Encok adalah jenis radang sendi yang sering menyebabkan nyeri hebat, pembengkakan dan kekakuan pada sendi – Obat Apotek dan Obat Encok Herbal

Penjelasan Penyakit Encok

Encok adalah jenis radang sendi yang sering menyebabkan nyeri hebat, pembengkakan, dan kekakuan pada sendi. Rasa nyeri juga dapat dirasakan di punggung serta bagian tubuh lainnya merupakan penyakit yang disebabkan penumpuknya kristal asam urat di dalam jaringan ikat.

Apakah encok sama dengan asam urat?

Rematik atau yang disebut juga dengan rheumatoid arthritis adalah kondisi peradangan dan pembengkakan pada sendi yang menimbulkan rasa nyeri. Sedangkan asam urat, terjadi karena adanya pengendapan asam urat pada sendi Anda.

Baca juga ūüĎȬ†Apakah Rematik dan Asam Urat Adalah Penyakit Yang Sama?

Encok sering disebut asam urat, tapi penyakit ini berbeda dengan rematik. Karena encok terkait dengan gangguan metabolisme pengeluaran kadar asam urat dalam darah yang tersumbat menjadi kristal. Sedangkan rematik adalah penyakit sendi karena adanya gangguan autoimun yang berlangsung lama.

Obat encok (obat apotik atau dengan resep dokter)

Sasaran awal pengobatan adalah untuk mengurangi gejala-gejala serangan akut. Serangan berulang dapat dicegah dengan obat yang berbeda yang digunakan untuk menurunkan kadar asam urat serum.

Kompres es yang diberikan selama 20 hingga 30 menit beberapa kali sehari menurunkan rasa sakit.

Pilihan yang ada untuk penanganan kondisi akut termasuk obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS), kolkisin dan steroid, sedangkan pilihan untuk pencegahan termasuk allopurinol, febuksostat dan probenesid. Menurunnya tingkat asam urat dapat menyembuhkan penyakit ini.[6] Perawatan komorbiditas juga penting.

OAINS atau NSAID

NSAID adalah perawatan pertama yang biasa diberikan untuk gout, dan tidak ada bahan tertentu yang secara signifikan lebih efektif atau kurang efektif dari yang lain.

Perbaikan akan mulai terlihat dalam empat jam, dan perawatan disarankan untuk dilakukan selama satu hingga dua minggu.

Namun hal ini tidak disarankan bagi mereka yang mempunyai masalah kesehatan lain, seperti pendarahan gastrointestinal, gagal ginjal, atau gagal jantung.

Walaupun menurut sejarah indometasin merupakan NSAID yang paling umum digunakan, alternatifnya, seperti ibuprofen, dapat lebih dipilih karena profil efek samping yang lebih baik walaupun efektivitasnya tidak lebih baik. Bagi penderita yang berisiko mengalami efek samping NSAID pada lambung, dapat diberikan tambahan penghambat pompa proton.

Kolkisin

Kolkisin merupakan bahan alternatif bagi pasien yang tidak mampu menoleransi NSAID. Efek sampingnya (utamanya gangguan pencernaan) membatasi manfaatnya.

Walaupun demikian, gangguan pencernaan yang timbul bergantung pada dosisnya, dan risikonya dapat dikurangi dengan menggunakan dosis lebih kecil yang masih efektif.

Kolkisin dapat berinteraksi dengan obat resep umum lainnya, seperti antara lain atorvastatin dan eritromisin.

Steroid

Glukokortikoid telah terbukti sama efektifnya dengan NSAID dan dapat digunakan jika ada kontraindikasi terhadap NSAID.

Bahan ini juga membawa perbaikan ketika disuntikkan ke dalam persendian; hal ini tidak berlaku untuk infeksi persendian karena steroid memperburuk kondisi ini.

Pegloticase

Pegloticase (Krystexxa) disetujui di AS untuk digunakan dalam perawatan pirai pada tahun 2010.

Bahan ini merupakan pilihan bagi 3% orang yang tidak toleran terhadap obat-obat lainnya.

Pegloticase diberikan sebagai infus intravena setiap dua minggu, dan telah terbukti menurunkan tingkat asam urat dalam populasi ini.

Profilaksis

Sejumlah obat-obatan lain bermanfaat untuk pencegahan episode pirai yang lebih jauh, termasuk inhibitor santin oksidase(termasuk allopurinol dan febuksostat) dan urikosurik (termasuk probenesid dan sulfinpirazon). Obat-obat ini tidak mulai digunakan sampai satu hingga dua minggu setelah serangan akut mereda, karena pertimbangan teoretis dapat memperburuk serangannya, dan biasanya digunakan bersama NSAID atau kolkisin selama tiga hingga enam bulan pertama.

Obat-obatan ini tidak disarankan hingga pasien telah mengalami dua kali serangan gout, kecuali ada perubahan persendian destruktif, tofi, atau nefropati urate, karena obat-obatan tidak terbukti hemat biaya hingga saat ini.

Langkah-langkah untuk menurunkan garam dari asam urat harus ditingkatkan hingga kadar asam urat serum berada di bawah 300‚Äď360 ¬Ķmol/l (5,0-6,0 mg/dl), dan dilanjutkan terus.

Jika obat-obatan ini digunakan secara kronis ketika ada serangan, disarankan untuk menghentikan penggunaannya. Jika tingkatnya tidak dapat diturunkan di bawah 6,0 mg/dl dan ada serangan susulan, hal ini dapat dianggap sebagai kegagalan perawatan atau pirai yang sulit atau tidak bisa diobati. Secara keseluruhan, probenecid tampak kurang efektif jika dibandingkan dengan allopurinol.

Pengobatan dengan urikosurik biasanya dipilih jika dijumpai sekresi asam urat yang rendah, yang dilihat dari hasil pengambilan urin 24 jam yang menunjukkan jumlah asam urat kurang dari 800 mg. Namun zat ini tidak disarankan jika pasien mempunyai riwayat batu ginjals. Jika ekskresi urin 24 jam lebih dari 800 mg, yang menandakan produksi berlebih, lebih dipilih inhibitor santin oksidase.

Inhibitor santin oksidase (termasuk allopurinol dan febuksostat) menghambat produksi asam urat, dan terapi jangka panjangnya aman dan ditolerir dengan baik, serta dapat digunakan oleh pasien yang menderita kerusakan ginjal atau batu garam dari asam urat, walaupun allopurinol menyebabkan hipersensitivitas pada sejumlah kecil individu. Dalam kasus semacam ini, obat alternatif, febuksostat, telah disarankan.

Obat encok herbal

Sebelum mengkonsumsi obat herbal, selalu konsultasikan dengan dokter Anda.

1. Akar bunga pagoda

Tanaman yang satu ini bisa kamu manfaatkan untuk menyebuhkan encok secara alami. Caranya kamu harus menyiapkan akar bunga pagoda yang sudah dikeringkan. Sediakan saja secukupnya kemudian rebus hingga mendidih. Jangan lupa tambahkan gula aren secukupnya. Setelah mendidih, saring dan tuangkan ramuan tersebut kedalam gelas, dan obat tradisional pun siap untuk dikonsumsi.

2. Jahe 

Cara yang kedua adalah dengan memanfaatkan khasiat jahe. Kamu siapkan dulu jage yang sudah dibersihkan dan dicuci bersih, kemudian remukan dan rebus dengan air secukupnya. Setelah air sudah berkurang setengahnya, baru angkat, saring dan tuangkan ke dalam gelas, dan ramuan siap diminum. Proses pembuatan ini sama halnya dengan Anda membuat wedang jahe.

3. Minyak jarak

Kegunaan minyak jarak akan memberi efek menghangatkan, meredakan peradangan, dan mengempiskan pembengkakan. Jika Anda sakit di area punggung, maka untuk mengobatinya tinggal oleskan saja minyak jarak di area tersebut, lalu pijat-pijat secara perlahan. Rasa sakit yang ditimbulkan bisa berangsur hilang setelah kamu melakukannya.

4. Cengkeh

Cara terakhir tidak beda jauh dengan minyak jarak. Kita memanfaatkan cengkeh bukan untuk diminum, melainkan dibalutkan pada area yang terkena encok. Caranya cukup mudah, kamu tinggal menumbuk cengkeh dan jahe, kemudian balutkan pada pinggang. Atau bisa juga memasukan ramuan pada lap, dan lap itu diikatkan pada pinggang Anda.

5. Ramuan nanas, jahe, kunyit, jus ceri hitam, madu, jus seledri

Bahan;

– 1 buah nanas
– 2,5 cm jahe/2-3 sendok teh bubuk jahe
– 1-2 sendok teh bubuk kunyit
– 1 cangkir jus ceri hitam
– Madu
– 1 cangkir jus seledri

Kupas nanas, iris menjadi potongan kecil lalu blender. Tambahkan jus ceri, jus seledri, jahe dan kunyit.

Tambahkan madu secukupnya. Pindahkan ke toples kaca dengan penutup, dan dapat disimpan di kulkas hingga 10 hari. Minum setiap hari dan Kita akan sembuh dari gejala asam urat selamanya.

6. Kulit manggis

Kulit manggis, diiris tipis dan dijemur hingga kering. Setelah itu, masukkan kedalam gelas dan seduh dengan menggunakan air panas. Tunggu sampai air berubah warna, kemudian minum air tersebut setiap hari.

7. Akar pepaya gantung

Obat ini memang lebih dikhususkan untuk penyakit rematik, caranya yaitu dengan menyediakan 5 potong akar pepaya. Kemudian cuci hingga bersih, untuk ukurannya yaitu sekitar jari. Setelah itu, potong kecil-kecil dan tambahkan 3 sendok makan lengkuas yang sudah dihaluskan.

Rebus bahan-bahan tersebut dengan menggunakan 4 gelas air, rebus hingga yang tersisa yaitu sekitar 3 gelas. Tambahkan pula gula aren, sedikit saja. Ramuan ini dapat diminum sehari 3 kali dan dalam sekali minum yaitu sekitar setengah gelas.

8. Kumis kucing dan meniran

Kedua tumbuhan tersebut memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat. Diantaranya adalah kalium, damar, tanin, filatin, hipofilatin dan flavonoid.

Bukan hanya itu saja, ternyata kumis kucing juga memiliki kandungan senyawa osthosiphonin glikosida yang bermanfaat untuk membuang kelebihan asam urat dalam tubuh. Adapun cara untuk memanfaatkannya adalah cukup dengan menyiapkan 5 lembar daun kumis kucing dan 5 ranting kecil meniran. Setelah itu rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga air tersisa setengahnya. Lalu Anda dapat meminum ramuan tersebut 2 kali sehari.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Anda Sakit Asam Urat dan Rematik? Coba Obat Tradisional Ini, https://bangka.tribunnews.com/2016/06/19/anda-sakit-asam-urat-dan-rematik-coba-obat-tradisional-ini?page=2.

Encok dapat diatasi dengan buah dan sayuran

Ceri

uah ceri juga dinyatakan sebagai makanan yang bisa mengatasi sakit encok. Pada tahap permulaannya Anda bisa mulai dengan mengonsumsi sebanyak 20 buah ceri setiap harinya. Nah, selanjutnya Anda cukup mengonsumsi 10 ceri sehari untuk berjaga-jaga.

Apel

Selain rasanya yang enak, ternyata apel juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan encok. Apel mengandung malic acid yang diyakini bisa menetralkan asam urat yang menimbulkan encok. Pasien dianjurkan untuk mengonsumsi minimal 1 butir apel per hari.

Pisang

Pasien yang menderita encok bisa melakukan diet pisang sebanyak 8-10 buah dalam setiap harinya. Pisang juga disebut-sebut bisa menyembuhkan encok Anda. Maka pisang selain enak, ternyata berkhasiat juga.

Limau

Kandungan vitamin C di dalam limau bisa mencegah dan menyembuhkan rasa sakit pada persendian dengan cara menguatkan jaringan penghubung. Kandungan asam sitrat dalam limau dapat membantu melarutkan asam urat.

Jus sayuran

Banyak yang menyarankan bahwa untuk mengatasi sakit encok bisa dengan menggunakan jus sayuran. Jus sayuran disebut-sebut sangat efektif untuk mengatasi penyakit encok. Anda bisa membuat jus sayuran yang terdiri dari wortel, ketimun, dan juga bit yang dijadikan satu dan kemudian diblender. Dalam sehari, minimal Anda harus memenuhi asupan sebanyak 500 ml jus sayuran ini.

Tanda gejala encok

Encok atau Pirai dapat muncul dalam berbagai bentuk, walaupun yang paling umum adalah timbulnya secara berulang serangan akut artritis inflamatori (persendian yang merah, lunak yang terasa sakit dan panas serta bengkak).

Persendian metatarsal-falangeal pada bagian dasar jempol kaki paling sering terkena serangan, yang merupakan setengah dari kasus yang terjadi.

Persendian lainnya seperti tumit, lutut, pergelangan dan jari-jari, juga dapat terkena serangan.

Nyeri persendian biasanya mulai setelah 2‚Äď4 jam dan pada malam hari.

Rasa nyeri yang muncul pada malam hari biasanya terjadi karena penurunan suhu tubuh saat itu.

Gejala lainnya yang muncul bersama nyeri persendian, walaupun jarang terjadi, di antaranya adalah kelelahan dan demam tinggi.

Kadar asam urat yang didiamkan dalam waktu lama (hiperurisemia) dapat menyebabkan simptomatologi lain termasuk di antaranya pengendapan kristal asam urat yang tidak menimbulkan nyeri yang disebut tofi. Tofi yang ekstensif dapat menyebabkan artritis kronis akibat adanya erosi tulang.

Peningkatan kadar asam urat juga dapat menyebabkan pengendapan kristal di ginjal, sehingga menimbulkan pembentukan batu dan selanjutnya nefropati urat.

Penyebab encok

  • Kelebihan berat badan. Hal ini karena terdapat lebih banyak jaringan yang bisa pecah atau berganti sehingga memicu meningkatnya produksi asam urat.
  • Terlalu banyak minum alkohol, sehingga mengganggu perjalanan asam urat untuk keluar dari tubuh.
  • Adanya gangguan pada salah satu enzim yang membantu pemecahan senyawa purin yang membuat seseorang kena encok jika makanan makanan yang mengandung purin.
  • Genetik kemungkinan memainkan peran, meskipun tidak terlalu besar. Karena diperkirakan sekitar 18% orang yang encok memiliki riwayat penyakit ini.
  • Mengonsumsi obat tertentu seperti salisilat, cyclosporine, levodopa atau obat diuretik (obat yang dapat menambah kecepatan pembentukan urin).

Jika tubuh rentan terkena encok maka yang harus dilakukan

  • Minum banyak cairan terutama air putih, karena cairan bisa membantu menghilangkan asam urat berlebih dari dalam tubuh.
    Menghindari makanan yang mengandung banyak purin seperti bir, minuman alkohol, teri, ikan sardin, telur ikan, ragi, hati, ginjal, kacang-kacangan (kacang polong, melinjo), ekstrak daging, kaldu, jamur, asparagus, bayam dan kembang kol.
  • Menjaa berat badan dengan berolahraga secara teratur.
    Jangan melakukan diet secara ekstrim, karena hal ini juga bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah.
  • Memberitahu dokter semua obat dan vitamin yang dikonsumsi untuk mencegah peningkatan risiko hyperuricemia dari obat-obatan yang diminum.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ūüĎČ untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ūüĎČ untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons¬†‚ÄúOoo begitu ya‚Ķ‚Ä̬†akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala penyakit atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.
Informasi penting tentang artikel kesehatan di PINTERpandai.com
Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kesehatan Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

By | 2020-08-05T16:28:20+07:00 Juli 25th, 2020|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment