fbpx

Herd Immunity Kekebalan kelompok atau Kekebalan kawanan – Komentar ahli tentang kekebalan kawanan

Apakah Herd Immunity?

Kekebalan kelompok atau herd immunity adalah suatu bentuk perlindungan tidak langsung dari penyakit menular yang terjadi saat sebagian besar populasi menjadi kebal terhadap infeksi, baik melalui infeksi sebelumnya atau vaksinasi, sehingga memberikan ukuran perlindungan bagi individu yang tidak kebal.

Makhluk hidup mengembangkan pertahanan alami di lingkungannya. Apakah dengan adanya herd immunity (kekebalan kelompok) berarti orang yang badannya sehat akan tetap hidup dan yang lemah akan meninggal?

Komentar ahli tentang kekebalan kawanan – Herd Immunity

Kekebalan kawanan menggambarkan fenomena bahwa individu yang berisiko dilindungi dari infeksi karena mereka dikelilingi oleh individu yang kebal. Penyebaran virus dengan demikian diminimalkan. Saat ini, kita berbicara sebagian besar tentang kekebalan kawanan dalam konteks vaksin.

Jika sejumlah besar individu dalam suatu populasi divaksinasi, mereka akan memberikan kekebalan kawanan kepada sejumlah kecil orang yang tidak divaksinasi (mis. Karena alasan medis atau agama). Kami baru-baru ini melihat kasus wabah campak di mana kekebalan kawanan tidak cukup tinggi karena anak-anak tidak divaksinasi karena ketakutan yang sama sekali tidak berdasar terhadap vaksinasi.

Baca juga ūüĎȬ†Bakteri dan Virus – Pebedaan, Persamaan, Pengobatan dan Contohnya

Herd immunity bisa untuk flu

Jika sebagian besar populasi akan mendapatkan vaksin flu yang dapat melindungi individu yang tidak diimunisasi. Masalah dengan flu adalah sulit untuk mengetahui jenis flu mana (anggaplah jenis sebagai variasi pada suatu tema: flu tetapi sedikit berbeda) yang akan menyebabkan infeksi pada titik waktu tertentu dan oleh karena itu vaksin flu tidak selalu 100% efektif.

Masalah utama dengan coronavirus adalah bahwa ini adalah virus baru yang belum pernah menyebar sebelumnya, yang berarti bahwa setiap orang berisiko terinfeksi.

Kekebalan kelompok hanya dapat dicapai dengan vaksinasi luas (tetapi saat ini tidak ada vaksin, dan mungkin perlu waktu lama sebelum vaksin yang efektif tersedia) atau oleh individu yang jatuh sakit dan pulih sehingga mengembangkan kekebalan alami terhadap virus atau bakteri.

Baca juga ūüĎȬ†Sudah berapa orang yang terkena virus corona di dunia? – Jumlah orang terkena virus korona Live Update

Apakah benar herd immunity (kekebalan kelompok) dapat mempersulit penyebaran penyakit? contohnya untuk Covid-19 atau Coronavirus?

Akhirnya, memang benar bahwa kekebalan Herd mempersulit penyebaran penyakit karena orang menjadi kebal setelah tertular atau divaksinasi ‘, dan inilah mengapa vaksinasi telah menjadi landasan pencegahan penyakit menular. Membiarkan penyakit menular yang berpotensi mematikan membakar populasi adalah cara lain untuk mencapai kekebalan kelompok, tetapi ia memiliki risiko dan kerugian besar (lihat di atas).

Inilah sebabnya mengapa kita masih perlu bekerja bersama untuk mencoba memperlambat dan meminimalkan penyebaran Covid-19 dengan mempraktikkan kebersihan tangan dan jarak sosial. Mudah-mudahan ini akan mengurangi tekanan pada NHS, memungkinkan lebih banyak orang untuk dirawat dan dengan demikian mengurangi jumlah orang yang sekarat akibat infeksi ini.

Baca juga ūüĎȬ†Virus Korona – Pengertian, Gejala, Tanda Gejala, Pencegahan dan Pengobatan

Bagaimana herd immunity bekerja?

Kekebalan kelompok dapat diukur dengan menguji sampel populasi untuk mengetahui parameter kekebalan yang dipilih. Efek kelompok dapat diukur dengan menghitung penurunan kejadian di segmen populasi yang tidak diimunisasi di mana program imunisasi dilembagakan.

Kekebalan ternak berlaku untuk imunisasi atau infeksi, ditularkan dari manusia ke manusia atau lainnya. Di sisi lain, efek kawanan berlaku untuk imunisasi atau intervensi kesehatan lainnya yang mengurangi kemungkinan penularan, terbatas pada infeksi yang ditularkan dari manusia ke manusia, secara langsung atau melalui vektor.

Vektor (biologi) Vektor adalah organisme yang tidak menyebabkan penyakit tetapi menyebarkannya dengan membawa patogen dari satu inang ke yang lain. Berbagai jenis nyamuk, sebagai contoh, berperan sebagai vektor penyakit malaria yang mematikan.

Kekebalan kawanan yang diinduksi dari vaksin yang diberikan menunjukkan variasi geografis karena tergantung pada cakupan dan kemanjuran vaksin, yang keduanya dapat bervariasi secara geografis. Efek kawanan ditentukan oleh kekebalan kawanan serta kekuatan penularan infeksi yang sesuai.

Pemahaman yang jelas tentang fenomena ini dan hubungannya akan membantu meningkatkan program imunisasi yang efektif dan efisien yang bertujuan mengendalikan, menghilangkan atau memberantas vaksin penyakit menular yang dapat dicegah.

Kapan imunitas herd tidak bekerja?

Salah satu kelemahan imunitas kawanan (herd immunity adalah bahwa orang-orang yang memiliki keyakinan yang sama tentang vaksinasi sering tinggal di lingkungan yang sama, pergi ke sekolah yang sama, atau menghadiri layanan keagamaan yang sama, sehingga mungkin ada kelompok besar yang berpotensi orang yang tidak divaksinasi yang berdekatan.

Begitu persentase individu yang divaksinasi dalam suatu populasi turun di bawah ambang batas kekebalan kawanan, paparan terhadap penyakit menular dapat menyebar dengan sangat cepat ke seluruh komunitas.

Apa yang bisa Anda lakukan?

Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Tanyakan tentang status imunisasi Anda dan apakah Anda dan anggota keluarga Anda mutakhir tentang suntikan Anda.

Tetap sesuai jadwal dengan vaksinasi tidak hanya membuat Anda aman, tetapi juga membuat orang yang Anda cintai dan komunitas Anda aman.

Sumber bacaan: Science Media Centre, Association for Professionals in Infection Control and Epidemiology (APIC),

Kapan instilah herd immunity (kekebalan kelompok) digunakan?

Istilah “kekebalan kelompok” pertama kali digunakan pada tahun 1923.

Kekebalan kelompok diakui sebagai fenomena yang terjadi secara alami pada 1930-an, ketika diamati bahwa setelah sejumlah besar anak menjadi kebal terhadap campak, jumlah infeksi baru ternyata menurun untuk sementara waktu, termasuk di antara anak-anak yang rentan.

Sejak saat itu, vaksinasi massal umum dilakukan untuk memicu timbulnya kekebalan kelompok dan terbukti berhasil mencegah penyebaran banyak penyakit menular.

Penolakan terhadap vaksinasi menghambat timbulnya kekebalan kelompok dan memungkinkan penyakit yang sebenarnya dapat dicegah tetap ada atau kembali muncul pada masyarakat yang memiliki tingkat vaksinasi yang tidak memadai.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ūüĎČ untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ūüĎČ untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons¬†‚ÄúOoo begitu ya‚Ķ‚Ä̬†akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan di PINTERpandai.com
Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kesehatan Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Pinter Pandai ‚ÄúBersama-Sama Berbagi Ilmu‚ÄĚ
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya 


By | 2020-03-24T01:00:29+07:00 Maret 24th, 2020|Geografi & Sejarah, IPA, Lainnya, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment