PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Sindrom Munchausen | Factitious disorder imposed on another (FDIA)

3 min read

Sindrom Munchausen | Factitious disorder imposed on another (FDIA)

Sindrom Munchausen

Sindrom Munchausen adalah istilah untuk penyakit psikologis yang ditandai dengan kebutuhan untuk mensimulasikan penyakit atau trauma untuk mendapatkan perhatian atau kasih sayang.

Hal ini merupakan suatu kondisi di mana pengasuh menciptakan munculnya masalah kesehatan pada orang lain, biasanya anak mereka. Ini mungkin termasuk melukai anak atau mengubah sampel uji. Mereka kemudian menampilkan orang tersebut sebagai sakit atau terluka. Perilaku terjadi tanpa manfaat khusus bagi pengasuh. Cedera permanen atau kematian dapat terjadi sebagai akibat dari gangguan tersebut.

Psikopatologi

Menurut Donna Rosenberg (1987), empat karakteristik harus ada:

1. Penyakit seorang anak ditunjukkan secara salah, dipalsukan atau dibuat atau dipelihara secara artifisial oleh pengasuh yang dekat, misalnya ibu.
2. Anak itu, sering berulang, dibawa untuk pemeriksaan medis dan perawatan.
3. Penyebab sebenarnya dari gejala yang dinyatakan atau ditunjukkan oleh anak tidak dinyatakan dalam gagasan medis.
4. Setiap gejala atau keluhan akut pada anak akan berkurang ketika terjadi pemisahan dari orang yang menyebabkannya.

Penyakit palsu seringkali tidak menunjukkan gejala atau sulit dideteksi oleh dokter atau Penyakit seperti B.epilepsi, schizophrenia, bulimia. Jumlah penyakit palsu yang hampir tidak terbatas dapat dibayangkan.

Dijelaskan juga bahwa pelaku dengan sengaja meracuni korbannya, mis. B. dengan obat-obatan untuk menimbulkan gejala tertentu. Menurut pendapat yang berlaku, banyak pelaku perempuan yang sebagian besar memiliki keahlian medis yang relatif baik, sering berprofesi sebagai dokter dan juga dapat menyebutkan tanda-tanda penyakit yang ditemukan pada saat pemeriksaan, sehingga karakter “penyakit” tidak terlihat dan hanya akumulasi kunjungan ke dokter dan ketekunan yang diminta pengobatan, atau pengamatan reaksi ibu untuk komunikasi temuan yang baik atau buruk akhirnya menyebabkan ketidakpercayaan.

Menurut uraian sebelumnya, korban sering mendapat tekanan, sehingga sering mengkonfirmasi pengamatan pelaku saat berobat ke dokter. Terkadang, pelaku mengancam korban dengan bunuh diri. Jika korban memutuskan hubungan dekat dengan pelaku yang dibebani oleh ancaman seperti itu, ia sering jatuh ke dalam depresi.

Penyebab Sindrom Munchausen

Penyebab pasti sindrom Münchhausen tidak diketahui. Beberapa penulis psikoanalitik mengaitkan gangguan ini dengan mekanisme pertahanan terhadap impuls seksual dan agresif. Yang lain berasumsi bahwa sindrom Münchhausen adalah cara menghukum diri sendiri karena alasan yang paling sering tidak disadari. Kehadiran konflik keluarga dan gangguan kepribadian dapat terlibat dalam patologi ini. Selain itu, pengalaman profesional di lingkungan medis dapat menjadi faktor risiko.

Gejala

Orang dengan sindrom Münchhausen mengarahkan pandangannya pada penyakit tertentu. Setelah dia mempelajarinya, dia akan menemukan cara untuk menginduksi gejala yang sesuai. Untuk ini, dia tidak akan ragu untuk meracuni dirinya sendiri, menggunakan bahan kimia, atau bahkan menimbulkan trauma pada dirinya sendiri yang akan mengarahkan dokter ke patologi yang akan dipilih orang tersebut sebelumnya.

Semakin kompleks kondisi ini dan akan membutuhkan perawatan khusus, semakin banyak kepuasan yang akan dirasakan orang tersebut. Jika dokter menunjukkan keraguan, orang dengan sindrom Münchhausen akan membimbing mereka ke penyakit yang dipilih. Dan jika dokter enggan atau curiga… Dia akan berganti praktisi. Anda harus tahu bahwa berkat prosedur inilah orang-orang sakit ini dapat terlihat.

Efek gabungan dari penyakit yang lebih aneh, sejumlah besar bekas luka akibat operasi bedah, atau kurangnya efek dari obat yang diresepkan, akhirnya mengarahkan dokter ke diagnosis sindrom Münchhausen. .

Seringkali, rawat inap diperlukan. Penting untuk memantau pasien ini sehingga mereka tidak memiliki akses ke pengobatan.

Sindrom Munchausen oleh proxy (MSbP: Munchausen syndrome by proxy)

Dijelaskan oleh dokter anak Inggris Roy Meadow pada tahun 1977, sindrom ini adalah bentuk khusus dari pelecehan anak. Dia menjelaskan dalam Lancet dua kasus anak kecil korban patologi yang ditemukan atau diprovokasi oleh ibu mereka: pemalsuan berulang dari pemeriksaan urin dengan menambahkan darah dan keracunan garam kronis yang menyebabkan kematian anak tersebut.

Secara umum, para korban seringkali adalah orang-orang yang rentan, tergantung pada orang dewasa ini. Ini adalah kasus untuk anak-anak, tetapi juga untuk orang tua atau orang cacat. Biasanya orang tua dan anaknya. Orang tua yang bertanggung jawab, ibu dalam 85% kasus, mengarang cerita klinis palsu pada anaknya dan / atau memprovokasi gejala untuk meminta diagnosis dan perawatan dari dokter. Konsekuensi fisik yang serius dan terkadang tidak dapat diperbaiki berasal dari tindakan orang tua dan profesi medis yang disalahgunakan.

Perawatan dan pengobatan

Ini juga merupakan pertanyaan untuk memisahkan mereka dari orang tua dalam hal kuasa.

Pengobatan sindrom Münchhausen dengan proxy adalah kompleks. Ini harus didasarkan pada penilaian terperinci tentang fungsi keluarga, dasar psikologis yang mendasari anak dan orang tuanya, dll. Penilaian ini dapat dilakukan oleh dokter anak, psikolog atau psikiater anak. Bagaimanapun, perawatan harus dilakukan dalam tim, dengan bantuan pendidik, dll.

Kadang-kadang pelecehan yang diderita oleh anak dalam konteks sindrom Münchhausen perwakilan sedemikian rupa sehingga rawat inap diperlukan. Tergantung pada konsekuensi pada kesehatan anak, pengobatan harus menangani gejala yang ditimbulkan seperti rasa sakit misalnya. Tindak lanjut orang tua-anak harus ditawarkan bila memungkinkan.

Jika kepulangan tidak memungkinkan, bahaya residivisme terlalu besar, laporan harus dibuat untuk memisahkan anak dari orang tuanya yang kasar.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!


Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.


Sumber bacaan: Cleverly Smart, Michigan Medicine, Web MD, Cleveland Clinic

Sumber foto: Osmosis / Wikimedia Commons (CC BY-SA 4.0)

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Operasi Piring Terbang di Brazil (Operacao Prato), investigasi misteri…

Mengungkap Misteri: Kebenaran Dibalik Operasi UFO di Brasil (Operasi Piring Terbang) Menyelami inti dari salah satu operasi militer Brasil yang paling menarik dengan Investigasi...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *