN melakukan hal-hal yang besar dan ajaib dan kami menyaksikan mukjizat-mukjizat Tuhan menentang Firaun. Kami melihat Dia melakukan hal-hal itu terhadap orang Mesir, Firaun, dan orang yang ada di rumah Firaun.

23) Dan Tuhan membawa kami keluar dari Mesir supaya Ia dapat memberikan kepada kami negeri yang dijanjikan-Nya kepada nenek moyang kita.

24) TUHAN memerintahkan kami untuk menaati semua itu. Kami harus menghormati TUHAN Allah kami, maka Dia senantiasa memelihara hidup kami sebagaimana halnya sekarang.

25) Jika kami menaati seluruh hukum dengan hati-hati tepat seperti yang dikatakan TUHAN Allah kepada kami, maka Allah akan mengatakan bahwa kami telah melakukan suatu hal yang sangat baik.’”


Ulangan Pasal 7 (Total ayat 26)

1) [Israel, Umat Allah yang Istimewa] “TUHAN Allahmu membawa kamu ke negeri yang akan kamu masuki dan memilikinya, Ia mengusir banyak bangsa demi kamu — orang Het, orang Girgasy, orang Amori, orang Kanaan, orang Feris, orang Hewi, dan orang Yebus — tujuh bangsa yang lebih besar dan lebih kuat daripada kamu.

2) TUHAN Allahmu membuat mereka di bawah kuasamu, dan kamu mengalahkan mereka. Kamu harus membinasakannya. Jangan membuat perjanjian dengan mereka dan jangan mengasihaninya.

3) Jangan menikah dengan siapa pun dari mereka. Jangan biarkan anakmu perempuan kawin dengan anaknya laki-laki dan jangan ambil anaknya perempuan untuk anakmu laki-laki.

4) Jika kamu melakukannya, mereka akan menjauhkan anak-anakmu supaya jangan mengikut Aku. Kemudian anak-anakmu menyembah berhala lain, dan TUHAN akan sangat marah kepadamu. Ia akan membinasakan kamu dengan segera.”

5) [Binasakanlah Dewa Palsu] “Inilah yang harus kamu lakukan terhadap bangsa-bangsa itu: Robohkanlah mezbah-mezbah dan tugu-tugu peringatan mereka. Potonglah tiang-tiang Asyera mereka dan bakarlah patung-patungnya.

6) Lakukanlah itu karena kamu adalah bangsa TUHAN sendiri. Dari semua bangsa di muka bumi, TUHAN Allahmu telah memilih kamu menjadi umat-Nya — umat yang hanya menjadi milik-Nya.

7) Mengapa TUHAN mengasihi dan memilihmu? Bukan karena kamu bangsa yang terbesar. Kamu adalah yang terkecil jumlahnya,

8) tetapi TUHAN membawa kamu keluar dari Mesir oleh kuasa-Nya yang besar. Ia membebaskan kamu dari perhambaan. Dia membebaskan kamu dari pengawasan Firaun, raja Mesir. TUHAN melakukannya karena Ia mengasihi kamu dan Dia mau memegang janji-Nya, yang telah dibuat-Nya kepada nenek moyangmu.

9) Jadi, ketahuilah bahwa TUHAN Allahmu adalah hanya Allah yang dapat kamu percaya kepada-Nya. Ia mempertahankan Perjanjian-Nya. Ia menunjukkan kasih-Nya dan kebaikan-Nya kepada semua orang yang mengasihi Dia dan menaati perintah-Nya. Ia terus menunjukkan kasih-Nya dan kebaikan-Nya melalui ribuan keturunan,

10) tetapi TUHAN menghukum orang yang membenci-Nya. Ia membinasakan mereka. Ia tidak memperlambat hukuman atas orang yang membenci-Nya.

11) Jadi, hati-hatilah menaati perintah, hukum, dan peraturan yang kusampaikan kepadamu hari ini.

12) Jika kamu mendengarkan hukum itu dan hati-hati menaatinya, TUHAN Allahmu memegang Perjanjian kasih-Nya kepadamu, yang telah dijanjikan kepada nenek moyangmu.

13) Tuhan mengasihi dan memberkatimu. Ia membuat bangsamu berkembang. Ia memberkati anak-anakmu dan ladang-ladangmu dengan banyak hasil panen, anggur baru, dan minyak. Ia memberkati ternakmu dengan banyak anak sapi dan anak domba. Kamu akan menerima semua berkat itu di tanah yang sudah dijanjikan-Nya kepada nenek moyangmu untuk memberikannya kepadamu.

14) Kamu akan diberkati lebih daripada bangsa-bangsa lain. Setiap suami dan istri mampu mempunyai anak. Lembumu mampu mempunyai anak.

15) TUHAN membebaskan kamu dari semua macam penyakit. Ia tidak membiarkan penyakit yang mengerikan terjadi atas kamu seperti penyakit di Mesir yang telah kamu alami, tetapi Ia membiarkannya kepada musuhmu.

16) Kamu harus membinasakan semua orang dan TUHAN menolong kamu mengalahkannya. Jangan mengasihani mereka dan jangan menyembah berhala-berhalanya. Itu adalah menjadi jerat bagimu — yang merusak hidupmu.”

17) [Tuhan Berjanji untuk Menolong Umat-Nya] “Jangan katakan dalam hatimu, ‘Bangsa-bangsa itu lebih kuat dari kita, bagaimana kita dapat mengusirnya?’

18) Jangan takut kepada mereka. Ingatlah yang telah diperbuat TUHAN Allahmu terhadap Firaun dan semua bangsa Mesir.

19) Kamu melihat betapa besarnya kesulitan yang dibuat-Nya kepada mereka. Kamu melihat hal-hal yang ajaib yang dilakukan TUHAN, kuasa, dan kekuatan-Nya yang besar untuk membawa kamu keluar dari Mesir. TUHAN Allahmu membuat yang sama kepada semua orang yang kamu takuti.

20) TUHAN Allahmu mengirimkan tabuhan menentang mereka. Ia melakukannya hingga Ia membinasakan semua orang yang melarikan diri dan berusaha bersembunyi.

21) Jangan takut kepada mereka karena TUHAN Allahmu bersamamu. Ia Allah yang besar dan agung.

22) TUHAN Allahmu memaksa bangsa-bangsa itu meninggalkan negerimu berangsur-angsur. Kamu tidak membinasakan mereka semua dalam waktu yang sangat singkat. Jika kamu melakukan itu, binatang-binatang buas terlalu banyak jumlahnya untuk kamu perhatikan.

23) TUHAN Allahmu membiarkan kamu mengalahkan bangsa-bangsa itu. Ia membingungkan mereka dalam peperangan hingga mereka binasa.

24) Ia menolong kamu mengalahkan rajanya. Kamu membunuh mereka, dan dunia lupa bahwa mereka pernah hidup. Tidak ada seorang pun yang dapat menghentikan kamu. Kamu membinasakan mereka semuanya.

25) Buanglah patung-patung mereka ke dalam api dan bakarlah itu. Jangan menginginkan perak dan emas yang ada pada patung-patung itu bagi dirimu. Itu seperti jerat bagimu — yang akan merusak hidupmu. TUHAN Allahmu membenci berhala.

26) Jangan bawa sesuatu dari berhala yang mengerikan itu ke dalam rumahmu, atau kamu akan binasa sama seperti berhala itu. Perlakukanlah itu seperti hal yang menjijikkan. Berhala-berhala akan binasa.”


Ulangan Pasal 8 (Total ayat 20)

1) [Ingatlah Tuhan] “Taatilah semua perintah yang kuberikan kepadamu hari ini sehingga kamu akan hidup dan bertambah-tambah menjadi suatu bangsa yang besar. Kamu akan memiliki tanah yang telah dijanjikan TUHAN bagi nenek moyangmu.

2) Dan ingatlah seluruh perjalanan di bawah pimpinan TUHAN Allahmu selama 40 tahun di padang gurun. Dia telah mengujimu. Ia ingin membuat kamu rendah hati. Ia mau tahu yang ada di dalam hatimu. Ia mau tahu apakah kamu menaati perintah-perintah-Nya.

3) Ia membuatmu rendah hati dan membuatmu lapar. Kemudian Dia memberi makanan manna kepadamu — yang kamu tidak kenal sebelumnya, yaitu sesuatu yang belum pernah dilihat oleh nenek moyangmu. Mengapa Tuhan melakukan itu? Karena Ia tahu bahwa orang tidak hidup hanya dari roti, tetapi dari segala sesuatu yang dikatakan TUHAN.

4) Selama 40 tahun, pakaianmu tidak menjadi usang dan kakimu tidak membengkak.

5) Ingatlah bahwa TUHAN Allahmu sedang mengajar dan memperbaiki kamu seperti seorang ayah terhadap anaknya.

6) Taatilah perintah-perintah TUHAN Allahmu. Ikutlah Dia dan hormati.

7) TUHAN Allahmu membawa kamu memasuki tanah yang baik — tanah dengan sungai-sungai dan mata air. Air mengalir keluar dari bawah tanah ke lembah-lembah dan bukit-bukit.

8) Sebuah negeri dengan bermacam-macam gandum, buah anggur, buah ara, buah delima. Negeri yang menghasilkan minyak zaitun dan madu.

9) Di sana kamu memperoleh banyak makanan dan segala sesuatu yang kamu butuhkan. Itulah suatu negeri yang batunya adalah besi. Kamu dapat menambang biji tembaga dari bukit-bukit.

10) Kamu memiliki yang kamu suka memakannya. Kemudian kamu memuji TUHAN Allahmu atas tanah yang baik yang sudah diberikan-Nya kepadamu.”

11) [Jangan Lupakan Perbuatan Tuhan] “Hati-hatilah! Jangan lupakan TUHAN Allahmu. Hati-hatilah menaati perintah, hukum, dan peraturan yang kuberikan kepadamu hari ini.

12) Kemudian kamu mempunyai cukup makanan dan kamu mendirikan rumah-rumah yang bagus dan mendiaminya.

13) Sapi, domba, dan kambingmu bertambah banyak. Kamu mendapat banyak perak dan emas. Kamu mendapat segala sesuatu.

14) Bila hal itu terjadi, hati-hatilah, jangan kamu menjadi sombong. Jangan lupakan TUHAN Allahmu. Kamu dahulu adalah hamba di Mesir, tetapi kamu dibebaskan dan dibawa-Nya keluar dari negeri itu.

15) Ia membawa kamu melalui padang gurun yang luas dan dahsyat, yang penuh dengan ular dan kalajengking berbisa. Tanah itu kering dan tidak ada air di mana-mana. Ia membuat air keluar dari batu untuk kamu.

16) Ia juga yang memberi makanan manna kepada kamu di padang gurun yang tidak pernah dikenal nenek moyangmu. Ia menguji kamu agar kamu menjadi rendah hati dan segala sesuatu berjalan dengan baik bagimu pada akhirnya.

17) Jangan berpikir dalam hatimu, ‘Aku mendapat kekayaan ini karena kuasa dan kemampuanku sendiri.’

18) Ingatlah TUHAN Allahmu satu-satunya yang memberikan kuasa kepadamu melakukan itu. Ia melakukannya karena Ia mau memenuhi Perjanjian yang dibuat-Nya kepada nenek moyangmu sebagaimana dilakukan-Nya hari ini.

19) Jangan lupakan TUHAN Allahmu. Jangan ikuti berhala-berhala lain. Jangan sembah dan layani itu. Jika kamu melakukannya, aku memperingatkan kamu hari ini, kamu pasti binasa.

20) TUHAN membinasakan bangsa-bangsa lain untuk kamu, Jika kamu tidak mau mendengar TUHAN Allahmu, kamu akan binasa seperti mereka.”


Ulangan Pasal 9 (Total ayat 29)

1) [Tuhan Akan Menyertai Israel] “Dengarlah, hai orang Israel, hari ini kamu akan menyeberangi Sungai Yordan. Kamu pergi ke tanah itu untuk mengusir bangsa-bangsa yang lebih besar dan lebih kuat daripada kamu. Kota-kota mereka besar dengan temboknya setinggi langit.

2) Orang di sana besar dan tinggi. Mereka orang Enak. Kamu tahu tentang mereka. Kamu telah mendengar para pengintai kita mengatakan, ‘Tidak ada yang dapat melawan orang Enak.’

3) Yakinlah bahwa TUHAN Allahmu mendahului kamu menyeberangi Sungai Yordan — dan Allah bagaikan api yang menghanguskan. Dia membinasakan bangsa-bangsa itu. Ia menjatuhkan mereka di depanmu. Kamu memaksa mereka itu keluar. Dengan cepat kamu membinasakannya. TUHAN telah berjanji bahwa hal itu terjadi.

4) TUHAN Allahmu mengusir bangsa-bangsa itu keluar karena kamu, tetapi jangan katakan dalam hatimu, ‘TUHAN membawa kami ke sini untuk mendiami tanah ini karena kami orang baik-baik.’ Tidak. TUHAN telah mengusir mereka keluar karena mereka jahat.

5) Kamu menduduki tanah itu, bukannya karena kamu baik dan hidup benar, melainkan TUHAN Allahmu telah mengusir mereka keluar karena mereka itu jahat dalam hidupnya. Dan TUHAN mau memenuhi janji-Nya kepada nenek moyangmu — Abraham, Ishak, dan Yakub.

6) TUHAN Allahmu memberikan tanah subur untuk kamu diami, tetapi kamu harus tahu bahwa bukan karena kamu baik. Sebenarnya kamu adalah sangat keras kepala.”

7) [Ingatlah Murka Tuhan] Jangan lupa bahwa kamu telah membuat TUHAN Allahmu marah di padang gurun. Kamu tidak mau menaati TUHAN mulai saat kamu meninggalkan tanah Mesir hingga hari kamu tiba di tempat ini.

8) Kamu membuat TUHAN marah di Gunung Horeb. TUHAN cukup marah untuk membinasakan kamu.

9) Aku naik ke gunung untuk menerima loh-loh batu, yakni Perjanjian yang dibuat TUHAN dengan kamu tertulis pada batu itu. Aku tinggal di atas gunung selama 40 hari 40 malam. Aku tidak makan dan tidak minum.

10) TUHAN memberikan dua loh batu kepadaku. Ia telah menulis perintah-Nya pada batu itu dengan jari-Nya. Ia menuliskan seluruh perintah yang disampaikan TUHAN kepadamu di atas gunung dari api pada hari kamu berkumpul di sana.

11) “Jadi, pada akhir dari 40 hari dan 40 malam, TUHAN memberikan kepadaku kedua loh batu itu, yakni Batu Perjanjian.

12) TUHAN berkata kepadaku, ‘Bangkit dan berangkatlah dengan segera ke bawah. Umatmu yang telah kaubawa keluar dari tanah Mesir sudah merusak dirinya. Dengan cepat mereka telah menyimpang dari yang Kuperintahkan kepada mereka. Mereka telah menuang emas dan membuat berhala untuk mereka sendiri.’

13) TUHAN berkata kepadaku, ‘Aku telah memperhatikan bangsa itu dan memang mereka keras kepala.

14) Biarlah Aku membinasakan mereka dan tidak seorang pun yang akan mengingat namanya. Dan Aku membuat suatu bangsa yang lain dari kamu yang lebih kuat dan jumlahnya lebih besar daripada mereka.’”

15) [Lembu Emas] “Kemudian aku turun dari gunung yang sedang menyala itu. Dan kedua loh batu Perjanjian itu ada di tanganku.

16) Aku memandang dan melihat bahwa kamu sudah berbuat dosa terhadap TUHAN Allahmu. Aku melihat sebuah patung anak sapi dari emas. Kamu tidak menaati perintah TUHAN,

17) lalu aku memegang kedua loh batu itu dan membuangnya. Kedua batu itu kupecahkan di depan matamu.

18) Kemudian aku sujud di hadapan TUHAN dengan wajahku ke tanah selama 40 hari dan 40 malam seperti yang kulakukan sebelumnya. Aku tidak makan dan minum. Aku membuat hal itu karena semua dosamu yang kamu lakukan, yaitu membuat hal-hal yang tidak berkenan kepada TUHAN dan itu membuat-Nya marah.

19) Aku takut kepada amarah TUHAN. Dia cukup marah untuk membinasakan kamu, tetapi TUHAN masih mendengarkan aku lagi.

20) TUHAN juga cukup marah kepada Harun — cukup untuk membinasakannya. Jadi, aku berdoa untuk Harun waktu itu.

21) Aku mengambil benda yang keji itu — lembu yang kamu buat — lalu membakarnya dalam api. Aku memecahkannya berkeping-keping dan menggilingnya menjadi abu. Kemudian aku membuang abu itu ke sungai yang mengalir dari gunung.”

22) [Musa Memohon kepada Allah untuk Mengampuni Israel] “Juga di Tabera, Masa, dan Kibrot-Hatawa kamu telah membuat TUHAN marah.

23) Dan kamu tidak taat ketika TUHAN mengatakan kepadamu untuk meninggalkan Kadesy-Barnea. Ia berkata, ‘Pergilah dan dudukilah negeri yang telah Kuberikan kepadamu,’ tetapi kamu menolak perintah TUHAN Allahmu. Kamu tidak percaya kepada-Nya dan kamu tidak mendengarkan perintah-Nya.

24) Kamu menentang TUHAN sejak pada hari aku mengenalmu.

25) Jadi, aku menyembah di hadapan TUHAN selama 40 hari dan 40 malam, sebab TUHAN berkata Ia akan membinasakan kamu.

26) Aku berdoa kepada TUHAN. Aku mengatakan, Ya Tuhan ALLAHku, jangan Engkau membinasakan umat-Mu, milik-Mu. Engkau telah membebaskan mereka dengan kuasa-Mu yang besar. Engkau telah membawa mereka keluar dari Mesir dengan kuasa besar dan kekuatan-Mu.

27) Ingatlah janji-Mu kepada hamba-Mu Abraham, Ishak, dan Yakub. Lupakanlah betapa keras kepala mereka itu. Jangan lihat cara hidup orang Israel yang jahat atau dosa mereka.

28) Jika Engkau menghukum umat-Mu, orang Mesir akan mengatakan, ‘TUHAN tidak mampu membawa mereka ke negeri yang dijanjikan-Nya, dan Dia membenci mereka. Jadi, Ia membawa mereka untuk membunuhnya di padang gurun.’

29) Mereka adalah umat-Mu. Mereka adalah milik-Mu. Engkau telah membawa mereka dengan kuasa-Mu yang besar dan kekuatan-Mu.”


Ulangan Pasal 10 (Total ayat 22)

1) [Loh Batu Baru] “Ketika itu TUHAN berkata kepadaku, ‘Pahatlah dua loh batu seperti semula dan datanglah kepada-Ku ke gunung. Buatlah juga sebuah peti kayu.

2) Aku akan menulis di atas loh batu itu kata-kata seperti pada kedua batu yang kaupecahkan itu. Sesudah itu masukkanlah batu baru itu ke dalam Kotak.’

3) Aku membuat sebuah peti dari kayu akasia dan memahat dua loh batu seperti sebelumnya. Kemudian aku naik ke gunung. Kedua loh batu kubawa di tanganku.

4) Dan TUHAN menulis di atas loh batu itu kata-kata yang sama seperti yang ditulis-Nya di atas kedua loh batu sebelumnya, yakni 10 perintah yang disampaikan-Nya dari api, ketika kamu berkumpul di atas gunung. TUHAN kemudian memberikannya kepadaku.

5) Aku turun dari gunung dan menempatkan loh batu itu ke dalam peti yang kubuat. Dan TUHAN menyuruh aku meletakkannya di sana. Sampai sekarang loh batu itu masih di dalam Kotak itu.”

6) Orang Israel berjalan dari sumur Yaakanit ke Mosera. Harun mati dan dikuburkan di sana. Anaknya Eleazar menjadi imam sebagai penggantinya.

7) Dari sana umat melanjutkan perjalanannya ke Gudgoda dan dari Gudgoda ke Yotbata, suatu tempat yang banyak sungainya.

8) Ketika itu TUHAN memisahkan suku Lewi dari suku-suku lainnya untuk tugas khusus. Mereka mengangkut Kotak Perjanjian TUHAN. Mereka juga bertugas selaku imam di hadapan TUHAN. Dan mereka bekerja untuk memberkati umat dalam nama TUHAN. Mereka masih melakukan hal itu sampai hari ini.

9) Oleh sebab itulah, suku Lewi tidak mendapat bagian tanah milik, seperti halnya dengan suku-suku lain. TUHAN adalah bagian mereka seperti yang dijanjikan TUHAN Allahmu kepada mereka.

10) “Aku ada di gunung selama 40 hari dan 40 malam seperti pada pertama kalinya. TUHAN kembali mendengarkan aku pada saat itu. Ia memutuskan tidak akan membinasakan kamu.

11) TUHAN berkata kepadaku, ‘Pergi dan pimpinlah umat dalam perjalanan mereka. Mereka akan memasuki dan tinggal di negeri yang telah Kujanjikan kepada nenek moyangnya.’”

12) [Apa yang Sebenarnya Dikehendaki Tuhan] “Sekarang Israel, dengarkanlah. Apakah yang diminta TUHAN Allahmu sebenarnya dari kamu? TUHAN Allahmu mau kamu menghormati-Nya dan melakukan yang dikatakan-Nya. Ia mau kamu mengasihi Dia dan melayani TUHAN Allahmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu.

13) Jadi, taatilah hukum dan perintah TUHAN yang kuberikan kepadamu hari ini demi kebaikanmu sendiri.

14) Segala sesuatu adalah milik TUHAN Allahmu. Langit, bahkan langit yang tertinggi adalah kepunyaan-Nya. Bumi dan segala isinya adalah milik-Nya.

15) TUHAN sangat mengasihi nenek moyangmu. Ia mengasihi mereka sedemikian rupa sehingga Ia memilih keturunannya, yaitu kamu. Ia memilih kamu sebagai ganti dari bangsa lain. Dan kamu masih umat pilihan-Nya sampai hari ini.

16) Jangan keras kepala. Berikanlah hatimu kepada Allah.

17) TUHANlah Allahmu. Ialah Allah segala allah dan Tuhan segala tuan. Dia Allah besar. Ia penuh kuasa dan mengagumkan. Bagi-Nya setiap orang adalah sama. Ia tidak menerima uang untuk mengubah pikiran-Nya.

18) Ia mempertahankan para janda dan yatim piatu. Bahkan Dia mengasihi orang asing yang ada di tengah-tengah kita. Ia memberi makanan dan pakaian kepada mereka.

19) Kamu juga harus mengasihi mereka karena kamu pernah menjadi orang asing di tanah Mesir.

20) Hormatilah TUHAN Allahmu dan sembahlah hanya Dia. Jangan tinggalkan Dia. Bila kamu berjanji, pakailah hanya nama-Nya.

21) Ia adalah satu-satunya yang harus kamu puji. Dialah Allahmu. Ia telah melakukan perbuatan-perbuatan besar dan mengagumkan bagimu. Kamu telah melihatnya dengan matamu sendiri.

22) Ketika nenek moyangmu pergi ke Mesir, hanya 70 orang. Sekarang TUHAN Allahmu telah membuat kamu sebanyak bintang di langit.”


Ulangan Pasal 11 (Total ayat 32)

1) [Ingatlah Tuhan] “Jadi, kasihilah TUHAN Allahmu. Lakukanlah tugasmu. Taatilah senantiasa hukum, peraturan, serta perintah-perintah-Nya.

2) Ingatlah hari ini, semua perkara-perkara besar yang telah dilakukan TUHAN Allahmu untuk mengajar kamu. Kamulah itu, bukan anak-anakmu yang melihat hal-hal itu terjadi dan hidup di dalamnya. Kamu melihat betapa besarnya Dia, betapa kuatnya Dia, dan hal-hal yang penuh kuasa yang dilakukan-Nya.

3) Bukan anak-anakmu, tetapi kamulah yang mengalami mukjizat-mukjizat dan perbuatan-perbuatan-Nya yang dinyatakan-Nya kepada Firaun, raja Mesir dan kepada semua negerinya.

4) Kamulah itu, bukan anak-anakmu telah melihat yang dilakukan-Nya terhadap tentara Mesir — terhadap kuda dan kereta-kereta perang mereka. Mereka mengejar kamu, tetapi kamu melihat bagaimana TUHAN membuat Laut Merah meluap dan meliputi mereka. Kamu melihat Dia membinasakan mereka semuanya.

5) Kamulah itu, bukan anak-anakmu yang melihat segala sesuatu yang dibuat-Nya kepadamu di padang gurun hingga kamu tiba di tempat ini.

6) Kamu melihat yang dilakukan-Nya terhadap Datan dan Abiram, anak-anak Eliab keluarga Ruben. Semua orang Israel menyaksikan ketika tanah terbuka seperti mulut dan menelan mereka, keluarganya, kemahnya, dan semua hambanya, dan ternaknya.

7) Kamulah itu, bukan anak-anakmu yang melihat perbuatan-perbuatan besar TUHAN.

8) Jadi, taatilah setiap perintah yang kuberikan kepadamu hari ini, maka kamu dapat menjadi kuat. Dan kamu dapat menyeberangi Sungai Yordan dan mengambil tanah yang sudah siap untuk dimasuki.

9) Kemudian kamu dapat hidup lama di negeri itu. TUHAN telah menjanjikan untuk memberikan negeri itu kepada nenek moyangmu dan kepada keturunannya, suatu negeri yang penuh dengan banyak yang baik.

10) Negeri yang kamu masuki untuk dimiliki itu tidak dapat disamakan dengan Mesir yang kamu tinggalkan. Di Mesir kamu menanam bibit dan kamu memompa air dengan kakimu untuk mengairinya seperti kebun sayur.

11) Negeri yang kamu miliki bukan seperti itu. Di Israel ada gunung-gunung dan lembah-lembah dan tanah dibasahi oleh air hujan dari langit.

12) TUHAN Allahmu memelihara negeri itu. TUHAN Allahmu menjaga negeri itu, sejak awal hingga akhir tahun.

13) Tuhan berkata, ‘Dengarkanlah baik-baik akan perintah yang Kusampaikan kepadamu hari ini. Kasihilah TUHAN Allahmu dan layanilah Dia dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu. Jika kamu melakukannya,

14) Aku memberikan hujan untuk tanahmu pada waktunya, hujan sewaktu menanam dan sesudahnya. Dan kamu dapat mengumpulkan gandummu, anggur barumu, dan minyakmu.

15) Dan Aku menumbuhkan rumput di ladangmu untuk ternakmu. Kamu akan mempunyai cukup makanan.’

16) Tuhan berkata, ‘Hati-hatilah! Jangan menjadi bodoh. Jangan tinggalkan Aku dan melayani berhala-berhala lain, dan sujud kepadanya.

17) Jika kamu melakukannya, TUHAN akan sangat marah kepadamu. Ia menutup langit, dan hujan tidak akan turun. Tanah tidak menghasilkan panen dan kamu mati segera di tanah yang subur yang diberikan TUHAN kepadamu.

18) Ingatlah selalu perintah yang Kuberikan kepadamu. Jagalah itu dalam hatimu. Tulislah perintah itu dan ikatkan pada tanganmu dan pakailah itu pada dahimu sebagai cara untuk mengingat hukum-Ku.

19) Ajarkanlah hukum itu kepada anak-anakmu. Bicarakan tentang hal itu bila kamu duduk di rumahmu, bila kamu dalam perjalanan, bila kamu berbaring, dan bila kamu bangun.

20) Tuliskanlah itu di pintu-pintu rumahmu dan di gerbangmu.

21) Kemudian kamu dan anak-anakmu akan hidup lama di negeri yang telah dijanjikan oleh TUHAN untuk diberikan kepada nenek moyangmu. Dan kamu tinggal di sana selama langit masih ada di atas bumi.’

22) Hati-hatilah menaati setiap perintah yang kusampaikan kepadamu: Kasihilah TUHAN Allahmu, ikutilah semua jalan-Nya, dan setialah kepada-Nya.

23) Jadi, bila kamu memasuki tanah itu, TUHAN akan mengusir semua bangsa. Kamu mengambil tanah itu dari bangsa-bangsa yang lebih besar dan lebih berkuasa daripada kamu.

24) Semua tanah yang kamu lintasi menjadi milikmu. Daerahmu terbentang mulai dari padang gurun di sebelah selatan sampai sepanjang jalan ke Libanon di utara. Dari Sungai Efrat di timur sampai sepanjang jalan ke Laut Tengah.

25) Tidak ada orang yang dapat bertahan melawanmu. TUHAN Allahmu membuat orang takut kepadamu ke mana pun kamu pergi di negeri itu. Itulah yang telah dijanjikan-Nya kepadamu sebelumnya.”

26) [Pilihan Israel: Berkat atau Kutuk] “Hari ini aku memberikan kepadamu pilihan. Kamu dapat memilih berkat atau kutuk.

27) Kamu dapat menerima berkat jika kamu mendengarkan dan taat kepada perintah TUHAN Allahmu, yang kusampaikan kepadamu hari ini.

28) Tetapi kamu akan menerima kutukan, jika kamu tidak mau mendengarkan dan tidak menaati perintah-perintah TUHAN Allahmu. Jadi, jangan menghentikan cara hidup yang kusampaikan kepadamu hari ini. Kamu mengenal Allah, janganlah ikuti berhala-berhala yang tidak kamu kenal.

29) TUHAN Allahmu membawa kamu ke tanahmu. Kamu segera memasukinya dan memiliki negeri itu. Pada waktu itu kamu harus pergi ke Gunung Gerizim dan bacakanlah berkat kepada umat di sana. Dan kemudian pergilah ke Gunung Ebal dan bacakan kutukan dari sana.

30) Gunung-gunung itu ada di seberang Sungai Yordan, di negeri tempat tinggal orang Kanaan di Lembah Yordan. Gunung-gunung itu menghadap ke barat, dekat kota Gilgal, di sebelah pohon ek di More.

31) Kamu akan menyeberangi Sungai Yordan. Kamu akan mengambil tanah yang diberikan TUHAN Allahmu kepadamu. Tanah itu adalah milikmu. Apabila kamu menduduki tanah itu,

32) kamu harus menaati semua hukum dengan cermat, dan peraturan yang kuberikan kepadamu hari ini.”


Ulangan Pasal 12 (Total ayat 32)

1) [Tempat Menyembah Allah] “Inilah hukum dan peraturan yang harus kamu taati di negerimu yang baru. Kamu harus menaatinya dengan cermat selama kamu tinggal di sana. TUHAN ialah Allah nenek moyangmu, yang telah memberikan negeri itu kepadamu.

2) Kamu akan mengambil negeri itu dari bangsa-bangsa yang tinggal di sana sekarang. Binasakanlah semua tempat penyembahan berhala, yang terdapat di atas gunung-gunung, bukit-bukit, dan di bawah pohon rindang.

3) Rubuhkanlah mezbah mereka dan pecahkan tugu-tugu peringatannya. Bakarlah habis tiang Asyera mereka. Dan potonglah patung-patung dewanya. Sapu bersih segala sesuatu yang dapat membuatmu teringat akan berhala itu.

4) Jangan menyembah TUHAN Allahmu menurut cara mereka.

5) TUHAN Allahmu akan memilih sebuah tempat khusus di tengah-tengah sukumu. Itulah menjadi tempat bagi nama-Nya. Pergilah ke tempat itu untuk menyembah-Nya.

6) Bawalah ke situ kurban bakaran, persembahanmu, persepuluhan dari hasil panen dan ternakmu, persembahan khususmu, persembahan suka relamu, dan anak sulung ternakmu.

7) Makanlah di sana dalam kehadiran TUHAN Allahmu, dan bersukacitalah untuk segala sesuatu yang baik yang sudah kamu dan keluargamu kerjakan, karena TUHAN Allahmu sudah memberkatimu.

8) Jangan terus menyembah menurut caramu. Sampai sekarang, kita masing-masing telah menyembah Allah menurut keinginan kita

9) karena kita belum tiba di tempat yang penuh damai, yang diberikan TUHAN Allahmu kepadamu.

10) Kamu akan menyeberangi Sungai Yordan dan tinggal di negeri yang diberikan TUHAN untukmu. Ia memberikan ketenangan kepadamu dari semua musuhmu dan kamu selamat.

11) Kemudian TUHAN Allahmu memilih tempat yang menjadi tempat bagi nama-Nya. Bawalah segala sesuatu yang kuperintahkan kepadamu ke tempat itu. Bawalah kurban bakaranmu, persembahanmu, persepuluhan dari panen dan hewanmu, persembahan khususmu, dan semua pemberian yang kamu janjikan kepada TUHAN.

12) Datanglah ke tempat itu bersama semua umatmu — anak-anakmu, semua hambamu, dan orang Lewi yang tinggal di kota-kotamu. Orang Lewi tidak memiliki tanah miliknya sendiri. Bersukacitalah bersama TUHAN Allahmu.

13) Pastikanlah, kamu tidak mempersembahkan kurban bakaran di semua tempat yang dapat kamu lihat.

14) TUHAN memilih tempat yang khusus bagi-Nya di tengah-tengah sukumu. Berikanlah kurban bakaranmu dan lakukanlah segala sesuatu lainnya yang telah kuperintahkan kepadamu hanya di tempat itu.

15) Apabila kamu mau makan daging, kamu dapat bersukacita atas berkat dari TUHAN Allahmu di mana saja kamu tinggal. Kamu dapat menyembelih hewan seperti kijang dan rusa, dan setiap orang, bersih atau najis, kamu dapat memakannya,

16) tetapi jangan makan darahnya. Tumpahkanlah itu ke atas tanah seperti air.

17) Ada beberapa yang tidak boleh kamu makan di tempat tinggalmu, yaitu: Sepersepuluh dari gandummu yang menjadi milik Allah, sepersepuluh dari anggur dan minyakmu yang baru yang menjadi milik Allah, anak sulung hewan yang lahir di dalam kawanan sapi atau domba, dan sesuatu yang kamu janjikan kepada Allah, persembahan suka relamu, sumbangan khususmu kepada Allah.

18) Makanlah kurban itu hanya di tempat kehadiran TUHAN Allahmu — di tempat khusus yang akan dipilih TUHAN Allahmu. Pergilah ke sana dan makan bersama anakmu laki-laki dan perempuan, semua hambamu, dan orang Lewi yang ada di kotamu. Bersukacitalah di sana bersama Tuhan Allahmu atas semua yang kamu kerjakan.

19) Pastikanlah agar kamu selalu memberikan makanan kepada orang Lewi selama kamu tinggal di negerimu.

20) TUHAN Allahmu telah berjanji untuk meluaskan negerimu. Bila TUHAN melakukan itu, mungkin kamu tinggal di tempat yang sangat jauh dari tempat yang dipilih-Nya menjadi tempat nama-Nya. Jika itu terlalu jauh, dan kamu sangat lapar, kamu dapat memakan daging yang kamu miliki. Kamu dapat memotong ternak yang telah diberikan Tuhan kepadamu. Lakukanlah cara yang telah kuperintahkan kepadamu. Kamu dapat memakan daging di tempat kamu tinggal kapan kamu menghendakinya.

21) (12:20)

22) Kamu dapat memakannya seperti yang kamu lakukan terhadap kijang dan rusa. Setiap orang — baik yang najis maupun yang bersih dapat memakannya.

23) Pastikanlah bahwa kamu tidak makan darahnya, karena nyawa ada di dalam darah. Jangan makan daging yang masih ada nyawa di dalamnya.

24) Jangan makan darah. Tuangkanlah itu ke tanah seperti air.

25) Jangan makan darah. Lakukanlah segala sesuatu yang baik menurut TUHAN. Kemudian segala sesuatu yang baik terjadi atas kamu dan keturunanmu.

26) Jika kamu memutuskan untuk memberikan sesuatu yang khusus bagi Allah, pergilah ke tempat yang dipilih TUHAN Allahmu. Dan apabila kamu membuat satu janji khusus, pergilah ke tempat itu untuk memberikan persembahan kepada Allah.

27) Persembahkanlah kurban bakaran di tempat itu. Persembahkanlah daging dan darah kurban bakaranmu di atas mezbah TUHAN Allahmu. Dan kurban lainnya tuangkanlah darah ke atas mezbah TUHAN Allahmu, lalu makanlah dagingnya.

28) Hati-hatilah menaati semua perintah yang kuberikan kepadamu. Apabila kamu melakukan yang baik dan benar — yang menyenangkan TUHAN Allahmu — segala sesuatu akan berjalan baik bagimu dan keturunanmu selamanya.

29) Kamu akan mengambil tanahmu dari orang lain. TUHAN Allahmu membinasakan mereka bagimu. Kamu mengusir mereka dari tanah itu, dan kamu tinggal di sana.

30) Tetapi hati-hatilah agar kamu tidak terjebak ke dalam jerat yang sama yang dilakukannya. Jangan pergi minta tolong kepada berhala-berhala itu. Jangan katakan, ‘Orang itu menyembah berhala, jadi aku pun menyembahnya.’

31) Jangan lakukan itu kepada TUHAN Allahmu. Mereka berbuat semua yang jahat yang dibenci TUHAN. Bahkan mereka membakar anak-anaknya bagi berhala-berhalanya.

32) Hati-hatilah atas segala sesuatu yang telah kuperintahkan kepadamu. Jangan tambahkan atau kurangi sesuatu yang telah kukatakan kepadamu.”


Ulangan Pasal 13 (Total ayat 18)

1) [Jangan Sembah Dewa-dewa] “Seorang nabi atau ada seseorang yang menerangkan mimpi mungkin datang kepadamu dan mengatakan bahwa mereka akan menunjukkan kepadamu suatu tanda atau mukjizat.

2) Dan tanda atau mukjizat yang dikatakannya kepadamu bisa saja benar. Kemudian mereka mungkin bertanya kepadamu untuk mengikut allah lain, yang kamu tidak kenal. Mereka mungkin berkata kepadamu, ‘Marilah kita melayani allah itu.’

3) Jangan dengarkan orang itu karena TUHAN Allahmu sedang mengujimu untuk mengetahui apakah kamu mengasihi-Nya dengan segala hati dan jiwamu.

4) Ikutilah TUHAN Allahmu, hormatilah Dia. Taatilah perintah-Nya dan lakukan yang dikatakan-Nya kepadamu. Layanilah TUHAN Allahmu dan jangan tinggalkan Dia.

5) Juga, bunuhlah nabi atau orang yang menerangkan mimpi-mimpi karena ia mengatakan kepadamu, untuk melawan TUHAN Allahmu. Dan Dialah TUHAN Allahmu yang telah membawa kamu keluar dari tanah Mesir dan membebaskan kamu dari perhambaan. Mereka berusaha untuk menarik kamu dari cara hidup yang telah diperintahkan-Nya kepadamu. Bunuhlah mereka untuk menjauhkan kejahatan dari bangsamu.

6) Sahabat terdekatmu mungkin mengajakmu secara sembunyi untuk menyembah allah lain. Mungkin dia adalah saudaramu kandung, anakmu laki-laki, anakmu perempuan, istri yang kamu kasihi, atau teman karibmu. Mereka mungkin mengatakan, ‘Marilah kita pergi dan melayani allah lain.’ Kamu dan nenek moyangmu tidak pernah mengenalnya.

7) Mereka adalah allah orang di sekitarmu, yang dekat dengan kamu atau jauh.

8) Jangan setuju dengan orang itu. Jangan dengarkan mereka. Jangan kasihani mereka. Jangan biarkan mereka pergi dengan bebas dan jangan melindunginya.

9) Bunuhlah mereka dengan batu. Kamulah orang pertama yang mengambil batu dan melemparkannya kepadanya. Kemudian semua orang menyusul membunuhnya karena mereka berusaha menggodamu untuk meninggalkan TUHAN Allahmu, yang telah membawa kamu keluar dari perhambaan di tanah Mesir.

10) (13:9)

11) Kemudian semua orang Israel mendengar hal itu dan menjadi takut, maka mereka tidak lagi berbuat jahat.”

12) [Kota-kota Yang Harus Dimusnahkan] “TUHAN Allahmu telah memberikan kota-kota tempat tinggalmu. Kadang-kadang kamu mungkin mendengar hal-hal yang buruk dari kota itu. Kamu mungkin mendengar bahwa

13) ada sekelompok orang dari bangsamu sendiri mengajak penduduk kota untuk melakukan hal-hal yang jahat. Mungkin mereka berkata kepada penduduk kota, ‘Mari kita pergi dan menyembah dewa-dewa lain.’ Allah-allah itu tidak kamu kenal sebelumnya.

14) Jika kamu mendengar berita itu, kamu harus menyelidiki hal itu dengan teliti apakah itu benar. Jika kamu tahu bahwa hal itu benar,

15) maka bunuhlah orang yang tinggal di kota itu dan juga ternaknya.

16) Kumpulkan semua benda berharga ke tengah lapangan kota dan bakar kota itu bersama yang ada di dalamnya. Bakar semuanya seperti kurban bakaran bagi TUHAN Allahmu. Buatlah kota itu menjadi tumpukan puing-puing untuk selamanya. Kota itu tidak akan pernah lagi dibangun.

17) Segala sesuatu yang ada di dalam kota itu harus diserahkan kepada Allah untuk dibinasakan. Jangan ambil sesuatu apa pun untuk dirimu sendiri. Jika kamu menaati perintah itu, TUHAN tidak lagi marah kepadamu. Ia akan menunjukkan kebaikan-Nya kepadamu. Ia merasa kasihan kepadamu dan membiarkan bangsamu semakin besar, seperti yang dijanjikan-Nya kepada nenek moyangmu.

18) Hal itu terjadi jika kamu mendengarkan TUHAN Allahmu — jika kamu menaati semua perintah-Nya yang kuberikan kepadamu hari ini. Lakukan hal-hal yang benar, yang dikatakan TUHAN Allahmu.”


Ulangan Pasal 14 (Total ayat 29)

1) [Israel Umat Allah yang Khusus] “Kamulah anak TUHAN Allahmu. Bila seseorang meninggal, jangan potong tubuhmu atau mencukur rambutmu untuk menunjukkan kesedihanmu,

2) karena kamu berbeda dari orang lain. Kamu adalah umat TUHAN, Allahmu. Dari semua orang di dunia ini, TUHAN telah memilih kamu menjadi umat-Nya yang khusus.”

3) [Makanan yang Boleh Dimakan Orang Israel] “Jangan makan sesuatu yang dibenci oleh Tuhan.

4) Inilah hewan yang dapat kamu makan: Lembu, domba, kambing,

5) rusa, kijang, rusa dandi, kambing hutan, kijang gunung, lembu hutan, domba hutan.

6) Kamu dapat memakan semua hewan yang kukunya berbelah dua dan memamah biak,

7) tetapi jangan makan: unta, kelinci hutan, dan musang. Binatang itu memamah biak, tetapi kukunya tidak berbelah dua. Jadi, itu haram untuk dimakan.

8) Dan jangan makan daging babi hutan. Babi yang berbelah dua kukunya, tetapi tidak memamah biak, haram untuk dimakan. Jangan makan sedikit pun dari dagingnya. Bahkan jangan menyentuh bangkainya.

9) Dari ikan-ikan yang ada di dalam air, yang dapat kamu makan adalah: semua yang bersirip dan bersisik.

10) Jangan makan semua ikan yang tidak bersirip dan bersisik. Itu haram untuk dimakan.

11) Setiap burung yang halal dapat dimakan.

12) Burung-burung yang dilarang untuk dimakan adalah: rajawali, ering janggut, elang laut,

13) elang merah, elang hitam, burung dendang menurut jenisnya,

14) setiap burung gagak menurut jenisnya,

15) burung unta, burung hantu, camar, dan elang sikap menurut jenisnya,

16) burung pungguk, burung hantu besar, burung hantu putih,

17) burung undan, burung ering, dan burung dendang air,

18) burung ranggung, dan bangau menurut jenisnya, meragai, dan kelelawar.

19) Semua serangga yang bersayap adalah haram. Jangan makan itu.

20) Kamu dapat memakan semua burung yang halal.

21) Jangan makan binatang yang sudah mati secara alami. Kamu dapat memberikannya kepada orang asing yang tinggal di kotamu dan dia dapat memakannya, atau kamu dapat menjualnya kepada orang asing atau orang asing yang sedang bertamu, tetapi kamu sendiri tidak boleh memakannya, karena kamu adalah milik TUHAN Allahmu. Jangan masak anak kambing dalam susu induknya.”

22) [Memberikan Persepuluhan] “Simpanlah sepersepuluh dari semua hasil panen ladangmu setiap tahun.

23) Kemudian pergilah ke tempat yang dipilih-Nya menjadi tempat nama-Nya. Kamu akan pergi ke sana untuk bersama TUHAN Allahmu. Di tempat itulah kamu memakan persepuluhan dari panenmu — persepuluhan dari hasil gandum, anggur baru, minyak, dan anak sulung ternak yang lahir di kawanan sapi dan dombamu. Dengan demikian, kamu selalu menghormati TUHAN Allahmu.

24) Mungkin tempat itu terlalu jauh bagimu untuk menempuhnya sehingga kamu tidak dapat mengangkut hasil persepuluhan dari semua panenmu yang telah diberkati TUHAN. Jika hal itu terjadi,

25) kamu dapat menjual sebagian dari panen itu. Bawalah uang itu dan pergilah ke tempat khusus yang telah dipilih TUHAN.

26) Pergunakanlah uang itu untuk membeli yang kamu inginkan — sapi, domba, anggur, bir, atau makanan lainnya. Kamu dan keluargamu makan dan bersukacita di hadapan TUHAN Allahmu.

27) Jangan lupakan orang Lewi yang tinggal di kotamu. Bagikanlah makanan itu kepada mereka karena mereka tidak mempunyai tanah seperti kamu.

28) Pada akhir setiap tiga tahun, sepersepuluh dari hasil panen ladangmu tahun itu kumpulkanlah di kotamu.

29) Makanan itu adalah untuk orang Lewi karena mereka tidak mempunyai tanah. Makanan itu juga untuk orang lain yang ada di kotamu, yang membutuhkannya. Dan juga untuk orang asing, para janda, dan yatim piatu. Jika kamu melakukannya, TUHAN Allahmu akan memberkati kamu dalam segala sesuatu yang kamu kerjakan.”


Ulangan Pasal 15 (Total ayat 23)

1) [Tahun Khusus Penghapusan Utang] “Pada akhir setiap tujuh tahun hapuskanlah utang-utang.

2) Beginilah cara melakukannya: Setiap orang yang telah meminjamkan uang kepada orang Israel, harus menghapuskan utang itu. Jangan mengharuskan sesamanya melunasi utangnya karena waktu penghapusan utang dalam menghormati TUHAN sudah diberitahukan.

3) Kamu dapat meminta orang asing untuk melunasi utangnya kepadamu, tetapi terhadap sesama umatmu, kamu harus menghapus utangnya.

4) Seharusnya tidak terdapat orang miskin di tengah-tengahmu karena TUHAN pasti memberkati kamu di negeri yang diberikan TUHAN kepadamu sebagai milikmu.

5) Hal itu hanya terjadi jika kamu patuh kepada TUHAN Allahmu. Kamu harus cermat menaati setiap perintah yang kusampaikan kepadamu hari ini.

6) Kemudian TUHAN Allahmu memberkati kamu seperti yang telah dijanjikan-Nya. Kamu akan dapat memberi pinjaman kepada banyak bangsa, tetapi kamu sendiri tidak meminjam dari siapa pun. Kamu akan memerintah banyak bangsa, tetapi tidak ada dari mereka yang memerintah kamu.

7) Jika di antara kamu terdapat orang miskin di dalam salah satu kotamu di negeri yang akan diberikan TUHAN Allahmu, jangan mementingkan diri sendiri, jangan tolak menolong mereka.

8) Relalah berbagi dengan mereka. Pinjamkanlah kepada mereka yang diperlukannya.

9) Jangan tolak untuk menolong orang miskin hanya karena tahun ketujuh, tahun penghapusan utang sudah dekat. Jangan biarkan pikiran jahat seperti itu masuk ke dalam pikiranmu. Jangan pernah ada pikiran jahat terhadap orang yang membutuhkan pertolongan. Jangan tolak menolongnya. Jika kamu tidak menolong orang miskin, mereka akan mengadukan kamu kepada TUHAN, dan Dia menganggapnya dosa.

10) Pastikanlah untuk memberikan kepada orang miskin. Jangan anggap buruk tentang memberi kepada mereka karena TUHAN Allahmu memberkati kamu dalam melakukan hal yang baik itu. Ia memberkatimu dalam semua pekerjaanmu dan dalam segala sesuatu yang kamu lakukan.

11) Orang miskin selalu ada di negerimu. Oleh sebab itulah, aku memerintahkan kepadamu, supaya kamu siap sedia menolong saudaramu. Berikanlah kepada orang miskin yang memerlukan pertolongan, yang ada di negerimu.”

12) [Bebaskanlah Para Hamba] “Mungkin kamu membeli seorang Ibrani, laki-laki atau perempuan selaku hamba untuk melayani kamu. Orang itu dapat melayani kamu selama enam tahun. Dan pada tahun ketujuh bebaskanlah dia.

13) Dan bila kamu membiarkan dia pergi dengan bebas, jangan menyuruhnya dengan tangan hampa.

14) Berikanlah kepadanya beberapa dari ternakmu, gandum, dan anggurmu. TUHAN Allahmu telah memberkati kamu dan memberikan banyak yang baik kepadamu. Dengan hal yang sama, berikan juga banyak yang baik kepada hambamu.

15) Ingatlah, kamu pernah jadi hamba di Mesir. Dan TUHAN Allahmu telah membebaskan kamu. Oleh sebab itu, aku memberikan perintah itu kepadamu hari ini.

16) Mungkin seorang dari hamba berkata kepadamu, ‘Aku tidak meninggalkan kamu.’ Mungkin dia mengasihi kamu dan keluargamu karena hidupnya baik bersama kamu.

17) Kamu harus mengambil sebuah jarum penusuk untuk menusuk telinganya pada pintu, maka ia menjadi hambamu untuk selamanya. Hal yang sama harus kamu lakukan juga pada hambamu perempuan.

18) Jangan membebaskan hambamu dengan rasa berat. Ingatlah, ia sudah melayani kamu selama enam tahun dengan upah hanya setengah bayaran seorang buruh. TUHAN Allahmu memberkatimu dalam segala sesuatu yang kamu lakukan.”

19) [Peraturan tentang Anak Sulung Ternak] “Setiap anak sulung ternak dan kambing dombamu adalah khusus. Berikanlah itu untuk TUHAN. Jangan pakai anak sulung ternak untuk pekerjaanmu. Dan jangan gunting bulu dari anak sulung dombamu.

20) Setiap tahun bawalah anak sulung ternak ke tempat yang akan dipilih TUHAN. Kamu dan keluargamu akan memakannya di sana bersama TUHAN.

21) Namun, jika terdapat cacat pada ternak itu — jika ternak itu lumpuh, atau buta, dan cacat lainnya — jangan persembahkan itu kepada TUHAN Allahmu.

22) Kamu dapat memakannya di rumahmu. Setiap orang dapat memakannya — orang bersih dan orang najis. Peraturan tentang itu sama seperti peraturan tentang kijang dan rusa.

23) Jangan makan darahnya, tuangkanlah itu ke atas tanah seperti air.”


Ulangan Pasal 16 (Total ayat 22)

1) [Perayaan Paskah] “Ingatlah, pada bulan Abib kamu harus merayakan Paskah untuk memuliakan TUHAN Allahmu, karena bulan itu TUHAN Allahmu telah membawa kamu keluar dari Mesir malam hari.

2) Pergilah ke tempat yang ditunjukkan TUHAN Allahmu menjadi tempat bagi nama-Nya. Persembahkanlah kurban Paskah untuk memuliakan TUHAN. Persembahkanlah sapi dan kambing.

3) Jangan makan roti beragi bersama persembahan itu. Makanlah roti yang tidak beragi selama tujuh hari. Roti itu disebut ‘Roti penderitaan.’ Hal itu menolong kamu mengingat kembali penderitaanmu di Mesir. Ingatlah betapa cepatnya kamu meninggalkan negeri itu. Ingatlah itu selama kamu hidup.

4) Selama tujuh hari tidak terdapat ragi di mana pun di negerimu, dan daging yang kamu persembahkan pada hari pertama harus dimakan sebelum pagi hari.

5) Jangan persembahkan hewan Paskah di kota yang diberikan TUHAN kepadamu.

6) Persembahkan hewan Paskah hanya di tempat yang dipilih TUHAN sebagai tempat khusus bagi nama-Nya. Di tempat itulah persembahkan hewan Paskah pada malam hari setelah matahari terbenam. Itulah hari besar apabila kamu mengingat Allah membawa kamu keluar dari Mesir.

7) Masak daging dan makanlah itu di tempat yang dipilih TUHAN. Pada pagi harinya, kamu dapat kembali.

8) Selama enam hari kamu harus makan roti tidak beragi. Pada hari ketujuh jangan lakukan pekerjaan apa pun. Pada hari itu umat berkumpul pada suatu pertemuan khusus untuk memuliakan TUHAN Allahmu.”

9) [Hari Raya Tujuh Minggu] “Hitunglah tujuh minggu mulai dari waktu kamu memanen gandum.

10) Dan rayakanlah Hari Raya Tujuh Minggu bagi TUHAN Allahmu. Lakukanlah itu dengan membawa beberapa pemberian yang mau kamu bawa. Tentukanlah berapa banyak kamu mau berikan dengan mempertimbangkan berapa banyak TUHAN Allahmu telah memberkatimu.

11) Pergilah ke tempat yang dipilih TUHAN Allahmu menjadi tempat khusus bagi nama-Nya. Kamu dan umatmu hendaklah bersukacita di sana bersama TUHAN Allahmu. Bawalah semua umatmu bersama kamu — anakmu laki-laki dan perempuan, dan semua hambamu. Juga orang Lewi, orang asing, yatim piatu, dan para janda yang tinggal di kota-kotamu.

12) Ingatlah, kamu pernah hamba di Mesir. Jadi, pastikanlah untuk menaati hukum-hukum itu.”

13) [Hari Raya Pondok Daun] “Rayakanlah Hari Raya Pondok Daun setelah tujuh hari sesudah kamu mengumpulkan hasil pengirikan gandum dan pemerasan anggur.

14) Bersukacitalah pada hari raya itu — kamu, anakmu laki-laki, anakmu perempuan, semua hambamu, orang Lewi, orang asing, yatim piatu, dan para janda yang tinggal di kota-kotamu.

15) Rayakanlah hari raya itu selama tujuh hari di tempat yang dipilih TUHAN. Lakukanlah itu untuk memuliakan TUHAN Allahmu. TUHAN Allahmu telah memberkati kamu dan semua pekerjaanmu. Jadi, bersukacitalah sepenuhnya.

16) Tiga kali setahun semua orangmu harus hadir menemui TUHAN Allahmu di tempat yang dipilih-Nya. Mereka harus datang untuk Hari Raya Roti Tidak Beragi, Hari Raya Tujuh Minggu, dan Hari Raya Pondok Daun. Setiap orang yang datang untuk menemui TUHAN harus membawa pemberian.

17) Setiap orang harus memberi sesuai kemampuannya dengan mengingat berapa banyak yang diterimanya dari TUHAN.”

18) [Hakim dan Pejabat untuk Umat] “Pilihlah hakim dan petugas di setiap kota yang diberikan TUHAN Allahmu kepadamu. Setiap suku harus melakukannya. Dan mereka harus mengadili umat secara jujur.

19) Jujurlah selalu. Jangan berpihak. Jangan terima suap untuk mengubah pendapatmu dalam menghakimi. Suap membutakan orang bijak dan mengubah pendapat orang baik.

20) Baik dan jujurlah! Berusahalah sekuat-kuatnya menjadi baik dan jujur sepanjang waktu, maka kamu akan tinggal di tanah yang diberikan TUHAN Allahmu kepadamu dan memilikinya.”

21) [Allah Membenci Berhala] “Apabila kamu mendirikan mezbah untuk TUHAN Allahmu, jangan dirikan pada tempat mezbah yang terbuat dari kayu yang memuliakan dewa Asyera.

22) Jangan membangun tugu batu khusus untuk menyembah allah palsu. TUHAN Allahmu membencinya.”


Ulangan Pasal 17 (Total ayat 20)

1) [Hewan yang Baik untuk Persembahan] “Jangan persembahkan lembu atau domba yang cacat kepada TUHAN Allahmu. TUHAN Allahmu benci terhadap itu.”

2) [Hukuman atas Penyembahan Berhala] “Mungkin kamu mendengar tentang yang jahat yang terjadi di salah satu kota yang akan diberikan TUHAN kepadamu. Kamu mungkin mendengar bahwa seorang laki-laki atau perempuan dari kelompokmu berdosa terhadap TUHAN. Kamu mungkin mendengar bahwa mereka telah merusak Perjanjian-Nya,

3) bahwa mereka telah menyembah allah lain atau mungkin matahari, bulan, atau bintang-bintang. Aku tidak pernah memerintahkannya kepadamu.

4) Jika kamu mendengar berita buruk seperti itu, selidikilah itu dengan teliti. Pelajarilah apakah hal yang keji itu sesungguhnya terjadi di Israel. Jika hal itu benar,

5) hukumlah orang yang melakukan yang jahat itu. Bawalah laki-laki atau perempuan itu ke luar ke tempat umum dekat gerbang kota dan bunuhlah mereka dengan batu.

6) Tetapi tidak seorang pun dihukum mati, jika hanya atas kesaksian satu orang, Jika ada pengakuan dari dua atau tiga orang saksi, orang itu harus dibunuh.

7) Para saksi itulah yang pertama melempar batu untuk membunuhnya. Kemudian disusul oleh orang lain untuk membunuhnya. Dengan jalan itu, kamu menjauhkan kejahatan dari kelompokmu.”

8) [Keputusan Pengadilan yang Sulit] “Mungkin ada perkara yang terlampau sulit bagi pengadilan untuk diselesaikan. Mungkin terjadi pembunuhan, perselisihan antara dua orang, perkelahian sehingga ada yang terluka. Jika hal seperti itu dituntut di kotamu, dan para hakimmu mungkin tidak dapat menyelesaikannya, pergilah ke tempat yang dipilih TUHAN Allahmu.

9) Temuilah imam, orang Lewi yang sedang bertugas saat itu. Ajukanlah masalahmu dan mereka akan memberi keputusan dalam perkaramu.

10) Di tempat khusus yang dipilih TUHAN mereka mengatakan keputusannya kepadamu. Hati-hatilah melakukan segala sesuatu yang diperintahkannya kepadamu.

11) Terimalah keputusannya dan lakukanlah perintahnya dengan tepat — jangan ubah sesuatu.

12) Hukumlah setiap orang yang tidak taat kepada hakim atau imam yang ada di sana pada waktu itu yang melayani TUHAN Allahmu. Orang itu harus mati. Singkirkanlah orang jahat dari Israel.

13) Semua orang akan mendengar hukuman itu dan menjadi takut. Kemudian mereka tidak keras kepala lagi.”

14) [Cara Memilih Seorang Raja] “Kamu memasuki negeri yang akan diberikan TUHAN Allahmu kepadamu. Kamu memilikinya dan mendiaminya. Kemudian kamu mengatakan, ‘Marilah kita mengangkat seorang raja bagi kita seperti bangsa-bangsa di sekitar kita.’

15) Bila hal itu terjadi, kamu harus yakin bahwa TUHAN Allahmu yang memilihnya. Raja yang memerintah atasmu haruslah seorang dari umatmu. Jangan mengangkat orang asing menjadi rajamu.

16) Dan jangan biarkan raja yang mana pun mendapat banyak kuda dan mengirimkan orang ke Mesir untuk membeli lebih banyak kuda, karena TUHAN telah berkata kepadamu, ‘Jangan kembali melalui jalan itu.’

17) Dan raja jangan mempunyai terlalu banyak istri supaya ia tidak meninggalkan Dia. Dan jangan dia membuat dirinya kaya dengan perak dan emas.

18) Apabila raja mulai memerintah, ia harus memiliki salinan hukum untuk dirinya. Ia harus membuat salinan dari buku yang dipegang oleh suku Lewi.

19) Raja itu harus memelihara buku itu dan membacanya selama hidupnya karena raja harus tahu menghormati TUHAN Allahnya dan dengan teliti melaksanakan semua perintah yang tertulis di dalam hukum itu.

20) Kemudian raja tidak berpikir bahwa ia lebih baik daripada umatnya sendiri. Ia tidak meninggalkan hukum itu, tetapi ia mengikutinya dengan seksama, maka raja dan keturunannya lama memerintah kerajaan Israel.”


Ulangan Pasal 18 (Total ayat 22)

1) [Mendukung Para Imam dan Orang Lewi] “Suku Lewi tidak mendapat bagian tanah di Israel. Imam-imam datang dari suku itu dan mereka makan persembahan khusus yang dipersembahkan sebagai pemberian bagi TUHAN. Itulah bagian orang Lewi.

2) Suku Lewi tidak mendapat bagian tanah seperti suku lainnya. Bagian mereka adalah TUHAN sendiri seperti yang telah dikatakan kepada mereka.

3) Bila kamu menyembelih seekor sapi atau domba sebagai persembahan, berikanlah kepada imam bagian ini: bahu, kedua rahang, dan perut.

4) Berikanlah kepada mereka bagian pertama dari panenmu: gandum, anggur baru, minyak, dan bulu domba guntingan pertama,

5) karena TUHAN Allahmu telah melihat semua sukumu dan Dia telah memilih Lewi dan keturunannya untuk melayani-Nya sebagai imam untuk selamanya.

6) Siapa pun orang Lewi yang tinggal di mana saja pun di Israel dapat meninggalkan rumahnya dan datang ke tempat khusus TUHAN. Dia dapat melakukan hal itu kapan saja dia mau.

7) Dan orang Lewi dapat melayani di dalam nama TUHAN Allahnya, sama seperti semua saudaranya orang Lewi lainnya yang bertugas di hadapan TUHAN.

8) Dan dia dapat menerima bagian yang sama seperti orang Lewi lainnya, di samping bagian yang biasanya diterima oleh keluarganya.”

9) [Israel Jangan Hidup seperti Bangsa-bangsa Lain] “Bila kamu memasuki negeri yang akan diberikan TUHAN kepadamu, jangan turuti perbuatan jahat yang dilakukan bangsa-bangsa yang ada di sana.

10) Jangan kurbankan anakmu laki-laki atau perempuan di dalam api di atas mezbahmu. Jangan berusaha mengetahui yang terjadi kemudian dengan bertanya kepada petenung, peramal, atau tukang sihir.

11) Jangan biarkan seseorang berusaha menjalankan ilmu sihir terhadap orang lain, atau mengadakan hubungan dengan orang mati.

12) TUHAN Allahmu membenci orang yang melakukan itu. Oleh sebab itu, TUHAN mengusir bangsa-bangsa lain keluar dari negeri ini demi kamu.

13) Setialah kepada TUHAN Allahmu.”

14) [Nabi Khusus Tuhan] “Kamu akan mengusir bangsa-bangsa lain dari negerimu. Mereka mendengarkan peramal yang mengatakan tentang masa depan, tetapi TUHAN Allahmu tidak mengizinkan kamu melakukan hal itu.

15) TUHAN Allahmu akan mengutus seorang nabi kepadamu. Ia datang dari umatmu sendiri. Ia adalah seperti aku. Dengarkanlah nabi itu.

16) Allah mengutus nabi itu kepadamu karena itulah yang kamu minta. Ketika kamu berkumpul di Gunung Horeb, kamu menjadi takut dan berkata, ‘Jangan kami mendengar suara TUHAN Allah kami lagi, dan jangan kami melihat api besar itu lagi, kecuali kami akan mati.’

17) TUHAN berkata kepadaku, ‘Permintaan mereka baik.

18) Aku akan mengirim seorang nabi kepada mereka seperti engkau. Nabi itu ialah salah seorang dari umatnya. Aku mengatakan kepadanya yang harus disampaikannya. Dan dia mengatakan kepada mereka segala sesuatu yang Kuperintahkan.

19) Nabi itu berbicara untuk Aku, dan Aku menghukum siapa saja yang tidak mau mendengarkan perintah-Ku.’”

20) [Caranya Mengenal Nabi Palsu] “Mungkin seorang nabi mengucapkan sesuatu yang tidak Kuperintahkan. Mungkin dia mengatakan kepada umat bahwa ia berbicara untuk-Ku. Jika hal itu terjadi, nabi itu harus dibunuh. Juga, seorang nabi mungkin datang dan berkata bahwa ia berbicara atas nama allah lain. Nabi itu pun harus dibunuh.

21) Kamu mungkin berpikir, ‘Bagaimana dapat kita ketahui bahwa pesan itu bukan berasal dari TUHAN?’

22) Jika seorang nabi berbicara atas nama TUHAN, tetapi yang dikatakannya tidak terjadi, maka kamu tahu bahwa TUHAN tidak mengatakannya. Kamu tahu bahwa nabi itu mengatakan pikirannya sendiri. Kamu tidak perlu takut kepadanya.”


Ulangan Pasal 19 (Total ayat 21)

1) [Kota-kota Perlindungan] “TUHAN Allahmu memberikan negeri kepadamu, yaitu milik bangsa-bangsa lain. TUHAN Allahmu akan membinasakan bangsa-bangsa itu. Kamu akan tinggal di tempat mereka. Kamu mengambil alih kota-kota dan rumah-rumahnya. Bila hal itu terjadi,

2) bagilah negeri yang telah diberikan TUHAN Allahmu kepadamu. Bagilah itu atas tiga bagian. Pada setiap bagian pilihlah satu kota yang dekat kepada setiap orang di daerah itu, dan sediakan jalan ke kota-kota itu. Siapa yang membunuh seseorang dapat melarikan diri ke kota itu untuk berlindung.

3) (19:2)

4) Inilah peraturan bagi orang yang membunuh orang lain dan melarikan diri ke salah satu kota itu untuk berlindung. Orang itu membunuh dengan tidak sengaja dan bukan karena rasa benci.

5) Sebagai contoh: Seseorang pergi ke hutan bersama orang lain untuk memotong kayu dan mengangkat kapaknya untuk menebang pohon dan mata kampaknya terlepas dari tangkainya dan kena kepada orang lain itu sehingga mati. Ia dapat lari ke salah satu kota itu maka ia selamat.

6) Jika kota itu jauh dari tempat kejadian, yang membunuh itu mungkin ditangkap oleh keluarga yang mati itu, lalu membunuhnya, walaupun si pembunuh itu belum pantas mendapat hukuman mati, karena ia tidak membenci orang yang mati itu.

7) Oleh sebab itu, aku perintahkan kamu untuk memilih tiga kota khusus.

8) TUHAN Allahmu telah berjanji kepada nenek moyangmu bahwa Ia memperluas wilayahmu. Ia akan memberikan kepadamu semua negeri yang dijanjikan-Nya kepada nenek moyangmu.

9) Dia melakukan itu jika kamu dengan sungguh-sungguh melakukan semua perintah yang kusampaikan kepadamu hari ini — jika kamu mengasihi TUHAN Allahmu dan hidup senantiasa sesuai dengan kehendak-Nya. Dan bila Dia memperluas wilayahmu, pilihlah tiga lagi kota perlindungan sebagai tambahan kepada ketiga kota pertama itu.

10) Jadi, tidak ada orang yang tidak bersalah yang akan dibunuh di negeri, yang diberikan oleh TUHAN Allahmu kepadamu. Dan kamu tidak bersalah karena kematian seperti itu.

11) Sekiranya ada seorang membenci sesamanya, ia bersembunyi dan menunggu untuk membunuh orang yang dibencinya. Jika ia membunuh orang itu dan lari ke salah satu kota perlindungan,

12) tua-tua dari kotanya harus mengirim orang untuk mengambilnya dari kota perlindungan itu. Mereka harus menyerahkannya kepada keluarga yang dibunuh itu. Ia adalah pembunuh dan dia harus mati.

13) Jangan kasihani dia. Dia sudah berdosa karena membunuh orang yang tidak bersalah. Buanglah kesalahan itu dari Israel sehingga segala sesuatu akan berjalan baik bagimu.”

14) [Perbatasan Milik] “Jangan pindahkan batu perbatasan milik tetanggamu. Orang telah meletakkan batu itu di sana sebelumnya untuk menunjukkan milik pribadi. Batu-batu itu menunjukkan tanah yang diberikan TUHAN Allahmu kepadamu.”

15) [Para Saksi] “Jika seseorang dipersalahkan melakukan sesuatu yang bertentangan dengan hukum, saksi tunggal tidak cukup untuk membuktikan orang itu bersalah. Perkara itu harus dibuktikan atas dasar kesaksian dari dua atau tiga saksi.

16) Seorang saksi mungkin berusaha menyakiti orang lain dengan berdusta dan berkata bahwa orang itu melakukan yang salah.

17) Jika hal itu terjadi, kedua orang itu harus pergi ke rumah khusus TUHAN dan diadili oleh imam dan para hakim yang bertugas pada waktu itu.

18) Bila hakim menyelidiki dengan seksama, mereka mungkin menemukan bahwa kesaksian itu palsu terhadap orang lain. Jika saksi-saksi berdusta,

19) hukumlah mereka dengan hukuman seperti yang direncanakan terhadap orang itu. Dengan demikian, kamu menjauhkan kejahatan dari tengah-tengahmu.

20) Orang lain akan mendengar tentang hal itu dan menjadi takut dan mereka tidak melakukan kejahatan seperti itu lagi.

21) Jangan merasa kasihan dalam menghukum orang yang melakukan kesalahan. Jika seseorang mengambil hidup orang lain, dia harus membayarnya dengan hidupnya sendiri. Peraturannya ialah: mata ganti mata, gigi ganti gigi, tangan ganti tangan, kaki ganti kaki — hukuman harus setimpal dengan kejahatan.”


Ulangan Pasal 20 (Total ayat 20)

1) [Peraturan tentang Perang] “Bila kamu pergi berperang melawan musuhmu, dan kamu melihat kuda, kereta perang, dan orangnya lebih banyak daripada orangmu, jangan takut kepada mereka. TUHAN Allahmu beserta kamu — dan Dia telah membawa kamu keluar dari Mesir.

2) Apabila kamu masuk ke dalam peperangan, imam harus pergi kepada tentara dan berbicara dengan mereka.

3) Imam mengatakan, ‘Dengarlah, hai orang Israel. Hari ini kamu akan berperang melawan musuhmu. Jangan hilang keberanianmu. Jangan panik, dan jangan gemetar atau bingung, dan jangan takut terhadap musuh.

4) TUHAN Allahmu berjalan dengan kamu untuk menolong kamu. Ia menolong kamu supaya menang.’

5) Para pejabat Lewi berkata kepada tentara, ‘Apakah ada di sini orang yang telah membangun sebuah rumah baru, tetapi belum meresmikannya? Ia harus kembali. Dia mungkin terbunuh di dalam peperangan dan orang lain meresmikan rumahnya.

6) Apakah ada di sini orang yang sudah menanami kebun anggurnya, tetapi belum mulai memetik buahnya? Ia harus kembali. Jika orang itu mati dalam peperangan, orang lain menikmati buah ladangnya.

7) Apakah ada di sini orang yang sudah bertunangan yang akan kawin? Ia harus kembali. Jika dia mati dalam peperangan, maka orang lain mengawini perempuan, tunangannya itu.’

8) Para pejabat Lewi juga harus mengatakan kepada umat, ‘Apakah ada di sini orang yang takut dan kehilangan keberaniannya? Ia harus kembali sehingga ia tidak membuat orang lain kehilangan keberaniannya.’

9) Bila para pejabat itu selesai berbicara kepada tentara, mereka harus memilih para komandan untuk memimpin tentara.

10) Bila kamu pergi untuk menaklukkan sebuah kota, pertama-tama kamu harus memajukan tawaran perdamaian kepada penduduknya.

11) Jika mereka menerima tawaranmu dan membuka pintu gerbangnya, maka semua orang di kota itu menjadi hambamu dan dipaksa kerja keras untukmu.

12) Jika kota itu tidak mau berdamai dengan kamu, dan berperang melawan kamu, kamu harus mengepungnya.

13) Dan bila TUHAN Allahmu menyerahkan kota itu kepadamu, bunuhlah semua laki-laki yang ada di sana.

14) Kamu dapat mengambil perempuan, anak-anak, sapi, dan segala sesuatu yang terdapat di kota untukmu. Kamu dapat memiliki semuanya itu. TUHAN Allahmu telah memberikannya kepadamu.

15) Itulah yang harus kamu buat terhadap semua kota yang jauh dari kamu — kota-kota yang tidak terdapat di negeri tempat kamu tinggal.

16) Jika kamu mengambil kota-kota di tanah yang diberikan TUHAN Allahmu kepadamu, bunuhlah setiap orang.

17) Kamu harus membinasakan mereka semuanya — orang Heti, orang Amori, orang Kanaan, orang Peris, orang Hewi, dan orang Yebus. TUHAN Allahmu telah memerintahkan kepadamu untuk melakukannya.

18) Mereka tidak akan dapat mengajar kamu membuat dosa kepada TUHAN Allahmu. Mereka tidak dapat mengajar kamu untuk melakukan hal-hal yang menjijikkan yang dilakukannya, bila mereka menyembah allahnya.

19) Bila kamu memerangi suatu kota, mungkin kamu mengepungnya beberapa lama. Jangan tebang pohon-pohon di dalam kota itu. Kamu dapat memakan buahnya, tetapi jangan menebangnya. Pohon-pohon itu bukanlah musuhmu, jadi jangan berperang terhadap pohon-pohon itu.

20) Kamu dapat menebang pohon-pohon yang kamu ketahui tidak berbuah. Kamu dapat menebangnya dan menggunakannya membuat senjata untuk memerangi kota itu. Kamu dapat memakainya hingga kota itu jatuh.”


Ulangan Pasal 21 (Total ayat 23)

1) [Jika Seseorang Ditemukan Terbunuh] “Di tanah yang diberikan TUHAN Allahmu kepadamu, mungkin kamu menemukan mayat seseorang di sebuah ladang, tetapi kamu tidak tahu siapa yang membunuhnya.

2) Para pemimpinmu dan hakimmu harus pergi ke luar dan mengukur jarak ke kota-kota yang dekat dengan mayat itu.

3) Apabila kamu tahu kota yang mana yang terdekat kepada mayat itu, maka para pemimpin kota itu harus mengambil seekor sapi dari kawanannya. Sapi itu belum pernah melahirkan dan tidak pernah dipakai bekerja.

4) Para pemimpin kota harus membawa sapi itu ke sebuah lembah dengan air yang tetap mengalir. Lembah itu harus belum pernah dibajak atau ditanami. Di dalam lembah itulah mereka mematahkan leher sapi itu.

5) Para imam, keturunan Lewi harus juga pergi ke sana. TUHAN Allahmu telah memilih mereka untuk melayani Dia dan memberkati mereka atas nama TUHAN. Imam menentukan siapa yang benar dalam segala sesuatu sesuai dengan hukum apabila seseorang disakiti.

6) Semua pemimpin kota yang terdekat dengan mayat itu harus membasuh tangannya di atas sapi yang lehernya telah dipatahkan di lembah.

7) Para pemimpin itu harus mengatakan, ‘Kami tidak membunuh orang ini, dan kami tidak melihat kejadian itu.

8) TUHAN, Engkau telah menyelamatkan Israel. Kamilah umat-Mu. Sekarang buatlah kami bersih. Jangan salahkan kami atas pembunuhan orang yang tidak bersalah ini.’ Dengan jalan itu, mereka tidak dituntut selaku pembunuh orang yang tidak bersalah.

9) Dengan demikian, kamu menghapus kesalahan dari kelompokmu dengan melakukan yang dikatakan TUHAN.”

10) [Perempuan yang Tertangkap dalam Peperangan] “Kamu mungkin berperang melawan musuhmu dan TUHAN Allahmu mungkin membiarkan kamu mengalahkan mereka dan kamu membawanya sebagai tawanan.

11) Mungkin kamu melihat di antara para tawanan itu seorang perempuan yang cantik dan kamu tertarik kepadanya dan ingin menikahinya.

12) Kamu harus membawanya ke rumahmu. Ia harus mencukur rambutnya dan memotong kukunya.

13) Ia harus menanggalkan pakaian yang dipakainya ketika ia diambil dari peperangan. Tinggallah dia di rumahmu dan berdukacita atas hilangnya ayah dan ibunya selama sebulan penuh. Sesudah itu kamu dapat menemuinya dan menjadi suaminya, dan dia menjadi istrimu.

14) Jika kamu tidak lagi senang kepadanya dan memilih untuk menceraikannya, biarkanlah dia bebas. Kamu tidak boleh menjualnya. Jangan perlakukan dia sebagai hamba karena kamu sudah mengadakan hubungan suami istri dengan dia.”

15) [Anak Sulung] “Seseorang mungkin mempunyai dua istri dan dia mencintai yang satu lebih daripada yang lain. Keduanya mungkin memberikan anak kepadanya, tetapi anak sulung mungkin lahir dari istri yang tidak dicintainya.

16) Bila orang itu membagikan miliknya kepada anak-anaknya, ia tidak dapat memberikan hak anak sulung kepada anak yang lahir dari istri yang dicintainya.

17) Orang itu harus menerima anak pertama, yaitu anak laki-laki dari istri yang tidak dicintainya. Ia harus memberikan kepada anak sulungnya dua kali lipat dari setiap yang dimilikinya karena anak itulah anak sulungnya. Peraturan tentang anak sulung berlaku padanya.”

18) [Anak yang Tidak Patuh] “Seseorang mungkin mempunyai anak pemberontak dan tidak patuh. Anak itu tidak patuh terhadap ayah atau ibunya. Mereka menghukum anak itu, namun masih tetap tidak mendengarkan mereka.

19) Orang tuanya harus membawanya kepada pemimpin kota ke tempat pertemuan kota.

20) Mereka harus berkata kepada pemimpin kota, ‘Anak kami pemberontak dan tidak patuh. Dia tidak mau melakukan yang harus dilakukannya. Ia rakus dan pemabuk.’

21) Orang di kota itu harus membunuhnya dengan batu hingga mati. Dengan jalan itu, kamu menjauhkan kejahatan dari tengah-tengahmu. Setiap orang Israel akan mendengar tentang itu dan menjadi takut.”

22) [Penjahat Dibunuh dan Digantung pada Tiang] “Orang mungkin bersalah yang membawanya kepada hukuman mati. Orang dapat membunuhnya dan menggantungkan mayatnya pada tiang.

23) Jangan biarkan mayatnya tergantung pada tiang sepanjang malam. Kuburlah dia pada hari yang sama karena siapa yang tergantung pada tiang dikutuk oleh Allah, dan jangan biarkan negeri yang diberikan TUHAN Allahmu kepadamu menjadi najis.”


Ulangan Pasal 22 (Total ayat 30)

1) [Hukum-hukum yang Lain] “Jika kamu melihat sapi atau domba tetanggamu tersesat, jangan abaikan itu. Kamu harus mengembalikannya kepada pemiliknya.

2) Jika pemiliknya tidak tinggal dekat kamu dan kamu tidak mengenalnya, bawalah sapi atau domba itu ke rumahmu. Jagalah itu di sana hingga pemiliknya datang mencarinya, lalu kembalikan itu kepadanya.

3) Buatlah demikian terhadap segala sesuatu yang hilang pada tetanggamu. Jangan jual kepada tetanggamu — kembalikanlah itu.

4) Jika keledai atau sapi tetanggamu terjatuh di jalan, jangan abaikan itu. Tolonglah tetanggamu untuk membangkitkannya.

5) Seorang perempuan jangan mengenakan pakaian laki-laki dan laki-laki jangan memakai pakaian perempuan. Hal itu menjijikkan bagi TUHAN Allahmu.

6) Mungkin kamu sedang berjalan dan kamu menemukan sebuah sangkar burung di pohon atau di atas tanah dengan anak burung atau telur ada di dalamnya, jangan ambil induknya bersama anaknya.

7) Kamu harus membebaskan induk burung itu dan kamu dapat mengambil anaknya. Jika kamu melakukan hukum itu, maka segala sesuatu akan berjalan baik dan kamu panjang umur.

8) Bila kamu membangun sebuah rumah baru, bangunlah pagar sekeliling atap rumahmu, agar kamu tidak dipersalahkan, jika orang mati terjatuh dari rumahmu.”

9) [Hal yang Tidak Dapat Dicampuradukkan] “Jangan menanam bibit anggur bersama bibit gandum pada ladang yang sama karena kemudian, baik anggur maupun gandum tidak berguna, dan kamu tidak dapat memakainya.

10) Jangan membajak dengan sapi dan keledai bersama-sama.

11) Jangan mengenakan pakaian dari bulu domba yang ditenun bersama kain lenan.

12) Buatlah rumbai pada keempat sudut pakaianmu.”

13) [Hukum Pernikahan] “Seorang laki-laki dapat menikah dengan seorang perempuan dan mengadakan hubungan suami istri. Sesudah itu dia mungkin membencinya dan tidak lagi suka terhadap perempuan itu.

14) Ia mungkin mempersalahkannya dan berkata, ‘Aku telah menikah dengan perempuan itu, tetapi pada waktu kami melakukan hubungan suami istri, aku mendapatkan bahwa ia tidak lagi perawan.’ Dengan mengatakan hal yang demikian terhadap dia, orang mungkin berpikir yang jelek terhadap perempuan itu.

15) Jika hal itu terjadi, orang tua perempuan itu harus membuktikan keperawanan anaknya dan membawanya kepada tua-tua kota di tempat pertemuan.

16) Ayah perempuan itu harus mengatakan kepada pemimpin itu, ‘Aku telah memberikan anakku kepada orang itu untuk menjadi istrinya, orang itu tidak menyukainya.

17) Dan dia menuduh anakku melakukan perbuatan yang salah dan berkata, “Aku tidak menemukan bukti bahwa anakmu perawan. Dan inilah buktinya bahwa anakku perawan.”’ Mereka harus menunjukkan kain tempat tidur kepada pemimpin kota.

18) Kemudian pemimpin kota itu harus menangkapnya dan menghukumnya.

19) Mereka harus mendendanya sebanyak 40 ons perak, dan memberikannya kepada ayah perempuan itu karena orang itu mempermalukan seorang perempuan Israel. Ia tetap menjadi istrinya dan laki-laki itu tidak dapat menceraikannya selama hidupnya.

20) Jika tuduhannya benar, dan bukti keperawanan perempuan itu tidak dapat ditunjukkan,

21) pemimpin kota harus membawa perempuan itu ke pintu rumah ayahnya. Penduduk kota harus melemparnya dengan batu hingga mati sebab ia telah melakukan suatu tindakan yang memalukan di Israel. Ia telah berbuat sebagai pelacur di dalam rumah ayahnya. Kamu harus menjauhkan kejahatan dari tengah-tengahmu.”

22) [Dosa Percabulan] “Jika seseorang tertangkap basah mengadakan hubungan suami istri dengan istri orang lain, keduanya harus mati — perempuan dan orang yang melakukan hubungan suami istri dengan dia. Kamu harus menjauhkan kejahatan dari Israel.

23) Jika seorang perempuan bertunangan dengan seorang laki-laki dan dia tertangkap basah di dalam kota sedang mengadakan hubungan suami istri dengan laki-laki lain,

24) keduanya harus dibawa ke tempat umum dekat gerbang kota dan mereka harus dilempari dengan batu hingga mati. Dan laki-laki itu harus dibunuh karena ia mengadakan hubungan suami istri dengan istri orang lain. Dan kamu harus membunuh perempuan itu karena dia ada di kota, tetapi tidak minta tolong. Kamu harus menjauhkan kejahatan itu dari umatmu.

25) Jika seorang laki-laki menemui perempuan yang bertunangan di ladang dan dia memaksanya untuk mengadakan hubungan suami istri, hanya laki-laki itu yang harus mati.

26) Jangan lakukan sesuatu kepada perempuan itu. Ia tidak berbuat apa-apa yang membuat hukuman mati. Hal itu sama seperti seseorang menyerang sesamanya dan membunuhnya.

27) Orang itu menemui perempuan yang sudah bertunangan di ladang dan menyerangnya. Mungkin dia berteriak minta tolong, tetapi tidak ada orang yang menolongnya.

28) Seseorang mungkin menemui seorang perempuan yang belum bertunangan dan memaksanya untuk mengadakan hubungan suami istri, dan mereka tertangkap basah,

29) maka ia harus membayar kepada ayah perempuan itu 20 ons perak, karena ia mengadakan hubungan suami istri dengan dia. Ia tidak dapat menceraikan perempuan itu selama hidupnya.

30) Seseorang tidak boleh mempermalukan ayahnya dengan mengadakan hubungan suami istri terhadap istri ayahnya.”


Ulangan Pasal 23 (Total ayat 25)

1) [Orang yang Tidak Dapat Bergabung dalam Kebaktian] “Seorang laki-laki yang hancur buah pelirnya atau kemaluannya terpotong tidak dapat bergabung dengan orang Israel untuk menyembah TUHAN.

2) Jika ada orang yang dilahirkan di luar pernikahan orang tuanya, tidak dapat bergabung dengan orang Israel untuk menyembah TUHAN. Dan keturunannya hingga keturunan yang kesepuluh tidak dapat bergabung dengan kelompok itu.

3) Orang Amon dan Moab tidak dapat bergabung dengan orang Israel untuk menyembah TUHAN. Dan tidak seorang pun dari keturunan mereka hingga keturunan yang kesepuluh dapat bergabung dalam menyembah TUHAN.

4) Mereka tidak mau memberikan roti dan air kepadamu dalam perjalananmu ketika kamu keluar dari Mesir. Bahkan mereka menyewa Bileam anak Beor dari kota Petor di barat laut Mesopotamia untuk mengutuk kamu.

5) TUHAN Allahmu tidak mau mendengar kepada Bileam dan Tuhan mengubah kutukan menjadi berkat bagimu, karena TUHAN Allahmu mengasihi kamu.

6) Jangan usahakan berdamai dengan orang Amon dan Moab. Selama kamu hidup, jangan bersahabat dengan mereka.”

7) [Orang yang Harus Diterima oleh Israel] “Jangan membenci orang Edom karena mereka adalah keluargamu. Jangan membenci orang Mesir karena kamu pernah menjadi orang asing di negerinya.

8) Keturunan ketiga dari orang Edom dan orang Mesir dapat bergabung dengan orang Israel menyembah TUHAN.”

9) [Jagalah Kebersihan Perkemahan Tentara] “Bila tentaramu pergi melawan musuhmu, kamu harus mencegah segala sesuatu yang najis.

10) Bila di antara kamu terdapat seorang yang najis karena air maninya keluar pada malam hari, ia harus keluar dari perkemahan. Dia harus tinggal di luar perkemahan.

11) Menjelang senja, ia harus membasuh dirinya dalam air, dan jika matahari sudah terbenam, ia dapat memasuki perkemahan lagi.

12) Kamu harus juga mempunyai suatu tempat di luar perkemahan untuk buang air.

13) Di antara senjatamu kamu harus membawa sebuah sekop untuk menggali. Bila kamu mau buang air, kamu harus menggali sebuah lubang, lalu timbunlah itu.

14) TUHAN Allahmu ada bersama kamu di perkemahanmu untuk menolong kamu mengalahkan musuhmu. Jadi, perkemahan harus suci, sehingga Ia tidak melihat sesuatu yang menjijikkan, lalu meninggalkan kamu.”

15) [Hukum Lainnya] “Jangan kembalikan seorang hamba yang sudah melarikan diri dari majikannya.

16) Hamba yang melarikan diri dapat tinggal di tengah-tengahmu di tempat yang disukainya, di kota mana yang dipilihnya. Jangan menyusahkannya.

17) Jangan ada perempuan atau laki-laki Israel yang menjadi pelacur.

18) Uang hasil pelacuran, baik laki-laki maupun perempuan, jangan bawa ke dalam tempat khusus TUHAN Allahmu. Uang itu tidak dapat dipakai untuk membeli suatu pemberian yang telah dijanjikan untuk TUHAN Allahmu, karena dosa seperti itu menjijikkan bagi-Nya.

19) Jangan menagih bunga pinjaman kepada orang Israel. Jangan ambil bunga uang, makanan, atau apa saja yang dapat dibungakan.

20) Kamu dapat menagih bunga uang kepada orang asing, tetapi jangan tagih bunga dari seorang Israel. Jika kamu menaati peraturan itu, TUHAN Allahmu akan memberkati kamu dalam segala sesuatu yang kamu kerjakan di negeri yang kamu diami.

21) Jika kamu membuat janji kepada TUHAN Allahmu, jangan tunda untuk memenuhinya. TUHAN Allahmu menuntut kamu memenuhinya. Kamu berdosa jika kamu tidak memenuhi janjimu.

22) Jika kamu tidak membuat suatu janji, kamu tidak berdosa.

23) Kamu harus memenuhi yang kamu katakan. Jika kamu membuat suatu janji khusus kepada Tuhan Allahmu, kamu telah memilih membuat janji itu. Allah tidak memaksa kamu membuat janji itu, jadi kamu harus memenuhi janjimu.

24) Bila kamu berjalan melalui kebun anggur orang lain, kamu dapat memakan buahnya sebanyak yang kamu sukai, tetapi tidak dapat mengisi keranjangmu dengan buah anggur itu.

25) Bila kamu berjalan melalui ladang gandum orang lain, kamu dapat memakan semua yang dapat kamu petik dengan tanganmu, tetapi kamu tidak dapat menggunakan sabit untuk memotong gandum milik orang itu, lalu membawanya.”


Ulangan Pasal 24 (Total ayat 22)

1) “Seorang laki-laki dapat mengawini seorang perempuan, dan kemudian laki-laki itu menemukan rahasia tentang perempuan itu, yang tidak disukainya. Jika dia tidak menyukainya, ia harus menulis surat perceraian dan memberikannya kepada perempuan itu, lalu mengusirnya dari rumahnya.

2) Bila perempuan itu meninggalkan rumahnya, dia dapat menjadi istri orang lain.

3) Jika sekiranya suaminya yang baru itu tidak menyukainya, ia mengusirnya. Jika orang itu menceraikannya, suami pertamanya tidak dapat mengawininya kembali. Atau jika suaminya yang baru itu meninggal, suaminya yang pertama tidak dapat mengawininya lagi. Perempuan itu telah najis baginya. Jika dia mengawininya kembali, ia melakukan hal yang dibenci oleh TUHAN. Jangan berdosa seperti itu di negeri yang diberikan TUHAN Allahmu kepadamu.

4) (24:3)

5) Bila seorang laki-laki baru menikah, ia tidak boleh disuruh menjadi tentara dan kepadanya tidak diberikan tugas khusus. Ia bebas untuk tinggal di rumah selama setahun dan membuat istrinya bahagia.

6) Apabila kamu meminjamkan sesuatu kepada seseorang, jangan mengambil batu gilingan, yang dipakainya untuk menggiling tepung sebagai jaminannya, karena hal itu berarti mengambil makanannya.

7) Mungkin seseorang tertangkap basah sedang menculik orang Israel lainnya — seorang dari umatnya sendiri. Penculik itu mungkin menjualnya sebagai hamba. Jika hal itu terjadi, penculik itu harus dibunuh. Kamu harus menjauhkan kejahatan itu dari tengah-tengahmu.

8) Hati-hatilah terhadap penyakit kulit berbahaya. Patuhilah semua perintah para imam, orang Lewi itu, seperti yang kuperintahkan kepada mereka.

9) Ingatlah yang sudah dilakukan TUHAN Allahmu terhadap Miryam dalam perjalananmu meninggalkan Mesir.

10) Bila kamu meminjamkan sesuatu kepada seseorang, jangan masuki rumahnya untuk mengambil jaminan.

11) Kamu harus berdiri di luar. Dan orang yang menerima pinjaman itu membawa jaminan itu kepadamu.

12) Dan jika orang itu miskin, jangan tahan jaminannya sepanjang malam.

13) Kembalikanlah jaminannya setiap malam sehingga ia mempunyai pakaian untuk tidur. Ia akan memberkatimu, dan TUHAN Allahmu menerimanya sebagai sesuatu yang benar dan perbuatan baik.

14) Jangan tipu seorang buruh harian yang miskin dan yang memerlukan sesuatu, apakah ia sesamamu orang Israel atau orang asing yang tinggal di salah satu kotamu.

15) Bayarlah upahnya pada hari yang sama sebelum matahari terbenam karena dia seorang miskin dan bergantung pada upahnya. Jika tidak, ia mengadu kepada TUHAN dan kamu berdosa.

16) Jangan bunuh orang tua karena perbuatan anak-anaknya. Dan jangan pula bunuh anak-anak karena perbuatan orang tuanya. Setiap orang dibunuh hanya karena perbuatannya sendiri yang jahat.

17) Pastikanlah bahwa orang asing atau yatim piatu diperlakukan dengan jujur. Dan jangan ambil pakaian seorang janda sebagai jaminan.

18) Ingatlah bahwa kamu pernah hamba yang miskin di Mesir. Dan TUHAN Allahmu membawa kamu dari sana dan membebaskan kamu. Oleh sebab itu, aku mengatakan kepadamu untuk melakukan hal itu terhadap orang miskin.

19) Mungkin kamu mengumpulkan panenmu di ladang dan kamu mungkin lupa dan tertinggal beberapa ikat gandum di sana. Jangan kembali untuk mengambilnya. Itu adalah untuk orang asing, yatim piatu, atau para janda. Jika kamu membiarkan beberapa gandum untuk mereka, TUHAN Allahmu akan memberkati kamu dalam segala sesuatu yang kamu lakukan.

20) Apabila kamu memukul pohon zaitun, jangan kembali untuk memukul cabang-cabangnya. Buah-buah yang kamu tinggalkan itu adalah untuk orang asing, yatim piatu, dan para janda.

21) Apabila kamu mengumpulkan buah anggur dari kebun anggurmu, jangan kembali untuk mengambil buah-buah yang tertinggal. Buah-buah yang tertinggal adalah untuk orang asing, yatim piatu, dan para janda.

22) Ingatlah bahwa kamu pernah hamba yang miskin di Mesir. Oleh sebab itu, aku memerintahkan kamu untuk melakukannya untuk orang miskin.”


Ulangan Pasal 25 (Total ayat 19)

1) “Apabila ada perselisihan di antara dua orang, mereka harus pergi ke pengadilan. Para hakim akan memutuskan siapa yang benar dan siapa yang salah.

2) Dan jika telah ditetapkan siapa yang bersalah, harus dicambuk. Hakim harus meminta orang itu tiarap. Orang akan memukul yang bersalah itu di depan hakim yang melihatnya. Jumlah pukulan yang diterimanya tergantung pada kesalahannya.

3) Jangan pukul seseorang lebih dari 40 kali. Jika kamu memukulnya lebih dari 40 kali, berarti hidup orang itu tidak berharga bagimu.

4) Apabila seekor ternak dipakai mengirik gandum, jangan tutup mulutnya untuk makan.

5) Jika dua orang yang bersaudara tinggal bersama, dan salah satu dari mereka meninggal, dan tidak mempunyai anak laki-laki, istri dari yang meninggal itu tidak boleh menikah dengan orang di luar keluarga suaminya. Saudara suaminya harus mengawininya dan mengadakan hubungan suami istri dengan dia serta melakukan tugas saudaranya selaku suami terhadap istri itu.

6) Anak laki-laki pertama dianggap sebagai anak suaminya yang pertama supaya nama saudaranya yang telah meninggal itu tidak terhapus dari Israel.

7) Jika ia tidak mau menikah dengan istri saudaranya yang telah meninggal itu, janda itu harus pergi ke tempat pertemuan kota dan berkata kepada para pemimpin, ‘Saudara suamiku tidak mau mempertahankan nama saudaranya di Israel. Ia tidak mau menjalankan tugas saudaranya kepadaku.’

8) Kemudian pemimpin kota harus memanggil orang itu dan berbicara dengan dia. Jika ia keras kepala dan berkata, ‘Aku tidak mau menikah dengan dia,’

9) janda saudaranya itu harus mendekatinya di depan para pemimpin. Dia harus menanggalkan sandal laki-laki itu, serta meludahi wajahnya. Ia harus mengatakan, ‘Inilah yang dibuat terhadap orang yang tidak mau memberikan anak kepada saudaranya.’

10) Mulai dari saat itu, keluarga saudaranya dikenal di Israel sebagai ‘keluarga dari orang yang sandalnya telah ditanggalkan.’

11) Jika dua orang sedang berkelahi, dan istri salah seorang mendekat untuk menyelamatkan suaminya dari pukulan lawannya dan menangkap kemaluan lawannya,

12) kamu harus memotong tangan perempuan itu. Jangan kasihani orang seperti itu.

13) Jangan pakai ukuran timbangan yang satu terlalu berat dan yang lainnya terlalu ringan.

14) Jangan mempunyai dua ukuran di rumahmu, satu terlalu besar dan yang lain terlalu kecil.

15) Pakailah ukuran dan timbangan yang benar dan tepat, maka kamu panjang umur di tanah yang akan diberikan oleh TUHAN Allahmu kepadamu.

16) TUHAN Allahmu benci terhadap orang yang menipu dengan mempergunakan timbangan dan ukuran palsu. Ya, Dia membenci semua orang yang melakukan yang salah.”

17) [Orang Amalek Harus Dibinasakan] “Ingatlah yang diperbuat orang Amalek kepadamu ketika kamu keluar dari Mesir.

18) Mereka tidak menghormati Allah. Mereka menyerang kamu ketika kamu lemah dan lelah. Mereka membunuh semua umatmu yang lambat dan berjalan di belakang setiap orang lain.

19) Oleh sebab itu, kamu harus menghapuskan ingatan terhadap Amalek dari dunia. Kamu akan melakukan itu apabila kamu memasuki negeri yang diberikan oleh TUHAN Allahmu kepadamu. Di sana Dia memberikan kedamaian kepadamu dari semua musuh di sekitarmu, tetapi jangan lupa membinasakan Amalek.”


Ulangan Pasal 26 (Total ayat 19)

1) [Panen Pertama] “Kamu segera memasuki negeri yang akan diberikan oleh TUHAN Allahmu kepadamu. Kamu mengambil negeri itu dan tinggal di sana.

2) Kamu mengumpulkan hasil panen yang tumbuh di tanah yang diberikan TUHAN Allahmu kepadamu. Ambillah buah pertama, masukkan ke dalam keranjang lalu pergi ke tempat yang dipilih TUHAN Allahmu menjadi tempat khusus bagi nama-Nya.

3) Temuilah imam yang bertugas pada hari itu dan katakan kepadanya, ‘TUHAN telah berjanji kepada nenek moyang kita bahwa Ia memberikan negeri kepada kita. Hari ini aku memberitahukan kepada TUHAN Allahmu bahwa aku telah datang ke tempat ini.’

4) Kemudian imam mengambil keranjang itu dari kamu dan menempatkannya di depan mezbah TUHAN Allahmu.

5) Dan kamu berkata di hadapan TUHAN Allahmu, ‘Nenek moyangku adalah orang Aram, seorang pengembara. Ia pergi ke Mesir dan tinggal di sana. Ketika ia pergi ke sana anggota keluarganya hanya sedikit, tetapi di sana ia menjadi satu bangsa yang besar — bangsa yang berkuasa dengan banyak orang.

6) Orang Mesir memperlakukan kami dengan kejam. Mereka membuat kami menjadi hamba. Mereka menyiksa dan memaksa kami kerja keras.

7) Kemudian kami berdoa kepada TUHAN, Allah nenek moyang kami, dan kami mengeluh terhadap mereka dan TUHAN mendengar kami. Dia melihat penderitaan, pekerjaan berat, dan kesulitan kami.

8) Kemudian TUHAN membawa kami keluar dari Mesir dengan kekuatan dan kuasa-Nya yang besar. Dia memakai mukjizat dan tanda-tanda ajaib. Dia melakukan hal-hal yang luar biasa.

9) Jadi, Ia membawa kami ke tempat ini. Ia memberikan negeri ini kepada kami — negeri yang penuh dengan hal-hal yang baik.

10) Sekarang ya TUHAN, aku membawa hasil panen pertama kepada-Mu dari tanah yang TUHAN berikan kepadaku.’ Kemudian letakkanlah hasil panen itu di hadapan TUHAN Allahmu dan sujudlah menyembah-Nya.

11) Selanjutnya makanlah bersama dan bersukacitalah atas segala hal yang diberikan TUHAN Allahmu kepadamu dan kepada keluargamu. Berikanlah dari situ bagian untuk orang Lewi dan orang asing yang tinggal di tengah-tengahmu.

12) Setiap tahun ketiga adalah tahun persepuluhan. Pada tahun itu, berikanlah sepersepuluh dari panenmu kepada orang Lewi dan kepada orang asing yang tinggal di negerimu, para janda, dan yatim piatu. Kemudian mereka mempunyai cukup makanan di setiap kota.

13) Katakanlah kepada TUHAN Allahmu, ‘Aku sudah menyisihkan bagian kudus dari rumahku dan memberikannya kepada orang Lewi, orang asing, yatim piatu, dan para janda sesuai dengan perintah-Mu kepadaku. Aku tidak menentang perintah-Mu atau melupakannya.

14) Aku tidak memakan makanan itu sementara aku berkabung. Dan aku tidak najis, ketika aku mengumpulkan makanan itu. Aku tidak mempersembahkan dari situ untuk orang mati. Aku patuh kepada-Mu, TUHAN Allahku. Aku telah melakukan segala sesuatu yang Engkau telah perintahkan kepadaku.

15) Lihatlah ke bawah dari rumah kudus-Mu, dari surga, dan berkatilah umat-Mu Israel. Dan berkatilah negeri yang telah Engkau berikan kepada kami. Engkau telah berjanji kepada nenek moyang kami untuk memberikan negeri itu — tanah yang penuh dengan hal-hal yang baik.’”

16) [Taatilah Perintah Tuhan] “Hari ini, TUHAN Allahmu memerintahkan kamu untuk mematuhi semua hukum dan peraturan. Hati-hatilah menaatinya dengan segenap hati dan jiwamu.

17) Hari ini kamu sudah berkata bahwa TUHANlah Allahmu. Kamu telah berjanji untuk hidup sesuai dengan kehendak-Nya, mengikuti ajaran-Nya, dan mematuhi hukum dan perintah-Nya. Kamu berkata bahwa kamu akan melakukan segala sesuatu yang dikatakan-Nya untuk kamu lakukan.

18) Dan hari ini TUHAN telah menerima kamu menjadi umat-Nya. Ia telah menjanjikan itu kepadamu. TUHAN juga telah berkata bahwa kamu harus menaati semua perintah-Nya.

19) TUHAN akan menjadikan kamu lebih besar daripada semua bangsa ciptaan-Nya. Dia membuat kamu terpuji, terkenal, dan terhormat. Dan kamu menjadi umat khusus bagi-Nya — sama seperti yang telah dijanjikan-Nya.”


Ulangan Pasal 27 (Total ayat 26)

1) [Tugu Peringatan] Musa bersama tua-tua Israel berkata kepada umat. Musa mengatakan, “Taatilah semua perintah yang kusampaikan kepadamu hari ini.

2) Kamu akan segera menyeberangi Sungai Yordan dan memasuki tanah yang diberikan oleh TUHAN kepadamu. Pada hari itu dirikanlah tugu besar dan plesterlah itu.

3) Tuliskanlah di atasnya semua perintah dan ajaran itu. Lakukanlah itu apabila kamu sudah menyeberangi Sungai Yordan. Kemudian kamu dapat memasuki negeri yang akan diberikan oleh TUHAN Allahmu kepadamu — suatu negeri yang penuh dengan hal-hal yang baik. TUHAN, Allah nenek moyangmu telah menjanjikan untuk memberikan negeri itu kepadamu.

4) Sesudah kamu menyeberangi Sungai Yordan, lakukanlah yang kukatakan kepadamu hari ini. Dirikanlah tugu di Gunung Ebal, dan plesterlah itu.

5) Dan bangunlah di sana sebuah mezbah untuk TUHAN Allahmu. Jangan gunakan alat dari besi memotong batu.

6) Jangan pakai batu-batu yang telah dipotong untuk membangun mezbah bagi TUHAN Allahmu. Persembahkan kurban bakaran di atas mezbah untuk TUHAN Allahmu.

7) Persembahkan dan makanlah kurban persekutuan di sana. Makan dan bersukacitalah di sana bersama TUHAN Allahmu.

8) Tuliskanlah semua ajaran itu pada tugu yang kamu dirikan itu. Tuliskanlah sejelas-jelasnya agar mudah dibaca.”

9) [Umat Harus Setuju terhadap Peraturan Allah] Musa dan para imam orang Lewi berkata kepada seluruh orang Israel. Musa mengatakan, “Diam dan dengarlah, hai Israel. Hari ini kamu menjadi umat TUHAN Allahmu.

10) Jadi, lakukanlah segala sesuatu yang telah dikatakan TUHAN Allahmu kepadamu. Taatilah perintah dan hukum-Nya yang kuberikan kepadamu hari ini.”

11) Pada hari yang sama, Musa juga mengatakan kepada umat,

12) “Sesudah kamu menyeberangi Sungai Yordan, suku-suku ini akan berdiri di Gunung Gerizim untuk membaca berkat-berkat kepada umat: Simeon, Lewi, Yehuda, Isakhar, Yusuf, dan Benyamin.

13) Dan suku-suku ini berdiri di Gunung Ebal dan menyampaikan kutukan: Ruben, Gad, Asyer, Zebulon, Dan, dan Naftali.

14) Orang Lewi akan berkata kepada semua orang Israel dengan suara nyaring,

15) ‘Terkutuklah orang yang membuat allah palsu dan meletakkannya pada tempat tersembunyi. Allah palsu itu hanyalah patung yang terbuat dari kayu, batu, atau logam. TUHAN benci terhadap hal itu.’ Dan seluruh umat menjawab ‘Amin.’

16) Orang Lewi mengatakan, ‘Terkutuklah setiap orang yang tidak menghormati ayah atau ibunya.’ Kemudian seluruh umat mengatakan, ‘Amin.’

17) Orang Lewi mengatakan, ‘Terkutuklah setiap orang yang memindahkan batas tanah tetangganya.’ Kemudian seluruh umat mengatakan ‘Amin.’

18) Orang Lewi mengatakan, ‘Terkutuklah setiap orang yang menyesatkan orang yang buta di jalan.’ Kemudian seluruh umat mengatakan ‘Amin.’

19) Orang Lewi mengatakan, ‘Terkutuklah setiap orang yang menghakimi orang asing, yatim piatu, dan para janda secara tidak jujur.’ Kemudian semua umat mengatakan ‘Amin.’

20) Orang Lewi mengatakan, ‘Terkutuklah setiap orang yang mengadakan hubungan suami istri dengan istri ayahnya.’ Kemudian semua umat mengatakan ‘Amin.’

21) Orang Lewi mengatakan, ‘Terkutuklah setiap orang yang mengadakan hubungan suami istri dengan seekor binatang.’ Kemudian semua umat mengatakan ‘Amin.’

22) Orang Lewi mengatakan, ‘Terkutuklah setiap orang yang mengadakan hubungan suami istri dengan saudaranya perempuan atau saudara tirinya.’ Dan semua umat mengatakan ‘Amin.’

23) Orang Lewi mengatakan, ‘Terkutuklah setiap orang yang mengadakan hubungan suami istri dengan ibu mertuanya.’ Kemudian semua umat mengatakan ‘Amin.’

24) Orang Lewi mengatakan, ‘Terkutuklah setiap orang yang membunuh seseorang walaupun tidak ada yang melihatnya.’ Kemudian semua umat mengatakan ‘Amin.’

25) Orang Lewi mengatakan, ‘Terkutuklah setiap orang yang menerima uang suap untuk membunuh orang yang tidak bersalah.’ Kemudian semua umat mengatakan ‘Amin.’

26) Orang Lewi mengatakan, ‘Terkutuklah setiap orang yang tidak mendukung hukum itu dan tidak menaatinya.’ Kemudian semua umat mengatakan ‘Amin.’”


Ulangan Pasal 28 (Total ayat 68)

1) [Berkat karena Menaati Hukum] “Jika kamu sungguh-sungguh taat kepada TUHAN Allahmu dengan mengikuti semua perintah-Nya, yang kusampaikan kepadamu hari ini, TUHAN Allahmu akan membuatmu lebih tinggi daripada semua bangsa di atas bumi.

2) Jika kamu menaati TUHAN Allahmu, semua berkat ini datang kepadamu dan menjadi milikmu:

3) ‘Ia akan memberkati kamu di kota dan di ladang.

4) Ia akan memberkati kamu dan memberikan banyak anak kepadamu. Ia akan memberkati tanahmu dan memberi panen yang baik kepadamu. Ia akan memberkati ternakmu dan mempunyai banyak anak. Ia akan memberkati lembu dan anak dombamu.

5) Ia akan memberkati keranjangmu dan pancimu dan memenuhinya dengan makanan.

6) Ia akan memberkati kamu setiap waktu dalam segala sesuatu yang kamu lakukan.’

7) TUHAN akan menolong kamu mengalahkan musuhmu yang datang menyerangmu. Mereka datang melawan melalui satu jalan, tetapi mereka melarikan diri melalui 7 jalan yang berbeda.

8) TUHAN memberkati kamu dan mengisi penuh lumbung-lumbungmu. Ia memberkati segala sesuatu yang kamu lakukan. TUHAN Allahmu memberkati kamu di negeri yang akan diberikan-Nya kepadamu.

9) TUHAN membuat kamu menjadi umat-Nya yang khusus seperti yang telah dijanjikan-Nya. Tuhan melakukan itu jika kamu mengikut TUHAN Allahmu dan patuh terhadap perintah-Nya.

10) Kemudian semua orang di negeri itu melihat bahwa kamu telah disebut menjadi umat TUHAN. Dan mereka akan takut kepadamu.

11) TUHAN membuatmu makmur. Ia memberikan banyak anak kepadamu, banyak anak ternakmu, dan panen yang baik di negeri yang telah dijanjikan TUHAN kepada nenek moyangmu untuk diberikan kepadamu.

12) TUHAN membuka bagimu gudang tempat berkat yang berkelimpahan. Dia memberikan hujan pada waktunya untuk tanahmu. Ia memberkati semua yang kamu lakukan. Kamu memiliki uang untuk dipinjamkan kepada banyak bangsa, tetapi kamu tidak meminjam sesuatu dari mereka.

13) TUHAN membuat kamu seperti kepala dan bukan ekor. Kamu akan ada di atas dan bukan di bawah. Hal itu terjadi jika kamu mendengarkan perintah TUHAN yang kusampaikan kepadamu hari ini. Dan taatilah dengan sungguh-sungguh perintah-perintah itu.

14) Jangan menyimpang dari ajaran yang kuberikan kepadamu hari ini. Jangan ikuti allah lain untuk melayaninya.”

15) [Kutukan karena Tidak Taat Terhadap Hukum] “Jika kamu tidak mendengarkan hal-hal yang dikatakan oleh TUHAN Allahmu kepadamu — jika kamu tidak menaati semua perintah dan hukum-Nya yang kusampaikan kepadamu hari ini, — maka kutukan ini terjadi atas kamu:

16) ‘Tuhan mengutuk kamu di dalam kota dan di ladang.

17) Ia mengutuk keranjang dan pancimu.

18) Ia mengutuk kamu, dan kamu tidak mempunyai banyak anak. Ia mengutuk ladangmu dan kamu tidak mempunyai panen yang baik. Ia mengutuk ternakmu dan tidak mempunyai banyak anak. Ia mengutuk semua lembu dan anak dombamu.

19) Tuhan mengutuk kamu setiap saat dalam segala sesuatu yang kamu lakukan.’

20) Jika kamu melakukan yang jahat dan berbalik dari TUHAN, maka Ia mendatangkan hal-hal yang jahat kepadamu. Kamu akan bingung dan susah di dalam segala sesuatu yang kamu lakukan. Dia terus melakukannya hingga kamu binasa dalam waktu yang singkat. Ia melakukan hal itu karena kamu berbalik dari Dia serta meninggalkan-Nya.

21) TUHAN membuat kamu menderita penyakit yang mengerikan hingga kamu habis dari negeri yang kamu ambil.

22) TUHAN menghukum kamu dengan penyakit, demam, dan bengkak-bengkak, udara yang sangat panas, dan kamu tidak mendapat hujan. Panenmu akan mati karena panas dan penyakit. Itu terjadi kepadamu hingga kamu binasa.

23) Langit akan berembun — langit tampaknya seperti kuningan yang dibersihkan. Dan tanah yang kamu injak menjadi keras bagaikan besi.

24) TUHAN tidak mencurahkan hujan — hanya pasir dan debu jatuh dari langit, yang menimpa kamu hingga kamu binasa.

25) TUHAN membiarkan kamu dikalahkan oleh musuhmu. Kamu menemui mereka melalui satu jalan, tetapi kamu lari dari mereka melalui tujuh jalan yang berbeda. Semua bangsa menjadi takut apabila mereka melihat yang terjadi padamu.

26) Mayatmu menjadi makanan bagi burung-burung dan binatang buas. Dan tidak ada seorang pun yang membuat mereka takut dan mengusirnya dari mayatmu.

27) TUHAN menghukum kamu dengan bisul seperti yang dibuat-Nya terhadap orang Mesir. Ia menghukum kamu dengan tumor, borok, dan gatal-gatal yang tidak tersembuhkan.

28) TUHAN menghukum kamu dengan membuat kamu gila, buta, dan bingung.

29) Dan kamu mencari-cari jalanmu di siang hari, seperti orang buta yang meraba-raba jalannya, dan kamu gagal dalam segala sesuatu yang kamu kerjakan. Kamu ditekan dan dirampok terus-menerus dan tidak ada orang menyelamatkan kamu.

30) Kamu bertunangan dengan seorang perempuan, tetapi laki-laki lain memperkosa perempuan itu. Kamu mendirikan sebuah rumah, tetapi kamu tidak tinggal di dalamnya. Kamu menanami kebun anggur, tetapi kamu tidak memanen buahnya.

31) Sapimu disembelih orang di depanmu, tetapi kamu tidak makan apa pun dari padanya. Keledaimu dicuri orang dan tidak dikembalikan kepadamu. Kambing dombamu diberikan kepada musuhmu. Dan tidak ada orang yang dapat menyelamatkanmu.

32) Orang lain diizinkan mengambil anakmu laki-laki dan perempuan. Hari demi hari kamu mencari anak-anakmu. Kamu mencari mereka hingga matamu menjadi lelah dan buta — tetapi kamu tidak menemukan mereka. Dan Allah tidak menolong kamu.

33) Suatu bangsa yang tidak kamu kenal mengambil hasil panenmu dan semua hasil jerih payahmu. Kamu diperlakukan tidak baik dan dicaci maki.

34) Apa yang kamu lihat membuatmu gila.

35) TUHAN menghukummu dengan bisul pada lutut dan kakimu. Bisul-bisul terdapat pada setiap bagian dari tubuhmu — mulai dari telapak kaki hingga kepalamu.

36) TUHAN menyuruh kamu dan rajamu kepada suatu bangsa yang tidak kamu kenal. Kamu dan nenek moyangmu tidak pernah melihat bangsa itu. Di sana kamu akan melayani dewa-dewa yang terbuat dari kayu dan batu.

37) Di negeri-negeri, ke mana kamu disuruh TUHAN, orang akan terkejut atas yang terjadi padamu. Mereka menertawai kamu dan menjelek-jelekkan kamu.”

38) [Kutuk karena Kegagalan] “Ladangmu menghasilkan banyak buah gandum, tetapi panenmu sedikit, karena belalang memakannya.

39) Kamu menanami kebun anggur dan bekerja keras untuk itu, tetapi kamu tidak mengambil buahnya atau meminum anggurnya, karena ulat-ulat memakannya.

40) Kamu memiliki pohon-pohon zaitun di mana-mana di tanahmu, tetapi kamu tidak mempunyai minyak untuk dipakai, karena buahnya berjatuhan ke tanah dan membusuk.

41) Kamu mendapat anak laki-laki dan perempuan, tetapi kamu tidak mampu menahannya, karena mereka ditawan dan dibawa pergi.

42) Belalang memakan habis pohon-pohon dan hasil panenmu.

43) Orang asing di tengah-tengahmu semakin berkuasa sedangkan kuasamu hilang.

44) Orang asing memberikan pinjaman kepadamu dan kamu tidak mampu memberikan pinjaman kepada mereka. Mereka menguasai kamu seperti kepala menguasai tubuh. Kamu menjadi seperti ekor.

45) Semua kutukan itu terjadi kepadamu. Mereka mengusir serta menangkap kamu hingga kamu binasa, karena kamu tidak mendengarkan hal-hal yang dikatakan TUHAN Allahmu kepadamu. Kamu tidak menaati perintah dan hukum yang diberikan-Nya kepadamu.

46) Kutukan itu menunjukkan kepada orang bahwa Allah menghakimimu dan keturunanmu selamanya. Orang heran atas hal-hal yang mengerikan yang terjadi padamu.

47) TUHAN Allahmu telah memberikan banyak berkat kepadamu, tetapi kamu tidak melayani-Nya dengan sukacita dan hati yang gembira.

48) Jadi, kamu melayani musuh yang disuruh TUHAN melawan kamu. Kamu akan kelaparan, haus, dan telanjang, serta miskin. Dia meletakkan beban berat ke atasmu, yang tidak dapat dipindahkan. Kamu membawanya hingga kamu dibinasakan-Nya.”

49) [Kutukan dari Musuh Bangsa] “TUHAN membawa suatu bangsa dari tempat jauh untuk melawan kamu. Kamu tidak mengetahui bahasanya. Mereka datang segera seperti seekor burung elang turun dari langit.

50) Orang itu kejam. Mereka tidak peduli terhadap orang tua dan tidak mengasihi anak-anak.

51) Mereka mengambil ternakmu dan mengambil makanan yang kamu tanam. Mereka mengambil segala-galanya hingga kamu binasa. Mereka meninggalkan kamu tanpa gandum, anggur baru, minyak, sapi, domba, atau kambing hingga kamu binasa.

52) Bangsa itu mengepung dan menyerang kota-kotamu hingga tembok-tembokmu yang kuat dan yang kamu banggakan runtuh di semua negeri, yang telah diberikan TUHAN Allahmu kepadamu.

53) Kamu sangat menderita. Musuh mengepung kota-kotamu. Mereka tidak membiarkan kamu mendapat makanan. Kamu sangat lapar. Kamu begitu lapar sehingga kamu memakan anakmu sendiri, daging anakmu laki-laki dan perempuan yang telah diberikan TUHAN kepadamu.

54) Bahkan seorang yang lembut dan baik di antara kamu menjadi kejam. Dia kejam terhadap orang lain, bahkan terhadap istri yang dikasihinya dan juga kepada anak-anaknya yang masih hidup.

55) Jadi, tidak ada lagi yang tersisa untuk dimakan, dia sendiri memakan daging anaknya. Dan dia sendiri tidak membagikan daging itu kepada siapa pun — bahkan juga tidak diberikan kepada keluarganya sendiri. Segala sesuatu itu terjadi apabila musuhmu datang mengepung kota-kotamu dan membuat kamu menderita.

56) Malahan seorang perempuan yang lembut dan baik di tengah-tengahmu menjadi kejam. Dia mungkin seorang perempuan yang lemah-lembut dan tidak pernah menginjakkan kakinya di atas tanah, tetapi ia menjadi kejam terhadap suaminya yang sangat dikasihinya, juga terhadap anaknya laki-laki dan perempuan.

57) Dia bersembunyi dan melahirkan anak. Ia memakan anaknya sendiri dan segala sesuatu yang keluar dari perutnya. Segala sesuatu itu terjadi apabila musuhmu datang mengepung kota-kotamu dan membuat kamu menderita.

58) Jika kamu tidak hati-hati mematuhi hukum yang tertulis di dalam buku itu dan tidak menghormati serta kagum kepada nama TUHAN Allahmu, maka

59) TUHAN mendatangkan banyak kesulitan kepadamu dan keturunanmu. Kesulitan dan penyakit itu sangat mengerikan.

60) Kamu telah melihat kesulitan dan penyakit di Mesir yang menakutkan kamu. Ia membawa segala sesuatu yang jahat untuk melawan kamu.

61) TUHAN juga mendatangkan kepadamu setiap penyakit dan kesulitan yang tidak tertulis dalam Buku Ajaran itu. Ia terus melakukannya hingga kamu binasa.

62) Hanya sedikit dari kamu tinggal walaupun kamu sebanyak bintang di langit, karena kamu tidak mendengarkan TUHAN Allahmu.

63) TUHAN senang membuat yang baik kepadamu dan membuat bangsamu bertambah besar, demikian juga TUHAN senang membinasakan kamu. Kamu memasuki negeri itu dan memilikinya, tetapi orang akan mengusir kamu dari negeri itu.

64) TUHAN mencerai-beraikan kamu di antara bangsa-bangsa dari ujung yang satu ke ujung yang lain dunia ini. Di sana kamu menyembah dewa-dewa lain yang kamu dan nenek moyangmu tidak kenal sebelumnya, yaitu allah yang terbuat dari kayu dan batu.

65) Kamu tidak akan mempunyai kedamaian di tengah-tengah bangsa-bangsa itu. Kamu tidak mempunyai tempat untuk beristirahat. TUHAN memenuhi pikiranmu dengan kekhawatiran. Matamu kelelahan. Kamu sangat bingung.

66) Hidupmu selalu dalam bahaya dan kamu selalu takut. Kamu tidak pernah merasa nyaman dalam hidupmu.

67) Di pagi hari kamu mengatakan, ‘Aku menginginkan sore.’ Pada sore hari kamu mengatakan, ‘Aku menginginkan pagi.’ Hal itu terjadi karena ketakutan yang ada dalam hatimu dan hal-hal yang mengerikan yang akan kamu lihat.

68) TUHAN mengirimkan kamu kembali ke Mesir dengan kapal. Aku telah berkata bahwa kamu tidak pernah ke tempat itu lagi, tetapi Tuhan mengirim kamu ke sana. Di Mesir kamu berusaha menjual dirimu sebagai hamba kepada musuhmu, tetapi tidak ada yang mau membeli kamu.”


Ulangan Pasal 29 (Total ayat 29)

1) [Perjanjian di Moab] TUHAN membuat suatu perjanjian dengan orang Israel di Gunung Horeb. Sebagai tambahan atas perjanjian itu, Ia juga memerintahkan kepada Musa untuk membuat perjanjian yang lain dengan mereka ketika mereka di Moab. Inilah perjanjian itu.

2) Musa memanggil semua orang Israel dan berkata kepada mereka, “Kamu telah melihat segala sesuatu yang dilakukan oleh TUHAN di tanah Mesir. Kamu melihat yang dilakukan-Nya terhadap Firaun, terhadap para pejabatnya, dan terhadap seluruh negerinya.

3) Kamu melihat kesulitan-kesulitan yang besar, mukjizat-mukjizat, dan hal-hal ajaib yang dilakukan-Nya.

4) Namun, hingga hari ini kamu belum mengerti apa yang telah terjadi. TUHAN tidak membiarkan kamu mengerti yang kamu lihat dan dengar.

5) Ia telah memimpin kamu melintasi padang gurun selama 40 tahun. Selama itu pakaianmu tidak menjadi usang dan jatuh dari tubuhmu dan begitu juga dengan kasut di kakimu.

6) Kamu tidak mempunyai makanan. Kamu tidak mempunyai anggur atau minuman lainnya, tetapi Tuhan memelihara kamu, jadi kamu sepatutnya mengetahui bahwa Dialah TUHAN Allahmu.

7) Kamu telah datang ke tempat ini, dan Raja Sihon dari Hesybon dan Raja Og dari Basan keluar menentang kita, tetapi kita mengalahkan mereka.

8) Kita kemudian mengambil negeri mereka, dan kita memberikannya kepada suku Ruben, Gad, dan setengah suku Manasye.

9) Jika kamu mematuhi semua perintah di dalam perjanjian itu, kamu terus berhasil di dalam segala sesuatu yang kamu lakukan.

10) Hari ini kamu semua berdiri di depan TUHAN Allahmu. Para pemimpinmu, pejabatmu, tua-tuamu, dan semua orang lain ada di sini.

11) Istri-istrimu dan anak-anakmu ada di sini dan juga orang asing yang tinggal di tengah-tengahmu — orang yang memotong kayu dan yang membawa air kepadamu.

12) Kamu semua ada di sini untuk masuk ke dalam suatu perjanjian dengan TUHAN Allahmu. TUHAN Allahmu membuat perjanjian dengan kamu hari ini.

13) Dengan perjanjian itu, Ia menetapkan kamu sebagai umat-Nya yang khusus dan Dia sendiri menjadi Allahmu sesuai dengan perkataan-Nya. Ia telah menjanjikannya kepada nenek moyangmu: Abraham, Ishak, dan Yakub.

14) TUHAN membuat perjanjian dengan janji-janjinya tidak hanya dengan kamu.

15) Ia telah membuat janji itu dengan kita semuanya yang berdiri di sini di hadapan TUHAN hari ini, tetapi perjanjian itu juga kepada keturunan kita yang tidak ada di sini bersama kita hari ini.

16) Sesungguhnya kamu mengingat bagaimana kita hidup di tanah Mesir. Dan kamu mengingat, bagaimana kita melintasi negeri-negeri dalam perjalanan kita kemari.

17) Kamu telah melihat hal-hal yang menjijikkan — berhala yang dibuatnya dari kayu, batu, perak, dan emas.

18) Pastikanlah agar tidak ada laki-laki, perempuan, keluarga, atau suku yang ada di sini yang berpaling meninggalkan TUHAN Allahmu. Tidak ada yang pergi melayani allah bangsa-bangsa lain. Orang yang melakukan hal-hal itu adalah seperti tanaman yang tumbuh berbuahkan buah yang pahit dan beracun.

19) Orang mungkin mendengar kata-kata kutukan itu dan mereka menghibur dirinya sendiri dengan mengatakan, ‘Aku terus melakukan yang kuinginkan. Tidak ada yang jahat akan terjadi padaku.’ Sikap itu mendatangkan bencana.

20) TUHAN tidak akan mengampuni mereka atas hal itu. Tidak! TUHAN marah terhadap mereka dan menghukumnya. TUHAN memisahkan mereka dari suku-suku Israel. Ia membinasakan mereka. Semua kutukan yang tertulis di dalam buku itu akan menimpa mereka. Kutukan itu adalah sebagian dari isi perjanjian yang tertulis dalam Buku Ajaran.

21) (29:20)

22) Kemudian hari, keturunanmu dan semua orang asing yang datang dari tempat jauh melihat betapa hancurnya negeri itu. Mereka akan melihat penyakit yang didatangkan oleh TUHAN.

23) Semua tanah tidak lagi berguna — rusak oleh belerang dan tertutup oleh garam. Tidak ada lagi tanaman yang dapat tumbuh di tempat itu. Tidak ada yang akan tumbuh — bahkan rumput liar pun tidak. Tanah itu dibinasakan seperti Sodom, Gomora, Adma, dan Zeboim, yaitu kota yang dibinasakan TUHAN ketika Ia sangat marah.

24) Semua bangsa bertanya, ‘Mengapa TUHAN melakukannya terhadap negeri itu? Mengapa Dia begitu marah?’

25) Jawabnya, ‘Hal itu terjadi karena orang Israel meninggalkan perjanjian TUHAN, Allah nenek moyang mereka. Mereka berhenti mengikuti perjanjian yang dibuat-Nya bersama mereka ketika Ia membawanya keluar dari Mesir.

26) Mereka mulai melayani dewa lain — dewa yang belum pernah disembahnya sebelumnya. TUHAN berkata kepada mereka supaya jangan menyembah dewa-dewa itu.

27) Oleh sebab itu, TUHAN sangat marah kepada orang di negeri itu. Jadi, Ia membawa kepada mereka semua kutukan yang tertulis dalam buku itu.

28) TUHAN sangat marah terhadap mereka. Jadi, Ia membawa mereka keluar dari negerinya dan membuangnya ke negeri lain, tempat mereka hari ini.’

29) Ada beberapa hal yang dirahasiakan TUHAN Allah kita. Hanya Dia yang mengetahuinya, tetapi Ia mengatakan sesuatu kepada kita. Dan ajaran itu adalah bagi kita dan keturunan kita untuk selamanya. Dan kita harus mematuhi semua perintah di dalam hukum itu.”


Ulangan Pasal 30 (Total ayat 20)

1) [Orang Israel Akan Kembali ke Negerinya] “Segala sesuatu yang telah kukatakan akan terjadi kepadamu — kedua-duanya, yaitu berkat dan kutukan. Kamu akan mengingat perkataan itu bila TUHAN Allahmu menyuruh kamu ke negeri yang lain.

2) Ketika itulah kamu dan keturunanmu kembali kepada TUHAN Allahmu. Kamu mengikut Dia dengan segenap hatimu dan mematuhi dengan sungguh-sungguh semua perintah-Nya, yang kuberikan kepadamu hari ini.

3) Kemudian TUHAN Allahmu baik terhadap kamu. TUHAN Allahmu membebaskan kamu dan membawa kamu kembali dari bangsa-bangsa, tempatmu terbuang.

4) Malahan jika kamu dibuang ke tempat yang terjauh, TUHAN Allahmu mengumpulkan kamu dari sana dan membawa kamu pulang.

5) TUHAN Allahmu membawa kamu masuk ke negeri yang telah dimiliki nenek moyangmu dan kamu akan memilikinya. Tuhan melakukan yang baik kepadamu, dan kamu memiliki lebih daripada yang ada pada nenek moyangmu. Kamu akan lebih banyak daripada sebelumnya.

6) TUHAN Allahmu membuat kamu dan keturunanmu mau mematuhi-Nya. Kemudian kamu mengasihi TUHAN Allahmu dengan segenap hatimu dan kamu akan hidup.

7) Dan TUHAN Allahmu akan mendatangkan semua kutukan kepada musuhmu karena mereka membenci kamu dan memberikan kesulitan kepadamu.

8) Dan kamu mematuhi TUHAN lagi. Kamu menaati semua perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu hari ini.

9) Dan TUHAN Allahmu akan membuat kamu berhasil dalam segala sesuatu yang kamu lakukan. Dia memberkatimu dengan banyak anak. Ia memberkati ternakmu dengan banyak anak. Ia memberkati tanahmu dengan menghasilkan banyak panen. Dia baik kepadamu. TUHAN kembali senang membuatmu makmur seperti halnya dengan nenek moyangmu.

10) Kamu harus melakukan hal-hal yang dikatakan TUHAN Allahmu kepadamu untuk dilakukan. Taatilah perintah-Nya dan ikutilah peraturan yang tertulis dalam Buku Ajaran itu. Patuhlah terhadap TUHAN Allahmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, maka hal-hal yang baik akan terjadi kepadamu.”

11) [Hidup atau Mati] “Perintah yang kusampaikan kepadamu hari ini tidak terlalu keras bagimu dan bukan suatu rahasia yang tersembunyi di negeri yang jauh.

12) Perintah itu tidak ada di langit sehingga kamu dapat mengatakan, ‘Siapa yang pergi ke langit untuk kita dan membawanya kepada kita sehingga kita dapat mendengarnya dan melakukannya?’

13) Perintah itu tidak ada di seberang laut sehingga kamu mengatakan, ‘Siapa yang pergi ke seberang laut dan membawanya kepada kita sehingga kita dapat mendengar dan melakukannya?’

14) Kata itu sangat dekat kepada kamu, ada di dalam mulutmu dan di dalam hatimu, jadi kamu dapat menaatinya.

15) Hari ini aku memberikan kepadamu suatu pilihan antara hidup dan mati, antara keberhasilan dan bencana.

16) Kuperintahkan kepadamu hari ini untuk mengasihi TUHAN Allahmu, mengikut Dia, dan patuh kepada perintah, hukum, dan peraturan-Nya. Kemudian kamu hidup dan bangsamu semakin besar. Dan TUHAN Allahmu memberkati kamu di negeri yang kamu masuki dan miliki.

17) Jika kamu berbalik dari Allah dan tidak mau mendengarkan-Nya — jika kamu dibawa menyembah dan melayani dewa-dewa lain,

18) maka kamu akan binasa. Aku mengingatkan kamu hari ini, jika kamu berbalik dari Allah, kamu tidak akan hidup lama di negeri di seberang Sungai Yordan, yang kamu masuki dan miliki itu.

19) Aku memberikan kepadamu suatu pilihan antara dua jalan hari ini. Dan aku meminta kepada langit dan bumi untuk menjadi saksi tentang pilihanmu. Kamu dapat memilih hidup atau mati. Pilihan pertama membawa berkat. Pilihan lainnya membawa kutuk. Jadi, pilihlah hidup, sehingga kamu dan keturunanmu akan hidup.

20) Kasihilah TUHAN Allahmu dan taatlah kepada-Nya. Jangan tinggalkan Dia karena Dialah hidupmu. Dan TUHAN akan memberikan umur panjang kepadamu di negeri yang telah dijanjikan-Nya untuk memberikannya kepada nenek moyangmu: Abraham, Ishak, dan Yakub.”


Ulangan Pasal 31 (Total ayat 30)

1) [Yosua Menjadi Pemimpin yang Baru] Kemudian Musa pergi dan menyampaikan kata-kata ini kepada orang Israel.

2) Musa berkata kepada mereka, “Aku sekarang berumur 120 tahun. Aku tidak dapat lagi memimpin kamu. TUHAN telah berkata kepadaku, ‘Engkau tidak akan menyeberangi Sungai Yordan.’

3) TUHAN Allahmu memimpin kamu ke tanah itu. Ia membinasakan bangsa-bangsa itu demi kamu. Kamu akan menduduki negeri mereka, tetapi TUHAN mengatakan bahwa Yosua harus memimpin kamu.

4) TUHAN akan membinasakan Sihon dan Og. Ia membinasakan raja-raja Amori dan Dia melakukan yang sama lagi terhadap kamu.

5) TUHAN menolong kamu mengalahkan bangsa-bangsa itu, tetapi kamu harus melakukan kepada mereka seperti yang kusampaikan kepadamu.

6) Kuatkanlah hatimu dan beranilah. Jangan takut terhadap orang itu karena TUHAN Allahmu bersama kamu. Ia tidak melupakan atau meninggalkan kamu.”

7) Kemudian Musa memanggil Yosua. Semua orang Israel memperhatikan ketika Musa berkata kepada Yosua, “Kuatkanlah hatimu dan beranilah. Engkau akan memimpin umat itu memasuki negeri yang dijanjikan TUHAN untuk menyerahkannya kepada nenek moyang mereka. Engkau akan menolong orang Israel mengambil negeri itu dan membagikannya kepada mereka.

8) TUHAN memimpin engkau. Ia sendiri menyertai engkau. Ia tidak melupakan dan meninggalkan engkau. Jangan khawatir. Jangan takut!”

9) [Musa Menulis Buku Ajaran] Kemudian Musa menulis Buku Ajaran itu dan memberikannya kepada para imam, keturunan Lewi. Mereka bertugas mengangkut Kotak Perjanjian TUHAN. Musa juga memberikan Ajaran itu kepada tua-tua Israel.

10) Musa berkata kepada para pemimpin, katanya, “Pada akhir setiap tujuh tahun, yaitu pada Tahun Pembebasan, bacalah Ajaran itu pada Hari Raya Pondok Daun.

11) Ketika itu semua orang Israel harus datang menemui TUHAN Allahmu pada tempat khusus yang telah dipilih-Nya. Kemudian bacakanlah Ajaran itu kepada umat supaya mereka dapat mendengarnya.

12) Kumpulkan semua umat — laki-laki, perempuan, anak-anak, dan orang asing yang tinggal di kotamu. Mereka akan mendengar Ajaran itu dan mereka belajar menghormati TUHAN Allahmu. Kemudian mereka dapat melakukan segala sesuatu dalam Ajaran itu.

13) Jika keturunan mereka tidak mengetahui Ajaran itu, maka mereka dapat mendengarkannya. Mereka akan belajar menghormati TUHAN Allahmu. Mereka menghormati Dia selama kamu tinggal di negerimu. Kamu segera menyeberangi Sungai Yordan dan mengambil negeri itu menjadi milikmu.”

14) [Tuhan Memanggil Musa dan Yosua] TUHAN berkata kepada Musa, “Sekarang saatnya telah dekat bagimu untuk mati. Panggillah Yosua dan datanglah ke Kemah Pertemuan. Aku mengatakan kepadanya yang harus dilakukannya.” Jadi, Musa dan Yosua pergi ke Kemah Pertemuan.

15) TUHAN menampakkan diri-Nya di Kemah dalam tiang awan yang tinggi. Tiang awan yang tinggi itu berdiri pada jalan masuk ke Kemah.

16) TUHAN berkata kepada Musa, “Engkau akan mati segera. Dan setelah engkau pergi untuk bersama nenek moyangmu, umat itu tidak setia lagi kepada-Ku. Mereka melanggar Perjanjian yang telah Kubuat dengan mereka. Mereka meninggalkan Aku dan menyembah allah lain — allah palsu dari negeri yang dimasukinya.

17) Ketika itu Aku sangat marah kepada mereka, dan Aku meninggalkannya. Aku tidak mau menolong mereka dan mereka binasa. Hal-hal yang mengerikan akan menimpa mereka dan mereka mengalami banyak kesusahan. Kemudian mereka mengatakan, ‘Hal-hal yang buruk terjadi pada kita karena Allah kita tidak bersama kita.’

18) Dan Aku tidak mau menolong mereka karena mereka telah melakukan yang jahat dan menyembah dewa-dewa lain.

19) Jadi, tuliskanlah nyanyian ini dan ajarkan kepada orang Israel. Ajarlah mereka menyanyikannya, maka nyanyian itu menjadi kesaksian kepada-Ku terhadap orang Israel.

20) Aku membawa mereka memasuki negeri yang Kujanjikan kepada nenek moyang mereka, negeri yang penuh dengan hal-hal yang baik. Di sana mereka memiliki makanan yang disukainya. Mereka makmur dalam hidupnya, tetapi kemudian mereka berbalik kepada allah-allah lain serta melayaninya. Mereka berbalik dari Aku dan memutuskan Perjanjian-Ku.

21) Kemudian terjadilah banyak hal yang mengerikan atas mereka. Mereka menghadapi banyak kesulitan. Ketika itu keturunannya masih mengetahui nyanyian itu, dan itulah yang menunjukkan kepada mereka, betapa salahnya mereka. Aku belum membawa mereka ke tanah yang telah Kujanjikan untuk memberikannya kepada mereka. Namun, Aku sudah tahu yang dilakukannya di sana.”

22) Jadi, pada hari yang sama Musa menuliskan nyanyian itu dan mengajarkannya kepada orang Israel.

23) Kemudian Dia berkata kepada Yosua anak Nun, kata-Nya, “Kuatkanlah hatimu dan beranilah. Engkau akan memimpin orang Israel memasuki negeri yang Kujanjikan kepada mereka dan Aku menyertaimu.”

24) [Musa Memperingatkan Orang Israel] Musa menulis semua ajaran itu dengan teliti ke dalam sebuah buku. Setelah selesai,

25) ia memberikan perintah kepada orang Lewi. Merekalah yang mengangkut Kotak Perjanjian TUHAN. Musa mengatakan,

26) “Ambillah Buku Ajaran itu dan letakkan di samping Kotak Perjanjian TUHAN Allahmu. Buku itu sebagai kesaksian terhadap kamu.

27) Aku tahu kamu sangat keras kepala. Aku tahu kamu ingin hidup sesuai dengan kehendakmu sendiri. Lihatlah, kamu tidak mau menaati TUHAN selama aku masih bersama kamu. Jadi, aku tahu bahwa kamu tidak akan menaati-Nya sesudah aku mati.

28) Kumpulkanlah semua tua-tua dari sukumu dan para pejabat. Aku akan mengatakan hal-hal ini kepada mereka. Aku berseru kepada langit dan bumi agar menjadi saksi terhadap mereka.

29) Aku tahu bahwa sesudah aku mati, kamu menjadi jahat dan berbalik dari jalan yang kuperintahkan untuk kamu ikuti. Hal-hal yang mengerikan terjadi atasmu kemudian hari karena kamu melakukan hal-hal yang dianggap TUHAN salah. Kamu membuat-Nya marah karena yang jahat yang kamu lakukan.”

30) [Nyanyian Musa] Semua orang Israel berkumpul, dan Musa menyanyikan semua nyanyian ini untuk mereka:


Ulangan Pasal 32 (Total ayat 52)

1) “Dengarlah, hai langit, aku akan berbicara. Hai bumi, dengarkanlah kata-kata dari mulutku.

2) Ajaranku turun bagaikan hujan, seperti embun yang jatuh ke tanah, seperti hujan rintik-rintik ke atas rumput yang lembut, seperti hujan jatuh ke atas tumbuhan hijau.

3) Pujilah Allah sebagaimana aku menyebut nama TUHAN.

4) Tuhan adalah Batu karang, dan pekerjaan-Nya sempurna. Semua jalan-Nya benar. Allah adalah benar dan setia. Ia baik dan jujur.

5) Dan kamu sebenarnya bukan anak-Nya. Dosamu membuat Dia tidak bersih. Kamu adalah pendusta, yang tidak jujur.

6) Begitukah cara bagimu untuk membalas kepada TUHAN atas semua yang dilakukan-Nya kepada kamu? Kamu orang bodoh dan tolol. Dialah Bapamu dan Penciptamu. Dia menciptakanmu dan mendukungmu.

7) Ingatlah apa yang terjadi pada masa lalu. Pikirkanlah tentang hal-hal yang terjadi beberapa tahun yang lalu. Tanyakanlah ayahmu, dia akan menceritakannya kepadamu. Tanyakanlah para pemimpinmu, mereka akan mengatakannya kepadamu.

8) Allah Yang Mahatinggi menceraikan orang di atas bumi dan memberikan tanah miliknya sendiri kepada setiap bangsa. Allah menentukan perbatasan bagi semua orang. Ia menjadikan bangsa-bangsa sebanyak malaikat.

9) Milik Tuhan adalah umat-Nya; Bangsa Yakub adalah milik TUHAN.

10) Tuhan menemui Yakub di padang gurun, di tanah yang kosong dan berangin. Tuhan mengelilingi Yakub untuk menjaganya. Dia melindunginya seperti biji mata-Nya,

11) bagaikan burung rajawali mendorong anak-anaknya dari sangkarnya untuk mengajarnya terbang. Ia tinggal bersama anak-anaknya, siap untuk menolong. Dan membentangkan sayapnya menangkap anak-anaknya bila terjatuh, serta membawanya ke tempat yang aman.

12) Hanya TUHAN yang memimpin umat-Nya. Mereka tidak mempunyai pertolongan dari allah orang asing.

13) Tuhan menolong mereka untuk menguasai daerah pebukitan. Mereka mengambil hasil panen dari ladang. Tuhan memberikan madu kepada mereka dari gunung batu dan minyak zaitun dari dasar batu.

14) Ia memberikan kepada umat-Nya mentega dari ternak dan susu dari kawanan domba. Ia memberikan kepada mereka domba dan kambing yang gemuk. Mereka memiliki biri-biri jantan yang tertbaik dari Basan bersama gandum yang terbaik. Mereka minum anggur dari buah anggur yang terbaik.

15) Namun, Yesyurun telah menjadi gemuk dan tambun. Ya, kamu diberi makan dengan baik dan menjadi gemuk. Mereka telah meninggalkan Allah yang menciptakannya. Mereka melarikan diri dari Batu karang yang menyelamatkannya.

16) Mereka membuat-Nya cemburu dengan menyembah allah-allah lain. Mereka membuat-Nya marah karena berhala kekejian.

17) Mereka memberikan persembahan kepada setan, yang bukan Allah. Itulah dewa-dewa baru yang tidak dikenalnya sebelumnya, dewa-dewa yang tidak pernah dikenal nenek moyangnya.

18) Kamu meninggalkan Batu karang yang menciptakan kamu; kamu lupa akan Allah yang memberikan hidup kepadamu.

19) TUHAN telah melihat itu dan Dia marah. Anak-Nya laki-laki dan perempuan membuat Dia marah.

20) Jadi, dikatakan-Nya, ‘Aku akan menyembunyikan wajah-Ku dari mereka. Dan lihatlah apa yang terjadi. Mereka adalah pemberontak. Mereka seperti anak-anak yang tidak mau belajar.

21) Mereka membuat Aku cemburu dengan setan yang bukan allah. Mereka membuat Aku marah dengan Nama lain. Jadi, Aku membuat mereka cemburu dengan orang yang bukan sesungguhnya bangsa. Aku membuat mereka marah dengan bangsa yang tolol.

22) Kemarahan-Ku menyala seperti api, membakar sampai ke kubur yang paling dalam, membakar bumi serta semua yang dihasilkannya, membakar sampai ke bawah gunung.

23) Aku akan membawa kesulitan bagi orang Israel. Aku menembakkan semua panah-Ku kepada mereka.

24) Mereka akan kurus karena kelaparan. Penyakit yang mengerikan membinasakan mereka. Aku menyuruh binatang buas melawan mereka. Ular dan cicak berbisa akan menggigit mereka.

25) Tentara membunuh mereka di jalan-jalan. Di rumah mereka terjadi hal-hal yang mengerikan. Tentara akan membunuh laki-laki dan perempuan muda. Mereka akan membunuh anak-anak dan yang lanjut usia.

26) Aku berpikir tentang pembinasaan Israel sehingga orang melupakan mereka sama sekali.

27) Aku tahu, apa yang akan dikatakan oleh musuhnya. Musuh tidak mengerti akan hal itu. Mereka sombong dan berkata, TUHAN tidak membinasakan Israel. Kita menang karena kuasa kita sendiri.’

28) Mereka tolol. Mereka tidak mengerti.

29) Jika mereka bijaksana, mereka dapat mengerti; mereka dapat mengetahui apa yang akan terjadi kepada mereka.

30) Dapatkah seorang mengusir 1.000 orang? Dapatkah dua orang membuat 10.000 orang melarikan diri? Hal itu hanya dapat terjadi jika TUHAN menyerahkan mereka kepada musuh-musuh mereka. Hal itu hanya dapat terjadi jika Batu karang mereka menjual mereka sebagai hamba.

31) Batu karang musuh kita tidak kuat seperti Batu karang kita. Bahkan mereka juga tahu tentang itu.

32) Tanaman anggur dan ladangnya akan binasa seperti Sodom dan Gomora. Buah anggurnya seperti racun yang pahit.

33) Anggurnya seperti bisa ular.

34) Tuhan berkata, ‘Aku menyimpan hukuman itu. Aku menguncinya di dalam gudang-Ku.

35) Aku akan menghukum mereka atas perbuatannya yang salah. Mereka akan menerima sesuai dengan perbuatannya. Suatu ketika mereka akan tergelincir dan jatuh. Masa kesusahannya telah dekat. Hukumannya datang segera.’

36) TUHAN akan menghakimi umat-Nya. Mereka ialah hamba-Nya, dan Dia menunjukkan kemurahan hati-Nya kepada mereka. Ia akan melihat bahwa kekuatan mereka sudah habis. Ia melihat bahwa mereka semuanya tidak mempunyai pertolongan — baik hamba maupun yang bebas.

37) Kemudian Tuhan mengatakan, ‘Di manakah allah-allah palsu? Di manakah “batu karang” tempat kamu berlindung?

38) Allah palsu memakan lemak persembahanmu dan meminum anggur dari kurbanmu. Jadi, biarlah mereka bangkit dan menolongmu. Biarlah mereka melindungimu.

39) Sekarang lihatlah bahwa Aku, Aku sendirilah Allah. Tidak ada Allah yang lain. Aku yang mematikan dan yang menghidupkan orang. Aku dapat melukai orang dan dapat menyembuhkannya. Tidak ada orang yang dapat menyelamatkan orang lain dari kuasa-Ku.

40) Aku mengangkat tangan-Ku terhadap surga dan membuat janji ini. Sesungguhnya Aku hidup selama-lamanya, hal itu akan terjadi.

41) Aku akan mengasah pedang-Ku yang berkilat-kilat, Aku memakainya menghukum musuh-Ku, Aku memberikan hukuman kepada mereka yang pantas diterimanya.

42) Musuh-Ku akan dibunuh dan dibawa sebagai tawanan. Panah-Ku akan ditutupi dengan darahnya. Pedang-Ku memotong kepala tentaranya.’

43) Seluruh dunia harus bersukacita karena umat Allah. Allah menghukum orang yang membunuh para hamba-Nya. Ia memberikan hukuman yang pantas diterima kepada musuh-Nya. Dan Dia menyucikan tanah dan umat-Nya.”

44) [Musa Mengajarkan Nyanyian kepada Umat] Musa dan Yosua anak Nun datang dan menyanyikan semua nyanyian itu untuk didengar orang Israel.

45) Ketika Musa selesai memberikan ajarannya kepada umat,

46) ia berkata kepada mereka, “Perhatikanlah semua perintah yang kusampaikan kepadamu hari ini. Katakanlah kepada anak-anakmu untuk mematuhi perintah dalam hukum itu.

47) Jangan anggap bahwa ajaran itu tidak penting. Itulah hidupmu. Dan dengan ajaran itu kamu dapat lama hidup di negeri di seberang Sungai Yordan, yang akan kamu ambil.”

48) [Musa di Gunung Nebo] TUHAN berbicara kepada Musa pada hari yang sama, kata-Nya,

49) “Naiklah ke pegunungan Abarim. Naiklah ke Gunung Nebo di tanah Moab di seberang kota Yerikho dan engkau dapat memandang ke tanah Kanaan yang akan Kuberikan kepada orang Israel untuk mendiaminya.

50) Engkau akan mati di atas gunung itu. Engkau pergi bersama umatmu, sama seperti abangmu Harun mati di Gunung Hor.

51) Hal itu terjadi karena engkau dan Harun memberontak terhadap Aku dan berbuat dosa melawan Aku, di mata air Meriba dekat Kadesy, di Padang Gurun Zin. Di sana, di tengah-tengah orang Israel kamu tidak menghormati Aku dan menunjukkan bahwa Aku kudus.

52) Jadi, sekarang engkau dapat melihat negeri yang akan Kuberikan kepada orang Israel, tetapi engkau tidak dapat pergi ke tanah itu.”


Ulangan Pasal 33 (Total ayat 29)

1) [Musa Memberkati Umat] Inilah berkat yang diberikan Musa, abdi Allah kepada orang Israel sebelum ia mati.

2) Musa mengatakan, “TUHAN datang dari Sinai seperti terang yang bersinar pada pagi hari atas Seir, seperti terang yang bersinar dari Gunung Paran. Ia datang bersama 10.000 orang kudus. Para tentara-Nya yang perkasa ada di samping-Nya.

3) Ya, Tuhan mengasihi umat-Nya. Semua orang kudus-Nya ada di dalam tangan-Nya. Mereka duduk di atas kaki-Nya dan mempelajari ajaran-Nya.

4) Musa memberikan Taurat kepada kita. Ajaran itu untuk umat Yakub.

5) Ketika itu orang Israel dan para pemimpinnya berkumpul, dan Tuhan menjadi Raja Yesyurun.”

6) [Berkat untuk Ruben] “Biarlah Ruben hidup dan tidak mati, tetapi biarlah hanya sedikit orang dalam sukunya.”

7) [Berkat untuk Yehuda] Musa berkata tentang Yehuda, “TUHAN, dengarkanlah pemimpin dari Yehuda apabila dia minta tolong. Bawalah dia kepada umatnya. Kuatkanlah dia, dan tolonglah dia mengalahkan musuhnya.”

8) [Berkat untuk Lewi] Musa berkata tentang Lewi, “Lewi adalah pengikut-Mu yang benar. Ia memelihara Urim dan Tumim. Engkau menguji orang Lewi di Masa. Engkau menantang mereka di mata air Meriba.

9) Mereka lebih setia kepada-Mu, ya Tuhan, daripada kepada keluarganya sendiri. Mereka mengabaikan ayah dan ibunya. Mereka tidak mengenal saudaranya. Mereka tidak memperhatikan anak-anaknya, tetapi mereka menaati perintah-Mu. Mereka memegang Perjanjian-Mu.

10) Mereka akan mengajarkan peraturan-Mu kepada Yakub dan Hukum Taurat-Mu kepada Israel. Mereka akan membakar dupa di depan-Mu. Mereka memberikan kurban bakaran ke atas mezbah

11) TUHAN, berkatilah segala sesuatu milik orang Lewi. Terimalah yang dikerjakannya. Binasakanlah orang yang menyerangnya. Kalahkanlah musuhnya sehingga mereka tidak akan pernah lagi menyerang.”

12) [Berkat untuk Benyamin] Musa berkata tentang Benyamin, “TUHAN mengasihi Benyamin. Benyamin akan hidup dengan aman di samping-Nya. Ia melindunginya setiap waktu. Dan TUHAN tinggal di negerinya.”

13) [Berkat untuk Yusuf] Musa berkata tentang Yusuf, “Semoga TUHAN memberkati tanah Yusuf dengan mencurahkan hujan dari langit dan air dari bawah tanah.

14) Biarlah matahari memberikan buah yang baik kepada mereka. Biarlah setiap bulan membawa buah yang terbaik.

15) Biarlah bukit-bukit dan gunung-gunung purbakala menghasilkan buahnya yang terbaik.

16) Biarlah bumi memberikan yang terbaik kepada Yusuf. Yusuf telah berpisah dari saudara-saudaranya. Semoga Tuhan di dalam belukar memberikan yang terbaik kepada Yusuf.

17) Yusuf seperti seekor sapi jantan yang berkuasa. Kedua anaknya seperti tanduk sapi jantan. Mereka akan menyerang orang lain dan memaksa mereka sampai ke ujung bumi. Ya, Manasye mempunyai ribuan orang, dan Efraim mempunyai 10.000.”

18) [Berkat untuk Zebulon dan Isakhar] Musa berkata tentang Zebulon, “Hai Zebulon, bersukacitalah, apabila engkau pergi ke luar. Hai Isakhar, bersukacitalah di dalam kemahmu.

19) Mereka memanggil orang ke gunungnya. Di sana mereka memberikan persembahan yang baik. Mereka mengambil kekayaan dari laut dan harta dari pantai.”

20) [Berkat untuk Gad] Musa berkata tentang Gad, “Terpujilah Allah yang memperluas tanah Gad. Gad seperti singa, yang berbaring serta menunggu. Kemudian dia menyerang dan mencabik-cabik binatang.

21) Ia memilih bagian yang terbaik untuk dirinya sendiri. Ia mengambil milik raja. Para pemimpin umat datang kepadanya. Ia berbuat yang baik menurut TUHAN. Ia melakukan yang benar untuk orang Israel.”

22) [Berkat untuk Dan] Musa berkata tentang Dan, “Dan adalah singa muda yang melompat ke luar dari Basan.”

23) [Berkat untuk Naftali] Musa berkata tentang Naftali, “Ya Naftali, engkau akan menerima banyak hal yang baik. TUHAN sesungguhnya memberkatimu. Engkau menerima tanah dekat Danau Galilea.”

24) [Berkat untuk Asyer] Musa berkata tentang Asyer, “Asyerlah yang paling diberkati dari antara anak-anak. Biarlah dia menjadi idola dari saudara-saudaranya. Dan biarlah kakinya dicuci dalam minyak.

25) Gerbang-gerbangmu mempunyai kunci terbuat dari besi dan perunggu. Engkau menjadi kuat sepanjang hidupmu.”

26) [Musa Memberikan Pujian kepada Allah] “Tidak ada yang seperti Allah, hai Yesyurun. Allah naik kendaraan di atas awan dalam kemuliaan-Nya melintasi langit untuk menolongmu.

27) Allah hidup selama-lamanya. Dialah tempat perlindunganmu. Kuasa Allah berlangsung selama-lamanya. Ia melindungimu. Allah mengusir musuhmu untuk meninggalkan tanahmu. Ia berkata, ‘Binasakanlah musuh itu.’

28) Israel akan hidup dengan selamat. Mata air Yakub adalah milik mereka. Mereka menerima tanah gandum dan anggur. Dan tanah itu mendapat banyak hujan.

29) Hai Israel, kamu diberkati. Tidak ada bangsa yang lain seperti kamu. TUHAN menyelamatkan kamu. Ia seperti perisai yang kuat melindungi kamu. Ia seperti pedang yang penuh kuasa. Musuhmu akan takut terhadap kamu, dan kamu akan menginjak tempat kudus mereka.”


Ulangan Pasal 34 (Total ayat 12)

1) [Musa Meninggal] Musa mendaki Gunung Nebo. Musa pergi dari Lembah Yordan di Moab ke puncak Gunung Pisga, di seberang Sungai Yordan dari Yerikho. TUHAN menunjukkan kepadanya seluruh negeri dari Gilead sampai ke Dan.

2) Dia menunjukkan semua tanah Naftali, Efraim, dan Manasye. Ia menunjukkan semua tanah Yehuda sejauh Laut Tengah.

3) Ia menunjukkan Negeb dan lembah mulai dari Zoar sampai ke Yerikho, kota pohon kurma.

4) TUHAN berkata kepada Musa, “Itulah tanah yang telah Kujanjikan kepada Abraham, Ishak, dan Yakub. Aku berkata kepada mereka, ‘Aku akan memberikan negeri itu kepada keturunanmu.’ Aku telah membiarkan engkau melihat tanah itu, tetapi engkau tidak dapat pergi ke sana.”

5) Kemudian Musa, hamba TUHAN itu, mati di tanah Moab seperti yang telah dikatakan TUHAN kepada Musa bahwa itu terjadi.

6) Ia menguburkan Musa di Moab, di lembah di seberang Bet-Peor. Namun, hingga hari ini tidak seorang pun yang tahu persis tempat kuburan Musa.

7) Musa berumur 120 tahun ketika ia meninggal. Ia masih kuat sebagaimana biasanya dan matanya masih bagus.

8) Orang Israel berkabung bagi Musa selama 30 hari. Mereka tinggal di Lembah Yordan, di Moab hingga masa berkabung berakhir.

9) [Yosua Menjadi Pemimpin Baru] Musa telah meletakkan tangannya ke atas Yosua dan mengangkatnya menjadi pemimpin baru. Kemudian Yosua anak Nun dipenuhi dengan roh kebijaksanaan. Orang Israel mulai mematuhi Yosua dan melakukan yang telah diperintahkan TUHAN kepada Musa.

10) Israel tidak pernah mempunyai nabi seperti Musa: TUHAN mengenal Musa dengan berhadapan muka.

11) TUHAN menyuruh Musa untuk melakukan mukjizat yang penuh kuasa di tanah Mesir. Firaun, semua pejabatnya, dan semua orang di Mesir telah melihat mukjizat itu.

12) Tidak ada nabi lain yang melakukan hal-hal yang penuh kuasa dan tanda ajaib yang telah dilakukan Musa untuk dilihat orang Israel.


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Cara daftar pasang iklan gratis
3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Ligonier, Biblica

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Doa Islam untuk Seseorang yang Ingin Hamil

Dalam doa Islam untuk seseorang yang Ingin hamil adalah sarana untuk memohon kepada Allah SWT, memohon anugerah keberkahan, dan diberikan keturunan yang dikaruniai-Nya. Berikut...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *