fbpx

15 Makanan yang Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh – Imun Sistem

15 Makanan yang Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Memberi makan makanan tertentu pada tubuh Anda dapat membantu menjaga sistem kekebalan Anda tetap kuat. Jika Anda mencari cara untuk mencegah pilek dan flu pada musim dingin, langkah pertama Anda harus mengunjungi toko kelontong setempat. Rencanakan Anda untuk menyertakan 15 makanan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seperti dibawah ini.

Anda dapat memastikan tubuh dan imunitas Anda berjalan lancar dengan mengkonsumsi dengan banyak porsi buah dan sayuran yang berwarna-warni, ditambah setidaknya 8 hingga 10 gelas air sehari.

 

Makanan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Makanan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ilustrasi dan sumber foto: Max Pixel

 

1. Buah jeruk-jerukan

Kebanyakan orang beralih ke vitamin C setelah mereka mendafatkan flu atau kedinginan. Itu karena itu membantu membangun sistem kekebalan Anda. Vitamin C diduga meningkatkan produksi sel darah putih dan juga tomat sangat baik bagi kesehatan. Ini adalah kunci untuk melawan infeksi.

Buah jeruk yang populer termasuk:

  • Jeruk Bali (grapefruit)

  • Jeruk

  • Jeruk keprok

  • Lemon

  • Limau

Karena tubuh Anda tidak memproduksi atau menyimpannya, Anda membutuhkan vitamin C setiap hari untuk kesehatan yang berkelanjutan. Hampir semua buah jeruk kaya akan vitamin C. Dengan berbagai macam pilihan, mudah untuk menambahkan perasan vitamin ini ke makanan apa pun.

 

2. Paprika merah

Jika Anda berpikir buah jeruk mengandung vitamin C paling banyak dari buah atau sayuran, pikirkan lagi. Ounce untuk ons, paprika merah mengandung dua kali lebih banyak vitamin C sebagai jeruk.

Mereka juga sumber kaya beta karoten. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Beta carotene membantu menjaga mata dan kulit Anda sehat.

 

3. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin dan mineral. Dikemas dengan vitamin A, C, dan E, serta banyak antioksidan dan serat lainnya, brokoli adalah salah satu sayuran sehat yang dapat Anda letakkan di meja Anda. Kunci untuk menjaga kekuatannya tetap utuh adalah memasaknya sesedikit mungkin – atau lebih baik lagi, tidak sama sekali.

 

4. Bawang putih

Bawang putih ditemukan di hampir semua masakan di dunia. Makanan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh ini harus sering dikonsumsi untuk kesehatan Anda. Peradaban awal menyadari nilainya dalam memerangi infeksi. Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, bawang putih juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan arteri. Sifat-sifat penguat-kekebalan dari bawang putih tampaknya berasal dari konsentrasi senyawa-senyawa yang mengandung sulfur, seperti allicin.

 

5. Jahe

Jahe adalah bahan lain yang banyak digunakan contohnya pada saat kita terkena flu. Jahe dapat membantu mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit inflamasi lainnya. Jahe juga dapat membantu mengurangi rasa mual. Meskipun digunakan dalam banyak hidangan makanan penutup yang manis, jahe mengemas panas dalam bentuk gingerol, kerabat capsaicin. Jahe dapat membantu mengurangi rasa sakit kronis dan mungkin memiliki sifat penurun kolesterol, menurut penelitian hewan baru-baru ini. Sumber: NCBI

 

6. Bayam

Bayam dibuat daftar kami bukan hanya karena kaya vitamin C. Ini juga dikemas dengan banyak antioksidan dan beta karoten, yang dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi sistem kekebalan tubuh kita. Mirip dengan brokoli, bayam paling sehat bila dimasak sesedikit mungkin sehingga mempertahankan nutrisi. Namun, pemasakan ringan meningkatkan vitamin A dan memungkinkan nutrisi lain dilepaskan dari asam oksalat.

 

7. Yoghurt

Carilah yogurt yang memiliki “budaya hidup dan aktif” yang tercetak pada label, seperti yogurt Yunani. Budaya-budaya ini dapat merangsang sistem kekebalan Anda untuk membantu memerangi penyakit. Cobalah untuk mendapatkan yogurt polos daripada jenis-jenis yang diberi preflavored dan diisi dengan gula. Anda dapat memanaskan yogurt tawar sendiri dengan buah-buahan yang sehat sebagai gantinya.

Makanan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti yogurt juga dapat menjadi sumber vitamin D yang sangat baik, jadi cobalah untuk memilih merek yang diperkaya dengan vitamin D. Vitamin D membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan diduga meningkatkan pertahanan alami tubuh kita terhadap penyakit.

 

8. Kacang Almond

Ketika datangnya dan untuk mencegah dan melawan pilek, vitamin E cenderung mengambil kursi belakang untuk vitamin C. Namun, vitamin E adalah kunci untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Ini adalah vitamin yang larut dalam lemak, yang berarti membutuhkan kehadiran lemak untuk diserap dengan benar. Kacang-kacangan, seperti almond, dikemas dengan vitamin dan juga memiliki lemak sehat. Satu porsi setengah cangkir, yaitu sekitar 46 kacang almond utuh, menyediakan hampir 100 persen dari jumlah harian vitamin E. yang direkomendasikan.

 

9. Kunyit

Anda mungkin tahu kunyit sebagai bahan utama dalam banyak kari. Tetapi bumbu pahit berwarna kuning terang ini juga telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai anti-inflamasi dalam mengobati osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Juga, penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi kurkumin yang tinggi, yang memberikan warna khas kunyit, dapat membantu mengurangi kerusakan otot akibat latihan. Dalam bahasa Inggris, kunyit adalah turmeric.

 

10. Teh hijau

Baik teh hijau dan hitam dikemas dengan flavonoid, sejenis antioksidan. Dimana teh hijau benar-benar unggul adalah pada level epigallocatechin gallate, atau EGCG, antioksidan kuat lainnya. EGCG telah terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Proses fermentasi teh hitam berhasil menghancurkan banyak EGCG. Teh hijau, di sisi lain, dikukus dan tidak difermentasi, sehingga EGCG dipertahankan.

Teh hijau juga merupakan sumber asam amino L-theanine yang baik. L-theanine memiliki bantuan dalam produksi senyawa kuman-pertempuran di sel-T Anda.

 

11. Pepaya

Pepaya adalah buah lain yang mengandung vitamin C. Anda dapat menemukan 224 persen dari jumlah vitamin C yang direkomendasikan setiap hari dalam satu pepaya. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi.

Pepaya memiliki jumlah potasium, vitamin B, dan folat yang cukup, semuanya bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

 

12. Kiwi

Makanan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti pepaya, kiwi secara alami penuh dengan satu ton nutrisi penting, termasuk folat, potasium, vitamin K, dan vitamin C. Vitamin C meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi, sementara nutrisi lain kiwi menjaga agar seluruh tubuh tetap berfungsi dengan baik.

 

13. Unggas

Ketika Anda sakit, sup ayam lebih dari sekadar makanan yang terasa enak dengan efek plasebo. Ini membantu memperbaiki gejala pilek dan juga membantu melindungi Anda dari sakit di tempat pertama. Unggas, seperti ayam dan kalkun, tinggi vitamin B-6. Sekitar 3 ons kalkun ringan atau daging ayam mengandung 40 hingga 50 persen dari jumlah harian Anda yang disarankan B-6.

Vitamin B-6 adalah pemain penting dalam banyak reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh. Ini juga penting untuk pembentukan sel darah merah yang baru dan sehat. Stok atau kaldu yang dibuat dengan merebus tulang ayam mengandung gelatin, chondroitin, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk penyembuhan usus dan kekebalan.

 

14. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari penuh nutrisi, termasuk fosfor, magnesium, dan vitamin B-6. Mereka juga sangat kaya vitamin E, dengan 82 persen dari jumlah yang disarankan setiap hari hanya dalam porsi seperempat cangkir.

Vitamin E adalah antioksidan kuat. Ini penting dalam mengatur dan memelihara fungsi sistem kekebalan. Makanan lain dengan jumlah vitamin E yang tinggi termasuk alpukat dan sayuran hijau gelap.

 

15. Kerang

Kerang bukanlah hal yang terlintas dalam pikiran banyak orang yang mencoba untuk meningkatkan sistem kekebalan mereka, tetapi beberapa jenis kerang dikemas dengan seng.

Zinc tidak mendapatkan banyak perhatian seperti banyak vitamin dan mineral lainnya, tetapi tubuh kita membutuhkannya sehingga sel-sel kekebalan tubuh kita dapat berfungsi sebagaimana dimaksud.

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki penyakit atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Prevention

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-02-14T00:20:16+07:00 Juni 28th, 2018|Makanan & Minuman, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment