PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Ureaplasma Urealyticum (mikoplasma genital) | Infeksi Penyakit Menular Seksual

2 min read

Ureaplasma Urealyticum

Infeksi Ureaplasma urealyticum merupakan masalah kesehatan seksual karena merupakan infeksi yang dapat ditularkan melalui alat kelamin atau melalui kontak oral-genital. Ini dapat menyebabkan komplikasi pada wanita dan terkadang serius pada bayi baru lahir. Itulah mengapa penting untuk mencegah dan mengobatinya.

WHO menganggapnya sebagai PMS (Penyakit Menular Seksual) bukan berarti hanya bisa menular secara seksual, karena tidak memiliki afinitas yang sama dengan penyakit menular seksual lainnya. Ini sangat menular, oleh karena itu, dapat diperoleh dari permukaan yang terkontaminasi, air liur (jika seseorang memiliki gejala) atau melalui darah.

Bakteri Ureaplasma urealyticum adalah anggota dari keluarga mikoplasma. Mycoplasma dapat menyebabkan infeksi yang dapat mempengaruhi organ yang berbeda. Mereka mempengaruhi manusia dan hewan. Ditemukan di saluran genital (kelamin), bakteri Ureaplasma urealyticum dikatakan komensal, yang berarti bahwa itu adalah inang biasa suatu organisme tanpa menyebabkan kerusakan padanya. Dalam jumlah kecil, itu tidak mewakili bahaya apa pun.

Di antara mikroorganisme yang secara alami ada di saluran genital, kami juga menemukan bakteri Mycloplasma hominis, Mycoplasma genitalium, dan Ureaplasma parvum. Bakteri Mycloplasma hominis menyebabkan infeksi ginekologi, neonatal dan ekstragenital, terutama pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, sedangkan Mycoplasma genitalium bertanggung jawab atas uretritis.

Bakteri Ureaplasma urealyticum: apa penyebabnya?

Ketika ketidakseimbangan flora vagina terjadi, bakteri Ureaplasma urealyticum berkembang biak. Perubahan hormonal, tembakau, antibiotik, dan toilet vagina meningkatkan ketidakseimbangan flora vagina ini. Seorang ibu dapat menularkan bakteri ureaplasma urealyticum ke bayinya selama kehamilan atau saat melahirkan.

Bakteri Ureaplasma urealyticum: apa saja gejalanya?

Pertumbuhan berlebih dari bakteri Ureaplasma urealyticum dapat bermanifestasi sebagai:

  • Terbakar atau sakit saat buang air kecil
  • Nyeri di perut bagian bawah atau daerah panggul
  • Keputihan yang berbau dan tidak normal
  • Pendarahan vagina
  • Sakit di penis
  • Uretritis (radang uretra, saluran yang membawa kencing dari kandung kemih keluar dari tubuh)

Bakteri ini dapat menyebabkan berbagai penyakit:

  • Uretritis tidak spesifik (uretritis non-gonokokal)
  • Peradangan kandung kemih (sistitis)
  • Peradangan prostat (prostatitis)
  • Peradangan pada testis (orkitis)
  • Kemandulan
  • Sepsis neonatorum (korioamnionitis): infeksi darah yang terjadi pada bayi berusia kurang dari 90 hari. Sepsis awitan dini terlihat pada minggu pertama kehidupan. Sepsis onset lambat terjadi setelah usia 1 minggu hingga 3 bulan.
  • Lahir prematur
  • Pneumonia atau meningitis pada periode perinatal
  • Pendarahan

Pada wanita, bakteri ini dapat menjajah saluran genital wanita bagian bawah dan sering dapat ditularkan dari ibu ke anak saat lahir. menyebabkan pneumonia atau infeksi sistem saraf pusat kronis.

Pria dapat mengembangkan infeksi luas yang dimulai di uretra, kemudian mengarah ke infeksi kandung kemih dan dapat menyebar ke prostat, testis dan ginjal. Infeksi testis dapat menyebabkan kemandulan dan biasanya berhubungan dengan demam dan nyeri hebat.

Bakteri Ureaplasma urealyticum: apa risikonya?

Bakteri Ureaplasma urealyticum dapat berkembang biak di saluran genital. Ketika hadir dalam jumlah berlebihan, mereka bisa berbahaya. Multiplikasi patogen ini dapat menyebabkan peradangan pada saluran genital, seperti salpingitis (infeksi pada salah satu atau kedua tuba), endocervicitis (peradangan pada lapisan dalam rahim), uretritis (peradangan pada uretra) dan endometritis (infeksi). endometrium).

Pada ibu hamil, tingginya tingkat bakteri Ureaplasma urealyticum di vagina dapat menyebabkan persalinan prematur, keguguran, atau lahir mati. Selain itu, bayi kemudian dapat mengalami masalah kesehatan yang serius.

Bagaimana cara mendiagnosis infeksi bakteri Ureaplasma urealyticum?

Untuk mendiagnosis infeksi bakteri ini, sampel biologis, seperti urinalisis atau apusan untuk mendeteksi mikroorganisme dan ketidakseimbangan flora vagina, harus diambil.

Perawatan dan pengobatan

Ketika bakteri Ureaplasma urealyticum hadir dalam jumlah berlebihan di saluran genital, dokter meresepkan antibiotik untuk pasiennya. Penting juga untuk menyeimbangkan kembali flora vagina dengan probiotik.

Tergantung pada tingkat keparahan infeksi, antibiotik digunakan hingga 28 hari. Jika pasangan seksual terinfeksi, pengobatan pasangan juga harus dilakukan untuk mencegah infeksi ulang melalui hubungan seksual. Paling sering doksisiklin dari kelompok tetrasiklin atau antibiotik dari kelompok makrolida digunakan. Kemungkinan pemulihan umumnya dianggap baik.


Infeksi Mikoplasma | Bakteri kecil yang tersebar luas yang menyebabkan infeksi pernapasan atau urogenital (organ reproduksi) pada manusia


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.