fbpx

Makanan Penambah Sel Darah Putih

Makanan Penambah Sel Darah Putih

Sel darah putih diproduksi di sumsum tulang kita. Jumlah sel darah putih normal adalah suatu tempat di area 5.000 hingga 10.000 sel darah putih per mikroliter darah. Orang dengan kurang dari 3.500 dianggap jumlah yang rendah, juga disebut neutropenia. Angka kurang dari 1.000 dianggap sangat rendah dan merupakan indikator bahwa orang tersebut berisiko besar mengembangkan infeksi sejenis. Berikut adalah makanan penambah sel darah putih:

 

1. Makanan Untuk Meningkatkan Sel Darah Putih – Asam Lemak Omega-3

Umumnya, asam lemak omega-3 makanan yang dapat membantu meningkatkan produksi fagosit tubuh, sejenis sel darah putih, yang menelan entitas asing yang berbahaya. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2011 yang dipublikasikan di Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention, kadar sel darah putih pada relawan wanita yang mengonsumsi asam lemak makanan meningkat.

Studi lain menunjukkan bahwa konsumsi minyak ikan meningkatkan aktivitas dari jenis sel darah putih yang disebut sel B. Anda harus menyertakan minyak biji rami, biji chia, minyak ikan, walnut, tiram, salmon, bayam, dan kedelai dalam diet harian Anda karena makanan ini kaya akan kandungan asam lemak omega-3.

 

2. Teh Hijau

Menurut sebuah penelitian, teh hijau telah digunakan sejak lama untuk menangani beberapa penyakit. Teh hijau mengandung antioksidan, yang membantu tubuh memerangi infeksi. Ini juga penuh dengan flavonoid dan epigallocatechin gallate, atau EGCG, yang meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Akibatnya, membantu meningkatkan jumlah sel darah putih dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bersama dengan asam amino L-theanine hadir dalam bantuan teh hijau dalam memproduksi senyawa pemakan kuman di sel-T. Anda bisa minum teh hijau setiap hari untuk hasil terbaik.

 

3. Bawang Putih

Bawang putih sangat membantu untuk meningkatkan jumlah sel darah putih dan meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami. Selain itu, kaya akan sulfur, yang membantu meningkatkan kekebalan dan jumlah sel darah putih. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sifat antimikroba dan kandungan vitamin C yang tinggi dalam bawang putih membuatnya menjadi pendorong sistem kekebalan tubuh yang kuat dan sangat ampuh dan sangat efektif terhadap infeksi virus, jamur, bakteri, dan parasit. Menurut studi lain, tikus yang diberi makan bawang putih menunjukkan peningkatan luar biasa dalam jumlah sel darah putih total. Ini juga tampaknya meningkatkan kemampuan leukosit untuk memerangi infeksi dan meningkatkan sel-sel kekebalan lainnya. Baca juga: 15 Makanan yang Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh – Imun Sistem

 

4. Buah dan Sayur

Secara umum, buah dan sayuran dapat membantu meningkatkan antibodi & produksi sel darah putih karena mereka kaya akan vitamin C. Anda perlu makan minimal 6 porsi sayuran dan buah-buahan setiap hari untuk memastikan asupan vitamin C. Sayuran yang mengandung tinggi jumlah vitamin C terdiri dari cabai dari semua jenis, sawi hijau, kubis Brussel, kale, brokoli, bayam, dan kembang kol. Buah-buahan kaya vitamin C termasuk jambu biji, stroberi, pepaya, kiwi, jeruk, dan melon.

Beta-karoten juga membantu meningkatkan sel-sel yang melawan infeksi & produksi sel-T. Ini juga membantu meningkatkan sistem kekebalan untuk meningkatkan jumlah sel darah putih. Sayur dan buah yang mengandung beta karoten tinggi adalah wortel, labu, labu, ubi jalar, aprikot, dan mangga.

 

5. Makanan Untuk Meningkatkan Sel Darah Putih – Kacang-kacangan Dan Biji-bijian

Vitamin E memiliki kemampuan untuk membuat kekebalan Anda lebih kuat dan mengandung sifat antioksidan. Ini membantu untuk merangsang produksi sel pembunuh, yang menghancurkan sel-sel kanker dan kuman. Produksi sel B, yang berasal dari kekebalan, juga meningkat oleh vitamin E. Sel ini membantu memproduksi antibodi, yang sangat membantu untuk membunuh bakteri. Biji, kacang, dan minyak sayur dikemas dengan vitamin E. Makan makanan seperti almond, selai kacang, biji bunga matahari, brokoli, dan bayam untuk mendapatkan vitamin E. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen Vitamin E.

 

6. Vitamin B6, B12 & Asam Folat (Folat)

Asam folat dan vitamin B6 dan B12 membantu memproduksi sel darah putih di dalam tubuh. Makanan kaya vitamin B6 terdiri dari biji bunga matahari, ayam, kalkun, kacang kering, alpukat, bayam, dan pisang. Makanan tinggi asam folat termasuk lentil; kacang kering dan kacang polong; sayuran hijau seperti brokoli, bayam, asparagus dan okra; dan buah jeruk. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen asam folat. Makanan tinggi vitamin B12 termasuk yogurt dan susu rendah lemak, sereal sarapan yang diperkaya, ayam, kerang, ikan trout, dan salmon. Untuk dosis yang direkomendasikan dari suplemen atau makanan yang cocok untuk kondisi kesehatan Anda serta obat yang diresepkan, ingatlah untuk berkonsultasi dengan dokter

 

7. Makanan penambah sel darah putih – Protein Lean / Sehat

Umumnya, protein terdiri dari asam amino yang merupakan blok bangunan dari IBC. Tubuh tidak dapat memproduksi cukup darah putih untuk melawan antigen tanpa jumlah protein yang cukup. Daging tanpa lemak, seperti ikan, makanan laut, dan unggas tanpa kulit mengandung jumlah protein yang tinggi. Selain itu makanan penambah sel darah putih, dpat ditemukan pada lentil, kacang dan telur juga yang kaya akan protein.

 

8. Seng

Seng adalah salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan sel darah putih yang harus Anda konsumsi. Kerang dan daging gelap penuh dengan seng.Menurut sebuah studi 2013, seng memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan manusia. Ini dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak leukosit dan membuat leukosit yang ada lebih agresif. Makanan kaya seng termasuk daging kalkun, daging sapi, kepiting, dan tiram. Plus, Anda juga dapat mengambil seng dari sereal dan kacang yang diperkaya.

 

9. Makanan penambah sel darah putih – Yoghurt

Yoghurt kaya akan probiotik, yang berguna untuk melawan bakteri jahat. Selain itu, ia juga membantu meningkatkan sel-sel darah putih dengan merangsang sistem kekebalan Anda. Menurut sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi minuman dengan probiotik sering, WBC lebih tinggi karena tidak banyak bakteri jahat yang memeliharanya di saluran pencernaan. Selain itu, yogurt juga kaya vitamin D, yang membantu mengatur kekebalan dan meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit.

 

10. Pepaya

Ini adalah salah satu makanan yang sangat baik untuk meningkatkan jumlah sel darah putih. Buah ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi sel darah putih atau limfosit dalam tubuh karena mengandung vitamin A. Plus, limfosit yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan kanker.

Selain itu, buah ini juga diperkaya dengan vitamin C. Ini juga mengandung enzim pencernaan bernama papain, yang memiliki efek anti-inflamasi. Seiring dengan itu, buah ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan karena merupakan sumber yang kaya folat, kalium dan vitamin B.

 

Makanan penambah sel darah putih

Makanan penambah sel darah putih. Ilustrasi dan sumber foto: Alternative Cancer Solutions

 

Makanan Penambah Sel Darah Merah

Apakah Anda merasa lemah atau lelah? Anda mungkin mengalami gejala anemia. Anemia terjadi ketika jumlah sel darah merah Anda rendah. Jika jumlah darah merah Anda rendah, tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk mengirim oksigen ke seluruh tubuh Anda. Berikut adalah Makanan penambah sel darah merah: Klik disini untuk membaca Makanan Penambah Sel Darah Merah – Penguat Sistem Imun

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki penyakit atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Artikel ini diperbaharui pada tanggal: 01/02/2019.

Sumber bacaan: Natural OnVkoolHealthfully

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-02-01T15:43:23+07:00 Juni 28th, 2018|Makanan & Minuman, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment