fbpx

Bahan Pangan Organik – Penjelasan dan Contoh

Bahan pangan organik

Bahan pangan organik adalah bahan pangan yang diproduksi dengan menggunakan metode pertanian organik, yang membatasi input sintetik modern seperti pestisida sintetik pupuk kimia.

Makanan apa saja yang tercakup dalam standar bahan pangan organik saat ini?

Beberapa contoh bahan pangan organik

  • Buah dan Sayuran, termasuk Jamur.
  • Biji-bijian.
  • Sayur-sayuran.
  • Kacang dan Biji.
  • Produk Susu dan Telur.
  • Pakan Ternak.
  • Daging dan Unggas.

 

Bahan Pangan Organik - Penjelasan dan Contoh

Bahan Pangan Organik – Penjelasan dan Contoh. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Fakta Bahan Pangan Organik

Tak menggunakan bahan kimia atau pestisida

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, makanan organik merupakan makanan dengan bahan pangan tak menggunakan bahan kimia misalnya untuk mempercepat pertumbuhan atau lainnya. Pertanian serta peternakan organik dilakukan dengan teknik tertentu yang tepat agar bisa menghasilkan makanan organik. Pada beberapa orang akan lebih memilih makanan organik dibandingkan dengan makanan lain dengan berbagai bahan pertimbangan yang menjadi alasan untuk lebih memilih hal tersebut.

Dikatakan lebih sehat

Dengan tanpa mengandung bahan kimia, maka hal inilah yang membuat orang beranggapan bahwa makanan organik akan mempengaruhi kesehatan dengan menjaga atau menaikkan status kesehatan seseorang. Banyak orang yang beranggapan bahwa orang akan lebih sehat jika memilih makanan organik dengan segala kandungan nutrisi yang ada didalamnya.

Harga yang lebih mahal

Makanan organik sudah dapat ditemui dengan mudah diberbagai daerah di Indonesia dengan dibandrol harga yang bervariasi bergantung dengan kualitas jenis tanaman atau pertanian serta hasil peternakan tertentu. Nah harganya dapat dikatakan masih lebih tinggi daripada harga makanan non organik.

Masa simpan yang lebih cepat

Hal lain yang perlu diketahui yaitu ternyata makanan organik mempunyai masa simpan yang sebentar, karena tak dilakukan penambahan bahan kimia sedikitpun dalam bahan makanan yang diolah. Seringkali kita lihat makanan yang sangat awet dari pagi hingga sore yang ternyata meggunakan bahan pengawet yang berlebihan bahkan berbahaya bagi kesehatan. Untuk mengatasinya anda dapat menggunakan lemari pendingin untuk menyimpan makanan tersebut agar lebih tahan lama. Penyimpanan juga harus dilakukan dengan cara yang benar.

Dikatakan mempunyai rasa yang lebih enak

Beberapa orang beranggapan dan mengatakan bahwa makanan organik mempunyai rasa yang lebih enak jika dibandingkan dengan makanan non organik. Sebenarnya berbagai makanan yang ada mempunyai rasa yang enak dengan masing-masing cita rasa yang dimilikinya. Dengan berbagai jenis olahan serta dengan penambahan  berbagai bumbu maka akan tecipta sebuah makanan yang enak.

 

Makanan Penambah Sel Darah Merah

Apakah Anda merasa lemah atau lelah? Anda mungkin mengalami gejala anemia. Anemia terjadi ketika jumlah sel darah merah Anda rendah. Jika jumlah darah merah Anda rendah, tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk mengirim oksigen ke seluruh tubuh Anda. Berikut adalah Makanan penambah sel darah merah: Klik disini untuk membaca Makanan Penambah Sel Darah Merah – Penguat Sistem Imun
 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki penyakit atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter atau ahli medis untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: WH Foods

                       
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-06-01T21:17:32+07:00 Juni 2nd, 2019|Lainnya, Makanan & Minuman|0 Comments

Leave A Comment