Asteroid | Penjelasan, Contoh, Perbedaan Asteroid dan Komet

Asteroid

Asteroid adalah benda kecil berbatu yang mengorbit matahari. Meskipun mereka mengorbit matahari seperti planet, ukurannya jauh lebih kecil dari planet.

Apa perbedaan antara asteroid dan komet?

Perbedaan utama antara asteroid dan komet adalah komposisinya, seperti dalam, terbuat dari apa. Asteroid terdiri dari logam dan bahan batuan, sedangkan komet terdiri dari es, debu dan bahan batuan.

Asteroid dan komet terbentuk pada awal sejarah tata surya sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu. Asteroid terbentuk lebih dekat ke Matahari, di mana terlalu hangat untuk es tetap padat.

Komet terbentuk lebih jauh dari Matahari di mana es tidak akan mencair. Komet yang mendekati Matahari kehilangan material di setiap orbit karena sebagian esnya mencair dan menguap membentuk ekor.

Dari mana asalnya asteroid?

Asteroid merupakan sisa dari pembentukan tata surya kita. Tata surya kita dimulai sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu ketika awan besar gas dan debu runtuh. Saat ini terjadi, sebagian besar materi jatuh ke pusat awan dan membentuk matahari.

Beberapa debu yang mengembun di awan menjadi planet. Benda-benda di sabuk asteroid tidak pernah sempat dimasukkan ke dalam planet. Mereka adalah sisa-sisa dari waktu dulu ketika planet terbentuk.

Baca juga ūüĎȬ†Jenis-Jenis Gerhana Matahari

Apakah semua asteroid itu sama?

Tidak! Karena mereka terbentuk di lokasi berbeda pada jarak berbeda dari matahari, tidak ada dua asteroid yang sama. Berikut beberapa perbedaannya:

  • Tidak semuanya bulat seperti planet. Bentuknya bergerigi dan tidak beraturan.
  • Beberapa berdiameter ratusan km, tetapi banyak lagi yang sekecil kerikil.
  • Kebanyakan mereka terbuat dari berbagai jenis batuan, tetapi beberapa memiliki lempung atau logam, seperti nikel dan besi.

Baca juga ūüĎȬ†Plakat Pioneer | Pesan Dalam Botol Antar Galaksi | Yang dimaksudkan mungkin untuk makhluk luar angkasa?

Apa yang bisa kita pelajari dari asteroid?

Karena mereka terbentuk pada waktu yang sama dengan objek lain di tata surya kita, batuan antariksa ini dapat memberikan banyak informasi kepada ilmuwan tentang sejarah planet dan matahari.

Ilmuwan dapat mempelajari asteroid dengan mempelajari meteorit: potongan kecil asteroid yang telah terbang melalui atmosfer kita dan mendarat di permukaan bumi.

Baca juga ūüĎȬ†Meteor, Meteorit, Meteoroid | Penjelasan, Perbedaan, Contoh dan Kawah Tabrakan & Soal dan Jawaban

Beberapa misi luar angkasa NASA juga telah terbang dan mengamatinya. Pesawat luar angkasa NEAR Shoemaker mendarat di Eros, sebuah asteroid dekat Bumi, pada tahun 2001.

Kemudian, pesawat ruang angkasa Dawn melakukan perjalanan ke sabuk asteroid pada tahun 2011 untuk mengorbit dan mempelajari objek terbesar kedua di sana, Vesta. Vesta sangat besar seperti planet kecil. Pada 2012 Dawn meninggalkan Vesta dan pergi ke orbit di sekitar objek terbesar di sabuk asteroid, planet kerdil Ceres.

Pada 2016, NASA meluncurkan pesawat luar angkasa OSIRIS-REx untuk mempelajari asteroid di dekat Bumi bernama Bennu dan membawa sampel asteroid itu kembali ke Bumi! Pada 2018, OSIRIS-REx mengorbit di sekitar Bennu. Bennu adalah dunia terkecil yang pernah di orbit oleh pesawat luar angkasa. OSIRIS-REx akan menghabiskan waktu dua tahun mempelajari permukaan Bennu, mencari tempat terbaik untuk mengambil sampel.

Baca juga ūüĎȬ†Pemilik Bulan ‚Äď Siapa Pemiliknya?

Simbol Asteroid

Asteroid yang pertama ditemukan ditandai dengan simbol ikon menyerupai yang digunakan untuk menandai planet secara tradisional. Hingga tahun 1855 terdapat dua lusin simbol asteroid yang sering muncul dalam beragam varian.

Asteroid Simbol Tahun
1 Ceres ⚳ Simbol planetary Ceres lama Varian simbol Ceres Simbol Ceres yang lain dengan varian sabit Sabit Seres, jika diputar menyerupai huruf C 1801
2 Pallas ‚öī¬†Simbol Pallas lama¬†Varian simbol Pallas Tombak¬†Athena¬†(Pallas) 1801
3 Juno ‚öĶ¬†Simbol Juno lama¬†Simbol Juno yang lain¬†Simbol alternatif 3 Juno Tongkat berujung bintang milik¬†Yuno, Sang Ratu Surga 1804
4 Vesta ⚶ Simbol astrologi modern dari Vesta Simbol Vesta lama Simbol planetary lama Vesta 4 Vesta Unsimplified Symbol.svg Altar dan api suci Vesta 1807
5 Astraea Asteroid 5 Astraea symbol alternate.svg 5 Astraea Symbol.svg Sebuah timbangan atau jangkar terbalik, simbol keadilan 1845
6 Hebe 6 Hebe Astronomical Symbol.svg Cangkir Hebe 1847
7 Iris Asteroid  7 Iris Astronomical Symbol.svg Pelangi dan sebuah bintang 1847
8 Flora 8 Flora Astronomical Symbol.svg Setangkai bunga 1847
9 Metis 9 Metis symbol.svg Mata kebijaksanaan dan sebuah bintang 1848
10 Hygiea 10 Hygeia symbol alternate.svg 10 Hygiea Astronomical Symbol.svg Ular Hygieia dan sebuah bintang atau Tongkat Asclepius 1849
11 Parthenope 11 Parthenope symbol alternate.svg 11 Parthenope symbol.svg Sebuah harpa atau seekor ikan dan sebuah bintang; simbol Siren 1850
12 Victoria Asteroid 12 Victoria symbol.svg Bunga laurel kejayaan dan sebuah bintang 1850
13 Egeria Astronomical symbol of 13 Egeria Sebuah perisai, simbol perlindungan Egeria, dan sebuah bintang 1850
14 Irene Symbol 14 Irene.png Seekor merpati membawa sebuah ranting zaitun (simbol dari irene
‘perdamaian’) dengan sebuah bintang di atas kepalanya, atau sebuah ranting zaitun, bendera perdamaian, dan sebuah bintang
1851
15 Eunomia 15 Eunomia symbol.svg Hati, simbol keteraturan (eunomia), dan bintang 1851
16 Psyche 16 Psyche symbol.svg Sayap kupu-kupu, simbol the roh
(psyche), dan bintang
1852
17 Thetis 17 Thetis symbol.png Seekor lumba-lumba, simbol Thetis, dan bintang 1852
18 Melpomene 18 Melpomene symbol.svg Belati Melpomene dan bintang 1852
19 Fortuna Asteroid 19 Fortuna symbol.svg Roda keberuntungan dan bintang 1852
26 Proserpina 26 Proserpina symbol.svg Delima Proserpine 1853
28 Bellona 28 Bellona symbol.svg Cambuk dan tombak Bellona 1854
29 Amphitrite 29 Amphitrite symbol.svg Kerang Amfitrit dan bintang 1854
35 Leukothea 35 Leukothea symbol.png Cahaya mercu suar, simbol Leucothea 1855
37 Fides Asteroid  37 Fides symbol.svg Salib keyakinan (fides) 1855

Soal dan Jawaban Asteroid

1. Mengapa asteroid mengorbit matahari? Mengapa / bagaimana mereka tetap berada di sabuk Asteroid?

Jawaban:

Asteroid terbentuk, seperti Matahari, planet, dll., Dari nebula Matahari. Seperti halnya planet-planet (dan mereka dianggap sebagai sisa-sisa planet awal, yang pecah di awal tata surya), rotasi mengelilingi matahari sebagai hasil dari gerakan rotasi nebula matahari.

Baca juga ūüĎȬ†Hal Ini Menyebabkan Terjadinya Gerhana Matahari Total

2. Bagaimana asteroid terbentuk?

Jawaban:

Asteroid adalah benda kecil yang diyakini tersisa dari awal tata surya 4,6 miliar tahun lalu. Mereka adalah benda berbatu dengan bentuk bulat atau tidak beraturan hingga beberapa ratus km, tetapi sebagian besar jauh lebih kecil. Lebih dari 100.000 asteroid terletak di sabuk antara Mars dan Jupiter.

Mereka terletak di lokasi di tata surya di mana tampaknya ada lompatan jarak antar planet. Para ilmuwan berpikir bahwa puing-puing ini mungkin sisa-sisa planet awal, yang pecah di awal tata surya. Beberapa ribu asteroid terbesar di sabuk ini telah diberi nama.


Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons¬†‚ÄúOoo begitu ya‚Ķ‚Ä̬†akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Science Direct

Sumber foto: Wikimedia Commons

Penjelasan foto: Gambaran ilustrasi asteroid jatuh ke Bumi.

Pinter Pandai ‚ÄúBersama-Sama Berbagi Ilmu‚ÄĚ
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-01-14T14:59:51+07:00 Januari 14th, 2021|IPA|0 Comments

Leave A Comment