PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Operasi transplantasi jantung manusia pertama dilakukan pada 3 Desember 1967 oleh Dr Barnard

4 min read

Transplantasi jantung

Operasi transplantasi jantung manusia pertama dilakukan pada 3 Desember 1967

Operasi transplantasi jantung manusia pertama dilakukan pada 3 Desember 1967 oleh Dr Christiaan Barnard

Christiaan Neethling Barnard (lahir 8 November 1922 di Beaufort West, Afrika Selatan; 2 September 2001 di Paphos, Siprus) adalah seorang ahli bedah jantung Afrika Selatan dan pelopor dalam bidang transplantasi jantung.

Pada tanggal 3 Desember 1967, tim transplantasi Afrika Selatan yang dipimpin oleh Christiaan Barnard melakukan transplantasi jantung pertama di dunia di Rumah Sakit Groote Schuur di Cape Town. Pasien Louis Washkansky selamat dari operasi selama 18 hari.

Pada tahun 2004, Barnard terpilih kedua di belakang Nelson Mandela dalam daftar 100 orang Afrika Selatan terbesar sepanjang masa (“100 Orang Afrika Selatan Terbesar sepanjang masa”). Dia telah menjadi legenda tidak hanya di Afrika Selatan sejak tahun 1960-an.

Apakah operasi transplantasi jantung itu?

Transplantasi jantung adalah operasi untuk mengganti jantung yang sakit kritis atau rusak parah pada seseorang dengan jantung yang sehat dari donor manusia. Transplantasi dilakukan jika gagal jantung kongestif atau kerusakan jantung tidak dapat diobati dengan obat-obatan atau operasi lainnya. Transplantasi hanya untuk orang yang berisiko tinggi meninggal dalam satu atau dua tahun ke depan karena penyakit jantung.

Umumnya, transplantasi jantung dipertimbangkan dalam dua jenis kasus. Pertama, jika terjadi lesi jantung ireversibel yang terkait dengan penyakit arteri koroner yang menyebabkan serangan jantung serius (infark miokard). Kedua, dengan penyakit otot jantung, atau kardiomiopati, yang mencegah jantung berkontraksi secara normal karena kerusakan sel otot. Lebih jarang, bentuk lain dari penyakit jantung memerlukan transplantasi jantung, seperti penyakit jantung bawaan, yang ditandai dengan masalah struktural yang ada saat lahir.

Baca juga: Takikardia Detak Jantung Cepat Saat Istirahat | Gejala, Diagnostik, Penyebab dan Perawatan

Ada beberapa risiko yang terkait dengan transplantasi jantung, termasuk komplikasi selama dan setelah operasi serta kematian. Sebuah tim dokter dan profesional kesehatan lainnya menilai kondisi setiap pasien yang dirujuk untuk menentukan mana yang mungkin mendapat manfaat dari transplantasi. Jika seorang pasien memenuhi syarat untuk transplantasi jantung, nama mereka ditempatkan pada daftar tunggu nasional. Pasien diberi peringkat di sana dalam urutan prioritas, berdasarkan tingkat keparahan kondisi mereka. Dengan demikian, pasien yang paling sakit umumnya menerima cangkok terlebih dahulu.

Keterangan

  1. Sebelum operasi, sejumlah besar pemeriksaan dilakukan.
  2. Perawat atau dokter meminta pasien untuk menandatangani formulir persetujuan, jika tidak prosedur tidak dapat dilakukan.
  3. Pasien menjalani anestesi umum dan dengan demikian tetap tidak sadar selama prosedur.
  4. Pasien dibawa dengan tandu ke ruang operasi jantung.
  5. Dokter bedah membuat sayatan di dada pasien dan kemudian memotong tulang dada untuk mengakses jantung.
  6. Pembuluh darah jantung terhubung ke mesin bypass cardiopulmonary, juga disebut “mesin jantung-paru”, yang memompa darah ke seluruh tubuh pasien selama operasi.
  7. Setelah perangkat menyala, jantung dikeluarkan dari dada pasien.
  8. Ahli bedah kemudian menghubungkan jantung donor ke pembuluh utama dan jaringan jantung pasien yang tersisa.
  9. Jika jantung baru tidak mulai berdenyut secara otomatis, denyut listrik kecil diterapkan untuk memulainya. Semua sayatan kemudian ditutup.
  10. Pasien tetap berada di Unit Perawatan Intensif Bedah Jantung (USICC) sampai kondisinya memungkinkan untuk dipindahkan ke ruang perawatan biasa. Setelah operasi dan selama sisa hidupnya, pasien perlu minum obat anti penolakan.
  11. Rata-rata lama tinggal di rumah sakit setelah transplantasi jantung adalah 14 hari.

Instruksi kepada pasien

Penting agar pasien yang menunggu transplantasi jantung dapat dihubungi dengan cepat, misalnya melalui telepon seluler atau pager. Pasien yang tinggal jauh dari Institut Jantung Universitas Ottawa mungkin diminta untuk menyediakan akomodasi di daerah Ottawa sambil menunggu transplantasi mereka.

Informasi tambahan

Penerima transplantasi jantung perlu minum obat yang berbeda, beberapa di antaranya akan bertahan selama sisa hidup mereka. Ini termasuk:

  • Imunosupresan, obat yang menekan respons imun alami tubuh, yang dapat merusak jantung baru;
  • Antibiotik, antivirus dan fungisida untuk melawan infeksi, karena respon imun pasien transplantasi dilemahkan oleh imunosupresan;
  • Obat-obatan untuk mencegah penyakit arteri koroner dan untuk mengatur tekanan darah.

Setelah operasi transplantasi jantung, tes darah dan sampel jaringan jantung (biopsi) dilakukan secara teratur untuk melihat tanda-tanda penolakan transplantasi. Penting untuk menghindari paparan kuman penyebab penyakit sebanyak mungkin, karena sistem kekebalan pasien tidak seefektif sebelum transplantasi.

Kenapa kita melakukannya?

Transplantasi jantung digunakan untuk mengobati gagal jantung parah dan stadium akhir. Gagal jantung ini mungkin disebabkan oleh kerusakan pada jantung yang disebabkan oleh:

  • penyakit arteri koroner, seperti serangan jantung;
  • tekanan darah tinggi parah yang tidak diobati (penyakit jantung hipertensi);
  • gangguan katup jantung;
  • infeksi seperti virus;
  • alkohol dan penggunaan obat-obatan terlarang;
  • penyakit jantung bawaan;
  • penyakit jantung bawaan (cacat jantung yang ada saat lahir);
  • penyebab yang tidak diketahui (idiopatik).
  • Pada pasien yang sakit kritis, jantung mekanis (alat bantu mekanis) dapat dipasang sementara sambil menunggu donor organ.

Bagaimana prosedurnya?

Selama intervensi ini:

  • Sebuah mesin akan memompa darah ke seluruh tubuh Anda;
  • Sebagian besar hati yang lama dan tidak mencukupi akan disingkirkan;
    Dinding posterior dari dua ruang atas (atrium) tetap di tempatnya dan jantung baru melekat pada jaringan yang tersisa ini;
    Pembuluh darah yang masuk dan keluar dari jantung juga dijahit ke jantung yang baru. (Sebagai tindakan pencegahan, elektroda alat pacu jantung juga dipasang pada permukaan jantung yang baru dan dapat dipasang ke alat pacu jantung jika diperlukan. Sebelum Anda melepaskannya, elektroda ini akan dilepas);
    Jantung yang baru kemudian diberi kejutan listrik untuk mulai berdetak kembali dan tulang rusuk ditutup.

Penyakit Jantung | Apa Saja Jenisnya?


Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, NHS UK, The Johns Hopkins University, American Heart Association

Sumber foto: Wikimedia Commons (CC BY-SA 3.0)

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Efek Radiasi Sinar Kosmik Pada Makhluk Hidup

Apa saja efek radiasi sinar kosmik pada makhluk hidup? Kehidupan di Bumi dimungkinkan berkat atmosfer dan medan magnet Bumi, pada kenyataannya, tanpa kedua elemen...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *