Sinus Karotis | Penyakit, Tanda Gejala, Perawatan, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan

4 min read

Sinus karotis karotid

Sinus Karotis

Dalam anatomi manusia, sinus karotis adalah area yang melebar di dasar arteri karotis interna yang hanya lebih unggul daripada bifurkasi karotid internal dan karotis eksternal pada tingkat batas superior kartilago tiroid. Sinus karotis meluas dari bifurkasi ke arteri karotis interna “sejati”.

Sinus karotis adalah sekumpulan kecil ujung saraf yang terletak di sebelah arteri karotis di leher Anda.

Sinus karotid sensitif terhadap perubahan tekanan dalam darah arteri pada tingkat ini. Ini adalah situs baroresepsi utama pada manusia dan sebagian besar mamalia.

Apa itu Sinus Karotid?

Sinus karotid adalah sekumpulan kecil ujung saraf yang terletak di sebelah arteri karotis di leher Anda. Ada 2 arteri karotis, satu di setiap sisi leher, yang menyediakan suplai darah utama ke otak dan kulit kepala. Ada sinus karotis di setiap sisi leher yang terletak di mana arteri karotis terpisah menjadi dua (kira-kira tepat di bawah telinga Anda).

Sinus karotid memiliki reseptor kimia dan tekanan yang memberikan informasi kepada otak tentang aliran darah dan tekanan darah. Ini membantu tubuh mempertahankan suplai darah yang terkontrol ke organ-organnya termasuk otak, jantung, dan otot.

Sinus karotis karotid
Arteri leher. Sinus karotis merupakan asal dari arteri karotis interna. Sinus Karotis – Penyakit, Tanda Gejala, Perawatan, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan. Ilustrasi dan sumber foto: Wikimedia Commons

Apa itu Hipersensitivitas Sinus Karotid?

Ketika tekanan eksternal diletakkan pada sinus karotid, hal itu secara otomatis mengurangi detak jantung Anda, biasanya ini hanya dalam jumlah kecil. Namun, pada beberapa orang, sinus karotid bereaksi berlebihan terhadap tekanan seperti itu yang menyebabkan denyut jantung mereka melambat atau tekanan darah mereka turun dalam jumlah yang signifikan.

Reaksi berlebihan ini disebut hipersensitivitas sinus karotis.
Tekanan pada arteri dapat menyebabkan reaksi ini; ini termasuk mengenakan pakaian ketat di leher atau bahkan memutar kepala.
Ketika hipersensitivitas disertai dengan pemadaman singkat yang mengakibatkan jatuh itu dikenal sebagai sindrom sinus karotis.

Apa yang menyebabkannya?

Kami tidak tahu mengapa sinus karotid bereaksi berlebihan pada beberapa orang. Kami tahu itu lebih umum di lebih dari 40-an.
Ada beberapa obat yang meningkatkan sensitivitas sinus karotis.
Namun, tidak selalu mungkin untuk berhenti minum obat ini karena biasanya diberikan untuk mengobati penyakit jantung.

Bagaimana cara didiagnosis?

Diagnosis dibuat dari riwayat jatuh Anda – yang biasanya berupa beberapa jatuh yang terjadi tanpa peringatan dan tanpa alasan yang jelas. Anda mungkin atau mungkin tidak ingat pingsan karena terkadang ini sangat singkat.
Tes singkat kemudian dilakukan. Tekanan diterapkan ke sisi leher Anda, di atas arteri karotis, selama beberapa detik sambil memantau detak jantung dan tekanan darah Anda. Tes positif akan menghasilkan penurunan detak jantung dan / atau tekanan darah Anda.

Penyakit Sinus Karotis

Sinus karotid sering memiliki plak aterosklerotik karena gangguan hemodinamik (tekanan geser dinding yang rendah, pembalikan aliran / resirkulasi). Karena plak ini, jika besar dan tidak stabil, cenderung menjadi stroke iskemik dan serangan iskemik transien, endarterektomi karotid sering dilakukan untuk profilaksis.

Sinus karotid dapat menjadi sangat sensitif terhadap stimulasi manual, suatu kondisi yang dikenal sebagai hipersensitivitas sinus karotid, sindrom sinus karotid atau sinkron sinus karotis, di mana stimulasi manual menyebabkan perubahan besar dalam denyut jantung dan / atau tekanan darah. Ini secara klasik muncul sebagai pasien yang “pingsan” (sebenarnya presyncope) pada beberapa kesempatan ketika bercukur, atau dengan cara lain bersentuhan dengan sinus karotis mereka.

Sindrom sinus karotis adalah kehilangan kesadaran sementara yang kadang-kadang menyertai kejang karena intensitas refleks sinus karotis ketika tekanan terbentuk pada satu atau kedua sinus karotis.

Pengobatan hipertensi resisten

Stimulasi baroreseptor pada sinus karotis dapat digunakan untuk mengobati hipertensi resisten melalui aktivasi baroreflex. Alat seperti alat pacu jantung dapat ditanamkan secara elektrik menstimulasi reseptor secara kronis, yang ditemukan dapat menurunkan tekanan darah sebesar 15-25 mmHg.

Pijat sinus karotis

Pijat (masage) karotis adalah tindakan yang digunakan untuk memeriksa kondisi kepala pusing, kehilangan kesadaran atau pingsan yang tidak diketahui penyebabnya. Tindakan ini dapat dilakukan dengan memijat lembut arteri sinus karotis pada salah satusisi leher (sebelah kiri atau kanan) selama 5 detik lalu bersamaan lakukan monitoring Heart Rate dan Tekanan darah serta pemantauan EKG.

Sinus Carotid merupakan tonjolan arteri utama yang mensuplai darah ke otak (Arterikarotid internal). Fungsinya untuk memonitor dan menyesuaikan dengan tekanan darah jika terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Pada beberapa orang sinus karotis menjadi lebih sensitif sehingga menyebabkan tekanan darah turun dan heart Rate turun atau menjadi lebih lambat ketika dilakukan masase. Sehingga menyebabkan pusing, tidak sadar diri atau pingsan.

Risiko dari Pijat sinus karotis yaitu kehilangan rasa atau kelemahan pada ekstremitas atau gangguan penglihatan 1: 1000 orang tetapi akan kembali pulih dalam 24 jam dan sangat jarang menimbulkan gejala permanen.

Jika hasilnya negatif tidak akan terjadi apa-apa. jika hasilnya positif tekanan darahsementara akan turun atau Heart rate menjadi melambat yang dapat menyebabkan pusing atau pingsan.

Orang yang tidak dianjurkan untuk mengikuti tes pijat sinus karotis adalah orang dengan riwayat serangan jantung atau stroke dalam 2 bulan terakhir atau memilikiriwayat gangguan irama jantung yang serius (misalnya ventrikular fibrilation atauventricular tachycardia).

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan di PINTERpandai.com
Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kesehatan Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.