Ataksia (Ataxia) – Penyakit degeneratif sistem saraf – Penyebab, Gejala, Pengobatan

Ataksia

Ataksia adalah penyakit degeneratif sistem saraf. Banyak gejala Ataxia meniru gejala mabuk, seperti bicara tidak jelas, tersandung, jatuh, dan tidak terkoordinasi. Gejala-gejala ini disebabkan oleh kerusakan pada otak kecil, bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan gerakan.

Ataxia merupakan tanda neurologis yang terdiri dari kurangnya koordinasi gerakan otot secara otomatis yang dapat mencakup kelainan gaya berjalan, perubahan bicara dan kelainan pada gerakan mata.

Ataksia adalah manifestasi klinis yang mengindikasikan disfungsi bagian-bagian sistem saraf yang mengkoordinasikan gerakan, seperti otak kecil. Ataksia dapat dibatasi pada satu sisi tubuh, yang disebut sebagai hemiataxia.

Beberapa kemungkinan penyebab ada untuk pola disfungsi neurologis ini. Dystaxia adalah tingkat ringan ataksia. Ataksia Friedreich memiliki kelainan gaya berjalan sebagai gejala yang paling umum disajikan. [1] Kata ini berasal dari bahasa Yunani α- [awalan negatif] + -τάξις [order] = “kurangnya urutan”.

Baca juga 👉 Penyakit Alzheimer – Apa yang Terjadi di Otak? Penyebab, Gejala, Pengobatan, Perawatan dan Pencegahan

Tanda gejala awal penyakit ataksia

Apa saja tanda-tanda awal ataksia? Apa saja gejala ataksia serebelar akut?

  • Gangguan koordinasi di bagian tubuh atau lengan dan kaki.
  • Sering tersandung.
  • Gaya berjalan yang tidak stabil.
  • Gerakan mata yang tidak terkontrol atau berulang.
  • Kesulitan makan dan melakukan tugas motorik halus lainnya.
  • Bicara cadel (pelat).
  • Perubahan vokal.
  • Sakit kepala.

Bisakah penyakit ataxia disembuhkan?

Ataxia tidak memiliki obat. Tidak ada obat yang secara khusus dapat mengobati dan menyembuhkan gejala ataksia. Namun, obat-obatan dapat meringankan gejala dengan mengobati kondisi yang mendasarinya yang menyebabkan ataksia.

Diagnosa

Ataxia didiagnosis menggunakan kombinasi strategi yang mungkin mencakup riwayat medis, riwayat keluarga, dan evaluasi neurologis lengkap. Berbagai tes darah dapat dilakukan untuk menyingkirkan gangguan lain. Tes darah genetik tersedia untuk banyak jenis Ataxia herediter.

Berapa lama hidup seseorang dengan ataksia?

Harapan hidup pada umumnya lebih pendek dari normal untuk orang dengan ataksia herediter, meskipun beberapa orang dapat hidup dengan baik sampai usia 50-an, 60-an atau lebih. Dalam kasus yang lebih parah, kondisi ini bisa berakibat fatal pada masa kanak-kanak atau dewasa awal. Untuk ataksia yang didapat, pandangan tergantung pada penyebab yang mendasarinya.

Jenis-jenis ataksia

Ada berbagai jenis yang dapat dibagi menjadi tiga kategori besar:

  • Didapat – di mana gejala timbul sebagai akibat dari trauma, stroke, multiple sclerosis (MS), tumor otak, kekurangan nutrisi, atau masalah lain yang merusak otak atau sistem saraf
  • Herediter – di mana gejala berkembang perlahan selama bertahun-tahun dan disebabkan oleh gen yang salah yang diwarisi seseorang dari orang tua mereka; tipe yang paling umum adalah ataksia Friedreich
  • Idiopatik keterlambatan serebelar (ILOCA: idiopathic late-onset cerebellar ataxia) – di mana otak semakin rusak dari waktu ke waktu karena alasan yang tidak jelas

Pengobatan dan Perawatan Penyakit Ataksia

Tujuan dari perawatan Ataxia adalah untuk meningkatkan kualitas hidup dan membutuhkan pendekatan individual. Penting untuk bekerja sama dengan ahli saraf untuk mengembangkan rencana untuk mengatasi gejala. Terapi wicara dan bahasa, terapi okupasi, dan terapi fisik adalah pilihan pengobatan yang umum.

Mereka kadang-kadang digunakan bersama dengan terapi obat untuk mengelola gejala. Banyak upaya penelitian sedang dilakukan untuk menemukan perawatan yang lebih efektif untuk Ataxia.

Tetap aktif selama mungkin adalah bagian penting dari rencana perawatan untuk penderita Ataxia. Konsultasikan dengan dokter, ahli saraf, atau ahli terapi fisik Anda sebelum memulai program olahraga. Baca “11 Latihan untuk Pasien Ataxia,” untuk hal-hal yang dapat dilakukan di rumah untuk membantu menjaga kekuatan dan keseimbangan.

Obat-obatan umum untuk Gejala Ataxia

Gejala umum yang terkait dengan Ataxia tercantum di bawah ini dengan obat-obatan tanpa label yang telah digunakan untuk mengobatinya. Obat-obatan ini telah dilaporkan dalam literatur medis atau oleh dokter Ataxia. Nama generik didaftar pertama (jika ada) dengan nama merek dalam tanda kurung.

Depresi

SSRI (Selective serotonin reuptake inhibitor), SNRI’s (Selective norepinefrin-serotonin reuptake inhibitor) – kelas obat untuk kecemasan atau depresi.

Pusing / Vertigo

Acetazolamide (Diamox), 4-aminopyridine, Baclofen, Clonazepam, Flunarizine, Gabapentin (Neurontin), Meclizine, Memantine, Ondansetron (Zofran), Scopolamine (mis. Tranderm Scop Patch untuk mabuk perjalanan).

Kelelahan

Amantadine, Atomoxetine (Strattera), Buproprion (Wellbutrin), Carnitine, Creatine, Modafinil (Provigil) atau Armodafinil (Nuvigil), Pyridostigmine, Selegiline (Eldepryl), Venlafaxine (Effexor), Desvenlafaxine (Effexor); SSRI’s, SNRI’s – kelas-kelas obat untuk kecemasan atau depresi yang juga dapat membantu kelelahan.

Ketidakseimbangan / Koordinasi

Amantadine, Buspirone (Buspar), Riluzole (Rilutek).

Kram atau Kejang Otot

Baclofen, Tizanidine (Zanaflex).

Neuropati

Cymbalta, Lyrica; serta penggunaan umum dari Gabapentin, obat anti-kejang lainnya, dan berbagai anti-depresan trisiklik.

Kekakuan, Kelenturan, Kekakuan, Dystonia

Amantadine, Baclofen, Suntikan toksin Botulinum, Dantrolene sodium (Dantrium), Diazepam (Valium) – (Tapi dosis tinggi dapat memperburuk ataxia), Levodopa (carbidopa-levodopa, Sinemet), Pramipexole (Mirapex) Ropinirole (Requip), Tizanidine (Zanaflex), Trihexyphenidyl.

Tremor atau Istirahat Trem (getaran)

Amantadine, Shots toksin Botulinum, Carbamazepine, Clonazepam, Stimulasi Otak Mendalam, Flunarizine, Gabapentin (Neurontin), Isoniazid, Levetiracetam, Levodopa (carbidopa-levodopa, Sinemet), NAC (urac) , Pramipexole (Mirapex), Primidone, Propranolol, Ropinirole (Requip), Topiramate, Valproic Acid (Depakote).

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi penting tentang artikel kesehatan di PINTERpandai.com
Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kesehatan Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya 

By | 2020-08-05T17:44:51+07:00 Januari 5th, 2020|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment