Yoel (Joel) Pasal Pasal 1-3

7 min read

Yoel

Yoel adalah seorang nabi di tanah Yehuda dalam Perjanjian Lama. Masa kehidupannya tidak pasti—dia mungkin hidup suatu masa antara masa pemerintahan Yoas, sebelum tahun 850 SM, dan kembalinya suku Yehuda dari penawanan di Babilon.

Kitab ini berpusat pada nubuat yang Yoel buat setelah tanah Yehuda dihantam dengan kemarau yang hebat dan dengan belalang perusak (Yl. 1:4–20). Yoel meyakinkan orang-orang bahwa melalui pertobatan mereka akan kembali menerima berkat-berkat dari Allah (Yl. 2:12–14).

Pasal 1 adalah panggilan bagi sebuah pertemuan khusyuk di dalam rumah Tuhan. Pasal 2 menceritakan tentang perang dan kemusnahan yang mendahului Milenium. Pasal 3 berbicara tentang zaman akhir dan menandaskan bahwa segala bangsa akan berperang tetapi bahwa pada akhirnya Tuhan akan berdiam di Sion.

Petrus mengutip nubuat Yoel tentang pencurahan Roh pada hari Pentakosta (Yl. 2:28–32; Kis. 2:16–21). Malaikat Moroni juga mengutip petikan yang sama ini kepada Joseph Smith (JS—S 1:41).

Yoel Pasal 1 (Total ayat 20)
1) [Belalang Akan Membinasakan Hasil Panen] Yoel anak Petuel menerima pesan ini dari TUHAN:

2) Hai para pemimpin, dengarkanlah pesan ini! Dengarkanlah Aku, hai semua penduduk negeri! Pernahkah terjadi seperti ini sebelumnya selama hidupmu? Tidak. Pernahkah terjadi seperti ini sepanjang sejarah nenek moyangmu? Tidak.

3) Kamu akan menceritakan semuanya itu kepada anak-anakmu, dan anak-anakmu menceritakannya kepada anak-anaknya, dan anak-anak mereka kepada keturunan berikutnya.

4) Apa yang ditinggalkan belalang pengerat, dimakan habis oleh belalang pindahan. Dan apa yang ditinggalkan belalang pindahan, dimakan habis oleh belalang pelompat. Dan apa yang ditinggalkan belalang pelompat, dimakan habis oleh belalang perusak.

5) [Belalang Datang] Bangkit dan menangislah hai pemabuk, menangislah hai semua peminum anggur, sebab anggur manismu telah habis. Kamu tidak dapat menikmati anggur lagi.

6) Bangsa yang besar dan perkasa telah datang menyerang negeri-Ku. Jumlah tentaranya tidak terhitung. Senjatanya setajam gigi singa dan sekuat rahang singa.

7) Mereka merusak pohon anggur-Ku. Pohon anggur layu dan mati. Mereka merusak pohon ara-Ku, mengulitinya dan mencampakkannya.

8) [Orang-orang Menangis] Menangislah seperti gadis muda yang siap untuk menikah, dan yang akan menjadi suaminya telah dibunuh.

9) Hai imam-imam, hamba TUHAN, menangislah, karena tidak ada lagi kurban sajian dan kurban minuman di Bait Tuhan.

10) Ladang sudah rusak. Bahkan tanah menangis karena gandum rusak, anggur baru kering, dan minyak zaitun habis.

11) Bersedihlah hai para petani, menangislah kuat karena anggur, padi, dan karena tepung, sebab panen di ladang sudah musnah.

12) Pohon anggur menjadi kering dan pohon ara mati. Semua pohon di ladang — buah delima, kurma, dan apel — telah layu. Dan kegembiraan di antara manusia tidak ada lagi.

13) Hai para imam, pakailah kain kabung dan menangislah dengan kuat. Hai para pelayan mezbah, menangislah dengan kuat. Hai para hamba Allahku, kamu akan tidur dalam pakaian kabungmu, sebab tidak ada lagi kurban sajian dan kurban minuman di Bait Allah.

14) [Kerusakan Yang Mengerikan karena Belalang] Katakanlah kepada umat akan ada waktu khusus untuk berpuasa. Kumpulkanlah umat untuk pertemuan khusus. Bawalah para pemimpin bersama penduduk negeri ke Bait TUHAN Allahmu, dan berdoalah kepada TUHAN.

15) Berdukacitalah sebab Hari TUHAN sudah dekat. Pada waktu itu hukuman akan datang seperti suatu serangan dari Allah Yang Mahakuasa.

16) Makanan kita telah habis. Sukacita dan kegembiraan berlalu dari Bait Allah kita.

17) Kita menanam benih, tetapi benih itu kering dan mati dalam tanah. Tanaman kita layu dan mati. Lumbung kita kosong dan rubuh.

18) Binatang kelaparan dan mengerang. Kawanan domba berkeliaran dan bingung. Tidak ada rumput untuk makanannya. Domba-domba mati.

19) TUHAN, aku berseru minta tolong kepada-Mu. Api telah mengubah padang rumput menjadi padang gurun. Nyala api membakar semua pohon di ladang.

20) Binatang liar juga membutuhkan pertolongan-Mu. Sungai kecil kering — tidak ada air. Api telah mengubah padang rumput kita menjadi padang gurun.

Pasal 2 (Total ayat 32)
1) [Hari Tuhan Akan Datang] Tiuplah tanduk di Sion. Teriakkanlah tanda bahaya di gunung-Ku yang kudus. Biarlah semua penduduk yang tinggal di negeri itu gemetar ketakutan. Hari TUHAN yang khusus akan datang. Hari-Nya yang khusus sudah dekat.

2) Hari itu akan gelap dan mendung, hari yang gelap dan berawan. Saat matahari terbit kamu melihat tentara tersebar di gunung-gunung. Mereka merupakan tentara yang besar dan perkasa. Peristiwa itu belum pernah terjadi sebelumnya, dan tidak akan pernah terjadi lagi.

3) Tentara itu membinasakan negeri seperti nyala api. Di depan mereka, negeri itu seperti Taman Eden. Di belakang mereka, negeri itu seperti padang gurun yang kosong. Tidak satu pun yang dapat melarikan diri.

4) Mereka tampaknya seperti kuda. Mereka berlari seperti kuda perang.

5) Dengarkanlah mereka. Yaitu seperti suara kereta perang yang melintasi gunung-gunung. Seperti suara nyala api yang membakar jerami kering. Mereka ialah orang perkasa yang siap untuk berperang.

6) Bangsa-bangsa gemetar ketakutan di hadapan mereka. Muka mereka menjadi pucat karena ketakutan.

7) Tentara itu berlari kencang. Mereka memanjat dinding. Setiap tentara berjalan lurus ke depan. Mereka tidak menyimpang dari jalannya.

8) Mereka tidak berdesak-desakan satu sama lain. Masing-masing berjalan di jalannya sendiri. Jika seorang tentara terluka dan jatuh, yang lain tetap pada barisannya.

9) Mereka berlari ke kota. Mereka segera memanjat tembok. Mereka memanjat rumah-rumah, masuk melalui jendela seperti pencuri.

10) Bumi dan langit gemetar di hadapan mereka. Matahari dan bulan menjadi gelap, dan bintang berhenti bersinar.

11) TUHAN memanggil tentara-Nya dengan keras. Tenda-Nya sangat besar. Tentara mematuhi perintah-Nya. Tentara-Nya sangat perkasa. Hari TUHAN yang khusus sangat besar dan mengerikan. Tidak seorang pun yang dapat menghentikannya.

12) [Tuhan Menyuruh Manusia Bertobat] Inilah pesan TUHAN, “Sekarang kembalilah kepada-Ku dengan segenap hatimu. Menangis dan berkabunglah, dan jangan memakan apa-apa. Tunjukkan kesedihanmu karena perbuatanmu yang salah.

13) Robeklah hatimu, bukan pakaianmu. Kembalilah kepada TUHAN Allahmu. Ia baik dan murah hati. Ia tidak mudah marah. Ia mempunyai kasih yang besar. Mungkin Dia akan mengubah pikiran-Nya tentang penghukuman berat yang telah direncanakan-Nya.

14) Siapa tahu, mungkin Dia mengubah pikiran-Nya. Mungkin Dia meninggalkan berkat bagimu. Dan kamu dapat memberikan kurban sajian dan kurban minuman kepada TUHAN Allahmu.”

15) [Berdoalah kepada Tuhan] Tiuplah tanduk di Sion. Adakanlah pertemuan khusus. Adakan waktu khusus untuk berpuasa.

16) Kumpulkanlah orang-orang. Adakanlah pertemuan khusus. Kumpulkan orang-orang tua, anak-anak, dan bayi yang kecil yang masih menyusu pada ibunya. Biarlah pengantin laki-laki keluar dari kamarnya, pengantin perempuan keluar dari tendanya.

17) Biarlah para imam dan hamba TUHAN menangis di antara lapangan terbuka dan mezbah. Mereka semua harus mengatakan, “TUHAN, kasihanilah umat-Mu. Jangan biarkan umat-Mu dipermalukan. Jangan biarkan orang lain mengolok-olokkan umat-Mu. Jangan biarkan bangsa-bangsa lain menertawakan kami dan berkata, ‘Di mana Allah mereka?’”

18) [Tuhan Akan Memulihkan Negeri] TUHAN menjadi cemburu karena negeri-Nya. Ia merasa menyesal terhadap umat-Nya.

19) TUHAN berkata kepada umat-Nya. Kata-Nya, “Aku akan mengirim gandum, anggur, dan minyak kepadamu. Kamu akan berkelimpahan. Aku tidak mempermalukan kamu lagi di antara bangsa-bangsa.

20) Tidak, Aku memaksa orang dari utara meninggalkan negerimu. Aku mengusir mereka ke suatu negeri yang gersang dan tandus. Beberapa di antara mereka akan pergi ke laut timur, dan yang lain ke laut barat. Mereka melakukan hal yang mengerikan, tetapi mereka seperti benda yang mati dan berkarat. Di sana akan terjadi bau yang ngeri.

21) [Negeri itu Menjadi Baru Kembali] Hai negeri, janganlah takut. Bergembira dan bersukacitalah. TUHAN akan melakukan perkara yang besar.

22) Hai binatang di ladang, janganlah takut. Padang gurun akan ditumbuhi rumput. Pohon-pohon menghasilkan buah. Pohon ara dan pohon anggur memberikan buah berlimpah-limpah.

23) Bergembiralah, hai penduduk Sion. Bersukacitalah dalam TUHAN Allahmu. Ia baik dan memberikan hujan bagimu. Ia memberikan hujan awal dan hujan akhir seperti yang dilakukan-Nya sebelumnya.

24) Tempat-tempat penggilingan akan penuh dengan gandum. Dan tong-tong meluap dengan anggur dan minyak zaitun.

25) Aku Tuhan telah mengirimkan tentara-Ku menentang kamu. Belalang pindahan, dan belalang pelompat, dan belalang perusak, dan pengerat memakan semua milikmu. Aku Tuhan membayar kembali kepadamu atas tahun-tahun kesusahan itu.

26) Kamu akan memiliki makanan yang berlimpah. Kamu akan kenyang. Kamu akan memuji nama TUHAN Allahmu. Ia telah melakukan mukjizat bagimu. Bangsa-Ku tidak pernah lagi dipermalukan.

27) Kamu tahu bahwa Aku menyertai Israel. Kamu tahu Akulah TUHAN Allahmu. Tidak ada Allah yang lain. Umat-Ku tidak dipermalukan lagi.”

28) [Allah Akan Memberikan Roh-Nya kepada Semua Orang] “Sesudah itu, Aku mencurahkan Roh-Ku kepada semua orang. Anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat. Orang-orangmu yang tua bermimpi. Orang-orangmu yang muda mendapat penglihatan.

29) Pada waktu itu Aku mencurahkan Roh-Ku bahkan kepada hamba-hamba, baik laki-laki dan perempuan.

30) Aku melakukan tanda-tanda ajaib di langit dan di bumi. Akan ada darah, api, dan gumpalan asap.

31) Matahari berubah menjadi gelap. Bulan berubah menjadi darah. Dan akan datang Hari TUHAN yang besar dan mengagumkan.

32) Siapa yang percaya pada TUHAN akan selamat. Orang-orang yang selamat akan ada di Gunung Sion dan di Yerusalem, sebagaimana yang dikatakan TUHAN. Ya, mereka yang selamat ialah yang telah dipanggil TUHAN.”

Yoel Pasal 3 (Total ayat 21)

1) [Musuh Yehuda Akan Dihukum] “Ya, pada waktu itu, Aku akan membawa kembali orang Yehuda dan Yerusalem dari pembuangan.

2) Aku juga mengumpulkan semua bangsa dan membawa mereka turun ke Lembah Yosafat. Di sana Aku menghakimi mereka. Mereka telah mencerai-beraikan Israel umat-Ku. Mereka memaksanya tinggal di tengah-tengah bangsa-bangsa lain. Aku akan menghukum bangsa-bangsa itu. Mereka telah membagi-bagi tanah-Ku.

3) Mereka membuang undi untuk umat-Ku. Mereka menjual anak laki-laki untuk membeli pelacur, dan menjual anak perempuan untuk membeli minuman anggur.

4) Hai Tirus, Sidon, dan semua wilayah Filistin. Kamu tidak penting bagi-Ku. Apakah kamu menghukum Aku karena sesuatu yang telah Kulakukan? Kamu mungkin berpikir bahwa kamu akan menghukum Aku, tetapi Aku segera menghukummu.

5) Kamu telah merampas perak dan emas-Ku dan mengambil barang-barang-Ku yang berharga dan memasukkannya ke rumah ibadatmu.

6) Kamu telah menjual orang Yehuda dan Yerusalem kepada orang Yunani. Dengan demikian, kamu dapat menjauhkan mereka dari negerinya.

7) Kamu mengirim umat-Ku ke tempat yang jauh, tetapi Aku membawa mereka kembali dan menghukum kamu atas perbuatanmu.

8) Aku akan menjual anakmu laki-laki dan perempuan kepada orang Yehuda, dan mereka menjualnya kepada orang Syeba, yang jauh itu.” Demikianlah firman TUHAN.

9) [Bersiap untuk Perang] Umumkanlah ini di antara bangsa-bangsa: Bersiaplah untuk perang! Bangunlah hai orang-orang kuat. Biarlah semua tentara datang mendekat. Biarlah mereka bangkit.

10) Tempalah mata bajakmu menjadi pedang. Buat tombak dari sabitmu. Biar orang lemah mengatakan, “Aku tentara yang kuat.”

11) Datanglah cepat, hai sekalian bangsa. Berkumpullah ke tempat itu. TUHAN, bawalah para tentara-Mu yang gagah.

12) Hai bangsa-bangsa, bangkitlah. Datanglah ke Lembah Yosafat. Di sana Aku akan duduk menghakimi semua bangsa sekitarnya.

13) Bawalah sabit karena musim panen telah tiba. Datang dan pijaklah anggur karena pemerasan anggur telah penuh. Tong akan penuh dan meluap sebab kejahatan yang dilakukannya sangat besar.

14) Banyak orang, banyak orang di Lembah Keputusan. Hari TUHAN yang khusus sudah dekat di Lembah Keputusan.

15) Matahari dan bulan akan menjadi gelap. Bintang-bintang berhenti bersinar.

16) TUHAN berteriak dari Sion, Dia berteriak dari Yerusalem, langit dan bumi akan goncang, tetapi TUHAN menjadi tempat yang aman bagi umat-Nya. Ia menjadi tempat perlindungan bagi orang Israel.

17) “Kemudian kamu tahu Akulah TUHAN Allahmu. Aku tinggal di Sion, gunung-Ku yang kudus. Yerusalem menjadi kudus. Orang-orang asing tidak akan melewati kota itu lagi.”

18) [Hidup Baru Dijanjikan bagi Yehuda] “Pada hari itu, gunung akan meneteskan anggur yang manis. Bukit-bukit mengalirkan susu, dan air mengalir ke seluruh sungai yang kering di Yehuda. Mata air mengalir dari Bait TUHAN dan membasahi Lembah Akasia.

19) Mesir akan kosong. Edom menjadi padang gurun yang tandus karena kekejamannya terhadap orang Yehuda. Mereka membunuh orang yang tidak berdosa di negerinya,

20) tetapi ada orang yang akan selalu tinggal di Yehuda selama-lamanya, orang akan tinggal di Yerusalem turun-temurun.

21) Mereka itu telah membunuh umat-Ku, Aku sungguh menghukum mereka.” TUHAN akan tinggal di Sion.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Ligonier, Biblica

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.