Apakah Anda Takut Hantu? Phasmofobia Adalah Fobia Akan Hantu

Apakah Phasmophobia Itu?

Phasmophobia atau phasmofobia adalah seseorang yang takut hantu.

Kata ini berasal dari bahasa Yunani kata “phasmos” yang berarti “supranatural makhluk / hantu” dan phobos yang berarti “ketakutan yang mendalam atau ketakutan”. Kata lain untuk itu adalah Spectrophobia, yang berasal dari ‘hantu’ atau “refleksi dan bayangan”. Banyak orang tua dan muda yang takut hantu.

Orang yang takut akan hantu, sering disertai dengan fobia lainnya seperti takut cermin, takut foto-foto, takut bayangan dan takut gelap.

Kenapa Kita Takut?

Rasa takut adalah salah satu bagian dari emosi kita, sebagaimana kita bersedih. Dan setiap emosi dapat menimbulkan gejolak fisik tertentu. Pasti ada bagian tubuh kita yang terpengaruh terhadap perasaan kita walau itu sangat kecil.

Ketakutan ini tertanam dalam diri kita semenjak kecil dan didorong lebih lanjut seperti dengan TV, agama dan budaya. Bagi orang-orang yang memiliki ketakutan ekstrim akan hantu, hidup dapat menjadi benar-benar menyedihkan. Banyak yang menolak untuk melangkah keluar setelah gelap, atau tidur sendiri atau mematikan lampu.

Penyebab Spectrophobia / Phasmofobia

Kecemasan antisipatif, takut akan hal-hal kematian yang tidak diketahui ini dapat memicu terjadinya Spectrophobia. Hal ini didorong lebih lanjut oleh film, cerita-cerita atau dongeng rakyat menakutkan, agama / kepercayaan takhayul dan berita atau laporan media lainnya tentang “penampakan hantu”.

Amigdala, bagian dari otak mengeluarkan zat kimia yang memicu ketakutan. Otak kita hanya melakukan sebagai bagian dari mekanisme pertahanan. Contohnya, seorang anak mungkin telah ditakut-takuti oleh saudara atau teman-teman, sebagai akibatnya anak tersebut cenderung untuk mengingat peristiwa-peristiwa yang menakutkan tersebut, setiap kali dia sendirian atau ditempat yang gelap.

Hubungan Hollywood Dan Phasmofobia

Banyak acara TV, film-film Hollywood, budaya atau agama juga akan menambah ketakutan akan hantu. Hantu digambarkan sebagai entitas “jahat” yang biasanya dapat melukai, merugikan atau memiliki kecenderungan kekerasan. Cerita hantu menculik dan membunuh anak-anak atau hewan peliharaan, menghabiskan tabungan hidup seseorang atau menghancurkan rumah tangga juga memicu Spectrophobia.

Banyak ilmuwan percaya bahwa Phasmophobia sebenarnya ketakutan akan kematian kita sendiri atau hal-hal yang mungkin akan datang. Konsep “orang mati yang dapat pulang kembali” yang biasanya menghantui banyak orang, mungkin kadang-kadang dipicu oleh stres yang berasal dari keyakinan bahwa seseorang yang dekat dengan mereka akan meninggal.

Gejala Phasmophobia

Phasmophobia bisa sangat mengganggu atau melemahkan bahwa mereka menderita banyak gejala fisik, sosial dan emosional.

  • Jantung berdebar-debar, stres dan kecemasan atau panik serangan yang umum dalam kasus tersebut.

  • Anak-anak, misalnya, mungkin mulai menjerit, menangis atau mengompol. Terjaga di malam hari, berhalusinasi dan mungkin memulai fantasi-fantasi yang paling umum dari rasa takut hantu.

  • Banyak penderita menunjukkan penurunan kinerja di sekolah atau ditempat dia bekerja. Kurang tidur akan meningkatkan stres dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi. Mereka cenderung memiliki perubahan suasana hati, atau mungkin muncul  denganmudah rasa tersinggung, marah atau menangis atas masalah-masalah kecil. Mungkin juga muncul rasa membutuhkan, tertekan, selalu menempel, pemalu dan mudah terkejut.

  • Kehidupan sosial yang buruk, pada umumnya sebagai hubungan mereka dengan rekan-rekan atau anggota keluarga yang menjadi tegang atau banyak permasalahan.

  • Kesehatan orang yang menderita penyakit tersebut mungkin mereka terkena diabetes, hipertensi dan penyakit jantung akan meningkat.

  • Ketegangan otot, sakit dan nyeri, gangguan pencernaan berupa mual, diare, muntah, sakit kepala, dll adalah hal yang umum. Peningkatan keringat, blotchiness kulit dan ruam adalah gejala lain dari Spectrophobia.

  • Insomnia, pusing, pingsan, peningkatan frekuensi kencing juga dapat diamati pada pasien.

  • Banyak pasien yang mengungkapkan rasa takut mati, bencana-bencana yang akan terjadi sebentar lagi.

Cara Mengobati dan Mengatasi Ketakutan Terhadap Hantu

  • Seringkali, banyak individu dengan Phasmophobia menghindari untuk mendapatkan perwatan. Karena mereka bisa juga malu atau tidak percaya / mengakui bahwa ketakutan mereka dapat menjadi sesuatu yang cukup melumpuhkan aktifitas.

  • Dalam kasus fobia yang terjadi pada anak-anak, orang tua merasa bahwa anak akan mengatasi rasa takut hantu dengan berunjaknya usia mereka.

  • Orang tua harus memainkan peran penting dalam mengobati rasa ketakutan anak tersebut. Mereka dapat membantu anak merasa berani melalui akal kepercayaan, bermain peran atau cerita positif kepahlawanan dan keberanian untuk membantu anak mengatasi rasa takut tersebut.

  • Agar terapi di rumah dapat menjadi sukses, sangat penting bahwa orang tua sendiri menggambarkan kepercayaan diri. Adalah hal penting bahwa mereka tidak menunjukkan rasa kecemasan sementara mencoba untuk membantu anak mengatasi kecemasannya.

  • Orang dewasa yang mengalami Phasmophobia harus mencoba untuk memahami ketakutan mereka. Mereka dapat membuat daftar situasi yang memicu rasa takut dan merasionalisasi dengan menuliskan tanggapan mereka, serta cara bagaimana mereka dapat mengubah respon setiap kalinya terjadi.

  • Hal ini penting untuk mendapatkan dukungan dari teman dan keluarga dan meyakinkan pada diri sendiri bahwa takut hantu adalah hal yang umum dan bahwa mereka tidak sendirian dalam penderitaan dari itu.

Metode-Metode Penyembuhan Phasmofobia / Takut Hantu

Untuk semua orang yang khawatir bahwa Anda memiliki fobia ini, berikut adalah beberapa cara untuk menyembuhkan mereka. Tidak peduli apa yang orang katakan, kebenaran mutlak adalah bahwa, ANDA adalah satu-satunya yang bisa menyembuhkan Phasmophobia Anda.

  • Membaca untuk membantu: Salah satu metode biaya yang murah dan sederha. Individu mencoba untuk menemukan artikel, buku atau online program self-help untuk mengatasi fobia mereka tanpa harus pergi ke dokter. Terapi swadaya “self help” biasanya bekerja untuk orang-orang yang memiliki Phasmophobia ringan.

  • Hypnotherapy: Ini adalah metode yang sangat aman dan cepat menyembuhkan. Terapis akan membantu Anda memprogram ulang pikiran bawah sadar Anda yang berhubungan dengan rasa takut Anda. Melalui ini, gejala ketakutan Anda sering lenyap. Namun, yang paling tidak disukai orang lain, bahwa mereka mengambil kendali atas pikiran mereka.

  • Metode relaksasi: Ketika berhadapan dengan ketakutan mereka, individu diajarkan bagaimana untuk bersantai melalui pernapasan. Selain itu, jika orang tersebut menderita kurang tidur karena fobia mereka, obat tidur dianjurkan.

  • Latihan fisik: Latihan fisik terutama yoga sangat dianjurkan karena akan mengurangi rasa takut dalam individu. Ini membantu mereka untuk melarikan diri secara mental dari berpikir tentang ketakutan mereka.

  • Terapi perilaku: Melalui ini, terapis akan memiliki satu untuk satu sesi dengan individu. Ini melibatkan paparan dan desensitisasi bertahap. Selama sesi Anda, jumlah paparan terkait dengan rasa takut Anda secara bertahap meningkat oleh terapis, dimulai dengan gambar hantu dll. Terapis akan juga ingin Anda untuk menganalisis pikiran Anda secara positif.

Setan, Hantu, Roh Jahat di Indonesia – Pengertian dan Mitologi

Setan roh jahat, pengertian mitologi Indonesia: Babi ngepet, Hantu Air, Hantu Jeruk Purut, Jelangkung, Kuntilanak, Leak, Pocong, Suanggi, Tuyul, Wewe Gombel… klik disini untuk membaca lebih lanjut (akan membuka layar baru).

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya tentang penyakit, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-04-20T12:34:28+07:00 April 8th, 2017|Sehat dan Cantik | Kesehatan & Pengobatan|0 Comments

Leave A Comment