fbpx

Diet Ketogenik adalah metode diet tinggi kuntitas lemak sehat, rendah karbohidrat – Diet ketogenik: cara kerjanya dan manfaat potensial

Diet Ketogenik

Diet ketogenik adalah metode diet tinggi kuntitas lemak sehat, tetapi rendah karbohidrat dan protein mencukupi. Sering digunakan bagi merawat epilepsi refraktori yang sukar dikawal di kalangan anak-anak

Metode diet ini biasanya digunakan untuk penyembuhan epilepsi tanpa menggunakan obat-obatan, selain itu, metode diet ini dirasakan bisa sebagai cara membunuh sel-sel kanker

Premis-nya, yakni: “Sel-sel kanker butuh glukosa untuk berkembang, dan karbohidrat berubah menjadi glukosa dalam tubuh. Dalam kondisi pembatasan kuantitas asupan karbohidrat dan protein, menyebabkan sel-sel kanker menjadi kelaparan. Selain itu, asupan protein dengan kuantitas rendah cenderung meminimalkan mTOR (mammalian target of rapamycin) pathway yang mempercepat proliferasi sel.

 

Seperti apakah diet Ketogenik itu?

Kalori akan bervariasi tergantung pada sasaran berat badan Anda. Semua rencana makan akan rendah karbohidrat (kurang dari 50 gram). Protein harus moderat (80-100 gram), dengan lebih dari setengah kalori berasal dari lemak (100-200 gram).

Makan ketogenik bisa terlihat seperti ini: 114 gram (4 ons) salmon, 1 cangkir kembang kol, 2 sendok makan minyak zaitun, 1/4 cangkir keju parut. Beberapa camilan yang sesuai dengan diet ketogenik adalah alpukat, kacang, keju dan telur rebus.

 

Diet ketogenik

Diet ketogenik adalah metode diet tinggi kuntitas lemak sehat, rendah karbohidrat. Sumber foto: Joint Base San Antonio

 

Bagaimana diet Ketogenik membantu Anda untuk menurunkan berat badan?

Hati Anda akan mencari lemak untuk diubah menjadi keton. Beberapa dari itu akan berasal dari diet Anda. Sisanya akan berasal dari lemak di tubuh Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet ketogenik dapat membantu orang menurunkan berat badan ketika total asupan kalori menurun. Selain itu, orang sering melaporkan merasa kurang lapar dengan diet ketogenik daripada diet lain, juga menurunkan asupan kalori.

 

Hati-hati dengan diet Keto jika Anda memiliki diabetes

Jika Anda memiliki berat badan yang berlebihan dan diabetes. Hal ini dapat menurunkan asupan karbohidrat dan mungkin dapat meningkatkan gula darah Anda. Namun, berhati-hatilah agar gula darah tidak terlalu rendah.

Selain itu, diabetes meningkatkan risiko penyakit jantung dan mengonsumsi lemak jenuh dalam jumlah besar (bacon, produk susu, minyak kelapa) dapat semakin meningkatkan risiko tersebut.

Pilih lebih banyak lemak tak jenuh (alpukat, kacang, biji) jika Anda memilih untuk mencoba diet ini. Obat diabetes tertentu perlu disesuaikan dengan diet ketogenik. Bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum memulai diet ketogenik.

 

Sejarah Diet Ketogenik

Diet ketogenik yang dikembangkan pada tahun 1920 semakin laris pada dekade berikutnya, tetapi kemudian kurang diterima dengan baik setelah munculnya obat antikonvulsan yang efektif. Pada 1990-an, seorang penerbit Hollywood, Jim Abrahams memiliki seorang putra yang sakit parah, tetapi dikontrol oleh diet ini, ia mendirikan Yayasan Charlie untuk mempromosikan diet ketogenik. Yayasan mensponsori upaya penelitian multi-institusional yang mengembalikan hasil yang menandakan munculnya minat sains dalam diet. 

Diet ini efektif pada setengah pasien yang mencobanya, dan sangat efektif untuk sepertiga pasien. Pada tahun 2008, uji coba terkontrol secara acak jelas menunjukkan manfaat diet ketogenik mengobati epilepsi refrakter pada anak-anak. Ada juga bukti bahwa orang dewasa dengan kejang dapat memperoleh manfaat dari diet ini, serta rejimen diet yang longgar, seperti diet Atkins yang dimodifikasi.

 

Anda mungkin tidak ingin terjun langsung ke diet Ketogenik ini, sebelum membaca ini…

Pertama, mengubah diet Anda dari karbohidrat tinggi menjadi lemak tinggi dapat menyebabkan diare, sembelit, sakit kepala, kelelahan dan kram otot. Ini biasanya akan hilang dalam waktu 2 minggu.

Kedua, defisiensi vitamin dan mineral dapat berkembang karena menghilangkan kelompok makanan. Ini lebih merupakan masalah bagi mereka yang melakukan diet ketogenik selama beberapa bulan. Makan berbagai sayuran rendah karbohidrat, daging, kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu. Ketiga, Anda akan makan sebagian besar kalori dari lemak.

Beberapa penelitian menunjukkan efek negatif pada lipid darah bagi mereka yang menjalani diet tinggi lemak, terutama lemak jenuh. Jika lipid darah Anda mengkhawatirkan, bicaralah dengan dokter atau ahli gizi Anda terlebih dahulu.

 

Bacaan Lainnya

 

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: KetodashJBSAPerfect KetoRuled

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-10-13T11:00:40+00:00 Agustus 22nd, 2018|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment