Aneurisma Otak, Aorta Perut – Penjelasan, Jenis, Penyebab-Diagnosa, Pencegahan dan Pengobatan

Aneurisma

Aneurisma adalah pembengkakan pada dinding pembuluh darah.

Aneurisma merupakan area yang menggembung dan melemah di dinding pembuluh darah yang mengakibatkan pelebaran atau pembengkakan abnormal lebih dari 50% dari diameter (lebar) normal pembuluh darah. Aneurisma dapat terjadi di pembuluh darah mana pun, tetapi paling sering terlihat di arteri daripada vena.

Aneurisma otak adalah tonjolan atau pembengkakan pada pembuluh darah di otak.

Pada saat darah melewati pembuluh darah yang melemah, tekanan darah menyebabkan area kecil menonjol keluar seperti balon.

Aneurisma dapat berkembang di pembuluh darah mana pun di tubuh, tetapi 2 tempat paling umum adalah:

1. arteri yang mengangkut darah dari jantung ke seluruh tubuh (aorta perut).
2. otak.

Jenis Aneurisma

Ada 2 jenis dasar, berdasarkan bentuknya. Aneurisma sakular (Aneurysm saccular), juga disebut aneurisma berry, adalah yang paling umum. Kantung kecil terbentuk di salah satu sisi dinding arteri, sehingga terlihat seperti buah beri dengan batang pendek. Aneurisma fusiform membuat arteri menonjol keluar di satu area. Mereka cenderung lebih sering terjadi pada orang yang memiliki arteri yang mengeras (ketika kolesterol dan zat lemak lainnya menumpuk di arteri Anda dan membuatnya menyempit).

Penyebab

Apa yang menyebabkan terbentuknya aneurisma?

Aneurisma dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang mengakibatkan rusaknya komponen struktural yang tersusun rapi (protein) dari dinding aorta yang memberikan dukungan dan menstabilkan dinding. Penyebab pastinya belum diketahui sepenuhnya. Aterosklerosis (pengerasan arteri dengan zat lengket yang disebut plak) diduga berperan penting dalam penyakit aneurisma. Faktor risiko yang terkait dengan aterosklerosis termasuk, tetapi tidak terbatas pada:

Aneurisma Otak, Perut - Penjelasa, Jenis, Penyebab-Diagnosa, Pencegahan dan Pengobatan

Aneurisma Otak, Perut – Penjelasa, Jenis, Penyebab-Diagnosa, Pencegahan dan Pengobatan. Sumber foto: Web MD

Penyebab spesifik lain dari aneurisma terkait dengan lokasi aneurisma. Contoh aneurisma dalam tubuh dan penyebab tambahannya mungkin termasuk, namun tidak terbatas pada:

Jenis Aneurisma

Penyebab Aneurisma

Aneurisma Aorta Perut
Abdominal Aortic Aneurysm (AAA)
  • Aterosklerosis (terutama di segmen aorta abdominalis di bawah ginjal, disebut aneurisma aorta infrarenal)
  • Gangguan genetik
  • Arteritis sel raksasa (penyakit yang menyebabkan radang arteri temporal dan arteri lain di kepala dan leher, menyebabkan arteri menyempit, berkurang aliran darah di daerah yang terkena; dapat menyebabkan sakit kepala persisten dan kehilangan penglihatan)
  • Infeksi
  • Aterosklerosis (terutama di segmen aorta abdominalis di bawah ginjal, disebut aneurisma aorta infrarenal)
Aneurisma Otak atau Serebral
Cerebral Aneurysm
  • Bawaan lahir
  • Tekanan darah tinggi
  • Atherosclerosis
  • Trauma kepala
Aneurisma Arteri Iliac Umum
Common Iliac Artery Aneurysm
  • Aterosklerosis
  • Kehamilan
  • Infeksi
  • Trauma setelah operasi pinggang atau pinggul
Aneurisma Arteri Femoralis dan Poplitea
Femoral and Popliteal Artery Aneurysm
  • Aterosklerosis
  • Trauma
  • Gangguan bawaan

Baca juga 👉 Ensefalitis (Encephalitis) Radang Otak Akut dan Eastern Equine Encephalitis (EEE) – Gejala, Penyebab, Diagnosa, Pengobatan, Pencegahan

Gejala Aneurisma

Jenis Aneurisma

Gejala Terkait dengan Jenis Aneurisma

Aneurisma Aorta Perut
Abdominal Aortic Aneurysm (AAA)
Nyeri terus menerus di daerah perut, dada, punggung bawah, atau selangkangan
Aneurisma Otak atau Serebral
Cerebral Aneurysm
Sakit kepala berat mendadak, mual, muntah, gangguan penglihatan, kehilangan kesadaran
Aneurisma Arteri Iliac Umum
Common Iliac Artery Aneurysm
Nyeri perut bagian bawah, punggung, dan / atau pangkal paha
Aneurisma Arteri Femoralis dan Poplitea
Femoral and Popliteal Artery Aneurysm
Pulsasi arteri yang mudah teraba (terasa) terletak di daerah selangkangan (arteri femoralis) atau di belakang lutut (arteri poplitea), nyeri di tungkai, luka di kaki atau tungkai bawah

Gejala aneurisma mungkin menyerupai kondisi atau masalah medis lainnya. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Perawatan dan Pengobatan Aneurism

Apa pengobatan untuk aneurisma?
Perawatan khusus akan ditentukan oleh dokter Anda berdasarkan:

  • Usia Anda, kesehatan secara keseluruhan, dan riwayat kesehatan
  • Luasnya penyakit (lokasi, ukuran, dan laju pertumbuhan aneurisma)
  • Tanda dan gejala Anda
  • Toleransi Anda terhadap pengobatan, prosedur, atau terapi tertentu
  • Harapan untuk perjalanan penyakit
  • Pendapat atau preferensi Anda

Pilihan pengobatan untuk aneurisma mungkin termasuk satu atau lebih dari yang berikut ini:

Prosedur USG rutin. Prosedur ini akan memantau ukuran dan laju pertumbuhan aneurisma setiap 6 bulan hingga 12 bulan sebagai bagian dari pendekatan “menunggu dengan waspada” untuk aneurisma yang lebih kecil.

Mengontrol atau memodifikasi faktor risiko. Langkah-langkah seperti berhenti merokok, mengontrol gula darah jika menderita diabetes, menurunkan berat badan jika kelebihan berat badan atau obesitas, dan mengontrol asupan lemak makanan dapat membantu mengontrol perkembangan aneurisma.

Pengobatan. Obat dapat mengontrol faktor-faktor seperti hiperlipidemia (peningkatan kadar lemak dan kolesterol dalam darah) dan / atau tekanan darah tinggi.

Operasi:

Perbaikan terbuka aneurisma. Sayatan dibuat untuk memvisualisasikan dan memperbaiki aneurisma secara langsung. Sebuah tabung seperti silinder yang disebut graft dapat digunakan untuk memperbaiki aneurisma. Cangkok terbuat dari berbagai bahan, seperti Dacron (cangkok sintetis poliester tekstil) atau polytetrafluoroethylene (PTFE, cangkok sintetis nontextile). Cangkok ini dijahit ke pembuluh darah yang terlibat, menghubungkan salah satu ujung arteri di lokasi aneurisma ke ujung lainnya. Perbaikan terbuka dianggap sebagai standar bedah untuk perbaikan aneurisma aorta abdominal

Perbaikan aneurisma endovaskular (EVAR). EVAR adalah prosedur yang hanya membutuhkan sayatan kecil di selangkangan bersama dengan penggunaan panduan sinar-X dan instrumen yang dirancang khusus untuk memperbaiki aneurisma. Dengan menggunakan instrumen endovaskular khusus dan gambar sinar-X untuk panduan, cangkok stent dimasukkan melalui arteri femoralis dan dimajukan ke aorta ke lokasi aneurisma. Stent-graft adalah tabung panjang berbentuk silinder yang terbuat dari rangka jaring logam tipis (stent), sedangkan graft dibuat dari berbagai bahan, seperti Dacron atau PTFE. Bahan cangkok mungkin menutupi stent. Stent membantu menahan cangkok agar tetap terbuka dan di tempatnya.

Diagnosa

Pemilihan jenis pemeriksaan diagnostik berkaitan dengan lokasi aneurisma. Selain riwayat medis lengkap dan pemeriksaan fisik, prosedur diagnostik untuk penyakit ini dapat mencakup salah satu atau kombinasi dari berikut ini:

Pemindaian tomografi komputer (CT atau CAT scan)

Prosedur pencitraan diagnostik ini menggunakan kombinasi sinar-X dan teknologi komputer untuk menghasilkan gambar horizontal, atau aksial, (sering disebut irisan) tubuh. CT scan menunjukkan gambar rinci dari setiap bagian tubuh, termasuk tulang, otot, lemak, dan organ. Pemindaian CT lebih rinci daripada sinar-X standar.

Pencitraan resonansi magnetik (MRI). MRI menggunakan kombinasi magnet besar, frekuensi radio, dan komputer untuk menghasilkan gambar detail organ dan struktur di dalam tubuh.

Ekokardiogram (gema)

Prosedur ini mengevaluasi struktur dan fungsi jantung dengan menggunakan gelombang suara yang direkam pada sensor elektronik yang menghasilkan gambar bergerak dari jantung dan katup jantung.

Arteriogram (angiogram)

Ini adalah gambar sinar-X dari pembuluh darah yang digunakan untuk mengevaluasi berbagai kondisi, seperti aneurisma, stenosis (penyempitan pembuluh darah), atau penyumbatan. Pewarna (kontras) akan disuntikkan melalui tabung fleksibel tipis yang ditempatkan di arteri. Pewarna ini akan membuat pembuluh darah terlihat pada sinar-X.

USG. Ultrasonografi menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi dan komputer untuk membuat gambar pembuluh darah, jaringan, dan organ. Ultrasonografi digunakan untuk melihat fungsi organ dalam, dan untuk menilai aliran darah melalui berbagai pembuluh.

Baca juga 👉 Penyakit Gondok – Penjelasan, Jenis, Penyebab, Gejala, Perawatan dan Pengobatan


Contoh Kanker-Kanker Lainnya

Kanker bisa dimulai di tempat manapun di tubuh. Ini dimulai saat sel-sel tumbuh di luar kendali dan kerumunan sel normal. Hal ini membuat tubuh sulit bekerja sebagaimana mestinya. Memahami penyakit kanker dapat membantu Anda untuk mengenal lebih jelas “seperti apakah kanker itu?” Klik disini dan baca artikel pemahaman penyakit kanker ini sampai habis bersama contoh-contohnya!


Apa 5 Klasifikasi Antibodi dan Fungsinya?

Lima klasifikasi antibodi atau kelas yang berbeda diketahui berada pada tubuh mamalia dan memainkan peran yang berbeda dan menolong mengarahkan respon imun yang tepat untuk tiap tipe benda asing berlainan yang masuk ke dalam tubuh, yaitu: IgM, IgD, IgG, IgA, dan IgE. Mereka yang memberikan setiap isotipe dengan karakteristik dan peran yang berbeda. Untuk lebih detilnya baca: Klasifikasi Antibodi Beserta Contoh dan Fungsinya: IgM, IgD, IgG, IgA, IgE)

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan Anda lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan nasihat tentang kondisi medis tertentu.

Sumber bacaan: NHS UK, John Hopkins

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-11-10T03:02:32+07:00 November 8th, 2020|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment