PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Batu Ginjal | Penyebab, Gejala, Pengobatan, Pencegahan, Operasi

3 min read

Batu ginjal kencing batu

Batu Ginjal

Istilah batu ginjal atau nefrolitiasis, mengacu pada pembentukan sepotong bahan padat yang terdiri dari garam kalsium atau urat fosfat dan karbonat, di dalam ginjal dari zat yang ada di urin.

Asal usul batu ginjal dan batu lainnya

Tubuh kita membutuhkan mineral dan elemen pelacak. Peran mereka penting untuk pembentukan jaringan, untuk pengaturan pertukaran air dalam tubuh kita, fungsi otak yang baik, atau bahkan asimilasi nutrisi.
Kalkulus atau litiasis adalah sekelompok kristal yang terbentuk sebagai akibat dari konsentrasi unsur-unsur mineral yang terlalu tinggi.

Baca juga: Penyakit Ginjal | Pengertian, Anatomi, Contoh Penyakit dan Ketidaknormalan Pada Ginjal

Yang paling umum adalah batu empedu (batu empedu atau batu kandung empedu) dan batu ginjal (batu ginjal). Ketika batu sangat kecil, kita berbicara tentang mikrolitiasis.
Evakuasi kristal yang terbentuk, tergantung pada ukuran dan sifatnya, terkadang tidak diketahui, tetapi bisa sangat menyakitkan, atau tidak mungkin, memerlukan pembedahan.

Gejala batu ginjal

Ketika batu bermigrasi keluar dari ginjal, ada dua bentuk penyakit lithiasis.
– Migrasi yang menyakitkan, selama beberapa jam atau beberapa hari: ini adalah krisis kolik ginjal, dipantau dan diobati secara medis.

– Migrasi lambat, tanpa rasa sakit atau tidak nyaman, terkadang serangan lumbal, atau nyeri di panggul, terkadang hanya sedikit rasa terbakar saat buang air kecil.

Cara menghentikan sakit batu ginjal dengan cepat

Pengobatan serangan krisis rasa sakit selalu dimulai dengan obat antiinflamasi (Ibuprofen, Paracetamol..).

Jika rasa sakitnya parah, dokter menyuntikkan obat secara intramuskular atau, lebih baik lagi, secara intravena. Dan jika itu tidak cukup, dia menambahkan sedikit morfin. Dalam kebanyakan kasus, perawatan ini, dilanjutkan selama beberapa hari, secara bertahap mengurangi rasa sakit, dan batu akhirnya turun. Pasien dapat makan dan minum dengan normal.

Makanan yang harus dihindari

Orang yang memiliki kecenderungan untuk membentuk batu kalsium oksalat harus mengurangi makanan kaya oksalat berikut ini:

  • Buah bit
  • Cokelat
  • Kopi
  • Minuman bersoda
  • Kacang
  • Rhubarb (tanaman yang dibudidayakan di dalam genus kelembak)
  • Bayam
  • Stroberi
  • Teh (hitam dan sedikit lebih hijau)
  • Dedak gandum

Untuk mencegah batu sistin, banyak air harus diminum, yang mengurangi konsentrasi sistin dalam urin. Untuk melakukan ini, lebih dari tiga liter air harus diminum setiap hari, sepertiganya di malam hari.

Obat Herbal

Batu ginjal dapat juga dilarutkan dengan bantuan teh dari ramuan rennet asli. Demikian juga, infus teh akar dandelion akan membantu mengangkut batu. Jenggot kucing asli atau orthosphon melemaskan pembuluh urin yang hilang, bertindak melawan peradangan oleh batu ginjal dan dengan demikian mengurangi rasa sakit secara keseluruhan pada batu yang keluar. Secara serologis, penurunan kadar nitrogen serum dapat diamati. Hasil yang baik juga dimungkinkan dengan radang ginjal biasa karena katarak kandung kemih yang tertunda.

Skrining / pemeriksaan / diagnosis batu ginjal

Selama pemeriksaan medis, seringkali dengan USG (ultrasound), urolitiasis dapat ditemukan.

Pemeriksaan kemudian dimungkinkan untuk menentukan ukurannya dan menemukannya:
– USG

– Rontgen klasik: untuk batu opak yang terlihat pada foto rontgen (kecuali batu asam urat yang transparan)

– urografi: radio menggunakan sinar-X dan produk kontras untuk mengidentifikasi batu

– pemindai perut tanpa injeksi tetap yang paling aman dan Standar Emas, mendeteksi batu buram atau transparan.

– penilaian biologis yang terdiri dari:

– pemeriksaan bakteriologis untuk mendeteksi kemungkinan infeksi,

– tes darah untuk kreatinin untuk mempelajari fungsi ginjal,

– analisis spektofotometri dari perhitungan untuk evolusi dan kemungkinan pengobatan

– keseimbangan phospho-kalsium untuk menentukan kadar mineral, volume urin selama 24 jam, pH urin dan kejernihan urin di pagi hari untuk menyarankan tindakan diet atau perawatan medis.

Operasi: kapan, bagaimana, untuk siapa?

Jika ada tanda-tanda infeksi saluran kemih yang berhubungan dengan batu, atau jika Anda hanya memiliki satu ginjal, perawatan bedah segera akan dilakukan. Ini akan terdiri dari memungkinkan evakuasi urin baik dengan cara alami, dengan pemasangan probe paling sering antara ginjal dan kandung kemih (probe JJ atau prostesis endoureteral), atau dengan pemasangan probe yang menghubungkan ginjal langsung ke kulit. (nefrostomi).

Selain kolik ginjal, pengobatan kalkulus mungkin memerlukan teknik bedah. Pilihan teknik akan tergantung pada jenis perhitungan, ukurannya, lokasinya dan jumlah perhitungannya. Beberapa teknik memerlukan anestesi lokal atau umum. Teknik utamanya adalah:

  • Extracorporeal lithotripsy (ESL), yang terdiri dari perangkat yang mengirimkan gelombang kejut untuk memecah batu untuk memungkinkan evakuasinya.
  • Ureteroskopi atau ureterorenoskopi, yang terdiri dari melewati cara alami, untuk memasukkan endoskopi (uretoskop) ke fragmen kemudian melanjutkan ke ablasi batu.
  • Nefrolitotomi perkutan, yang melibatkan menusuk rongga ginjal dengan jarum halus, melewati bagian belakang atau samping, kemudian membuat terowongan untuk memasukkan nefroskop untuk mengobati batu.
  • Pembedahan konvensional yang dikenal sebagai terbuka atau dengan laparoskopi, dengan indikasi luar biasa.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!


Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.


Sumber bacaan: Cleverly Smart, Mayo Clinic, American Kidney Fund, NHS UK, Urology Care Foundation

Sumber foto: Apurv013 / Wikimedia Commons (CC0)

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Memahami Prinsip dan Operasi Utama dalam Perbankan Islam: Riba,…

Perbankan Islam mengikuti prinsip-prinsip syariah yang sesuai dengan ajaran Islam. Ini melibatkan larangan terhadap riba (bunga), mempromosikan berbagai bentuk transaksi yang adil, serta mengutamakan...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *