fbpx

10 Universitas Terbaik di Dunia

10 Universitas Terbaik di Dunia 2019

Pemeringkatan paling sering dilakukan oleh majalah, surat kabar, situs web, pemerintah, atau akademisi. Selain pemeringkatan seluruh institusi, organisasi melakukan pemeringkatan program, departemen, dan sekolah tertentu. Berbagai peringkat mempertimbangkan kombinasi langkah-langkah pendanaan dan dana abadi, keunggulan dan / atau pengaruh penelitian, keahlian spesialisasi, penerimaan, pilihan siswa, jumlah penghargaan, internasionalisasi, pekerjaan lulusan, hubungan industri, reputasi industri dan kriteria lainnya. Berbagai peringkat sebagian besar mengevaluasi hasil kelembagaan melalui penelitian. Beberapa peringkat mengevaluasi institusi dalam satu negara, sementara yang lain menilai institusi di seluruh dunia. Dibawah ini adalah TOP 10 Universitas Terbaik di Dunia 2019:

 

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT), Boston – USA

Institut Teknologi Massachusetts (Massachusetts Institute of Technology atau MIT), adalah institusi riset swasta dan universitas yang terletak di kota Cambridge, Massachusetts tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Back Bay di Boston, Amerika Serikat. MIT memiliki 5 sekolah dan satu kolese, mencakup 32 departemen yang mengkhususkan diri pada sains dan penelitian teknologi.

Didirikan tahun 1861 sebagai respon atas kemajuan teknologi dan industri di Amerika pada saat itu, universitas ini mengadopsi universitas riset ala Eropa. MIT sekarang berdiri di atas tanah seluas 168 are yang dibuka 1916. Dalam kurun waktu 60 tahun belakangan ini, MIT telah mengembangkan cabang lain seperti manajemen, ekonomi, ilmu politik, dan biologi.

Departemen dan sekolah yang paling terkenal adalah Lincoln Laboratory, Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory, Media Lab, Whitehead Institute dan Sloan School of Management. 59 dari anggota dari komunitas MIT telah memenangkan Penghargaan Nobel. MIT merupakan universitas terbaik di dunia.

 

2. Stanford University, California – USA

Leland Stanford Junior University, yang lazim dikenal sebagai Universitas Stanford (atau Stanford saja), adalah sebuah universitas swasta yang terletak kira-kira 60 kilometer di tenggara San Francisco dan kira-kira 30 km di timur laut San Jose di wilayah Kabupaten Santa Clara yang belum diresmikan sebagai kota. Stanford terletak dekat kota Palo Alto, California, Amerika Serikat tepat di jantung Lembah Silikon baik secara geografis maupun historis.

Universitas Stanford terletak di kampus universitas kedua terbesar di dunia, dan terdiri atas Sekolah:

  • Teknik

  • Hukum

  • Kedokteran

  • Pendidikan

  • Bisnis

  • Ilmu bumi

  • Humaniora

  • Sains

Universitas ini mempunyai sejumlah program dan sebuah rumah sakit pendidikan selain berbagai kegiatan menjangkau ke masyarakat dan inisiatif relawan. Standford Unversity merupakan  universitas terbaik di dunia nomor 2.

 

3. Harvard University, Massachusetts – USA

Universitas Harvard (bahasa Inggris: Harvard University) adalah universitas swasta di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat dan anggota Ivy League. Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik dunia.

Universitas ini didirikan pada 8 September 1636 dan merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Awalnya bernama New College, dan dinamakan ulang menjadi Harvard College pada 13 Maret 1639 untuk menghormati penyumbang terbesarnya, John Harvard, seorang mantan mahasiswa Universitas Cambridge.

Rujukan terawal yang memanggil Harvard sebagai “universitas” dan bukan “college” terjadi pada tahun 1780. Harvard University merupakan universitas terbaik di dunia nomor 3.

 

4. California Institute of Technology (Caltech) – USA

biasanya dikenal dengan Caltech, adalah sebuah universitas swasta yang terbuka untuk laki-laki dan perempuan dan terletak di Pasadena, California, di Amerika Serikat.

Universitas ini merupakan salah satu universitas paling terkemuka dalam riset. Caltech mempertahankan penekanan kuat dalam ilmu alam dan teknik. Caltech memiliki dan mengoperasikan kompleks penerbangan luar angkasa “autonomous” yang memimpin di dunia dikenal dengan Jet Propulsion Laboratory.

JPS mengamati desain dan operasi dari banyak penjajakan luar angkasa NASA; tidak seperti “National Laboratories” (Laboratorium Nasional AS) dan Pusat Luar Angkasa NASA lainnya, fasilitas JPS hanya dalam kontrak ke pemerintah. merupakan universitas terbaik di dunia nomor 4. Lihat juga: Peta NASA Menunjukkan Seperti Apa Antartika Tanpa Es

 

5. University of Oxford – Inggris

Universitas Oxford adalah perguruan tinggi tertua berbahasa Inggris yang berlokasi di kota Oxford, Inggris dan merupakan universitas terbaik di dunia nomor 5.

Sejarah universitas ini dapat ditelusuri paling tidak mulai akhir abad ke-11, walaupun tanggal tepat pendiriannya tetap tak jelas. Menurut legenda, setelah pecahnya kerusuhan antara mahasiswa dan penduduk kota pada tahun 1209, beberapa akademisi Oxford melarikan diri ke timur laut, ke kota Cambridge, dan mendirikan Universitas Cambridge… Kedua universitas “kuno” ini sejak itu telah saling bersaing satu sama lain, dan merupakan dua perguruan tinggi paling selektif di Britania Raya, yang sering dirujuk sebagai “Oxbridge”.

Universitas Oxford ini terdiri dari berbagai institusi, termasuk 38 kolese konstituen dan beragam departemen akademik yang dibagi menjadi empat Divisi. Oxford telah melahirkan banyak alumni terkemuka, dan 58 penerima Hadiah Nobel pernah belajar atau memiliki afiliasi dengan Universitas Oxford. Universitas ini secara rutin bersaing dengan Universitas Cambridge untuk menduduki posisi pertama dalam pemeringkatan universitas di Britania Raya, dan menjadi salah satu dari dua universitas dengan program pascasarjana paling bergengsi.

Tanggal pendirian Universitas Oxford tidak diketahui. Proses belajar-mengajar di Oxford diperkirakan telah dimulai sejak tahun 1096, tetapi tanggal pastinya universitas ini didirikan tidak diketahui. Oxford tumbuh pesat pada tahun 1167 setelah para mahasiswa Inggris kembali dari Universitas Paris. Sejarawan Gerald dari Wales menempuh pendidikan sarjana di Oxford pada tahun 1188, dan sarjana luar negeri pertama yang diketahui, Emo dari Friesland, memasuki Oxford pada tahun 1190. Pemimpin universitas diangkat sebagai konselor pada tahun 1201, dan master universitas mulai ditunjuk pada 1231.

Universitas Oxford diberi piagam kerajaan pada tahun 1248 pada masa pemerintahan Raja Henry III. Setelah perselisihan antara mahasiswa dan penduduk kota Oxford pada 1209, beberapa akademisi melarikan diri ke Cambridge, dan kemudian mendirikan Universitas Cambridge.

Universitas Oxford merupakan sebuah “universitas kota” yang tidak memiliki kampus utama; perguruan tinggi, departemen, penginapan, dan fasilitas lainnya tersebar di seluruh pusat kota. Science Area, tempat sebagian besar departemen keilmuan berada, adalah kawasan yang umumnya disebut dengan kampus.

Universitas Oxford memiliki sistem perpustakaan universitas terbesar di Britania Raya. Lebih dari 11 juta buku dimiliki oleh universitas ini, menjadikannya sebagai perpustakaan terbesar kedua di Britania Raya setelah Perpustakaan Britania

 

Universitas terbaik di dunia

10 Universitas Terbaik di Dunia. Sumber foto dan ilustrasi: Pixabay dan PinterPandai

 

6. University of Cambridge – Inggris

Universitas Cambridge (bahasa Inggris: Cambridge University; bahasa Latin: Universitas Cantabrigiensis) adalah universitas kedua-tertua dalam dunia bahasa Inggris, dengan persyaratan masuk yang paling ketat di Britania Raya, dan salah satu yang paling ketat di dunia. Universitas ini merupakan universitas terbaik di dunia nomor 6.

Catatan awal sudah tidak tersimpan lagi, namun universitas ini tumbuh dari sebuah perhimpunan sarjana di kota Cambridge, Cambridgeshire, Inggris, kemungkinan dibentuk pada tahun 1209 oleh sarjana yang kabur dari Universitas Oxford setelah bertengkar dengan penduduk kota tersebut.

Universitas Oxford dan Cambridge, sering dijuluki Oxbridge, telah memiliki sejarah kompetisi yang lama satu sama lain, dan dipandang luas sebagai universitas paling elit dan bergengsi di Britania Raya. Berdasarkan sejarah, mereka telah menghasilkan sejumlah ilmuwan, penulis, dan politisi Britania yang terkenal.

Afiliasi dari Universitas Cambridge telah memenangkan 80 Penghargaan Nobel, lebih banyak dari universitas lain di dunia. Dari 80 pemenang Penghargaan Nobel ini, 70 pernah menghadiri Cambridge sebagai murid prasarjana atau pasca-sarjana, dan bukan sebagai “associate” riset, “fellow” atau profesor (Universita Chicago di urutan ke-2 dalam afiliasi pemenang Penghargaan Nobel, dengan 79 orang, tetapi hanya 30 yang pernah belajar di Universitas Chicago sebagai murid prasarjana atau pasca-sarjana).

Cambridge adalah anggota dari Grup Russell (sebuah jaringan besar, universitas Britania yang berorientasi riset), Grup Coimbra (sebuah perhimpunan universitas terkemuka Eropa), dan LERU (League of European Research Universities, Liga Universitas Riset Eropa).

 

7. ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology – Swiss

Institut Teknologi Konfederasi Zürich, yang dalam bahasa Jerman disebut Eidgenössische Technische Hochschule Zürich (ETH Zürich), merupakan salah satu universitas paling terkemuka di Swiss. Lembaga pendidikan tinggi ini berdiri tahun 1854 sebagai universitas negeri milik pemerintah Konfederasi Swiss dan berbeda dari Universitas Zurich yang milik pemerintah canton Zürich. Universitas ini merupakan universitas terbaik di dunia nomor 7.

Dari universitas ini telah lahir banyak peraih Penghargaan Nobel, seperti Albert Einstein (perumus teori relativitas) dan Wolfgang Pauli (terkenal dengan “Larangan Pauli”). Wilhelm Conrad Röntgen, penemu sinar X, juga menempuh studi di sini. Tradisi berprestasi di tingkat dunia pada bidang kimia, fisika, dan fisika terapan pada masa lampau dilanjutkan saat ini di bidang bioteknologi dan biologi molekular.

Alumni terkenal ETH Zurich

  • Penghargaan Nobel bidang Fisika

    • 1901 Wilhelm Conrad Röntgen (lulusan)

    • 1920 Charles-Edouard Guillaume (lulusan)

    • 1921 Albert Einstein (lulusan dan profesor)

    • 1943 Otto Stern (lecturer)

    • 1945 Wolfgang Pauli (lulusan)

    • 1952 Felix Bloch (lulusan)

    • 1986 Heinrich Rohrer (lulusan)

    • 1987 Georg Bednorz (lulusan)

    • 1987 Karl Alexander Müller (lulusan)

  • Penghargaan Nobel bidang Kimia

    • 1913 Alfred Werner (lulusan)

    • 1915 Richard Martin Willstätter (profesor)

    • 1918 Fritz Haber (lulusan)

    • 1936 Peter Debye (profesor)

    • 1938 Richard Kuhn (profesor)

    • 1939 Leopold Ruzicka (profesor)

    • 1953 Hermann Staudinger (dosen)

    • 1975 Vladimir Prelog (profesor)

    • 1991 Richard Ernst (lulusan dan profesor)

    • 2002 Kurt Wüthrich (profesor)

  • Penghargaan Nobel bidang Kedokteran

    • 1978 Werner Arber (lulusan)

    • 1950 Tadeus Reichstein (lulusan)

 

8. Imperial College London – Inggris

Imperial College London (The Imperial College of Science, Technology and Medicine) adalah perguruan tinggi negeri riset di Inggris. Didirikan oleh Pangeran Albert, perguruan ini didirikan untuk menggiatkan pendidikan di bidang sains, perdagangan, dan seni, terdiri dari Natural History Museum, Museum Victoria dan Albert, Science Museum, Royal Albert Hall dan Imperial Institute. Imperial Institute didirikan oleh istrinya, Queen Victoria yang melakukan peletakan batu pertama. Kemudian dilanjutkan oleh Ratu Elizabeth II dan Duke of York yang membuka Imperial College Business School. Universitas ini merupakan universitas terbaik di dunia nomor 8.

Universitas ini terus tumbuh seiring bergabung dengan Sekolah Kedokteran Rumah Sakit St Mary, Charing Cross dan Sekolah Kedokteran Westminster, Royal Postgraduate Medical School dan Institut Jantung dan Paru Nasional. Awalnya merupakan salah satu bagian dari Universitas London, Imperial menjadi institut terpisah pada ulang tahunnya yang ke-100.

Imperial dibagi menjadi 4 fakultas: sains, teknik, kedokteran, dan bisnis. Kampus utamanya berada di Kensington Selatan. Universitas ini merupakan pusat penelitian biomedis utama dan pusat sains kesehatan akademis pertama di Britania Raya. Imperial merupakan anggota Russell Group, G5, Association of Commonwealth Universities, League of European Research Universities, dan “Golden Triangle” Universitas Inggris.

 

9. University of Chicago – USA

Universitas Chicago (biasanya disebut sebagai Chicago atau UChicago, bahasa Inggris: The University of Chicago) adalah sebuah universitas swasta, yang fokus pada penelitian coeducational dan terletak di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Universitas Chicago didirikan oleh pengusaha minyak dermawan bernama John D. Rockefeller pada tahun 1890; William Rainey Harper menjadi presiden atau rektor pertama pada tahun 1891 dan kelas-kelas pertama diadakan pada tahun 1892. Universitas ini merupakan universitas terbaik di dunia nomor 9.

 

10. UCL (University College London) – Inggris

University College London (UCL) adalah universitas riset publik di London, Inggris dan perguruan tinggi konstituen dari federasi Universitas London. University College London dianggap sebagai salah satu universitas paling bergengsi di dunia dan merupakan lembaga pendidikan tinggi terbesar di area London. Universitas ini adalah institusi pascasarjana terbesar di Inggris. Universitas ini merupakan universitas terbaik di dunia nomor 10.

Didirikan pada tahun 1826 sebagai ‘Universitas London’ , UCL adalah lembaga universitas pertama yang didirikan di London dan sekuler pertama di Inggris, menerima mahasiswa terlepas dari agama mereka, dan menerima perempuan atas dasar kesetaraan derajat dengan laki-laki.

Filsuf Jeremy Bentham umumnya dianggap sebagai bapak spiritual UCL, ide-ide radikal tentang pendidikan dan masyarakat adalah inspirasi bagi pendirinya, meskipun keterlibatan langsung dalam perintisan cukup terbatas. UCL menjadi salah satu dari dua perguruan tinggi yang berdiri pada tahun 1836. Hal ini telah berkembang melalui merger dengan UCL Institute of Neurology (pada tahun 1997), UCL Eastman Dental Institute (pada tahun 1999), UCL Sekolah Studi Eropa Timur Slavia (pada tahun 1999), UCL Farmasi (pada tahun 2012) dan Institut Pendidikan (2014).

Kampus utama UCL terletak di Bloomsbury daerah pusat kota London, dengan sejumlah lembaga dan rumah sakit dan kampus rekanan di Adelaide, Australia dan Doha, Qatar. UCL terdiri dari 11 konstituen fakultas, di mana ada lebih dari 100 departemen, lembaga dan pusat penelitian. UCL memiliki 36.000 mahasiswa dan 11.000 staf (termasuk sekitar 6.000 staf akademik dan 980 profesor) dan memiliki total pendapatan £ 1.020.000.000 di 2013/14, sedangkan £ 374.500.000 berasal dari hibah penelitian dan kontrak. UCL bertanggung jawab untuk beberapa museum dan koleksi di berbagai bidang, termasuk Museum Arkeologi Mesir Petrie dan Hibah Museum Zoologi dan Perbandingan Anatomi.

Alumni terkenal University College London

Terdapat banyak alumnus yang terkenal di berbagai bidang dan bahkan meraih gelar Nobel atau pangkat pemerintahan:

  • Mahatma Gandhi

  • Alexander Graham Bell

  • Francis Crick

  • John Stuart Mill

  • Sir William Ramsay

  • Itō Hirobumi

  • Jomo Kenyatta

  • Kwame Nkrumah

  • Sir William Jenner

  • Marie Stopes

  • Rabindranath Tagore

  • Gustav Holst

  • Joseph Lister

  • Otto Hahn

  • Peter Higgs

  • Charles K. Kao

  • Junichiro Koizumi

  • Christopher Nolan

 

Universitas Terbaik Di Dunia

 

 

Rangking  atau peringkat Universitas Dunia QS terus menikmati kerangka kerja metodologi yang sangat konsisten, disusun dengan menggunakan enam metrik sederhana yang kami percaya secara efektif menangkap kinerja universitas. (Data yang digunakan pada tahun 2018). Sejak normalisasi area fakultas diperkenalkan pada 2015 untuk memastikan bahwa lembaga yang mengkhususkan diri dalam Ilmu Hayati dan Ilmu Pengetahuan Alam tidak terlalu diuntungkan, kami telah menghindari perubahan mendasar. Dengan demikian, kami bertujuan untuk memastikan bahwa perbandingan tahun-ke-tahun tetap valid, dan volatilitas yang tidak perlu diminimalkan. Sumber: QS Top Universities
Dengan demikian, universitas terus dievaluasi sesuai dengan enam metrik berikut:

  • Reputasi Akademik
  • Reputasi Universitas
  • Rasio Fakultas / Mahasiswa
  • Kutipan per fakultas
  • Rasio Fakultas Internasional
  • Rasio Mahasiswa Internasional

 

Bacaan Lainnya

 

 

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber: Top UniversitiesQS Top Universities

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-01-19T18:27:28+00:00 Januari 19th, 2019|Top 10|0 Comments

Leave A Comment