PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

TBILLPRICE Price Treasury Bill | Rumus, Contoh, Soal dan Jawaban

2 min read

TBILLPRICE

Fungsi TBILLPRICE diklasifikasikan di bawah Fungsi Fungsi Keuangan Excel. Daftar fungsi Excel yang paling penting untuk analis keuangan. Lembar contekan ini mencakup ratusan fungsi yang penting untuk diketahui sebagai analis Excel. Fungsi ini akan menghitung nilai pasar wajar dari tagihan/obligasi Treasury (Surat Obligasi Pemerintah).

Baca juga: Nilai Wajar (Fair Value) | Penjelasan, Rumus, Soal, Jawaban

Dalam analisis keuangan, TBILLPRICE dapat berguna dalam menentukan nilai suatu obligasi. Penetapan Harga Obligasi Penetapan harga obligasi adalah ilmu menghitung harga penerbitan obligasi berdasarkan kupon, nilai nominal, imbal hasil dan waktu jatuh tempo.

Baca juga: Obligasi Keuangan (Bond Financial) | Jenis, dan Karakteristik | Penerapan, Pencatatan Akuntansi untuk Investasi Obligasi dan Contoh

Penetapan harga obligasi memungkinkan investor untuk memutuskan apakah suatu investasi harus dilakukan atau tidak. Ini membantu menghitung FMV dari tagihan perbendaharaan ketika kami menerima informasi penyelesaian, jatuh tempo dan tingkat diskonto.

Rumus

TBILLPRICE = 100 x [1 – discount x DSM / 360 ]

atau

Equation

where:

  • DSM = Singkatan DSM (days from settlement to maturity) yang berarti jumlah hari dari penyelesaian hingga jatuh tempo, tidak termasuk tanggal jatuh tempo yang lebih dari satu tahun kalender setelah tanggal penyelesaian.

Fungsi (function syntax) TBILLPRICE mengambil argumen berikut:

1. Settlement (perlu argumen) – Ini adalah tanggal penyelesaian Treasury bill. Tanggal penyelesaian sekuritas adalah tanggal setelah tanggal penerbitan ketika tagihan Perbendaharaan ditukarkan kepada pembeli.
2. Maturity (argumen yang diperlukan) – Ini adalah tanggal jatuh tempo dari treasury bill. Tanggal jatuh tempo adalah tanggal berakhirnya treasury bill.
3. Diskon (argumen wajib) – Tingkat diskonto untuk tagihan Treasury.

Contoh

Salin contoh data dalam tabel berikut, dan tempel di sel A1 lembar kerja Excel baru. Agar rumus memperlihatkan hasil, pilih rumus, tekan F2, lalu tekan Enter. Jika perlu, Anda dapat menyesuaikan lebar kolom untuk melihat semua data.

DataDeskripsi
31/3/2021Settlement date
1/6/2021Maturity date
9.0%Percent discount rate
RumusDeskripsiHasil
=TBILLPRICE(A2,A3,A4)The price for the Treasury bill, using the terms in A2, A3, and A4.$ 98.45

Beberapa catatan tentang fungsi TBILLPRICE:

  • #NOMOR! kesalahan – Terjadi jika:
    • Tanggal penyelesaian lebih besar dari atau sama dengan tanggal jatuh tempo.
    • Tanggal jatuh tempo lebih besar dari 1 tahun setelah tanggal penyelesaian.
    • Argumen diskon yang disampaikan kurang dari atau sama dengan 0.
  • #NILAI! kesalahan – Terjadi jika:
    • Semua argumen yang diberikan bukan numerik.
    • Argumen penyelesaian atau jatuh tempo (maturity) bukanlah tanggal yang valid.
  • Penyelesaian dan jatuh tempo dipotong menjadi bilangan bulat.
  • Argumen pembayaran dan tanggal jatuh tempo harus diberikan ke fungsi sebagai berikut:
    • Referensi ke sel yang berisi tanggal.
    • Tanggal yang dikembalikan oleh fungsi atau rumus lain.

Contoh Soal dan Jawaban

1. Sebagai contoh sederhana, katakanlah Anda ingin membeli tagihan Treasury $1.000 dengan 180 hari hingga jatuh tempo, menghasilkan 1,5%. Hitung harganya!

Jewaban:

Untuk menghitung harga, ambil 180 hari dan kalikan dengan 1,5 untuk mendapatkan 270. Kemudian, bagi dengan 360 untuk mendapatkan 0,75, dan kurangi 100 dikurangi 0,75. Jawabannya adalah 99,25. Karena Anda membeli tagihan Treasury $1.000, bukan satu untuk $100, kalikan 99,25 dengan 10 untuk mendapatkan harga akhir $992,50.

Ingatlah bahwa Departemen Keuangan tidak melakukan pembayaran bunga terpisah pada tagihan Treasury. Sebaliknya, harga diskon memperhitungkan bunga yang akan Anda peroleh. Misalnya, dalam contoh di atas, Anda akan menerima $1.000 pada akhir periode 180 hari. Karena Anda hanya membayar $992,50, sisa $7,50 mewakili bunga atas investasi Anda selama jangka waktu tersebut.

Kutipan tagihan Treasury bisa terlihat rumit, tetapi cukup mudah untuk mengetahui harganya. Hanya dengan beberapa kalkulasi sederhana, Anda dapat mengonversi kuotasi ke harga Treasury-bill, dan mengetahui apa yang harus Anda bayar untuk berinvestasi.

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Price, The Motley Fool, Math Works

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.