PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Infeksi Jamur (Mikosis): bagaimana cara mengobatinya dengan cepat?

6 min read

Infeksi jamur kuku

Infeksi Jamur (Mikosis)

Pernahkah Anda mendengar tentang jamur Candida Albicans? Ini mungkin bukan nama yang Anda kenal, namun itu adalah nama yang bertanggung jawab atas infeksi jamur. Infeksi kulit atau selaput lendir ini merupakan infeksi yang sering terjadi, misalnya 75% wanita sudah pernah menderita infeksi jamur vagina. Artikel ini akan memberi tahu Anda tentang tanda-tanda yang seharusnya mengingatkan Anda jika terjadi infeksi (mikosis) jamur dan menjelaskan cara mengobatinya.

Apa saja tanda-tanda infeksi jamur?

Gejalanya sangat tergantung pada lokasinya. Yakinlah, meskipun jumlahnya banyak dan sering, mereka tidak berbahaya. Yang penting adalah Anda tahu cara mendeteksinya tepat waktu dan Anda berkonsultasi tepat waktu untuk dapat mengobatinya.

Gejala utama jamur pada kulit

Dapat dikenali pada kulit dengan munculnya bercak merah dan kulit kecil keputihan.
Terkadang kita melihat lesi yang melepuh dan berlendir.
Mereka sering menyebabkan gatal parah dan terkadang munculnya retakan, terutama pada kaki.
Pada kuku, infeksi (mikosis) jamur mungkin tidak gatal, itu adalah penebalan atau kehancuran kuku yang harus mendapatkan perhatian Anda.

Baik untuk diketahui:

  • Beberapa infeksi (mikosis) jamur kulit menyebabkan ketombe.
  • Mereka dijuluki jerawat jamur, meskipun kondisi ini tidak ada hubungannya dengan jerawat hormonal.
  • Memang, infeksi (mikosis) jamur disebabkan oleh adanya jamur, sedangkan “jerawat” hasil dari perubahan hormonal, terutama selama masa remaja.

Gejala utama jamur pada dubur atau vagina

Sekali lagi, rasa gatallah yang seharusnya menggangu Anda.

Penjamuran vagina atau dubur sangat tidak nyaman karena terasa gatal, tetapi juga tidak menyakitkan.
Paling sering disertai dengan keputihan yang kental berwarna putih. Jika berbau, bisa jadi itu adalah infeksi seperti vaginosis atau vaginitis, bukan infeksi (mikosis) jamur.
Dalam kasus infeksi (mikosis) jamur mulut, mulut Anda mungkin menjadi putih dan Anda akan merasa sangat kering di mulut Anda dengan terkadang sakit tenggorokan.


Perawatan apa untuk menghilangkan infeksi jamur?

Jika tidak berbahaya atau sangat menyakitkan, Anda mungkin perlu menghilangkan rasa gatal yang disebabkan oleh infeksi (mikosis) jamur sesegera mungkin. Ada beberapa cara untuk menghadapinya. Ada banyak pengobatan konvensional. Ini adalah obat antijamur dalam berbagai bentuk tergantung pada area yang akan dirawat.

Saran untuk mengobati infeksi jamur vagina

Seorang dokter atau bidan mungkin meresepkan obat jika Anda memiliki infeksi (mikosis) jamur vagina. Perhatikan bahwa jenis perawatan ini juga tersedia di apotek tanpa resep dokter.

Harap diketahui:

  • Jamur di vagina sangat umum terjadi setelah minum antibiotik.
  • Namun, hal itu dapat dihindari dengan berbicara dengan dokter Anda ketika meresepkan pengobatan antibiotik yang bersangkutan.
    Disarankan agar Anda tidak melakukan apusan jika Anda memiliki jamur ini.
  • Sering menyebabkan ketidakseimbangan flora vagina (mikroorganisme alami yang berada di vagina). Setelah pengobatan dengan telur, sering disarankan untuk mengonsumsi probiotik melalui vagina untuk menyeimbangkan kembali flora. Secara khusus, ini membantu mencegah kekambuhan.

Baca juga: Penyebab jamur pada vagina (infeksi jamur vagina) | Macam-macam Bakteri di dalam vagina

Juga disarankan untuk menggunakan sabun yang sesuai untuk kebersihan pribadi. Jika Anda membutuhkan saran, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau bidan Anda.


Mengobati jamur pada kulit atau jamur kuku

Dokter Anda dapat meresepkan:

  • krim, salep atau semprotan untuk infeksi (mikosis) jamur kulit
  • cat kuku jika itu jamur kuku.
Infeksi jamur kuku
Infeksi jamur kuku. Sumber foto: Ivan Radic / Flickr

Obat alami untuk infeksi (mikosis) jamur

Tidak ada obat alami untuk gejala infeksi (mikosis) jamur. Di internet, Anda akan membaca semua jenis informasi yang menganjurkan penggunaan tanaman dan sejenisnya untuk mengobati infeksi (mikosis) jamur.

Namun, artikel kami menyarankan Anda untuk mengikuti saran dokter Anda dan mengobati infeksi (mikosis) jamur Anda dengan perawatan yang tercantum di atas.


Apa yang menyebabkan infeksi jamur?

Infeksi ragi adalah infeksi yang disebabkan oleh mikro-jamur, seperti yang kami katakan, sering Candida Albicans tetapi bisa juga Candida Glabrata, untuk beberapa nama. Mereka dapat mempengaruhi banyak bagian tubuh, berikut adalah yang utama.

Pada negara yang memiliki 4 musim, jamur vagina lebih sering terjadi di musim panas karena pakaian renang yang basah dan panas, seperti halnya infeksi saluran kemih atau sistitis. Mereka juga relatif umum selama kehamilan dan dalam kasus khusus ini, penting untuk mengobatinya dengan cepat!

Faktor lain yang mendukung infeksi ini menyangkut kebersihan pribadi: melakukan pembersihan dengan douche vagina tidak menyeimbangkan flora dan mendorong perkembangan jamur.

Bicaralah dengan dokter secara nyaman dan rahasia dari rumah

Luangkan waktu untuk mengurus diri sendiri, konsultasi medis jarak jauh dengan Dokter Jika tersedia! dapat membantu Anda untuk mengobatinya.

Mikosis yang mempengaruhi mukosa vagina

Dalam kategori ini, dapat disebutkan infeksi ragi atau jamur pada mulut atau bahkan mikosis yang mempengaruhi lidah, tetapi juga mikosis genital dan mikosis anal. Mereka paling sering disebabkan oleh Candida Albicans.

Penyebab jamur pada kulit

Mereka sangat bervariasi, mereka dapat mempengaruhi kulit tetapi juga kuku dan tangan, ketiak di bawah lengan atau kulit kepala. Mikosis kulit sering disebabkan oleh apa yang disebut jamur dermatofita atau pityrosporosis, mudah untuk membingungkan mereka dengan penyakit lain seperti eksim atau psoriasis.

Sama seperti infeksi (mikosis) jamur kulit kepala. Jamur pada kuku umumnya disebabkan oleh apa yang disebut jamur dermatofit tetapi juga oleh jamur atau ragi, dan mempengaruhi sekitar 10% dari populasi. Jamur kulit pada kaki dan tangan adalah yang paling umum.

Bagaimana seorang pria bisa terkena jamur ini?

Meskipun jamur genital (alat kelamin) relatif jarang terjadi pada pria, infeksi ini masih dapat terjadi pada kelenjarnya, terutama setelah berhubungan seks. Kontaminasi juga bisa endogen, artinya manusia menginfeksi dirinya sendiri dengan Candida mereka sendiri.

Penampilannya tidak terlalu spesifik, lesi merah, kadang-kadang dengan erosi kecil atau pustula, dan rasa tidak nyaman dan gatal. Kadang-kadang terasa seperti kesemutan setelah hubungan seksual, tanpa lesi yang terdeteksi. Kontaminasi atau mungkin berasal dari pencernaan atau seksual.

Apakah infeksi (mikosis) jamur menular?

Infeksi ragi pada pria dan wanita menular, tetapi tidak berbahaya, jangan khawatir. Jamur yang menyebabkan infeksi ragi atau jamur dapat menular di tempat-tempat ramai seperti kolam renang atau kamar mandi umum.

Mereka juga menular melalui hubungan seks, tetapi Anda harus tahu bahwa mereka tidak dianggap sebagai IMS. Satu-satunya infeksi (mikosis) jamur yang tidak menular adalah infeksi (mikosis) jamur mulut. Baca juga: Penyakit Kelamin atau Penyakit Menular Seksual pada Wanita Pria | Contoh Penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual 

Dia mungkin juga membingungkan dengan infeksi (mikosis) jamur kulit di dekat mulut dengan herpes oral (herpes di mulut), yang sangat menular.


Kiat pencegahan infeksi jamur

Mencegah jamur kulit

Ini adalah jamur pada kaki, kuku dan kulit kepala. Berikut adalah tindakan yang harus dilakukan setiap hari untuk menghindari penularan dan membatasi penularan:

  • Keringkan kaki Anda dengan baik setelah mandi: di antara jari kaki dan lipatan;
  • Hindari bertelanjang kaki di tempat umum: terutama gym, kolam renang. Sebagai gantinya, gunakan misalnya;
  • Gunakan sabun non-alkali (pH netral);
  • Hindari mengenakan pakaian atau sepatu yang sangat tertutup atau “tidak dapat bernafas”: kelembaban meningkatkan penyebaran jamur;
  • jamur sabun ph netral

Mencegah jamur vagina

  • Hindari memakai pakaian yang terlalu ketat: kenakan pakaian yang longgar dan agak terbuat dari bahan alami seperti katun (hindari bahan sintetis);
  • Keringkan bagian intim dengan baik setelah dicuci;
  • Juga gunakan sabun pH netral;
  • Hindari pembersihan berlebihan karena ini melemahkan penghalang alami kulit;

Mencegah jamur mulut

Menerapkan kebersihan mulut yang baik: menyikat gigi tiga kali sehari, obat kumur.
Ada lebih sedikit saran pencegahan untuk jenis jamur ini, yang berkembang terutama pada orang dengan gangguan sistem kekebalan.


Pertanyaan yang Sering Diajukan

Penyakit apa lagi yang bisa membuat gatal?

Infeksi lain bisa terasa gatal. Misalnya pada pergelangan tangan, siku, sela-sela jari atau alat kelamin bisa menjadi tanda infeksi scabies (penyakit parasit). Herpes zoster sering menyebabkan jerawat di satu sisi batang tubuh, eksim juga membuat Anda ingin menggaruk, seperti halnya sariawan atau herpes genital.


Klasifikasi atau jenis infeksi jamur

Infeksi ragi ini dapat diklasifikasikan menurut tingkat jaringan organ yang awalnya terpengaruh:

1. Superfisial

Terbatas pada lapisan terluar kulit dan rambut.

2. Menyebar di dalam epidermis (lapisan jaringan paling luar pada kulit), serta rambut dan kuku yang invasif

Tidak seperti infeksi (mikosis) jamur superfisial, respon imun dapat dibangkitkan, dengan perubahan patologis pada lapisan dalam kulit. Organisme yang menyebabkan penyakit ini disebut dermatofit. Patologi yang dihasilkan sering disebut kurap atau kurap. Infeksi (mikosis) jamur kulit disebabkan oleh jamur Microsporum, Tricophyton, dan Epidermophyton, yang termasuk spesiesnya.

3. Subkutan

Mempengaruhi dermis, jaringan subkutan (juga disebut hipodermis), otot dan fasia. Infeksi ini bersifat kronis dan dapat dimulai dengan luka di kulit, yang memungkinkan masuknya jamur. Mereka sulit disembuhkan dari infeksi (mikosis) jamur dan mungkin memerlukan pembedahan. Bentuknya disebut Chromomycosis, entomotoromicosi, feoifomicosi, lobomicosi dan sporotrichosis.

4. Sistemik

Yang disebabkan oleh patogen primer – terutama berasal dari paru-paru dan dapat menyebar ke banyak organ. Organisme yang menyebabkan infeksi (mikosis) jamur sistemik biasanya virulen (bakteri yang dapat menyebabkan penyakit dan mampu menyerang jaringan tubuh sehingga menyebabkan penyakit parah).

5. Mikosis sistemik karena patogen oportunistik

Adalah infeksi pada pasien dengan defisiensi imun yang seharusnya tidak terpengaruh. Contoh defisiensi imun termasuk AIDS, perubahan (disbiosis) mikrobiota manusia karena antibiotik, terapi imunosupresif, dan kanker metastatik. Contoh mikosis oportunistik termasuk kandidiasis, kriptokokosis dan aspergillosis.


Apa 5 Klasifikasi Antibodi dan Fungsinya?

Lima klasifikasi antibodi atau kelas yang berbeda diketahui berada pada tubuh mamalia dan memainkan peran yang berbeda dan menolong mengarahkan respon imun yang tepat untuk tiap tipe benda asing berlainan yang masuk ke dalam tubuh, yaitu: IgM, IgD, IgG, IgA, dan IgE. Mereka yang memberikan setiap isotipe dengan karakteristik dan peran yang berbeda. Untuk lebih detilnya baca: Klasifikasi Antibodi Beserta Contoh dan Fungsinya: IgM, IgD, IgG, IgA, IgE)

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Karger, Web MD, Osmosis, Health Line, NHS UK

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Memahami Prinsip dan Operasi Utama dalam Perbankan Islam: Riba,…

Perbankan Islam mengikuti prinsip-prinsip syariah yang sesuai dengan ajaran Islam. Ini melibatkan larangan terhadap riba (bunga), mempromosikan berbagai bentuk transaksi yang adil, serta mengutamakan...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *