fbpx

Top 10 Makanan Khas Makassar – Bersama Resep Lezatnya

Top 10 Makan Khas Makassar

Makanan khas Makassar yang umum dijumpai di pelosok kota adalah:

Coto Makassar, Roti Maros, Jalangkote, Bassang, Sanggara Balanda, Pisang Ijo, Sop Saudara dan Sop Konro, Mie Titi, Ikan Goreng / Bakar Bumbu Parape Makassar…

Ujung Pandang adalah nama lain untuk Kota Makassar dan dipakai dari kira-kira tahun 1950-an sampai tahun 2000.

 

10. Bassang (Bubur Jagung Putih)

Olahan makanan tradisional yang dibuat dari bahan jagung basang dan santan kelapa ini memang menjadi salah satu makanan khas sulawesi khususnya daerah Makasar.

Resep Bassang (Bubur Jagung Putih) Makan Khas Makassar

 

9. Roti Maros Khas Makassar

Bentuk rotinya bulat dan isinya hanya dan hanya selai kaya (srikaya). Roti Maros, biasa juga disebut dengan Roma, memang hanya berisi selai kaya dan merupakan makanan khas (termasuk untuk oleh-oleh) kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan.

Roti Maros secara tradisional tidak diisi dengan coklat, keju atau selai rasa selain selai kaya. Kalaupun ada, masyarakat ataupun pembuat roti maros sendiri tidak akan menyebut roti tersebut sebagai roti Maros.

Resep Lezat Roti Maros Khas Makassar

 

8. Pisang Ijo Khas Makassar

 Pisang ijo atau es pisang ijo adalah sejenis makanan khas di Sulawesi Selatan, terutama di kota Makassar. Makanan ini terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Cara memasaknya dengan mengukus di dandang.

Adonan tersebut dibuat dari tepung, air dan pewarna hijau yang terbuat dari campuran air dengan daun suji atau pandan.

Resep Lezat Pisang Ijo Khas Makassar

 

7. Sanggara Balanda (Pisang Goreng isi Cokelat Kacang) Khas Makasar

Menurut bahasa Bugis – Makassar, sanggara berarti pisang goreng. Sementara Balanda merupakan julukan untuk warga negara Belanda yang saat itu menjajah tanah Sulawesi Selatan. Jadi bisa diartikan Sanggara Balanda adalah pisang goreng Belanda. 
Ciri khas dari kuliner ini adalah harus menggunakan pisang raja yang bagus matangnya, tidak boleh menggunakan pisang lain, karena beda aroma dan rasanya. Pisang raja tinggi kandungan gulanya, sehingga kalau digoreng akan terjadi proses karamelisasi yang menghasilkan aroma yang khas.
Pisang digoreng dua kali. Yang pertama untuk mendapatkan aroma khas gorengan pisang raja, yang kedua untuk menempelkan baluran telurnya. Kalau langsung dicelup dan digoreng akan beda aromanya. 
 
Sanggara Balanda adalah salah satu kue wajib yang muncul di acara-acara adat Bugis-Makassar. Kue ini sering kita jumpai pada saat makan di bosara. Seperti kue-kue khas Bugis lain, rasanya manis luar biasa. Sanggara Balanda juga sarat dengan gula dan telur.
 
Kenapa namanya Sanggara Balanda? Apakah karena asalnya dari Belanda? Meski hanya makanan tradisional sederhana, konon warga Belanda sangat menyukai kue ini. Kemungkinan ini lah yang menjadi alasan sampai di belakang namanya ada kata Belanda-nya.

 

 

6. Jalangkote

Nama untuk sebuah makanan ringan, mungkin di tempat lain makanan ini disebut pastel, namun tidak di Makassar. Di Makassar, makanan ini disebut jalangkote. Berisi wortel, kentang, telur dan daun bawang inilah yang membedakan jalangkote dengan pastel lainnya.

Apa Bedanya Jalangkote Dengan Kue Pastel?

Bedanya kue pastel memiliki kulit yang lebih tebal dibandingkan jalangkote dan bila pastel dimakan bersama cabe rawit, jalangkote dimakan bersama sambal cair campuran cuka dan cabe.

Jalangkote memiliki isi wortel dan kentang yang dipotong dadu, tauge, serta laksa yang ditumis dengan menggunakan bawang putih, merica, bawang merah, dan bumbu-bumbu lainnya.

Beberapa jalangkote menambahkan seperempat atau setengah telur rebus dan daging cincang untuk isinya. Kulit jalangkote terbuat dari bahan dasar tepung terigu, santan, telur, mentega dan garam.

Resep Lezat Jalangkote Khas Makassar

 

5. Ikan Goreng / Bakar Bumbu Parape Makassar

Ikan goreng atau bakar dengan bumbu Parape adalah salah satu jenis makanan atau lauk yang sering kita jumpai di Makassar.

Orang Makassar tidak pernah melumuri ikan yang dibakar dengan bumbu. Semua ikan dibakar polos. Paling-paling hanya ditaburi sedikit garam dan perasan jeruk nipis. Apapun saus atau bumbunya, disajikan sebagai kondimen ataupun topping. Dengan cara ini, kita dapat benar-benar merasakan gurih dan manisnya citarasa daging ikan.

Resep Lezat Ikan Goreng / Bakar Bumbu Parape Khas Makassar

 

4. Mie Titi

Mie pada umumnya yang disajikan secara basah (berkuah) dan kenyal. Salah satu makanan khas Makassar dari Sulawesi Selatan ini memiliki gaya yang unik dalam penyajian mie. Sebelum disajikan, masakan khas Makassar ini akan di goreng hingga kering terlebih dahulu, kemudian disiram kuah kental yang terbuat dari telur dan sayur.

Sejarah awal mula Mie Titi berasal dari seorang keturunan Tionghoa yang telah lama tinggal di Makassar. Sebelumnya Mie Titi hanya dimasak untuk keperluan keluarganya namun lambat laun, sajian mie titi ternyata enak dan digemari masyarakat sekitar. Sehingga semakin lama mie titi menjadi terkenal hingga sekarang.

Saat ini penyajian mie titi telah mengalami modifikasi dengan menambahkan beberapa pelengkap seperti bakso, sosis, daging ayam dan udang.

Resep Lezat Mie Titi Khas Makassar

 

3. Pallu Basa

Pallu basa adalah masakan khas Makassar yang mirip dengan sop namun berbahan utama daging sapi dan jeroan sapi. Ciri ciri makanan khas Makassar memang berbahan dasar daging dan jeroan. Sop Pallu Basa memiliki rasa santan yang kental dan adanya kelapa sangrai yang diparut sehingga aroma yang dikeluarkan sangat lezat dan menggoda selera makan.

Biasanya Pallu basa disajikan dengan sepiring nasi. Dapat ditambahkan dengan kuning telur ayam kampung mentah ke kuah sop pallu basa yang masih panas, pasti enak.

Jika dilihat pallu basa hampir mirip dengan coto Makassar. Namun ternyata yang membuat pallu basa adalah penggunaan santan kental dan kelapa parut sangrai di dalamnya.

Resep Lezat Sop Pallu Basa Khas Makassar

 

2. Sop Sodara

Makanan tradisional khas Kabupaten Pangkep sulawesi selatan ini dapat dijumpai di Makassar. Sop saudara dibuat dari daging sapi, bihun dan kentang goreng yang biasanya dibentuk bola-bola kecil, dan paru sapi yang digoreng.

 

Sop Sodara

 

Pada umumnya disajikan bersama dengan nasi putih, ikan bakar, dan telur rebus sebagai tambahan lauknya. Tambahan sebagai pelengkap menu adalah sambal kacang dan irisan-irisan timun.

Sejarah Sop Sodara

Konon, sop saudara berawal dari H. Dollahi yang merupakan seorang pelayan dari H. Subair, seorang penjual sop daging yang cukup terkenal di Makassar pada era tahun 1950-an. Keduanya adalah warga kampung Sanrangan Pangkep yang mengadu peruntungan untuk meneruskan hidup dengan membuka warung makan.

Setelah selama 3 tahun berkongsi, H. Dollahi pun memberanikan diri untuk membuka usaha sendiri pada tahun 1957 dengan membawa nama Sop Saudara yang membuka lapak di kawasan Karebosi, Makassar. Racikan H. Dollahi ini ternyata mampu menarik minat pecinta kuliner baik bagi warga asli maupun pendatang.

Nama Sop Saudara yang unik ini dipilih karena terinspirasi dari nama “coto paraikatte” (biasa dijadikan nama warung yang menjual Coto Makassar). Dalam bahasa Makassar “paraikatte” berarti “saudara” atau “sesama”. Dengan nama tersebut, H. Dollahi berharap semua orang yang makan di warung ini akan merasa bersaudara dengan pemilik, pelayan dan sesama penikmat Sop Saudara.

Resep Lezat Sop Sodara Khas Makassar Kabupaten Pangkep – Sulawesi Selatan

 

1. Sop Konro dan Konro Bakar

Warna hitam pada kuah konro karena berasal dari klewek sebagai bumbunya. Selain itu terdapat bumbu rempah lain seperti lengkuas, kayu manis, jahe, kapulaga, kunyit, asam jawa, kemiri, jinten dan ketumbar. Itulah yang membuat sop konro memiliki rasa dan warna yang sangat istimewa.

Resep Lezat Sop Konro dan Konro Bakar Khas Makassar

 

Top nomer 1. Coto Makassar

Coto Makassar berbahan dasar daging dan jeroan sapi. Kalau yang berlemak memang sangat menarik dan mengundang selera seseorang untuk makan.

Bahan dasar berupa daging dan jeroan sapi tadi direbus terlebih dahulu, selanjutnya diiris-iris lalu diberikan bumbu khusus yang terbuat dari jintan, merica, ketumbar yang disangrai, bawang putih, lengkuas, serai, kacang tanah disangrai, air jeruk nipis dan penyedap rasa.

 

Coto Makassar

 

Ini mungkin yang membedakan antara Coto Makassar dengan soto pada umumnya yaitu adanya kacang tanah yang disangrai (digoreng tanpa minyak).

Resep Lezat Coto Makassar

 

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-12-31T23:27:11+07:00 Juni 27th, 2015|Geografi & Sejarah, Makanan & Minuman, Top 10|0 Comments

Leave A Comment