Nama-Nama Tokoh Geografi Klasik, Abad Pertengahan dan Modern Yang Paling Terkenal

Tokoh Geografi

Geografi adalah ilmu yang mempelajari bumi. Hal-hal seperti ekosistem alam, ciri-ciri fisik, pola migrasi, pola distribusi etnis dan aspek lain dari interaksi manusia-lingkungan semuanya tergantung pada ahli geografi. Para ahli dan tokoh geografi ini patut diperhatikan atas kontribusinya pada ilmu geografi.

Saat ini, tidak banyak orang yang bisa menyebut nama seorang ahli geografi terkenal. Di masa lalu, ketika sebagian besar dunia masih eksotis dan belum dijelajahi, ahli geografi menempati peran penting dalam masyarakat.

Eratosthenes

Tempat pertama untuk tokoh geografi harus diberikan kepada orang yang menciptakan istilah geografi adalah Eratosthenes (c.275–194 SM).

Dia menciptakan salah satu peta paling awal dari dunia yang diketahui antara 276-195 SM, tetapi kontribusi terbesarnya adalah konsep lintang dan bujur dan yang membuat pengukuran pertama dari ukuran Bumi untuk yang detailnya diketahui.

Eratosthenes menemukan kata geografi dari akar kata “geo” (bumi) dan “graphein” (menulis).

Dia juga orang pertama yang mampu menghitung ukuran bumi (dengan kesalahan minimal 2%), kemiringan sumbu bumi, dan bahkan mungkin jaraknya dari matahari. Bahkan tanpa pencapaian luar biasa lainnya ini, Eratosthenes akan tetap terkenal sebagai orang yang menciptakan geografi.

Al Idrisi

Yang kedua adalah ahli geografi dan kartografer abad ke-12 Abu Abd Allah Muhammad al-Idrisi al-Qurtubi al-Hasani al-Sabti, juga disebut Al Idrisi, atau Dreses (1100 – 1165)

Dia terkenal sebagai kartografer (pembuat peta) dan juga ahli geografi.

Seorang pria Renaisans pra-Renaisans, Al Idrisi tidak hanya membuat peta Eurasia dan Afrika utara yang ditemukan di Tabula Rogeriana, dia juga menulis akun yang sangat rinci tentang semua fitur geografis, kelompok etnis, faktor sosial ekonomi, dan fitur lainnya. dari setiap area yang dia gambar.

Informasinya diperoleh dari wawancara dengan pengunjung ke daerah yang dia tulis, serta perjalanannya sendiri – dalam periode waktu ketika hanya sedikit orang yang melakukan perjalanan lebih dari lima atau sepuluh mil dari rumah mereka, dia telah mengunjungi Spanyol, Portugal, Prancis, Anatolia , dan Inggris pada usia enam belas tahun, dan bepergian lebih jauh di kemudian hari.

Tabula Rogeriana adalah karya geografi dan kartografinya yang paling terkenal, dan diciptakan untuk Raja Roger II dari Sisilia.

Apa yang ditemukan Muhammad Al Idrisi?

Ahli geografi Arab Al-Idrisi mengawasi pembuatan lebih dari 70 peta. Peta al-Idrisi ini memuat Laut Mediterania, Afrika bagian utara, Eropa, dan sebagian Asia.

Baca juga 👉 Konsep Geografi Beserta Contoh, Soal dan Jawaban

Alexander von Humboldt

Alexander von Humboldt (14 September 1769 – 6 Mei 1859)

Alexander von Humboldt adalah seorang penjelajah dan naturalis selama abad ke-18 hingga ke-19.

Karyanya meletakkan dasar bagi ilmu biogeografi. Dia adalah orang pertama yang mengembangkan gagasan bahwa pola cuaca, geologi, dan biologi semuanya berperan dalam menentukan tanaman mana yang mampu tumbuh subur di area mana.

Dia dengan susah payah mengumpulkan data geografis dan biologis selama beberapa tahun, dan dengan hati-hati menelusuri hubungan yang dia temukan di antara mereka. Hasil akhirnya adalah Kosmos, sebuah karya multi-volume yang mencakup aspek geografi dan ilmu alam yang dia dedikasikan dalam hidupnya.

Apa yang ditemukan Alexander von Humboldt?

Humboldt dan Bonpland menemukan dan memetakan Kanal Casiquiare, satu-satunya kanal alami di dunia yang menghubungkan dua sungai besar (Sungai Orinoco dan Sungai Negro, anak sungai Amazon).

Baca juga 👉 Filosofi dan Filsuf Terkenal dalam Sejarah (Filsafat)

Ptolemeus

Ptolemeus adalah firaun Ptolemeus Mesir dari 305/304 SM sampai kematiannya. Dia adalah pendiri dinasti Ptolemeus yang memerintah Mesir sampai kematian Cleopatra pada 30 SM, mengubah negara itu menjadi kerajaan Helenistik dan Aleksandria menjadi pusat kebudayaan Yunani.

Apa teori Ptolemeus?
Sistem Ptolemeus adalah sistem geosentris yang mendalilkan bahwa jalur Matahari, Bulan, dan planet yang tampaknya tidak teratur sebenarnya adalah kombinasi dari beberapa gerakan melingkar biasa yang terlihat dalam perspektif dari Bumi yang diam.

Abraham Ortelius

Abraham Ortels atau Abraham Wortels, (lahir 14 April 1527, Antwerpen [Belgia] —meninggal 4 Juli 1598, Antwerpen), kartografer Flemish dan pedagang peta, buku, dan barang antik, yang menerbitkan atlas modern pertama, Theatrum orbis terrarum (1570; “Teater Dunia”).

Apa teori Abraham Ortelius?

Pada tahun 1596, kartografer Abraham Ortelius mencatat bahwa garis pantai Afrika dan Amerika Selatan tampak cocok satu sama lain, memaksanya untuk mengusulkan bahwa benua-benua itu pernah disatukan tetapi dipisahkan oleh “gempa bumi dan banjir”. Namun, teori lempeng tektonik mewakili ilmu yang relatif cukup muda.

Terlatih sebagai pemahat, Ortelius sekitar tahun 1554 mendirikan bisnis buku dan barang antiknya. Sekitar tahun 1560, di bawah pengaruh Gerardus Mercator, Ortelius menjadi tertarik untuk membuat peta. Dalam satu dekade ia menyusun peta dunia pada proyeksi berbentuk hati (1564), Mesir (1565), dan Asia (1567), serta edisi pertama Theatrum, yang berisi 70 peta yang berasal dari 87 otoritas. dan diukir dengan gaya seragam. Diperbesar dan diperbarui dalam edisi-edisi berturut-turut hingga akhir 1612, Theatrum tampaknya menjadi atlas paling populer pada masanya. Ortelius ditunjuk sebagai ahli geografi untuk Philip II dari Spanyol (1575). Faksimili Theatrum diterbitkan pada tahun 1964.

Immanuel Kant

Immanuel Kant (22 April 1724 – 12 Februari 1804).

Meskipun Kant lebih dikenal sebagai filsuf abad ke-18 daripada ahli geografi, karyanya adalah sebagian besar alasan mengapa geografi diperlakukan sebagai sains yang sah saat ini.

Ia percaya bahwa geografi mengklasifikasikan sesuatu menurut tempat, sedangkan sejarah mengklasifikasikan sesuatu menurut waktu. Akibatnya, menurut Kant, geografi memiliki tempat yang penting di hampir setiap segi pengetahuan.

Pada 1757, Immanuel Kant menjadi orang pertama yang secara khusus mengajar geografi sebagai subjeknya sendiri saat di Universitas Königsberg.

Dengan menetapkan pentingnya geografi secara akademis, dia memberikan legitimasi yang lebih besar pada geografi sebagai disiplin intelektual.

Carl Ritter

Berikutnya, salah satu tokoh geografi klasik terpenting dalam geografi modern adalah Carl Ritter (7 Agustus 1779 – 28 September 1859).

Bekerja selama abad ke-19, Ritter memperlakukan berbagai fitur geografis dunia seperti organ dalam tubuh manusia – ia percaya bahwa masing-masing berinteraksi dengan yang lain untuk menciptakan keseluruhan yang kohesif, dan bahwa, seperti organ seseorang menentukan kesehatannya, ciri-ciri geografis suatu tempat mempengaruhi sejarah penduduknya.

Dia menulis 19 volume Geography in Relation to Nature and the History of Mankind (Die Erdkunde im Verhältniss zur Natur und zur Geschichte des Menschen), dan, bersama dengan Kant, berperan penting dalam menetapkan geografi sebagai bidang studi.

Arnaldo Faustini

Arnaldo Faustini adalah tokoh geografi dan orang yang diberi nama kawah bulan Faustini. Dia adalah seorang ahli geografi, penulis, dan kartografer yang lahir pada tahun 1872 yang hidup hingga tahun 1944.

Dia mengkhususkan diri pada kutub, dan menulis sembilan belas buku berbeda tentang subjek yang berhubungan dengan kutub saja, serta artikel lain yang tak terhitung jumlahnya tentang mereka.

Dia mengenal beberapa penjelajah kutub pada saat itu, membantu mereka menerjemahkan kisah perjalanan mereka ke dalam bahasa lain, dan menggambar peta wilayah yang mereka jelajahi. Ketertarikan Faustini dengan kutub membentuk dasar untuk beberapa eksplorasi kutub, dan karyanya masih dipajang di Museum Kutub di Fermo, Italia.

Sebagian besar ahli dan tokoh geografi terbaik juga merupakan kartografer, dan sebaliknya. Pembuatan peta dan geografi adalah kerja cinta yang sama pentingnya dengan sains. Sementara banyak kartografer adalah seniman dan penulis, banyak ahli geografi adalah filsuf dan penjelajah.

Semua ahli geografi terkenal menunjukkan keingintahuan tentang dunia dan orang-orang di sekitar mereka, dan mengembangkan cara baru untuk menafsirkan hal-hal yang mereka lihat. Orang-orang ini membantu membentuk pemahaman kita tentang bagaimana alam mempengaruhi jalannya sejarah manusia, dari hal-hal seperti daerah di mana orang cenderung menetap, hingga pembentukan jalur perdagangan dan pertukaran budaya, hingga pengembangan budaya yang berbeda di seluruh dunia.

Ellen Churchill Semple

Ellen Churchill Semple lahir pada 8 Januari 1863 di Kentucky. Dia belajar sejarah tetapi menjadi tertarik pada geografi ketika dia mengunjungi Inggris. Dia menjadi wanita pertama yang memegang posisi presiden Association of American Geographers.

Ellen Semple adalah bagian dari pengembang awal geografi di AS. Semple mengemukakan teori determinisme lingkungan. Dia mempromosikan gagasan bahwa budaya dan sejarah manusia terutama ditentukan oleh lingkungan fisik, yang memicu banyak kontroversi. Kontroversi ini diawali oleh pendekatan anti-deterministik yang muncul kemudian. Antropogeografi dan lingkungan hidup adalah beberapa karya yang diidentikkan dengannya.

Paul Vidal de la Blache

Paul Vidal de la Blache lahir pada 22 Januari 1845 di Prancis dan diakui secara luas untuk studinya di bidang geografi. Blache adalah seorang pemberi pengaruh penting dalam geografi modern. Vidal adalah salah satu pendiri geografi Prancis modern.

Paul Vidal mendirikan Sekolah Geopolitik Prancis. Dia melembagakan geografi manusia di antara ilmu-ilmu manusia. Vidal memperkenalkan beberapa konsep dalam analisisnya yang ekstensif tentang persekutuan usaha manusia dan lingkungan yang ditempati manusia. Konsep Possibilisme, genre de vie dan geografie humaine semuanya terkait dengan Blache.

Halford Mackinder

Nama lengkapnya Sir Halford John Mackinder, (lahir 15 Februari 1861, Gainsborough, Lincolnshire, Inggris — meninggal 6 Maret 1947, Parkstone, Dorset).

Dia adalah ahli dan tokoh geografi politik Inggris yang terkenal karena pekerjaannya sebagai pendidik dan konsepsi geopolitiknya tentang dunia dibagi menjadi dua kubu, “pusat” Eurasia yang berkuasa dan “tanah maritim” yang lebih rendah, termasuk benua lainnya. Dia dianugerahi gelar bangsawan pada tahun 1920.

Sir Halford Mackinder menerbitkan teori Heartland. Teori tersebut mengusulkan bahwa siapa pun yang menguasai Eropa Timur akan mengendalikan Heartland. Itu juga mendukung konsep dominasi dunia. Penjelasan – Versi yang lebih direvisi menjelaskan bahwa siapa pun yang mengontrol jantung, mengontrol pulau dunia.

Dimana teori Heartland? Heartland terletak di tengah pulau dunia, membentang dari Volga ke Yangtze dan dari Himalaya hingga Kutub Utara.

Yi-Fu Tuan

Yi-Fu Tuan lahir 5 Desember 1930. Dia adalah seorang ahli geografi Cina-Amerika. Tuan terkenal karena pemikiran perintis dalam geografi manusia, dan dikreditkan dengan menciptakan cabang geografi humanistik.

Ilmu geografi humanistik ini merupakan hasil penggabungan geografi manusia dengan ilmu lain seperti filsafat, psikologi, seni, dan juga agama. Geografi humanistik bertujuan untuk mempelajari interaksi manusia dengan ruang dan lingkungannya pada tingkat fisik dan sosial.

William Morris Davis

Apa yang membuat William Morris Davis terkenal? William Morris Davis, (lahir 12 Februari 1850, Philadelphia — meninggal 5 Februari 1934, Pasadena, California, AS), ahli geografi, ahli geologi, dan meteorologi AS yang mendirikan ilmu geomorfologi, studi tentang bentang alam.

Geomorfologi adalah studi tentang bentang alam, proses, bentuk, dan sedimennya di permukaan bumi (dan terkadang di planet lain). Studi termasuk melihat lanskap untuk mengetahui bagaimana proses permukaan bumi, seperti udara, air dan es, dapat membentuk lanskap.

Apa siklus erosi Davis? Siklus erosi adalah model untuk erosi sungai dan pengembangan lanskap yang diusulkan oleh William Morris Davis pada akhir abad ke-19. Konsep dasarnya mencakup pengangkatan tektonik yang cepat, diikuti dengan penghentian daratan, yang memungkinkan sungai dan aliran sungai untuk mengurangi permukaan hingga mendekati permukaan laut.

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: World Atlas,

Sumber foto: FreeIMG

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-01-16T23:28:23+07:00 Januari 16th, 2021|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment