PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Infeksi Mikoplasma | Bakteri kecil yang tersebar luas yang menyebabkan infeksi pernapasan atau urogenital (organ reproduksi) pada manusia

4 min read

Infeksi Mikoplasma | Bakteri kecil yang tersebar luas yang menyebabkan infeksi pernapasan atau urogenital (organ reproduksi) pada manusia

Mikoplasma

Mycoplasma atau mikoplasma adalah bakteri kecil yang tersebar luas yang menyebabkan infeksi pernapasan atau urogenital (berkaitan dengan organ yang membuang limbah cair dari tubuh dan organ seks Anda) pada manusia. Lebih dari seratus spesies Mycoplasma diketahui.

Seperti halnya Mycoplasma genitalium yang menyebabkan infeksi menular seksual (IMS) atau Mycoplasma pneumoniae yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Kedua spesies ini sejak awal dianggap patogen bagi manusia.

Spesies lain dianggap komensal, artinya, menjajah tubuh tanpa harus menunjukkan karakter menular. Diperkirakan 50% wanita dijajah oleh mikoplasma.

Mycoplasma adalah bakteri kecil yang bertanggung jawab untuk infeksi saluran genital pria, infeksi ginekologi atau ekstra-genital, gangguan reproduksi, infeksi neonatal atau pernapasan.

Mikoplasma: Apakah itu?

Mycoplasma adalah bakteri kecil yang tersebar luas di alam dan termasuk dalam famili Mollicutes. Mikoplasma pernapasan dan mikoplasma genital dibedakan pada manusia.

Mycoplasma pneumoniae adalah mikoplasma pernapasan. Hal ini paling sering bertanggung jawab untuk trakeobronkitis. Lebih khusus lagi, dapat menginfeksi saluran urogenital. Mikoplasma pernapasan lainnya ada tetapi tidak patogen bagi manusia.

Di saluran urogenital, spesies tertentu hadir dalam keadaan komensal: ini disebut kolonisasi. Hal ini terjadi pada Mycoplasma hominis dan Ureaplasma urealyticum yang pada beberapa kasus berpotensi menjadi patogen. Dalam kasus Mycoplasma genitalium, keberadaannya dianggap patogen sejak awal.

Cara penularan Mikoplasma

Mycoplasma pneumoniae (paru-paru)

Mycoplasma pneumoniae bukan milik flora komensal saluran pernapasan. Penularan terjadi melalui kontak dengan pasien yang terinfeksi melalui tetesan yang dikeluarkan oleh mereka saat bersin, dll.

Infeksi muncul sebagai epidemi setiap 3 sampai 5 tahun dan sebaiknya di musim gugur.

Mikoplasma urogenital

Sementara Mycoplasma genitalium dianggap bertanggung jawab atas infeksi menular seksual (IMS), Mycoplasma hominis dan Ureaplasma urealyticum bukanlah penyebab saluran genital.

Di Perancis, diperkirakan 50% wanita adalah pembawa Ureaplasma urealyticum dan 10% untuk Mycoplasma hominis. Pembawaan ini tidak berdampak pada kesehatan mereka dan biasanya tanpa gejala.

Penularan bisa dari ibu ke bayi baru lahir saat melahirkan.

Gejala Infeksi Mycoplasma

Gejala tergantung pada spesies yang menginfeksi pasien dan lokasi: pernapasan atau urogenital.

Mycoplasma pneumoniae

Mycoplasma pneumoniae bertanggung jawab untuk infeksi pernapasan.

Paling sering, itu adalah trakeobronkitis. Anak-anak dan dewasa muda adalah yang paling terpengaruh.

Bentuk yang paling khas adalah pneumonia atipikal. Paling sering dimulai dengan sakit kering, tanda-tanda THT dan demam. Lebih jarang, disertai dengan tanda ekstra-pernapasan (kutan, artikular, neurologis dan / atau perikardial).

Diperkirakan bahwa 15 sampai 20% dari infeksi komunitas disebabkan oleh Mycoplasma pneumoniae.

Mikoplasma urogenital

Jika Mycoplasma genitalium dianggap patogen, berbeda dengan Mycoplasma hominis dan Ureaplasma urealyticum yang merupakan komensal pada saluran genital. Agar dianggap patogen, kedua spesies ini harus diisolasi pada konsentrasi tinggi (minimal 104 CCU/ml).

Mycoplasma hominis

Pada manusia, Mycoplasma hominis tampaknya tidak memiliki peran patogen.

Pada wanita, serangan mengenai serviks (servisitis), tuba (salpingitis), endometrium (endometritis) dan terutama daerah panggul.

Selain itu, spesies ini terlibat dalam kasus vaginosis bakteri meskipun bukan satu-satunya penyebab.

Ureaplasma urealyticum

Pada manusia, Ureaplasma urealyticum bertanggung jawab atas uretritis non-gonokokal, terutama epididimitis atau prostatitis.

Pada wanita, kerusakan endometrium (lapisan terdalam dari rahim atau uterus) mungkin terjadi. Baca juga: Ureaplasma Urealyticum (mikoplasma genital) | Infeksi Penyakit Menular Seksual

Mycoplasma genitalium

Mycoplasma genitalium awalnya dianggap patogen. Gejalanya sangat mirip dengan yang disebabkan oleh infeksi Chlamydiae trachomatis.

Pada pria, infeksi bertanggung jawab untuk uretritis atau lebih sederhana untuk luka bakar buang air kecil. Lebih jarang, itu bisa menjadi penyebab prostatitis atau epididimitis.

Pada wanita, infeksi bertanggung jawab atas servisitis, endometritis, dan salpingitis. Hal ini juga terlibat dalam beberapa kasus vaginosis bakteri.

Kerusakan ekstrogenital mungkin terjadi karena mikoplasma ini biasanya bertanggung jawab atas kerusakan urogenital.

Mikoplasma urogenital dan kehamilan

Kolonisasi vagina sering terjadi selama kehamilan. Ini dapat mempengaruhi hingga 50% wanita hamil untuk Mycoplasma hominis, dan hingga 80% untuk Ureaplasma urealyticum.

Jika mikoplasma dapat dianggap bertanggung jawab atas kelahiran prematur, ketuban pecah atau endometriosis pascapersalinan, hingga saat ini, pengetahuan saat ini tidak memungkinkan kami untuk mengonfirmasi hal ini. Bakteri lain yang terkait dengan mikoplasma mungkin bertanggung jawab.

Diagnosis laboratorium infeksi Mycoplasma

Pembudidayaan kultur sel di laboratorium

Kultur dilakukan dari sampel biologis (sampel urin pertama, sampel vagina, sampel uretra, dll.) dan memungkinkan untuk mengisolasi galur Mycoplasma hominis dan Ureaplasma urealyticum.

Seperti disebutkan di atas, kehadiran mereka tidak selalu menunjukkan infeksi. Mikoplasma mungkin ada dalam keadaan komensal, tetapi konsentrasi yang lebih besar dari 104 CCU / ml merupakan indikasi infeksi.

Kultur Mycoplasma genitalium dan Mycoplasma pneumoniae tidak dilakukan secara rutin karena lebih lama dan lebih sulit.

Amplifikasi gen dengan PCR (Polymerase Chain Reaction)

Teknik PCR memungkinkan diagnosis infeksi Mycoplasma genitalium langsung dari media biologis (aliran urin pertama, sampel uretra, dll.).

Dalam praktiknya, PCR jarang dilakukan karena mahal dan tidak diganti oleh asuransi kesehatan.

Teknik PCR juga berlaku untuk mikoplasma genital lainnya dan untuk Mycoplasma pneumoniae tetapi sulit untuk diterapkan secara rutin dan oleh karena itu sedikit atau tidak dipraktekkan.

Serologi (identifikasi diagnostik antibodi dalam serum tes darah)

Serologi dilakukan dari darah yang diambil dari pasien. Ini terdiri dalam menunjukkan adanya antibodi spesifik vis-à-vis mycoplasmas dicari.

Biasanya dianjurkan untuk melakukan dua serologi, dengan jarak 2 hingga 3 minggu, untuk menilai evolusi tingkat antibodi. Evolusi yang memungkinkan untuk mengkonfirmasi atau tidak diagnosis infeksi aktif.

Sementara serologi adalah yang paling banyak digunakan untuk mendiagnosis infeksi Mycoplasma pneumoniae, di sisi lain, jarang dilakukan untuk mikoplasma genital.

Serologi tidak diganti oleh asuransi kesehatan untuk mikoplasma genital.

Pengobatan infeksi Mycoplasma

Perawatan didasarkan pada pemberian antibiotik oral. Tidak ada vaksin untuk mencegah infeksi mikoplasma.
dalam kasus infeksi tanpa komplikasi, dua protokol antibiotik dapat ditawarkan sebagai pengobatan lini pertama dan tanpa menunggu profil resistensi:
azitromisin selama 5 hari (500 mg kemudian 4 x 250 mg);
doksisiklin selama 7 hari (100 mg dua kali sehari) diikuti dengan 3 hari azitromisin (1 g kemudian 2 x 500 mg) (grade 1D).

Pada protokol kedua, pengobatan dengan azitromisin dapat ditunda selama beberapa hari sambil menunggu hasil antibiogram.

Jika mikoplasma resisten terhadap makrolida, atau jika azitromisin gagal (tanpa resistensi yang mendukung antibiogram), pengobatan yang direkomendasikan adalah moksifloksasin selama 10 hari (400 mg/hari, grade 1D).

Jika terjadi komplikasi atau infeksi rektal, protokol berbasis moksifloksasin harus diperpanjang selama total 14 hari (grade 1B).

Apa yang harus dilakukan jika terjadi kegagalan dalam pengobatan?

Jika pengobatan gagal, para ahli bersikeras untuk tidak mengulangi pengobatan dengan azitromisin. Oleh karena itu, pengobatan dosis tunggal yang sering diresepkan (lihat misalnya tentang Antibiotik) tidak boleh lagi diresepkan, demi pengobatan 5 hari jika gagal.

Moksifloksasin tetap efektif di Eropa tetapi menimbulkan banyak resistensi di wilayah Pasifik karena penggunaan yang lebih umum.

Protokol alternatif juga diusulkan berdasarkan pristinamycin dan minocycline.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

¨Penjelasan foto: ilustrasi ini menunjukkan seluruh sel mikoplasma, dibuat bekerja sama dengan Korps Film Independen Uji Lapangan. Sel yang ditunjukkan di sini berdiameter sekitar 300 nanometer, yang merupakan ujung kecil dari kisaran ukuran yang diamati.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Memahami Prinsip dan Operasi Utama dalam Perbankan Islam: Riba,…

Perbankan Islam mengikuti prinsip-prinsip syariah yang sesuai dengan ajaran Islam. Ini melibatkan larangan terhadap riba (bunga), mempromosikan berbagai bentuk transaksi yang adil, serta mengutamakan...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *