fbpx

Kerajaan Prusia – Sejarah dan Penjelasan – Nama Negara-Negara Sekarang

Kerajaan Prusia

Kerajaan Prusia adalah kerajaan di Jerman dari tahun 1701 – 1918 dan, dari 1871, adalah negara pemimpin Kekaisaran Jerman, terdiri hampir 2/3 wilayah kekaisaran. Nama kerajaan ini berasal dari wilayah Prusia, walaupun basis kekuatannya adalah Brandenburg.

Dalam bahasa Jerman, Kerajaan Prusia adalah (bahasa Jerman: Königreich Preußen).

Peta kerajaan prusia

Peta kerajaan Prusia. Sumber foto: Picryl

Negara apa yang dikenal sebagai Prusia saat ini?

  • Republik Ceko.
  • Belgia.
  • Denmark.
  • Jerman.
  • Lithuania.
  • Polandia.
  • Rusia.
  • Swiss.

Teritori Kerajaan Prussia (1525–1947)

Berijut adalah teritori Kerajaan Prusia, sebelum pembubarannya, kekuasan dari Kerajaan Prusia mencakup:

  • Provinsi-Provinsi dari Provinsi Prusia Barat; Provinsi Prusia Timur; Provinsi Brandenburg.
  • Provinsi Sachsen (termasuk sebagian besar dari negara bagian Sachsen-Anhalt masa kini dan sebagian negara bagian Thuringia di Jerman).
  • Provinsi Pomerania; Provinsi Rhineland; Provinsi Westfalia; Provinsi Hesse-Nassau; dan sebuah daerah yang terpisah di Selatan yang disebut dengan Provinsi Hohenzollern, yaitu tanah kelahiran keluarga penguasa Prusia.

Awal kejayaan Prusia

Tanah yang dikuasai Kesatria Teuton rata dan diliputi tanah yang subur. Tanah ini sangat cocok untuk penanaman gandum besar-besaran. Kejayaan Prusia diawal masa mereka didasari oleh penanaman dan penjualan gandum. Prusia Teuton dikenal sebagai “keranjang roti Eropa Timur” (dalam Bahasa Jerman, Kornkammer, alias lumbung).

Kota-kota pelabuhan Stettin (Szczecin) di Pomerania, Danzig (Gdansk) di Prusia, Riga di Lovina, Königsberg (Kaliningrad) dan Memel (Klaipėda) muncul di atas produksi gandum ini.

Produksi dan perdagangan gandum ini membawa Prusia kepada hubungan dekat dengan Liga Hansa selama tahun 1356 (pendirian resmi Liga Hansa) sampai kemerosotan liga tersebut di sekitar tahun 1500.

Ekspansi Prusia berdasarkan hubungannya dengan Liga Hansa memotong Polandia dan Lithuania dari pantai Laut Baltik dan perdagangan internasional. Ini menjadikan Polandia dan Lithuania sebagai musuh tradisional Prusia-yang saat itu masih bernama Kesatria-Kesatria Teuton.

Kebangsaan apakah orang Prusia?

Prusia, yang akan menjadi buah bibir militerisme dan otoriterisme Jerman, memulai sejarahnya di luar Jerman sama sekali. Orang-orang yang disebut Preussen di Jerman, yang mendiami tanah di pantai tenggara Baltik, adalah orang Slavia, terkait dengan orang Lituania dan Latvia.

Populasi Prusia

Pada tahun 1871, penduduk Prusia berjumlah 24.69 juta jiwa, yaitu 60% dari total populasi Kekaisaran Jerman.[9] Pada tahun 1910, populasi Prusia meledak hingga berjumlah 40.17 juta jiwa (62% dari jumlah populasi Kekaisaran).[9] Pada tahun 1914, Prusia memiliki luas 354,490 km². Pada bulan Mei 1939 Prusia memiliki total luas sejumlah 297,007 km² dan populasi sejumlah 41,915,040 jiwa. Kepangeranan Neuenburg, sekarang sebagai Canton Neuchatel di Swiss, merupakan bagian dari kerajaan Prusia dari tahun 1707 sampai 1848.

Agama Prusia

Meskipun Prusia didominasi oleh Protestan Lutheran (bersama dengan sejumlah Gereja reformasi), wilayahnya juga didiami oleh jutaan Katolik di bagian Barat dan Polandia. Daerah selatan dari wilayah Prusia Timur Masuria sebagian besar penduduknya adalah Protestan Masurian. Ada banyak sekali penduduk beragama Katolik di Rhineland dan sebagian Westfalia. Sebagai tambahan, Prusia Barat, Warmia, Silesia, dan Posen memiliki mayoritas populasi Katolik berbahasa Polandia.

Populasi non-Jerman

Pada tahun 1649, kediaman-kediaman Kursenieki sepanjang garis pantai Laut Baltik di wilayah Prusia Timur memanjang dari Memel (Klaipėda) sampai Danzig (Gdańsk)
Pada tahun 1871, sekitar 2.4 juta orang Polandia hidup di Prusia, membuat mereka berstatus minoritas dengan jumlah terbanyak.

Minoritas lain ialah Yahudi, orang Denmark, Orang Frisia, Kashubia (72,500 jiwa pada tahun 1905), Masuria (248,000 jiwa pada tahun 1905), Orang Lithuania (101,500 jiwa pada tahun 1905), Wallonia, Orang Ceko, Kursenieki dan orang Sorbs.

Wilayah Polandia Raya, dimana negara Polandia berasal, menjadi Propinsi Posen setelah terjadinya Pemisahan Polandia. Orang Polandia di provinsi yang mayoritas orang Polandia ini (62% orang Polandia, 38% orang Jerman) memberontak terhadap pemerintahan orang Jerman. Selain itu, bagian Tenggara dari Silesia (Silesia Atas) memiliki penduduk mayoritas orang Polandia. Tetapi orang Katolik, etnis Polandia, orang Slav lain beserta orang Yahudi tidak memiliki status yang setara dengan Protestan.

Akibat dari Perjanjian Versailles pada tahun 1919, Republik Polandia Kedua tidak hanya diberikan dua daerah ini, tetapi juga daerah dengan mayoritas Jerman di Provinsi yang ada di Prusia Barat. Setelah Perang Dunia II, Prusia Timur, Silesia, sebagian besar Pomerania dan bagian timur Brandenburg dianeksasi oleh Uni Soviet atau diberikan kepada Polandia, dan populasi orang berbahasa Jerman dikeluarkan dari daerah-daerah tersebut.

Simbol negara Prusia

Lambang negara Prusia yang utama, juga berfungsi sebagai bendera Prusia, menggambarkan seekor elang hitam di atas latar belakang putih. Warna nasional hitam dan putih sudah digunakan oleh Ksatria Teutonik dan Dinasti Hohenzollern. Ordo Teutonik menggunakan jubah putih dan jubah tersebut dibordir dengan sebuah salib hitam berbatas emas dan elang kekaisaran berwarna hitam. Kombinasi dari hitam dan putih dengan merah dan putihnya Liga Hansa, juga Brandenburg menghasilkan bendera komersial berwarna hitam-putih-merah untuk Konfederasi Jerman Utara, yang menjadi bendera Kekaisaran Jerman pada tahun 1871.

Suum cuique (“untuk tiap orang, haknya”) ialah moto dari Ordo Elang Hitam yang dibuat oleh Raja Friedrich I dari Prusia pada tahun 1701, seringkali diasosiasikan dengan Prusia. Salib Besi, penghargaan militer yang dibuat oleh Friedrich Wilhelm III dari Prusia pada tahun 1813 juga umumnya diasosiasikan dengan Prusia. Daerah Prusia yang dulunya ditinggali oleh orang Baltik Prusia Lama yang di-Kristenkan, menjadi lokasi favorit bagi para imigran Orang Jerman (Ostsiedlung,nantinya kebanyakan pemeluk Protestan), juga Orang Polandia dan Orang Lithuania di daerah perbatasan.

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: History Today, FandomNew World Encyclopedia

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

By | 2019-11-23T20:51:34+07:00 November 23rd, 2019|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment