Kopi merupakan sumber kafein alami | Keuntungan dan kerugiannya adalah

2 min read

Kopi keuntungan dan kerugiannya

Kafein

Yang berada di kopi merupakan sumber kafein alami, bermanfaat & memberikan banyak nutrisi & antioksidan. Teh & coklat pun begitu. Tapi harus dalam batas-batas tertentu.

Kopi Keuntungan Dan Kerugiannya

Keuntungan

Kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Dalam dosis yang rendah kafein dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit.
Mekanisme kerja kafein dalam tubuh adalah menyaingi fungsi adenosin (salah satu senyawa yang dalam sel otak bisa membuat orang cepat tertidur).

Studi menyatakan kafein dapat melindungi terhadap penyakit Parkinson, diabetes tipe 2 dan penyakit hati, termasuk kanker hati. Hal ini juga tampaknya meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi risiko depresi.

Kafein juga secara langsung merangsang sistem saraf kita, membuat kita lebih waspada dan fokus (meskipun terlalu banyak bisa membuat Anda cemas dan gemetar). Ini juga meningkatkan tingkat adrenalin, yang dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur dan tekanan darah tinggi. Stimulasi lebih ini bisa berdampak buruk bagi orang-orang dengan tekanan darah tinggi.

Kerugian atau efek dari kopi

Salah satunya adalah efek ketergantungan.
Minum kopi ternyata dapat juga meningkatkan resiko terkena stroke. Sebuah penelitian yang dimuat dalam journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 menyimpulkan bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi perhari akan meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah.
Kafein juga dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, cepat marah dan merasa tegang.

Jadi beberaapa keuntungan dan kerugian untuk mengkonsumsi kafein, sekarang Anda sudah Tahu. Lebih baik dikonsumsi dengan moderasi.

Sumber: Mayo Clinic

Kafeina

Kopi terkenal akan kandungan kafeinanya yang tinggi. Kafeina sendiri merupakan senyawa hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid dari tanaman kopi dan memiliki rasa yang pahit.

Berbagai efek kesehatan dari kopi pada umumnya terkait dengan aktivitas kafeina di dalam tubuh.[butuh rujukan] Peranan utama kafeina ini di dalam tubuh adalah meningkatan kerja psikomotor sehingga tubuh tetap terjaga dan memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energi.

Efeknya ini biasanya baru akan terlihat beberapa jam kemudian setelah mengonsumsi kopi.

Kafeina tidak hanya dapat ditemukan pada tanaman kopi, tetapi juga terdapat pada daun teh dan biji cokelat.

Kandungan kafeina dalam berbagai sumber minuman

SumberKandungan Kafeina
Secangkir kopi85 mg
Secangkir teh35 mg
Minuman berkarbonasi35 mg
Minuman berenergi50 mg
Jenis KopiKadar
Kopi instan2,8 – 5,0%
Kopi moka1,00%
Kopi robusta1,48%
Kopi arabika1.10 %

Batas aman kansumsi kafeina

Batas aman konsumsi kafeina yang masuk ke dalam tubuh perharinya adalah 100–150 mg.

Dengan jumlah ini, tubuh sudah mengalami peningkatan aktivitas yang cukup untuk membuatnya tetap terjaga.

Selama proses pembutan kopi, banyak kafeina yang hilang karena rusak ataupun larut dalam air perebusan.

Di samping itu, pada beberapa kasus pengurangan kadar kafeina justru dilakukan untuk disesuaikan dengan tingkat kesukaan konsumen terhadap rasa pahit dari kopi. Metode yang umum dipakai untuk hal ini adalah Swiss Water Process.

Prinsip kerjanya adalah dengan menggunakan uap air panas dan uap untuk mengekstraksi kafeina dari dalam biji kopi.

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan pada era ini juga telah memungkinkan implementasi bioteknologi dalam proses pengurangan kadar kafeina.

Cara ini dilakukan dengan menggunakan senyawa theophylline yang dilekatkan pada bakteri untuk menghancurkan struktur kafeina.

Pemanggangan kopi

Setelah dipisahkan dari cangkangnya, biji kopi telah siap untuk masuk ke dalam proses pemanggangan.

Proses ini secara langsung dapat meningatkan cita rasa dan warna dari biji kopi. Secara fisik, perubahan biji kopi terlihat dari pengeringan biji dan penurunan bobot secara keseluruhan. Pori-pori di sekeliling permukaan biji pun akan terlihat lebih jelas. Warna cokelat dari biji kopi juga akan terlihat memekat.

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya tentang penyakit, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Memahami Prinsip dan Operasi Utama dalam Perbankan Islam: Riba,…

Perbankan Islam mengikuti prinsip-prinsip syariah yang sesuai dengan ajaran Islam. Ini melibatkan larangan terhadap riba (bunga), mempromosikan berbagai bentuk transaksi yang adil, serta mengutamakan...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *