fbpx

Bagaimana cara berbicara dengan orang depresi? Kata-Kata apa yang harus diucapkan?

Bagaimana cara berbicara dengan orang depresi?

Berbicara dengan seseorang yang Anda khawatirkan untuk diajak bicara, ketika Anda merasa tertekan dapat sangat membantu meringankan sedikit perasaan orang depressi tersebut. Tidak ada kata-kata ajaib yang akan membuat seseorang merasa lebih baik dan mungkin sulit untuk mengetahui apa yang harus dikatakan kepada seseorang yang menderita. Berikut adalah cara berbicara dengan orang depresi:

 

1. Apakah kamu membutuhkan waktu untuk sendirian?

Meskipun penting untuk menunjukkan dukungan dengan kehadiran Anda dalam kehidupan seseorang dan memastikan mereka tidak mengisolasi diri mereka sendiri, sering kali sendirian dapat membantu untuk mencerna bagaimana perasaan mereka atau hanya mengisi ulang baterai mereka. Menawarkan untuk memberi seseorang ruang jika mereka benar-benar membutuhkannya bisa menjadi ide yang bagus dan ini merupakan salah satu cara berbicara dengan orang depresi yang baik.

 

2. Kalau butuh aku, aku bisa datang dan berada di sisimu.

Hanya mengetahui bahwa seseorang ada di sana ketika kita membutuhkannya bisa menjadi kenyamanan yang luar biasa. Banyak orang dengan masalah kesehatan mental enggan meminta bantuan, karena mereka tidak ingin mengganggu orang dengan masalah mereka. Mengekspresikan kepada orang terkasih bahwa Anda ada di sana kapan pun mereka siap untuk berbicara adalah awal yang baik untuk membuka jalur komunikasi.

 

3. Aku sayang kamu! atau kamu sangat berharga bagiku!

Merasa sendiri, kesal dan tidak berdaya dapat menjadi hal yang menakutkan. Anda tidak perlu selalu memiliki jawaban atas masalah mereka karena jarang ada solusi sempurna. Hanya mengatakan, “Aku sayang kamu” memungkinkan mereka tahu bahwa mereka memiliki dukungan Anda, terlepas dari apa yang mereka alami.

 

4. Ambil waktumu selama yang kamu butuhkan.

Untuk seseorang yang depresi berat atau bahkan hanya suasana hati yang sangat rendah, tugas-tugas yang tampak mudah dapat terasa luar biasa. Hal-hal sehari-hari, seperti mandi atau memasak mungkin tampak terlalu berat untuk ditangani, terutama di pagi hari. Banyak orang dengan depresi merasa mood mereka meningkat menjelang akhir hari, sehingga memungkinkan mereka waktu ekstra untuk melakukan tugas-tugas ini adalah rencana yang baik.

 

5. Kamu tidak perlu melakukan apa pun yang membuat kamu merasa tidak nyaman.

Merasa tertekan atau depresi bisa, seperti pada situasi “bersosialisasi” ketika Anda merasa tertekan bisa sangat mengecewakan. Anda mungkin merasa berkewajiban untuk tampil ceria, yang bisa juga merupakan hal yang sangat sulit. Mengetahui peristiwa ini dapat dihindari untuk saat ini, dapat membantu seseorang merasa santai dan memberi mereka waktu untuk fokus pada kesehatan mereka sendiri.

 

6. Semuanya akan baik-baik saja, mungkin masalahmu hanya sesaat saja.

Kedengarannya sederhana, tetapi hanya mengatakan kepada seseorang bahwa semuanya akan baik-baik saja dapat menenangkan suasana hati mereka. Cara berbicara dengan orang depresi dan ketika orang kesal atau frustrasi, mereka sering melompat ke “skenario terburuk”. Dengan lembut menenangkan hati mereka dan mengingatkan mereka langkah kecil apa yang dapat diambil untuk memperbaiki situasi dapat membantu.

 

7. Benar, kamu tidak gila!

Masih ada banyak stigma seputar kesehatan mental sehingga penderita sering merasa terpinggirkan karena memiliki masalah. Merasa sendiri dan berbeda dari orang lain hanya akan memperparah masalah, jadi ingatkan orang yang Anda cintai bahwa meskipun penyakit mereka nyata, itu dapat diobati dan tidak membuat mereka kurang dari seseorang.

 

8. Kamu orang yang baik.

Rasa bersalah adalah perasaan umum dengan depresi dan bisa menjadi pemicu, serta gejala. Seringkali orang merasa seperti orang jahat karena mereka terlalu sakit untuk pergi bekerja atau menghadiri acara sosial; tetapi bukan ini masalahnya. Anda tidak akan menilai seseorang karena melewatkan acara karena penyakit fisik, jadi mengapa Anda berpikir seseorang adalah orang jahat karena sakit mental?

 

9. Itu bukan salahmu.

Ini umum untuk masalah kesehatan mental yang tampaknya mudah diperbaiki di permukaan, tetapi seperti yang kita tahu sering menjadi masalah rumit yang dapat membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk diselesaikan. Mengingatkan orang yang tidak boleh mereka ‘jepret dari itu’ adalah kunci; tidak mudah untuk diperbaiki dan itu bukan kesalahan mereka.

 

10. Kamu bukanlah sebagai beban.

Orang dengan depresi sering harus bergantung pada teman dan keluarga untuk banyak hal; seperti memasak, membersihkan dan berbelanja. Jelaskan dengan jelas bahwa Anda senang membantu kapan pun Anda bisa (pastikan untuk tidak membahayakan kesehatan Anda sendiri). Dengan cara berbicara dengan orang depresi seperti ini, dapat memastikan mereka merasa nyaman meminta dan menerima bantuan dapat mengurangi tekanan kehidupan sehari-hari secara berarti.

 

Cara berbicara dengan orang depresi

Cara berbicara dengan orang depresi. Sumber foto dan ilustrasi: Pixnio

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Beyond Blue

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-07-10T23:26:28+00:00 Juli 10th, 2018|Tak Berkategori|0 Comments

Leave A Comment