Tempat Wisata Abu Dhabi

6 min read

Wisata Abu Dhabi - Masjid Sheikh Zayed

Objek Wisata Abu Dhabi

Sementara banyak orang mengunjungi atraksi di Dubai, tetangganya, Abu Dhabi hanya 140km (1 jam 30 menit dengan mobil) dari Dubai. Berikut adalah beberapa tempat wisata Abu Dhabi yang harus dikunjungi.

Abu Dhabi adalah ibu kota dan kota terbesar kedua di Uni Emirat Arab (U.A.E.), menurut jumlah penduduknya, Abu Dhabi merupakan yang terbesar dari tujuh emirat yang membentuk Uni Emirat Arab. Kota ini memiliki populasi diperkirakan 896.800 pada 2009.

1. Masjid Agung Sheikh Zayed

Objek wisata pertama di ibukota, Sheikh Zayed Grand Mosque adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi siapa pun yang mengunjungi U.E.A. Masjid menggabungkan banyak elemen desain yang merayakan arsitektur Islam dengan desain awal yang berasal dari Maroko.

Mampu menampung 40.000 jamaah di Masjid Raya. Bangunan yang megah dengan kombinasi marmer putih, mosaik dan kaca berwarna yang elegan dan mempesona. Non-Muslim dapat mengunjungi semua area Masjid.

Jam Buka:
09: 00-22: 00 Sabtu- Kamis
16:30 -2200 Jumat

Wisata Abu Dhabi - Masjid Sheikh Zayed
Wisata Abu Dhabi – Masjid Sheikh Zayed. Sumber foto: Hisham Bin Suwaif / Flickr

2. Yas Waterworld

Dengan 43 wahana, luncuran slide dan atraksi di Yas Waterworld akan menyenangkan diisi untuk seluruh keluarga! Seolah-olah waterslides tidak cukup untuk memiliki rollercoaster dengan laser on-board dan efek air.

Sebagai penghormatan kepada sejarah Abu Dhabi, taman air ini berpusat di sekitar tema “The Lost Pearl“. Di mana pengunjung dapat mengikuti kisah seorang gadis muda Emirat yang sedang dalam pencarian pribadinya untuk menemukan “The Lost Pearl”.

Taman buka dari pukul 10:00 hingga 18:00 di musim dingin dan pukul 10:00 hingga 20:00 di musim panas.

Yas water world Abu Dhabi
Yas water world Abu Dhabi. Sumber foto & situs resmi: Yas Water World

3. Al Hosn Palace (Qasr Al Hosn)

Juga dikenal sebagai Benteng Putih, Al-Hosn Palace adalah bangunan tertua di Abu Dhabi. Mulai dibangun pada tahun 1761 itu adalah tempat tinggal keluarga Al Nahyan yang memerintah dari Istana sampai 1966. Istana ini awalnya tidak berwarna putih tetapi dicat putih terang selama 1976-1983 renovasi.

Qasr Al Hosn memulai kehidupan pada abad ke-18 sebagai menara pengintai batu karang dan laut yang dibangun oleh suku Bani Yas di Abu Dhabi. Perannya adalah untuk menguasai rute perdagangan pantai dan untuk melindungi pemukiman yang tumbuh di sekitar sumber-sumber air yang mereka temukan di pulau itu.

Istana sekarang menjadi pusat penelitian dan dokumentasi tentang sejarah dan warisan dari U.A.E. dan wilayah sekitarnya.

Alamat: Sheikh Rashid bin Saeed Al Maktoum Street – Al Hosn – Abu Dhabi – Uni Emirat Arab

Jam buka:
Senin – Minggu: 09:00 – 20:00
Idulfitri: Jam buka dapat berbeda

Situs resmi: Al Hosn Palace

Al Hosn Palace Abu Dhabi
Al Hosn Palace Abu Dhabi. Sumber foto: Al Hosn Palace / FaceBook

4. Emirates Palace Hotel

Dengan harga $ 3 miliar untuk membangunnya, Emirates Palace Hotel adalah salah satu hotel termahal yang pernah dibangun. Tidak puas dengan hanya menjadi hotel kelas dunia di Emirates Palace.

Sementara kamar dan restoran berada di sisi yang mahal, Emirates Palace sangat layak untuk perjalanan di sore hari ketika Anda disuguhi keanggunan mewah yang elegan sambil menikmati lingkungan mewah yang mewah. Jangan lupa untuk memesan “cappuccino emas 24 karat”, di atas serutan debu Istana dari emas 24 karat! (Jangan khawatir itu bisa dimakan!).

Hotel Emirates Palace Abu Dhabi
Hotel Emirates Palace Abu Dhabi. Sumber foto: Kempinski Hotel

5. Taman Hiburan Ferrari World Abu Dhabi

Terletak di pulau Yas yang merupakan sebuah pulau buatan yang terletak dekat dengan Pulau Sir Bani Yas di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Pulau ini bisa dicapai melalui jalur darat. Wisata Abu Dhabi tidaklah lengkap tanpa mengunjungi “Ferrari World”. Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut tentang taman hiburan ini.

Taman Hiiburan Ferrari World Abu Dhabi
Taman Hiiburan Ferrari World Abu Dhabi
Peta Taman Hiiburan Ferrari World Abu Dhabi
Peta Taman Hiiburan Ferrari World Abu Dhabi

6. Sirkuit Yas Marina

Rumah bagi Formula 1 di Abu Dhabi dan kejuaraan Formula yang memiliki panjang 5,5 km. Fasilitas sirkuit Yas Marina telah menjadi pusat untuk olahraga dan hiburan juga. Namun jangan putus asa jika kunjungan Anda tidak bersamaan dengan Yas Marina Circuit sepanjang tahun.

Apakah Anda ingin joging di trek, mengambil selfie, aktif dengan anak-anak Anda sambil bersepeda, pergi gandeng dengan teman-teman Anda atau bahkan menghabiskan hari dengan mengemudi di mobil mewah, itu semua bisa menjadi kenyataan dan bisa dilakukan di Yas. Wisata Abu Dhabi akan lebih lengkap dengan mengunjungi Yas Marina Circuit.

Yas Marina Sirkuit Abu Dhabi
Yas Marina Sirkuit Abu Dhabi. Sumber foto & situs resmi: Yas Marina Circuit

7. Museum Louvre Abu Dhabi

Louvre Abu Dhabi adalah museum pertama dari jenisnya di dunia Arab. Terletak di Pulau Saadiyat, pemenang Pritzker Prize, arstiek Prancis bernama Jean Nouvel telah merancang “museum-kota” (Arab medina) di bawah kubah yang luas berwarna keperakan.

Berat total kubah adalah 7.500 ton (sama dengan Menara Eiffel di Paris).

Di museum ini Anda dapat berjalan melalui promenade yang menghadap ke laut di bawah kubah diameter 180 meter, yang terdiri dari hampir 8.000 bintang logam unik yang tersusun dalam pola geometris yang rumit. Saat sinar matahari bersinar, hal tersebut menciptakan “hujan cahaya” yang bergerak secara artistik di bawah kubah, mengingatkan pada pohon palem yang bertumpang tindih di oase UEA.

Museum Louvre Abu Dhabi
Museum Louvre Abu Dhabi. Sumber foto: Slywire / Wikimedia

8. Abu Dhabi Corniche

Terletak di tepi laut Abu Dhabi dan gedung-gedung bertingkat, Corniche menyediakan tempat untuk liburan keluarga yang menyenangkan dan terjangkau. Membentang jarak delapan kilometer ke tepi pantai memiliki banyak area bermain untuk anak-anak, jalur bersepeda dan joging, kafe, restoran, toko butik, taman yang terawat dengan baik dan Corniche Beach – pantai umum yang memiliki resor dan penjaga pantai. Abu Dhabi Corniche adalah salah satu tempat wisata Abu Dhabi yang harus dikunjungi

Lokasi jalan tersibuk di Abu Dhabi The Corniche dapat menyediakan tempat yang aman dan aman untuk hari keluarga, atau mengapa tidak berjalan-jalan di taman pada suatu malam. The Corniche juga menyediakan ‘tempat untuk menjadi’ pada perayaan umum dan liburan dengan menampilkan kembang api yang memukau dan kerumunan besar selebriti. (Pasti patut dikunjungi pada Hari Nasional!)

Abu Dhabi Corniche
Abu Dhabi Corniche. Sumber photo: Visit Dubai

9. Desa Warisan (Heritage Village) di Manarat al Saadiyat

Tempat wisata Abu Dhabi ini, merupakan rekonstruksi Desa Oasis Bedouin tidak hanya menawarkan sekilas di U.A.E. hidup sebelum “booming” minyak tetapi juga pemandangan yang menakjubkan dari Abu Dhabi Skyline. Di dalam desa ada banyak atraksi dan pameran untuk membuat Anda tetap terhibur termasuk bengkel tembikar dan logam, permadani karpet, api unggun, sistem irigasi falaj dan bahkan bumbu rempah-rempah.

Wisata Abu Dhabi menawarkan The Heritage Village yang menyediakan tempat yang bagus untuk mengerti bagaimana cara hidup secara tradisional di padang pasir, termasuk teknik-teknik pertanian lokal dan teknik menyelam mutiara.

Terdapat lokakarya di mana para pengrajin menunjukkan keterampilan tradisional, seperti pekerjaan logam dan tembikar, sementara wanita duduk sedang menganyam. Para pengrajin senang berbagi keahlian mereka dan terkadang dapat memberi Anda kesempatan untuk mencobanya. Situs resmi Heritage Village: Visit Abu Dhabi

Heritage Village Abu Dhabi
Heritage Village Abu Dhabi. Sumber foto: Ijanderson977 / Wikimedia

10. Off Road Driving

Bukit-bukit di “Empty Quarter – Rub Al Khali” yang sangat besar menyajikan tantangan untuk mengemudi yang mengagumkan. Jika Anda berada di negara ini pada bulan-bulan yang lebih dingin dan Anda suka bertualang, menyewa kendaraan roda empat, temukan sekelompok pengemudi dan mari ber off road driving (Anda akan membutuhkan setidaknya tiga kendaraan; jangan pernah menyetir sendiri di gurun). Pastikan bahwa kendaraan Anda diasuransikan dan Anda memiliki peralatan yang tepat. Jika Anda belum pernah berkendara, Anda harus terlebih dahulu mempelajari cara menyetir off road di padang pasir dengan salah satu dari beberapa perusahaan tur di Abu Dhabi.

Berkemah

Perjalanan ke gurun tidak lengkap tanpa malam di bawah bintang-bintang. Anda dapat mengatur petualangan berkemah dengan perusahaan tur atau menyewa kendaraan roda empat dan membeli peralatan sendiri. Persediaan berkemah sangat murah di emirat dan tidak perlu membeli peralatan berkualitas tinggi. Bahkan, Anda mungkin bisa membeli tenda dan dua kantong tidur dari hypermarket kurang dari tur yang dipandu. Jangan pernah keluar di padang gurun sendirian!

Kunjungi situs resmi tentang off road driving : Visit Abu Dhabi

Off road driving Abu Dhabi
Off road driving Abu Dhabi. Sumber foto: Visit Abu Dhabi / FaceBook
Off road padang pasir Abu Dhabi
Off road driving di padang pasir Abu Dhabi. Sumber foto: Pixabay

Luar Kota Abu Dhabi

Museum Istana Al Ain (Al Ain Palace Museum)

Terletak di tepi barat Al Ain Oasis, Istana almarhum Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan dibangun pada tahun 1937. Ini diubah menjadi museum pada tahun 1998 dan dibuka untuk umum pada tahun 2001. Struktur aslinya terdiri dari tempat tinggal pribadi untuk penguasa dan keluarganya di dalam kompleks halaman tersebut.

Gerbang dalam istana yang indah dihiasi dengan ayat-ayat dari Al-Qur’an Suci dan mengarah ke kamar pribadi untuk tamu dan delegasi resmi. Bagian dari istana ini juga memiliki ruangan yang didedikasikan untuk pertemuan dewan resmi untuk mengeluarkan arahan pada layanan publik di wilayah Timur Abu Dhabi.

Terletak 160 km (100 mil) dari Abu Dhabi. Bus X90 menghubungkan kota Abu Dhabi dan Al Ain, sementara semua rute Al Ain berhenti dalam jarak berjalan kaki dari museum. Anda dapat mengunjungi istana antara pukul 08.30 dan 19.30. Sabtu hingga Kamis dan dari jam 3 hingga 7:30 malam di hari Jumat; tiket masuk gratis.

Al Ain Palace Museum
Al Ain Palace Museum. Sumber foto: Ykeiko / Wikimedia

Kapan harus berkunjung ke Abu Dhabi?

Jika Anda ingin mengunjungi Abu Dhabi, ketahui terlebih dahulu iklim Abu Dhabi. Agar Anda dapat membawa pakaian yang lebih sesuai untuk perjalan Anda! Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut.


Tempat Wisata Lainnya Dan Yang Harus Dikunjungi Di Indonesia Dan Luar Negeri

Segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Panduan ini akan membuat Anda untuk tidak melewatkan tempat penting dan memberikan pengalaman wisata Anda ke tempat-tempat yang hebat!

Klik disini untuk melihat tempat-tempat lainnya, seperti di Paris, Tokyo, Tibet, Bogor dan masih banyak lagi.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: harga dan jam buka dapat berubah sewaktu-waktu, tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing