fbpx

Umur Berapa Bayi Bisa Melihat ?

Perkembangan Visi Bayi

Apakah Anda bertanya-tanya kapan bayi bisa melihat, akan mulai melihat dunia seperti yang Anda lihat? Pelajari bagaimana visi bayi berkembang dari waktu ke waktu dan apa saja yang harus diperhatikan.

Sungguh menggetarkan hati untuk melihat bayi mulai menjelajahi dunia di luar rahim — terutama saat visi bayinya yang baru lahir berkembang. Selama 6 bulan pertama kehidupannya, dia akan mulai melihat dunia dalam warna hidup dan dengan kedalaman dan kejelasan yang meningkat, mengembangkan tingkat keingintahuan yang baru (dan jelas melelehkan hati!).

Visi baru lahir menajam dalam tahap bertahap selama beberapa tahun pertama kehidupan, dan seperti aspek penting lainnya dari pertumbuhan dan perkembangan, itu berubah dan meningkat setiap hari. Baca terus untuk mengetahui bagaimana penglihatan bayi berkembang dari waktu ke waktu, dan kapan Anda dapat mengharapkan bayi melihat objek, wajah dan warna.

Saat lahir, bayi dapat mendeteksi cahaya dan gerakan, lalu dapat melihat wajah dan bentuk besar. Pada akhir bulan pertama, seorang bayi dapat melakukan kontak mata dan fokus pada objek sekitar 30 cm (kurang lebih 12 inci) jauhnya. Saat bayi berusia 3 hingga 4 bulan, ia dapat membedakan warna dan fokus pada objek yang lebih kecil.

 

Bayi bisa melihat

Umur Berapa Bayi Bisa Melihat ? Pelajari bagaimana visi bayi berkembang dari waktu ke waktu dan apa yang harus diperhatikan. Sumber foto dan ilustrasi: Pixabay

 

Umur Berapa Bayi Bisa Melihat ?

Bayi dilahirkan dengan tidak tahu cara melihat, mereka harus bekerja sendiri untuk melihat. “Bagian visual otak harus ‘belajar’ cara melihat dengan baik,” jelas Melanie Kazlas, MD, direktur medis ophthalmology anak dan strabismus di Massachusetts Eye & Ear Infirmary di Boston.

Jadi apa yang harus dilakukan oleh bayi yang baru lahir? Pada dasarnya, dunia yang buram. Ketika bayi pertama kali dilahirkan, penglihatannya jauh dari 20/20 — dan itu tidak akan sempurna selama tiga hingga lima tahun. Penglihatan yang baru lahir dimulai sekitar 20/400, kata Kate Land, MD, seorang dokter anak dengan The Permanente Medical Group. Itu berarti kehidupan akan terlihat cukup kabur selama beberapa bulan pertama. Plus, bayi yang baru lahir bisa menahan tatapannya selama beberapa detik saja.

Bahkan jika penglihatan bayi tidak berfungsi pada kapasitas penuh, penting baginya untuk terus berlatih. “Pepatah yang ingin saya gunakan dengan orang tua adalah: ‘Jika seorang bayi tidak menggunakan penglihatannya, mereka akan kehilangan penglihatan mereka,’” kata Kazlas. “Memiliki pengalaman visual yang baik sangat penting [dari awal].

Setiap hambatan untuk mendapatkan gambar yang jelas dan terfokus ke otak akan menyebabkan hilangnya penglihatan pada seorang anak, suatu kondisi yang disebut amblyopia.” Untuk memastikan mata bayi dalam keadaan baik bentuk dan bahwa refleksnya berfungsi, dia akan menjalani pemeriksaan mata pertamanya di ruang bersalin atau tempat perawatan pada hari dia lahir. Dokter anak Anda akan terus memeriksa dan memantau penglihatan bayi pada setiap kunjungan.
 

Kapan bayi bisa melihat warna?

Anda harus menunggu sedikit untuk kemampuan tertentu untuk menendang. Visi bayi terlalu lemah untuk membedakan warna, itulah sebabnya mengapa mainan hitam putih dan kontras tinggi sangat bagus untuk bayi muda. Tetapi saat penglihatan bayi menguat dalam minggu-minggu setelah kelahiran, dia akan mulai mengambil warna yang berbeda — terutama merah dan hijau — dan akan segera dapat melihat semua warna. “Dalam studi, bayi telah ditunjukkan untuk menanggapi merah, hijau, biru dan kuning mulai pada usia 3 bulan ke atas,” kata Kazlas.

Warna-warna pastel mungkin masih sulit pada saat ini, tetapi bayi akan terus meningkatkan penglihatannya dan sekitar 5 bulan akan memiliki penglihatan warna yang baik, meskipun tidak sepenuhnya dikembangkan seperti orang dewasa, menurut American Optometric Association.
 

Garis waktu perkembangan visi / penglihatan bayi

Ini adalah pertanyaan yang banyak orang tua baru tanyakan: Kapan bayi dapat melihat sepenuhnya? Setiap bayi adalah unik dan berkembang sesuai dengan kecepatannya sendiri, tetapi ada beberapa rentang usia umum ketika sebagian besar bayi mencapai tonggak pencapaian bayi yang penting. Inilah yang Anda ingin tetap jaga:

Visi baru lahir pada 0-3 bulan

Pada minggu pertama setelah kelahiran dan hingga 3 bulan, bayi bisa melihat dan dapat fokus hanya pada objek dan orang yang dekat, sekitar 10 hingga 12 inci dari wajahnya. “Itu tentang jarak antara bayi dan orang yang dicintai yang memegang dan memberinya makan, yang menunjukkan manusia dibangun untuk terhubung,” kata Land. Jika bayi tidak memperhatikan wajah orang tua atau tidak mulai mengikuti objek bergerak selama waktu ini, kunjungan ke dokter mata anak mungkin untuk menentukan apakah ada masalah penglihatan yang baru lahir.

Sekitar usia 3 minggu, bayi dapat mulai menahan pandangannya sedikit lebih lama, rata-rata sekitar 10 hingga 12 detik, bukan hanya beberapa. Namun, jangan khawatir, jika mata bayi Anda tampak menyilang atau mengembara. “Dalam beberapa bulan pertama kehidupan, mata bayi dapat terlihat sedikit “gila” atau tidak teratur, seperti mereka tidak bekerja dengan cara yang terkoordinasi sempurna,” kata Land, yang mendapat banyak pertanyaan tentang hal ini dari orang tua yang khawatir. menyeberang selama delapan minggu pertama, dan berjalan hingga usia 4 bulan.

Namun, tanda-tanda tertentu dapat mengisyaratkan potensi masalah. Peringatkan dokter Anda jika Anda memperhatikan bahwa mata atau mata bayi:

  • Tetap dalam posisi menyilang atau menyimpang untuk jangka waktu yang lama.

  • Berulang kali atau bergerak secara berirama.

  • “Shimmer” atau goncang tanpa sadar.

  • Memiliki bayangan kuning atau putih (bukan merah normal).

  • Memiliki pupil putih.

  • Saat penglihatan bayi semakin kuat, dia akan mulai fokus lebih baik dan pada jarak yang sedikit lebih jauh — yang berarti alih-alih hanya memusatkan perhatian pada Ibu, dia dapat melihat orang lain yang berada di dekatnya juga. Bersiaplah untuk momen-momen yang mencairkan hati saat bayi mulai tersenyum dan menanggapi Anda dan pasangan Anda!

Ini juga merupakan tahap ketika bayi mulai menggerakkan matanya tanpa harus memutar kepalanya — dan menggunakan keterampilan baru tersebut untuk melacak objek yang sedang bergerak. “Awalnya, otak tidak cukup berkembang dengan baik, tetapi pada 2 hingga 3 bulan, bayi harus dapat terpaku pada objek dan mengikutinya saat bergerak melalui ruang,” kata Land.

Hingga 3 bulan, dia akan mulai menggeser kepala dan tubuhnya untuk meraih benda-benda yang bergerak itu, menjadikannya waktu yang tepat untuk menangkap perhatian bayi dengan mainan kerincingan yang mudah dipahami dan mainan sensorik lainnya.

Visi bayi pada 4-6 bulan

Dunia akan mengambil warna baru sekitar empat sampai enam bulan, ketika bayi lebih mampu melihat warna dan lebih merasakan kedalaman dalam visinya. Ini adalah ketika kedua mata bayi bisa melihat dan harus melihat ke arah yang sama dan bekerja sama untuk memproses informasi, kata Land. Yang harus diwaspadai termasuk perilaku visual yang buruk, seperti tidak mengikuti objek atau wajah; melintasi atau mengembara dari mata; atau refleks merah yang abnormal.

Sementara jangkauan penglihatan bayi dan keterampilan koordinasi mata-tubuh akan terus membaik, pada 6 bulan kejelasan visi bayi dan persepsi kedalaman hampir sepenuhnya dikembangkan.

Visi bayi pada 7-9 bulan

Pada tahap ini, penglihatan bayi berkembang lebih jauh. “Visi bayi terus menajam dalam hal ketajaman visual dan kedalaman serta warna,” kata Kazlas. Waspadai gejala yang sama dari tahap sebelumnya yang memerlukan perhatian medis.

“Secara umum, orang tua harus mendasarkan setiap kekhawatiran mereka tentang bagaimana bayi menanggapi orang-orang di sekitarnya,” kata Land. Hubungi dokter anak Anda kapan saja Anda khawatir tentang perkembangan mata bayi.

Visi bayi pada 10-12 bulan

Bertanya-tanya kapan bayi bisa melihat dengan jelas? Bayi bisa melihat dan hal ini mulai terjadi di sekitar tahap ini. “Penelitian klinis memberi tahu kita bahwa saat bayi mendekati ulang tahun pertama mereka, bagian mata dan bagian visual otak telah matang, dan mereka telah mendapatkan pengalaman visual yang cukup untuk visi mereka untuk mendekati 20/20,” kata Kazlas. “Namun, kebanyakan bayi belum dapat memberi tahu kami apa yang mereka lihat pada bagan mata standar sampai mereka sedikit lebih tua.”

Periode kritis perkembangan penglihatan anak terjadi antara kelahiran dan usia 10. Untuk memastikan penglihatan si kecil Anda sehat sejak awal, mintalah dokter mata anak mengevaluasi dia antara usia 3 dan 5 jika ia lahir prematur atau jika ada riwayat keluarga masalah penglihatan bayi (seperti siapa pun yang membutuhkan kacamata sebelum usia 6 bulan; atau memiliki mata malas, atau mata juling melewati usia 4 bulan).

Sangat membantu untuk melakukan ini bahkan jika dokter anak Anda tidak menemukan masalah apa pun, kata Kazlas. “Tes skrining penglihatan, dilakukan baik oleh perawat atau dengan alat skrining penglihatan, sangat membantu untuk mengangkat masalah penglihatan serius pada seorang anak, tetapi pemeriksaan mata lengkap oleh dokter mata anak adalah sesuatu yang harus dilakukan.”
 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 
Sumber bacaan: Baby CenterAll About VisionAmerican Optometric Association

          
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-07-25T21:52:40+07:00 Juli 27th, 2019|Lainnya, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment