Fakta Paus (Whale) Mamalia Yang Menakjubkan

Fakta Paus

Paus itu unik, cantik, anggun dan misterius; mereka memelihara, membentuk persahabatan, berinovasi, berduka, bermain, bernyanyi, dan bekerja sama satu sama lain. Berikut beberapa fakta luar biasa tentang paus dan kehidupan mereka di lautan. Lihat beberapa informasi menarik dan lihat apakah Anda mempelajari sesuatu yang baru tentang makhluk ini. Berikut beberapa fakta paus:

1. Paus berkeliaran di seluruh lautan dunia, berkomunikasi dengan suara yang kompleks dan misterius. Ukurannya yang besar membuat kami takjub: paus biru adalah hewan terbesar yang pernah hidup dan dapat tumbuh hingga 27,5 meter (90 kaki) atau lebih dan beratnya mencapai 24 gajah! Itu lebih dari 330.000 pound (150.000 kg).

Baca juga 👉 Paus Menangis – Apakah Benar Ikan Paus Menangis? Pertanda Apa?

2. Meski hidup di air, paus menghirup udara. Iya, fakta paus seperti manusia, mereka adalah mamalia berdarah panas yang merawat anak-anaknya. Lapisan lemak tebal yang disebut lemak mengisolasi mereka dari air laut yang dingin.

3. Beberapa paus dikenal sebagai paus balin, termasuk paus biru, paus kanan, kepala busur, sei, dan abu-abu. Ini mengacu pada fakta bahwa mereka memiliki struktur seperti bulu di mulut mereka (disebut balin) yang menyaring makanan dari air. Paus lain, seperti beluga atau paus sperma, memiliki gigi.

4. POPULASI: Sekitar 400 paus sikat Atlantik Utara (North Atlantic right whales) masih ada; spesies lain bervariasi: 10.000-90.000.
NAMA ILMIAH: Balaenoptera, Balaena, Eschrichtius, dan Eubalaen.
BERAT: 20-200 ton
PANJANG: 13 – 30,5 meter (45-100 kaki).
HABITAT: Lautan

5. Paus bungkuk (humpback whale) jantan yang ditemukan di perairan AS menyanyikan lagu-lagu rumit di daerah berkembang biak musim dingin di perairan dekat Hawaii, di Karibia, dan di tempat lain yang dapat bertahan hingga 20 menit dan terdengar bermil-mil jauhnya.

6. Paus biru (blue whale) adalah hewan terbesar yang pernah hidup dan dapat tumbuh hingga 90 kaki atau lebih dengan berat sebanyak 24 gajah! Itu lebih dari 330.000 pound (150.000 kg).

7. Beberapa spesiesnya termasuk mamalia yang hidup paling lama. Ilmuwan memperkirakan paus kepala busur (paus balin yang ditemukan di Kutub Utara) dapat hidup lebih dari 200 tahun, dan paus pembunuh (paus bergigi yang ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia) dapat hidup selama lebih dari 100 tahun.

8. Paus pembunuh (killer whale) sangat sosial dan sering bepergian dalam kelompok yang bersifat matrifokal — sebuah unit keluarga yang berfokus atau berpusat pada induknya.

Baca juga 👉 Paus atau Lodan (Whale) Mamalia – 2 Jenis Paus: Bergigi dan Balin – Makhluk Mamalia Terbesar di Bumi

9. Paus beluga (beluga whale) memiliki leher yang fleksibel, memungkinkan mereka untuk menggerakkan kepalanya. Repertoar komunikasi kompleks mereka berupa peluit, klik, dan kicauan telah mendorong julukan “burung kenari di laut”. Pelajari lebih lanjut tentang Paus beluga Cook Inlet, Spesies Perikanan NOAA dalam Sorotan.

10. Paus abu-abu (gray whale) melakukan salah satu migrasi tahunan terpanjang mamalia: mereka melakukan perjalanan sekitar 10.000 mil (16.000 km) pulang pergi!

11. Paus minke adalah paus balin terkecil di perairan Amerika Utara.

12. Paus sikat Atlantik Utara (north Atlantic right whale) mengumpulkan organisme kecil di dekat permukaan air, menyaring air laut dengan lempengan balin yang panjang. Fakta paus sikat, perilaku cara makan di permukaan dan daya apung paus membuat mereka rentan terhadap tabrakan.

13. Paus sperma (sperm whale) hampir punah oleh pemburu paus komersial yang mencari lemak paus dan minyak unik yang berasal dari “organ spermaceti” yang ditemukan di kepala besar mereka. Organ spermaceti adalah bagian penting dari sistem ekolokasi mereka dengan kapal.

14. Pada tahun 2014, paus berparuh Cuvier (Cuvier beaked whale) melakukan penyelaman terdalam dan terpanjang yang pernah tercatat untuk cetacea ketika mencapai kedalaman 2,992 m dan tetap terendam selama lebih dari 2 jam.

15. Meskipun dikenal sebagai ‘paus pembunuh’, orca sebenarnya adalah spesies lumba-lumba terbesar!

Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), World Wide Fund for Nature (WWF)

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-11-08T17:49:00+07:00 November 8th, 2020|IPA|0 Comments

Leave A Comment