PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Virus Baik dan Buruk | Tidak semua virus merugikan kita

3 min read

Virus baik dan buruk T4 bacteriophage

Virus Baik dan Buruk

Tidak semua virus dapat merugikan kita. Terdapat virus baik dan buruk.
Di antara 3600 spesies yang dijelaskan oleh komunitas ilmiah, hanya 129 yang bersifat patogen bagi manusia. Sebagian besar yang lain melindungi kita: mereka menghancurkan bakteri yang berbahaya bagi manusia. Para ilmuwan menyebutnya bakteriofag (jenis virus yang dapat membunuh bakteri) atau virus terapeutik, keluarga virus ini telah dikenal selama seratus tahun. Mekanisme kontaminasi, misalnya yang dilakukan oleh mikroorganisme ini, sangat efektif: selubungnya dilengkapi dengan reseptor yang mengenali protein spesifik pada permukaan bakteri. Setelah merapat, mereka menghasilkan enzim yang menembus dinding sel. Mereka kemudian menyuntikkan DNA mereka yang memprogram ulang bakteri untuk menghasilkan virion baru. Tuan rumah meledak di bawah tekanan dan agresornya memburu target baru, menyelamatkan sel-sel tubuh yang sehat. Siklus kontaminasi hampir tidak memakan waktu dua puluh menit dan menghasilkan antara 100 dan 300 bakteriofag baru. Ketika mereka tidak punya apa-apa lagi untuk dimakan, tubuh secara alami menghilangkannya. Dalam dua atau tiga hari, kasus ini ditutup.

Sebuah kompetisi internasional yang mengambil bagian dalam setengah lusin laboratorium di seluruh dunia, termasuk Institut Pasteur, telah membuat katalog bakteriofag yang berguna ini, dan merancang bakteriofag baru dari virus secara cerdik.

Virus onkolitik

Sekitar dua puluh virus terapeutik saat ini sedang dikembangkan di seluruh dunia dan vaksin target pertama melawan melanoma, T-Vec, telah dipasarkan oleh perusahaan biotek Amerika Amgen. Ini adalah virus herpes di mana dua gen telah dihapus (satu menghentikan pertahanan sel, yang lain memungkinkannya untuk menghindari sistem kekebalan) dan yang baru ditambahkan untuk menyebabkan meledaknya sel kanker.

Baca juga: Bakteri dan Virus | Pebedaan, Persamaan, Pengobatan dan Contohnya

“Virus onkolitik” ini, yang pertama kali disetujui oleh Food and Drug Administration, membuka prospek yang sangat besar, terutama untuk kanker dengan prognosis yang tidak menguntungkan seperti kanker kolorektal, kanker paru-paru dan myeloma (kanker sumsum tulang). Menurut analisis para ahli dari firma riset kualitatif Persistence Market Research, pasar virus oncolytic diperkirakan akan tumbuh sebesar 12% per tahun hingga 2029.

Contoh bakteriofag (virus yang dapat membunuh bakteri)

Seperti yang telah dijelaskan diatas, terdapat virus baik dan buruk. Bakteriofag adalah jenis virus yang menginfeksi bakteri. Tetapi kita tidak perlu khawatir tentang bakteriofag karena mereka tidak berbahaya bagi kita semua dan juga bagi hewan dan tumbuhan. Bakteriofag hanya berbahaya bagi bakteri karena mereka membutuhkan bakteri untuk berkembang biak. Reproduksi bakteriofag sangat berbeda dari hewan atau tumbuhan. berikut contoh bakteriofag:

  • T4 virus: yang menyerang bakteri Eschericia coli (E. coli)
  • Bacteriophage Mu: bakteri berfungsi sebagai inang alami, dengan transmisi dicapai melalui difusi pasif.
  • P1: bakteriofag beriklim sedang yang menginfeksi Escherichia coli dan beberapa bakteri lainnya.
  • Bakteriofag P2: dengan nama ilmiahnya Escherichia virus P2, adalah fag beriklim sedang yang menginfeksi E. coli.
  • Enterobacteria phage (lambda phage, coliphage, resminya Escherichia virus Lambda): adalah virus bakteri, atau bakteriofag, yang menginfeksi spesies bakteri Escherichia coli (E. coli).
  • Virus Escherichia T5: kadang-kadang disebut Bacteriophage T5 adalah virus ekor dalam keluarga Demerecviridae. Bakteriofag ini secara khusus menginfeksi sel bakteri E. coli dan mengikuti siklus hidup litik (replikasi virus yang disertai matinya sel inang setelah terbentuk anakan virus baru).
  • Virus Escherichia HK97: sering disingkat menjadi HK97, adalah spesies virus yang menginfeksi Escherichia coli dan bakteri terkait. Dinamai setelah Hong Kong (HK), di mana ia pertama kali berada. HK97 memiliki genom DNA untai ganda.
  • Ravinvirus: (sinonim virus mirip N15, N15likevirus) adalah genus virus dalam ordo Caudovirales, dalam famili Siphoviridae. Bakteri berfungsi sebagai inang alami, dengan transmisi dicapai melalui difusi pasif. Hanya ada satu spesies dalam genus ini: Escherichia virus N15.

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber foto: Dr. Victor Padilla-Sanchez, PhD (CC BY-SA 4.0) via Wikimedia Commons
Penjelasan foto: model struktural atom bakteriofag T4 dalam perangkat lunak UCSF Chimera menggunakan pdbs dari protein individu.
PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Memahami Prinsip dan Operasi Utama dalam Perbankan Islam: Riba,…

Perbankan Islam mengikuti prinsip-prinsip syariah yang sesuai dengan ajaran Islam. Ini melibatkan larangan terhadap riba (bunga), mempromosikan berbagai bentuk transaksi yang adil, serta mengutamakan...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *