fbpx

Organ-Organ Pencernaan Manusia – Pengertian dan Contoh

Pengertian Organ Pencernaan Manusia

Organ pencernaan manusia adalah sistem organ yang menerima makanan, mencernanya menjadi energi dan nutrien, serta mengeluarkan sisa proses tersebut melalui dubur. Sistem pencernaan antara satu hewan dengan yang lainnya bisa sangat jauh berbeda.

Secara spesifik, sistem pencernaan berfungsi untuk mengambil makanan, memecahnya menjadi molekul nutrisi yang lebih kecil, menyerap molekul tersebut ke dalam aliran darah, kemudian membersihkan tubuh dari sisa pencernaan.

2 Macam Proses Pencernaan

Pada sistem pencernaan manusia, terdapat menjadi 2 macam proses pencernaan, yaitu secara:

  • Mekanik

Pada saat kita memakan roti, nasi, pisang, atau keripik misalnya, makanan tersebut kita kunyah berarti proses pencernaan mekanik (fisik) sedang berlangsung. Jadi proses pencernaan mekanik adalah proses perubahan makanan dari bentuk besar atau kasar menjadi lebih kecil atau halus. Pada manusia maupun mamalia pada umumnya, proses pencernaan mekanik terjadi dengan menggunakan organ gigi.

  • Kimia (enzimatis)

Pada saat kita mengunyah makanan, kelenjar ludah menyekresikan air liur yang mengandung enzim pencernaan yang akan bereaksi dengan makanan tersebut. Berarti, proses pencernaan kimiawi pun sedang terjadi.

Dengan demikian, pencernaan kimiawi merupakan proses perubahan makanan dari zat yang kompleks menjadi zat-zat yang lebih sederhana dengan menggunakan enzim. Enzim adalah zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh yang berfungsi mempercepat reaksi-reaksi kimia dalam tubuh.

 

Diagram Sistem Pencernaan

Organ-organ pencernaan manusia:

Organ pencernaan manusia

Diagram sistem pencernaan. Organ-organ pencernaan manusia. Sumber foto: Wikimedia Commons

Rongga mulut
Amandel
Lidah
Kelenjar ludah
Sublingualis (bawah lidah)
Submandibularis (bawah rahang)
Parotis
11 Esofagus
12 Hati
13 Kantung empedu
14 Saluran empedu
15 Lambung
16 Pankreas
17 Saluran pankreas
19 duodenum
21 Ileum
22 Appendiks/Umbai cacing
23 Kolon
24 Kolon transversum
25 Kolon ascenden
26 Sekum
27 Kolon descenden
29 Rektum/Poros usus
30 Anus

 

2 Kelompok Organ yang Termasuk Dalam Sistem Pencernaan Manusia

  • Saluran pencernaan

Saluran pencernaan merupakan saluran yang kontinyu berupa tabung yang dikelilingi otot. Saluran pencernaan mencerna makanan, memecah nya menjadi bagian yang lebih kecil dan menyerap bagian tersebut menuju pembuluh darah. Organ-organ yang termasuk di dalam nya adalah : mulut, faringesofaguslambung, usus halus serta usus besar. Dari usus besar makanan akan dibuang keluar tubuh melalui anus.

  • Organ pencernaan tambahan (aksesoris)

Organ pencernaan tambahan ini berfungsi untuk membantu saluran pencernaan dalam melakukan kerjanya. Gigi dan lidah terdapat dalam rongga mulut, kantung empedu serta kelenjar pencernaan akan dihubungkan kepada saluran pencernaan melalui sebuah saluran. Kelenjar pencernaan tambahan akan memproduksi sekret yang berkontribusi dalam pemecahan bahan makanan. Gigi, lidah, kantung empedu, beberapa kelenjar pencernaan seperti kelenjar ludahhati dan pankreas.

 

Organ-organ Pencernaan Manusia

organ organ sistem pencernaan
footage.framepool.com

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa pada tubuh manusia terdapat sebuah sistem yang membantu kita dalam menyerap zat gizi pada makanan. Sistem tersebut disebut sistem pencernaan. Pada sistem pencernaan manusia terdapat beberapa organ pencernaan yang memiliki fungsi masing-masing, berikut penjelasannya.

1. Mulut

organ mulut pada sistem pencernaan
econoce.com

Mulut adalah organ pencernaan yang paling pertama dalam proses pencernaan pada manusia. Fungsi yang paling utama perut adalah untuk menghancurkan makanan agar dapat ditelan menuju perut.

Mulut dapat menghancurkan makanan karena didalam mulut ada gigi & lidah. Gigi ini berfungsi sebagai penghancur makanan. Sedangkan lidah memiliki fungsi untuk membolak-balikan makanan agar seluruh makanan hancur dengan rata.

Bukan itu saja lidah juga berfungsi sebagai alat membantu untuk menelan makanan. Lidah dan gigi adalah alat pada sistem pencernaan yang memiliki sistem mekanis. Selain mencerna makanan secara mekanis, mulut juga mengalami proses pencernaan yang menggunakan cara kimiawi.

Proses terjadi pencernaan kimiawi terjadi dikarenakan adanya air liur yang menghasilkan lendir, air, dan enzim ptialin. Lendir dan air pada mulut berguna untuk melumasi rongga pada mulut agar lebih mudah dalam proses menghancurkan makanan.

Bukan hanya ada gigi tetapi lidah juga ada didalam mulut. Lidah berfungsi sebagai indra pengecap pada manusia.

 

2. Kerongkongan

kerongkongan
nafiun.com

Organ pada sistem pencernaan manusia yang selanjutnya adalah kerongkongan. Setelah manusia mekunyah makanan dimulut, maka makanan akan ditelan masuk melalui kerongkongan dan lalu masuk ke lambung.

Kerongkongan ini memiliki fungsi untuk mengalirkan makanan dari mulut menuju lambung. Pada dalam leher manusia memiliki 2 saluran, saluran yang pertama adalah kerongkongan yang terdapat di belakang. Saluran yang kedua adalah trakea yang terdapat pada bagian depan.

Bukan hanya sebagai penghubung antara mulut dengan lambung. Tenggorokan juga berfungsi sebagai saluran pernafasan yang menghubungkan anta rongga mulut dengan paru-paru.

Pada bagian dalam mulut ada sebuah persimpangan dua saluran yang dijaga oleh klep yang dinamakan epiglotis. Pada waktu manusia bernafas klep tersebut akan terbukan sehinggan udara dapat masuk ke tenggorokan, dan sebaliknya ketika makanan ingin masih maka klep tersebut akan tertutup sehingga makanan tidak masuk ke tenggorokan.

Klep tersebut sangat berfungsi untuk memperlancar proses pencernaan dan pernafasan pada tenggorokan agar lebih lancar. Disaat makanan melewati kerongkongan, makanan akan didorong menuju lambung oleh otot-otot yang ada dibagian kerongkongan.

Proses ini terjadi karena pada dinding kerongkongan ada sebuah lapisan yang tersusun atas otot polos yang melingkar dengan rapih dan memanjang serta berkontraksi secara beraturan dan bergantian.

Oleh karena itu makanan akan berangsur-angsur terdorong menuju lambung. Dibagian kerongkongan makanan tidak mengalami proses pencernaan, makanan hanya lewat saja.

 

3. Lambung

organ pencernaan lambung
sainsbiologi.com

Bagian organ pencernaan yang selanjutnya adalah lambung. Bagian ini adalah sebuah alat pencernaan yang memiliki bentuk seperti kantung. Dinding lambung ini tersusun dari atas otot-otot yang melingkar, memanjang, dan menyerong.

Bentuk dan lapisan lambung yang seperti gambar diatas memungkinkan makanan yang masuk akan dibolak-balik dan diremas lagi agar makanan menjadi lebih hancur atau halus.

Makanan yang dikunyah didalam mulut belum terlalu hancur, oleh karena itu harus dihaluskan kembali lagi oleh lambung. Agar lambung anda tidak bekerja lebih berat maka sebaiknya anda mekunyah makanan lebih halus sebelum makanan tersebut tertelan.

Selain mencerna makanan dengan cara mekanis, lambung juga melakukan proses pencernaan dengan menggunakan cara kimiawi. Sama seperti mulut lambung juga juga memiliki air dan lendir, dan memiliki beberapa enzim yang dapat membantu dalam proses pencernaan.

Karena lambung memiliki sifat asam maka lambung dapat membunuh kuman yang masuk bersama dengan makanan yang ditelan manusia. Sementara itu, enzim renin dapat mengumpulkan air susu sehingga dicerna lebih lanjut dan baik.

 

4. Hati

organ pencernaan hati
chalavinovianty.blogspot.co.id

Hati merupakan salah satu organ pencernaan yang terletak pada bagian bawah sekat rongga badan dan mengisi sebagian besar bagian atas rongga perut sebelah kanan. Hati membuat empedu tang terkumpul dalam kantung empedu. Empedu ini menjadi kental karena airnya diserap kembali oleh dinding kantung empedu. Di saat-saat tertentu, empedu dipompa menuju usus 12 jari melewati saluran empedu.

Fungsi hati di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memproduksi enzim-enzim.
  2. Melakukan perombakan sel darah merah yang telah mati.
  3. Menampung vitamin A, D, E, dan K yang kandungannya lebih.
  4. Menyimpan cadangan gula dalam bentuk glikogen dan mengubahnya menjadi glukosa bila diperlukan.
  5. Mengubah kolesterol dan asam amino menjadi glukosa dalam kondisi tubuh kehabisan glikogen.
  6. Menetralisir zat-zat kimia berbahaya hasil metabolisme tubuh sendiri maupun yang dari luar tubuh.

5. Usus Halus

usus halus atau kecil
cancer.gov

Usus halus merupakan salah satu organ pencernaan manusia. Setelah makanan dicerna oleh lambung maka selanjutnya makanan akan dicerna oleh usus halus. Usus halus merupakan suatu saluran menyerupai selang dengan diameter sekitar 2,5 cm.

Jika dihamparkan, panjang usus halus bisa melebihi 6 meter. Pada usus halus ada struktur yang dinamakan dengan vili. Vili adalah tonjolan-tonjolan yang menambah luas permukaan usus yang mengakibatkan meningkatkan volume penyerapan. Di permukaan vili sendiri ada mikrovili.

Usus halus ini memiliki 3 bagian yaitu:

  • Usus dua belas jari (Duodenum) karena panjangnya sekitar dua belas jari orang dewasa yang disejajarkan.
  • Usus kosong (Jejenum) karena pada usus orang yang telah meninggal bagian organ pencernaan itu kosong.
  • Usus penyerapan (Ileum) karena pada bagian tersebut zat-zat makanan diserap oleh tubuh.

Bagian usus 12 jari berfungsi sebagai alat pencernaan dengan menggunakan sistem kimiawi. Didalam usus 12 ini terdapat pankreas dan empedu yang mengeluarkan cairan pencernaan. Sedangkan empedu ini dihasilkan oleh kantung empedu yang sangat berperan mencerna lemak.

Sedangkan untuk pankreas ini memiliki kandungan enzim-enzim pencernaan yang memiliki peran penting salah satu nama enzimnya adalah amilase, tripsinogen, dan lipase. Tripsinogen ini diaktifkan oleh zat yang bernama enterokinase yang memiliki fungsi untuk mencerna protein menjadi asam amino.

Sedangkan untuk Amilase ini akan mencari amilum untuk mencerna agar dapat menjadi glukosa, sedangkan untuk lipase ini mencerna lemak untuk dijadikan sebagai lemak dan gliserol.

Selain enzim-enzim tersebut usus halus juga menghasilkan enzim-enzim lain yang membantu pencernaan makanan, seperti peptidase dan maltase.

Pencernaan makanan berakhir di ileum. Di sini makanan yang telah dicerna akan diserap dinding ileum. Glukosa, asam amino, mineral, dan vitamin akan diserap melalui pembuluh darah dinding ileum.

Adapun asam lemak dan gliserol akan diserap melalui pembuluh getah bening. Pembuluh getah bening ini pada akhirnya akan bermuara pada pembuluh darah sehingga sari-sari makanan dapat diedarkan ke seluruh
tubuh.

 

6. Usus Besar

usus besar
brainly.co.id

Organ pencernaan yang selanjutnya adalah usus besar. Usus besar ini berfungsi sebagai penghalus makanan yang belum hancur. Didalam usus besar ini menjadi tempat penyerapan air dan pembusukan sisa-sisa pencernaan yang dilakukan usus halus.

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala penyakit atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.
Sumber bacaan: Britannica

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-07-23T19:45:31+07:00 Juli 20th, 2019|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment