Paus atau Lodan (Whale) Mamalia – 2 Jenis Paus: Bergigi dan Balin – Makhluk Mamalia Terbesar di Bumi

Humpback paus bungkuk

Paus bungkuk humpback dewasa sebesar 12-16 meter.

Paus (Whale)

Gambar jenis paus biru (blue whale)

Jenis blue whale paus biru

Nama Paus (mamalia) diberikan pada anggota bangsa Cetacea yang berukuran besar. Paus tidak tergolong dalam keluarga ikan, karena tidak bernapas dengan insang, tetapi dengan paru-paru, mereka termasuk binatang menyusui (mamalia). Tetapi dalam obrolan sehari-hari khalayak menyebutnya IKAN karena mereka dapat berenang ☺

Istilah paus dapat digunakan untuk merujuk pada cetacea apa pun, termasuk porpoise dan lumba-lumba, tetapi secara umum istilah ini diterapkan pada hewan yang panjangnya lebih dari 3 meter (10 kaki).

Paus berkembang dari mamalia darat yang hidup di perairan asin hangat sekitar 55 juta tahun yang lalu. Mereka termasuk dalam ordo hewan yang disebut Cetacea, yang juga termasuk lumba-lumba dan porpoise. Anda dapat melihat paus antara Mei dan November saat mereka melakukan migrasi tahunan di sepanjang garis pantai NSW.

Ada 2 jenis paus: bergigi (odontoceti) dan balin (mysticeti).

Paus mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Bernapas menggunakan paru-paru.
  • Mempunyai rambut (sedikit, kebanyakan ada di paus dewasa).
  • Memiliki jantung dengan empat ruang.
  • Berdarah panas.
  • Mempunyai kelenjar susu.

Paus purba

Mereka berevolusi pada pertengahan tempo Eocene (kira-kira 55 juta tahun yang lalu). Salah satu jenis terawalnya yang telah punah adalah Basilosaurus yang mempunyai kepala kecil bermoncong menonjol dan bergigi. Basilosaurus mempunyai panjang 25 meter.

Baca juga 👉 Jenis Dinosaurus – Nama-Nama Dinosaurus dan Gambarnya

2 Jenis Paus: Bergigi dan Balin

Odontoceti yang bergigi merupakan pemangsa yang memakan ikan, sotong, dan mamalia laut, mempunyai satu lubang pernapasan. Yang bergigi berkerabat dekat dengan lumba-lumba dan pesut. Yang tidak bergigi berukuran lebih besar daripada paus bergigi dan mempunyai struktur yang dikenal sebagai balin yang berbentuk sikat. Struktur ini berguna untuk menyaring plankton, makanannya, di air. Paus Balin mempunyai 2 lubang pernapasan. Berijut detilnya:

1. Paus bergigi (Toothed whale)

Paus bergigi adalah predator ulung. Mereka menggunakan pengertian khusus yang disebut ekolokasi (biosonar) untuk berburu dan membantu mereka ‘melihat’ dunia bawah laut mereka. Ini adalah keterampilan yang sangat penting karena memungkinkan mereka berburu dan bernavigasi di bawah air yang sering kali terlalu gelap untuk dilihat dengan benar.

Paus bergigi sangat sosial dan selalu bersama orang lain; mereka biasanya hidup dalam kelompok yang disebut polong. Mereka termasuk makhluk paling cerdas di Bumi; Mereka memiliki otak yang besar, menunjukkan perilaku yang kompleks termasuk kemampuan untuk mengajar orang lain dan belajar dari satu sama lain.

Hampir 90% dari semua jenis paus, lumba-lumba dan porpoise adalah jenis yang bergigi dan kebanyakan dari mereka adalah lumba-lumba kecil dan porpoise; pengecualian penting adalah yang terbesar dari semua paus bergigi, jenis “sperma” yang merupakan paus besar.

Ada 76 spesies ikan paus bergigi dan mereka dikelompokkan menjadi 10 famili:
    • Sperma
    • Sperma kerdil dan kerdil
    • Beluga dan narwhal
    • Berparuh
    • Lumba-lumba samudra
    • 4 Lumba-lumba sungai (masing-masing ditempatkan dalam satu keluarga mereka sendiri)
    • Keluarga porpoise.

Di sini terdapat empat keluarga paus bergigi besar. Untuk pengenalan enam keluarga lumba-lumba dan porpoise atau jenis bergigi kecil.

Baca juga 👉 Lumba-lumba Adalah Mamalia Laut – Ciri-Ciri, Komunikasi Dan Habitat

Paus bergigi – fakta singkat

  • Terdiri dari 10 keluarga ordo, termasuk lumba-lumba.
  • Berburu menggunakan ekolokasi.
  • Bersosialisasi, sering hidup dalam kelompok yang dikenal sebagai polong.
  • 76 spesies secara total.

Tahukah kamu?

Beberapa spesies berparuh (beaked whale) tidak pernah terlihat hidup. Para ilmuwan hanya mengetahui keberadaan mereka dari paus yang terdampar.

Keluarga paus sperma (Sperm whale)

Jenis sperma bisa tumbuh hingga 20m dan beratnya hampir 60 ton; mereka memiliki otak terbesar di Bumi dan kepala besar mereka yang berbentuk kotak berukuran 40% dari panjang tubuh.

Sebagian besar ruang di dalam kepala mereka didedikasikan untuk organ spermaceti berisi minyak yang berfungsi untuk meningkatkan keterampilan ekolokasi mereka. Kulit mereka keriput dan mereka memiliki rahang bawah yang sempit, dilapisi dengan gigi. Mereka ditemukan di perairan dalam di semua samudra dan dapat menyelam ke kedalaman luar biasa lebih dari 3000m; mereka berburu cumi-cumi raksasa. Buku terkenal, ‘Moby Dick’ menceritakan tentang pemburu paus yang berburu paus sperma.

Paus Pygmy sperma kerdil dan keluarga paus sperma kerdil (Pygmy sperm whale and dwarf sperm whale family)

Mereka jauh lebih kecil daripada jenis sperma dan termasuk dalam keluarga terpisah; mereka lebih seukuran lumba-lumba. Seperti paus sperma, keduanya memiliki rahang bawah yang sempit dan organ spermaceti. Mereka hidup di air yang dalam dan hangat.

Keluarga paus berparuh (Beaked whale family)

Mereka merupakan jenis yang terbesar dari keluarga paus bergigi besar dengan 22 anggota ordo – hal ini kemungkinan akan meningkat karena para ilmuwan mempelajari lebih lanjut tentang paus misterius air dalam ini pemakan cumi-cumi.

Untuk saat ini, mereka adalah jenis yang paling tidak terkenal dari semua paus; beberapa spesies tidak pernah terlihat hidup dan hanya diketahui dari spesies mati yang terdampar di pantai. Untuk setidaknya beberapa spesies ini yang hanya hidup di satu bagian lautan, kurangnya penampakan mungkin hanya karena mereka sangat langka.

Paus beluga dan keluarga narwhal (Beluga whale and narwhal family)

Mereka jenis bergigi unik yang hidup di perairan dingin Arktik; bersama-sama mereka membentuk keluarga ‘paus putih’. Keduanya tidak memiliki sirip di punggung, memiliki kepala bulat dan leher yang fleksibel.

Mereka berwarna abu-abu saat lahir dan memutih seiring bertambahnya usia; Beluga dewasa berwarna putih cemerlang dan narwhals dewasa bervariasi dari hampir putih hingga abu-abu berbintik-bintik. Narwhals terkenal dengan gadingnya yang mirip unicorn yang sebenarnya merupakan gigi yang sangat panjang.

2. Paus balin (baleen whale)

Mereka juga disebut paus besar, membentuk Mysticeti, satu dari dua parvordo Cetacea (lumba-lumba dan pesut). Jenis Balin memiliki tulang penyaring untuk menyaring makanan dari air.

Balin membedakan mereka dari subordo cetacean lainnya, paus bergigi atau Odontoceti. Spesies Mysticeti hidup memiliki gigi pada saat fase embrional. Fosil Mysticeti memiliki gigi sebelum balin berevolusi.

Ciri-ciri Paus Balin

Baleen whale umumnya berukuran besar; yang terbesar adalah makhluk terbesar yang pernah hidup di bumi bernama paus biru (blue whale). Balin secara tepat dijuluki ‘paus besar’ namun mereka bertahan hidup di hewan paling kecil (dan paling melimpah) di lautan; mereka adalah spesialis pemakan saringan dan target kelompok ikan kecil atau awan zooplankton dan krill di laut.

Tulang paus Balin terbuat dari bahan yang mirip dengan kuku manusia dan tanduk binatang; mereka kuat, fleksibel dan berbulu di bagian tepinya, seperti bulu pada kuas. Air laut dalam jumlah besar disaring melalui lempeng balin yang menyaring dan menahan makhluk laut kecil dalam jumlah besar.

Spesies sikat dan kepala busur (Right whales and bowheads) adalah skimmer atau pemakan rumput dan mengumpulkan makanan dengan berenang perlahan, dengan mulut terbuka melalui petak padatnya.

Spesies bungkuk (Humpback), biru, dan sirip adalah mirip burung pelikan; tenggorokan mereka dapat mengembang dan memungkinkan mereka untuk mengambil air laut yang sangat banyak dan menyaring mangsanya; Paus abu-abu adalah pengumpan bawah dan mangsa saring dari mulut penuh lumpur di dasar laut.

Kebanyakan spesies Balin bermigrasi dan cenderung mengikuti pola migrasi dasar yang sama. Beberapa, seperti spesies bungkuk (Humpback) dan spesies abu-abu melakukan migrasi musiman yang sangat lama. Pemahaman tentang mengapa mereka melakukan ini adalah bahwa mereka menghadapi dilema; ada lebih banyak makanan paus yang tersedia di lautan kutub yang dingin, tetapi lingkungan ini berisiko dan menantang bagi paus baru lahir yang rentan yang berkembang biak di laut yang lebih hangat. Solusi spesies balin untuk ini adalah memberi makan di area pemberian makan air dingin selama mungkin di bulan-bulan musim panas dan kemudian berenang ke area pembibitan air yang hangat dan tenang. Tidak semua spesies balin bermigrasi; Bryde, Kepala busur, dan Sei semuanya tidak bermigrasi.

Suaranya tidak bergema tetapi mereka membuat suara untuk berkomunikasi satu sama lain, menampilkan dan menarik pasangan, mengusir saingan, dan membangun wilayah. Spesies balin yang berbeda menggunakan berbagai suara termasuk nyanyian, erangan dan denyut pendek.

Ukuran kelompok Balin umumnya kecil; mereka sering tampak menyendiri tetapi ditemukan dalam kontak akustik dengan orang lain. Kelompok besar Balin umumnya jarang terjadi.

Mereka dikelompokkan menjadi 4 keluarga: rorqual; Baik; Abu-abu; dan sikat kerdil. Namun, jumlah pasti spesies (saat ini 14) dan hubungannya satu sama lain masih menjadi perdebatan panas karena para ilmuwan menemukan apa yang mereka yakini sebagai spesies baru di dalam spesies.

Paus balin – fakta singkat

  • Terdiri dari empat keluarga: rorqual; sikat (right whale); Abu-abu; dan sikat kerdil.
  • Biasanya ditemukan sendiri atau dalam kelompok kecil
  • Tidak melakukan ekolokasi (biosonar)

Tahukah kamu?

Rorqual berasal dari kata Norwegia röyrkval yang berarti “paus alur”. Hal ini diduga mengacu pada lipatan panjang kulit di rahang bawah.

Keluarga paus sikat (right whale) dan bowhead

Mereka terdiri dari 3 spesies jenis sikat dan bowhead. Mereka adalah paus yang sangat besar, gemuk, dan gempal yang dapat tumbuh hingga 20m dan berat 90 ton (90.000kg). Mereka memiliki kepala besar berukuran sepertiga dari total panjang dan punggung mereka halus tanpa sirip punggung atau punggung bukit.

Spesies right dan bowhead adalah perenang yang lambat; mereka menyaring makanan atau merumput menggunakan piring baleen yang sangat panjang untuk menyaring makanan dari air laut.

Mereka sering diburu secara intensif selama bertahun-tahun dengan perburuan secara komersial dan sedang berjuang untuk pulih; pada kenyataannya, jenis sikat Atlantik Utara dan jenis sikat Pasifik Utara terancam punah dan jumlahnya terus menurun. Perburuan jenis kepala busur masih dipraktikkan oleh pemburu paus subsisten aborigin Alaska dan Greenland.

Baca juga 👉 Ikan Salamander Meksiko Axolotl – Monster air mampu menumbuhkan kembali bagian tubuh yang rusak atau lepas

Keluarga paus abu-abu (Gray whale family)

Mereka hidup di perairan dangkal, yang di mana mereka makan di dasar laut. Mereka berenang menyamping, dekat ke dasar laut dan menyedot sedimen berlumpur ke dalam mulut mereka dan menyaring mangsanya menggunakan lempengan balin pendek di mulut mereka.

Spesies abu-abu tumbuh hingga panjang 15,2m (50 kaki). Kulit mereka sangat belang-belang dan ini disebabkan oleh bercak kutu paus dan teritip parasit yang hidup di sana. Mereka memiliki punggung punggung bergelombang dan tidak memiliki sirip punggung. Mereka melakukan migrasi terpanjang oleh spesies mamalia.

Keluarga paus sikat kerdil (Pygmy right whale family)

Keluarga spesies right kerdil seperti jenis abu-abu, memiliki satu anggota! Seperti namanya, ini adalah jenis yang relatif kecil menurut standar Balin (panjang hingga 6,5 ​​m dan 3.400 kg) dan juga yang paling misterius. Sangat sedikit yang diketahui tentang jenis sikat kerdil karena mereka jarang terlihat di laut. Jenis sikat kerdil hanya ditemukan di belahan bumi selatan dan kisaran pastinya tidak diketahui.

Keluarga Rorqual (Rorqual family)

Keluarga rorqual adalah keluarga Balin terbesar dengan delapan anggota, termasuk nenis biru, sirip, bungkuk (Humpback), Bryde, sei, dan minke. Rorqual adalah spesies yang ramping, ramping, ramping, dengan kepala dan sirip runcing. Mereka adalah lunge-feeder

Fakta Paus

Paus berkeliaran di seluruh lautan dunia, berkomunikasi dengan suara yang kompleks dan misterius. Ukurannya yang besar membuat kami takjub: paus biru dapat mencapai panjang lebih dari 100 kaki dan berat hingga 200 ton — sebanyak 33 gajah.


Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: World Wild Life (WWF), Whale Facts, Britannica

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-11-25T01:41:32+07:00 November 21st, 2020|IPA|0 Comments

Leave A Comment