Korea Utara – Sejarah, Geografi, Fakta, Pariwisata

Korea Utara

Ibu kota dan kota terbesarnya adalah Pyongyang. Zona Demiliterisasi Korea menjadi batas antara Korea Utara dan Korea Selatan. Sungai Amnok dan Sungai Tumen membentuk perbatasan antara Korea Utara dan Republik Rakyat Tiongkok.

Sebagian dari Sungai Tumen di timur laut merupakan perbatasan dengan Rusia. Penduduk setempat menyebut negara ini Pukchosŏn (북조선, “Chosŏn Utara”).

Hari pendirian Korut

Republik Rakyat Demokratik Korea, yang diadakan pada 9 September.

Hari Pendirian Republik adalah salah satu hari libur paling penting dari negara tersebut, bersama dengan Hari Matahari (hari kelahiran Kim Il-sung), Hari Bintang Bersinar (hari kelahiran Kim Jong-il) dan Hari Pendirian Partai.

Jenis pemerintahan

Negara kesatuan satu partai Juche Songun di bawah kediktatoran totaliter.

Baca juga 👉 Demokrasi – Jenis, Penjelasan, Contoh Demokrasi: langsung, representatif (perwakilan: Parlementer, Presidensial, Otoriter, Agama), partisipatif, pluralis dan elit


Wisata Korea Utara

Karena bukan tujuan wisata yang umum, sulit menentukan apakah yang kita dengar tentang negara ini.

Kompromi yang diperlukan untuk bepergian ke sini sangatlah signifikan. Anda akan ditemani oleh dua pemandu yang bekerja di negara bagian setiap saat dan mendengarkan cerita sepihak tentang sejarah saat sedang sibuk dari satu tempat ke tempat lain.

Mereka yang tidak dapat menerima ini mungkin lebih baik menjauh – tetapi mereka yang bisa akan melakukan perjalanan yang menakjubkan ke dunia lain yang meresahkan.

Apa yang terkenal di Korea Utara?

Pyongyang

Kota ini berbatasan dengan Sungai Taedong dan beberapa monumen paling ikonik di Pyongyang seperti Tower of the Juche Idea dan Grand People’s Study House, serta Galeri Seni Korea, Museum Sejarah Pusat dan beberapa kementerian penting pemerintah.

Menara Juche (Monumen & Patung)

Ini adalah monumen di Pyongyang yang didirikan di Juche 71 (1982) dan dinamai sesuai dengan ideologi Juche yang diperkenalkan oleh pemimpin besarnya Kim Il-Sung. Juche mewakili campuran autarky, kemandirian, nasionalisme, tradisionalisme. Menara ini berdiri di tepi timur Sungai Taedong, tepat di seberang Alun-alun Kim Il Sung di sisi barat sungai. Itu didirikan untuk memperingati ulang tahun ke-70 Kim Il-Sung.

Strukturnya memiliki desain menara batu berlapis unik yang diatapi obor yang bersinar di malam hari. Patung perunggu seorang pekerja, petani, dan intelektual yang memegang tinggi lambang Partai Pekerja Korea yang menghiasi dasarnya. Pengunjung dapat melihat struktur dari luar sebelum masuk untuk melihat museum di dalam dan naik lift ke atas untuk menikmati pemandangan Pyongyang yang menakjubkan.

Ini memberikan pemandangan yang luar biasa dari alun-alun Kim il sung, stadion May Day, dan Anda bahkan dapat melihat hotel Ryugyong di latar belakang. Pemandangan luar biasa dari atas, ada sedikit antrian untuk mendapatkan lift, bar kecil dan toko-toko suvenir kecil.

Lapangan Kim Il-sung

Ini dikatakan sebagai alun-alun terbesar ke-30 di dunia dengan luas sekitar 75.000 meter persegi yang dapat menampung lebih dari 100.000 orang. Alun-alun ini diambil dari nama pemimpin pendiri negara itu, Kim Il-sung dan ditulis pada bulan Agustus 1954. Alun-alun tersebut memiliki tempat budaya dan politik yang signifikan di Korea Utara di mana demonstrasi, tarian, dan parade militer sering diadakan.

Monumen Besar Bukit Mansudae

Bagian tengah dari monumen tersebut terhadap dua patung tinggi setinggi 22 meter dari pemimpin Korea Utara Kim Il-sung dan Kim Jong-il, yang terbuat dari perunggu. Di belakang patung tersebut terdapat tembok bangunan Museum Revolusi Korea, yang menyimpan mural muzaik yang menampilkan suasana dari Gunung Paektu, yang dianggap menjadi gunung keramat dari revolusi tersebut.

Di sebelah patung tersebut, terhadap dua monumen yang menampilkan beberapa prajurit, pekerja, petani dan lain-lain; Perjuangan Revolusioner Anti-Jepng dan Revolusi Sosialis. Monumen tersebut memiliki tinggi 22.5 meter dan panjang 50 meter.

Kediaman Mangyongdae Kim Il Sung

Ini adalah tempat kelahiran Presiden Kim Il-Sung. Kompleks ini terdiri dari tiga area, yaitu kompleks rumah, sumur air, dan platform pandang di puncak bukit. Anda akan mendapatkan tur rumah dan mendapatkan cerita tentang sejarah tempat itu. Lalu ada sumur alami di mana Anda bisa menurunkan ember dan mengambil air bersih untuk diminum di sana.

Taman Botanis

Kebun raya luas yang terletak di pinggiran Pyongyang, di seberang Kebun Binatang Pusat Pyongyang.

Kebun Binatang

Dibuka kembali setelah renovasi pada tahun 2016, Kebun Binatang Pusat Pyongyang menampilkan beragam hewan, dari gajah hingga ikan hingga reptil, di dalam kandang dalam dan luar ruangan. Ini juga berisi museum sejarah alam dengan model dinosaurus seukuran manusia.

Kompleks Kesehatan Changgwang

Dibangun pada 1980-an dengan gaya modernis sosialis yang megah, Kompleks Kesehatan Changgwang adalah kompleks kesehatan masyarakat terbesar dan paling ikonik yang dapat ditemukan di seluruh negeri. Perhatikan pernyataan arsitektural ini dari eksterior dan interior sebelum menggunakan fasilitasnya: tukang cukur, sauna, pemandian umum dan pribadi, pijat, dan kolam renang Olimpiade.

Patung Chollima

Patung perunggu yang menampilkan Chollima, kuda bersayap dari mitologi Korea, dengan dua penunggang di punggungnya. Itu diresmikan pada tahun 1961 untuk memperingati upaya rekonstruksi pasca-perang yang cepat di negara itu.

Dibangun pada April Juche 50 (1961) di kaki Bukit Mansu untuk mengenang ulang tahun ke-49 Presiden Kim II-sung. Itu menggambarkan seekor kuda legendaris, makhluk mitos yang dapat menempuh jarak ratusan kilometer dalam satu hari dan kecepatan Chollima melambangkan semangat heroik rakyat Korea.

Metro Pyongyang

Sistem metro di Pyongyang terdiri dari dua jalur: jalur Chollima, dinamai menurut nama kuda yang sangat cepat dari mitologi Korea kuno, yang membentang sekitar 12 km; Garis Hyŏksin, yang secara harfiah berarti pembaruan, membentang sekitar 10 km. Anda dapat menikmati kereta bawah tanah terdalam di dunia – treknya diklaim memiliki kedalaman sekitar 110 meter di bawah tanah.

Rupanya, jaringan bawah tanah tidak hanya dirancang untuk tujuan transportasi tetapi juga untuk bunker nuklir – ya, betul, tempat perlindungan dari bom!

Museum Koryo

Museum Koryo terletak di Universitas Seong-gyun-gwan sebelumnya, organ pendidikan tertinggi di Dinasti Koryo. Universitas Seong-gyun-gwan kuno dibangun pada tahun 992 dan berfungsi pertama sebagai lembaga pendidikan tertinggi untuk mempersiapkan para bangsawan menjadi pejabat pemerintah. Kompleks bangunan saat ini dibangun kembali pada tahun 1592 setelah dibakar oleh Jepang selama Perang Imjin.

Arch of Triumph (Monumen Kemenangan di Pyongyang)

Diresmikan pada acara ulang tahun ke-70 Presiden Kim II-sung pada tahun 1982, lengkungan besar dibangun untuk memperingati perlawanan Korea terhadap Jepang dari tahun 1925 hingga 1945. Ini adalah gapura kemenangan tertinggi di dunia, dengan tinggi 60 m dan lebar 50 m di kaki Bukit Moran. Masing-masing dari 25.500 balok granit putih berpenampilan halus menandakan satu hari dalam hidupnya hingga hari itu.

Taman Hiburan Kaeson

Bergabunglah dalam kegembiraan dengan penduduk setempat. Pasar malam ini sangat ramai terutama pada hari libur nasional di Korea Utara.

Makam Raja Tangun

Pendiri kerajaan pertama di Semenanjung Korea.

Studio Film Korea Utara

Dapat melihat di mana film-film RRDK dibuat. Studio ini didirikan pada tahun 1947 dan memiliki luas lebih dari 1 juta meter persegi. Ia memiliki seluruh jalan dengan bangunan yang meniru beberapa tempat dan ruang waktu; Korea Kuno, Cina, Korea Selatan pada 1950-an, Eropa, Jepang, dll. Wisatawan, termasuk warga Korea Utara setempat, memiliki kesempatan untuk mengenakan kostum film saat berada di studio serta melihat klip pendek film RRDK modern.

Dua fokus utama adalah perjuangan anti-Jepang dan perang anti-Amerika. Kompleks utama adalah deretan besar gedung perkantoran tempat berlangsungnya pascaproduksi. Di sini Anda akan menemukan kota Korea kuno generik untuk film-film bersejarah (Anda bahkan dapat berpakaian sebagai raja atau ratu dan difoto duduk di ‘singgasana’ berkarpet kulit macan tutul), jalan Cina tahun 1930-an, jalan Jepang, Selatan di Jalan Korea dan berbagai struktur dari koleksi bangunan ‘Eropa’.

Taman Rakyat Pyongyang

Dibuka untuk umum pada tahun 2012, taman hiburan yang sangat besar ini memiliki replika makam, pagoda dan mausoleum dari berbagai periode Korea (terhitung sejak zaman pra-peradaban), dan juga versi mini monumen-monumen dan bangungan-bangunan terpenting saat ini di RRDK. Populer di kalangan keluarga dan pasangan-pasangan yang baru menikah.

Zona Demiliterisasi Korea (Kunjungan ke DMZ dari Sisi Korea Utara)

ZDK Zona Demiliterisasi Korea (bahasa Korea: 한반도 비무장지대) adalah sebuah jalur tanah yang melintasi Semenanjung Korea yang berguna sebagai zona penyangga antara Utara dan Selatan Korea. Zona demiliterisasi ini membelah Semenanjung Korea hampir tepat separuhnya, melintasi garis khayal 38 derajat Lintang Utara pada sebuah sudut, dengan ujung barat zona ini ada di selatan garis paralel dan ujung timur ada di utaranya. Zona ini sepanjang 248 km dan selebar hampir 4 km, dan menjadi perbatasan militer terpadat di dunia.

Meskipun wisatawan dapat dengan mudah mengunjungi DMZ di Korea Selatan, pariwisata Korea Utara tidak mengabaikan hal ini dari agenda. Ini adalah kesempatan Anda untuk melihatnya dari sisi lain dan, tentu saja, mendengarkan ceritanya dari sudut pandang mereka.

Anda bisa duduk di ruangan yang sama, bercakap-cakap di atas meja perundingan (yang mana Anda tidak diperbolehkan duduk-duduk ketika Anda berkunjung dari sisi Korea Selatan) dan melihat penjaga Korea Utara bertugas di perbatasan.

Anda akan melihat melalui teropong ke area DMZ ‘No Man’s Land’ di antara perbatasan dua negara, di mana Anda akan diberi tahu bahwa penjaga Korea Utara terus mengawasi.

Nampo – PROVINSI PYONGYAN SELATAN

Nampo adalah kota yang dikelola secara khusus di Korea Utara karena pentingnya sebagai pelabuhan utama di Laut Barat. Jalan raya antara Pyongyang dan Nampo adalah yang terbaik di negara ini, yang merupakan indikator yang baik tentang pentingnya sebagai pusat perdagangan utama melalui laut antara Cina dan RRDK.

Kota ini berpenduduk sekitar 370.000 jiwa dan kompleks industri utama seperti Pabrik Kaca Persahabatan Tae’an, Kompleks Baja Chollima dan Pabrik Pembuatan Kapal Nampo.

Itu juga merupakan situs West Sea Barrage yang terkenal. Kota ini juga menjadi tuan rumah salah satu hotel favorit kami, Ryongsong Spa Hotel, dengan air spa yang terkenal dan pilihan kerang Korea yang terkenal di dunia.

Baca juga 👉 Perayaan Tradisional Korea – Perayaan Hari Raya Tradisional Korea – Tanggal, Perayaan, Arti, Tradisi, Makanan istimewa (Daftar festival tradisional Korea) dan Hanbok Baju Tradisional Korea

Hamhung – PROVINSI HAMGYONG SELATAN

Hamhung adalah kota terbesar kedua di negara dengan populasi lebih dari tiga perempat juta orang, kota ini juga merupakan ibu kota Provinsi Hamgyong Selatan.

Kota ini terbuka untuk turis sekarang tetapi tidak ada banyak variasi situs yang tersedia dengan sorotan utama sebagian besar adalah Pabrik Pupuk Hungnam dan Resor Pantai Majon. Pusat utama industri sebelum dan sesudah perang Korea, kota ini juga memproduksi Vinalon, mesin, bahan kimia, dan lainnya.

Gunung Baekdu dan Pegunungan Changbai (SAMJIYON – PROVINSI RYANGGANG)

Danau itu memiliki kepentingan mitos yang signifikan bagi orang Korea Utara dan bahkan dianggap sebagai rumah spiritual negara tersebut. Dari Gunung Baekdu mengalir mata air alami yang disebut Spa Baekdu. Tempat menarik lainnya di sekitar pegunungan termasuk mata air panas, air terjun.

Samijon, merupakan kota dan situs resmi terbaru Korea Utara dari proyek konstruksi besar-besaran baru-baru ini, Samjiyon terutama dikunjungi oleh wisatawan domestik dan asing dalam perjalanan ke Gunung Paektu (Baekdu).

Dimungkinkan untuk mengunjungi Samjiyon Square dan Monumen Samjiyon yang mengesankan yang menandakan upaya perang gerilya Korea melawan Jepang selama Perang Dunia II. Air terjun Rimyongsu adalah tujuan populer lainnya bagi wisatawan.

Hotel Begabong adalah salah satu hotel favorit kami, terletak di pinggiran kota dan terkenal di Korea dengan api unggun kentang panggang. Anda hanya dapat mencapai Samjiyon dengan penerbangan sewaan dari Pyongyang.

Wilayah Barat

DPRK secara resmi mencakup seluruh semenanjung dan Korea Utara lama untuk reunifikasi. Semua peta di negara ini mengikutsertakan dan bahkan ramalan cuaca dari bagian selatan semenanjung turut disiarkan. Akibatnya, kami akan mengacu pada masing-masing wilayah RRDK sesuai dengan posisinya di semenanjung secara keseluruhan. Harap dicatat bahwa KTG adalah biro perjalanan yang mengkhususkan diri di RRDK dan kami tidak memiliki sikap politik apa pun terkait situasi di semenanjung Korea.

Zona Demiliterisasi Korea (Korean Demilitarized Zone/DMZ)

Membagi Korea menjadi komunis Utara dan kapitalis Selatan, ini, perbatasan yang paling banyak dipersenjatai di muka Bumi, adalah salah satu peninggalan yang masih tersisa dari Perang Dingin. Sebuah sorotan yang tidak boleh dilewatkan jika mengikuti tur Korea Utara mana pun.

Kaesong

Ibukota Koryo (918-1392), negara bagian unifikasi pertama dari semenanjung Korea. Terletak 10 km dari DMZ. Menjadi tuan rumah sebuah universitas Konfusius berusia 1.000 tahun, yang sekarang telah berubah menjadi Museum Koryo dan merupakan rumah bagi 12 situs Warisan Dunia UNESCO.

Pohyon Temple

Kuil tua berlokasi di Gunung Myohyang. Pertama kali dibangun pada abad ke-11.

Pameran Persahabatan Internasional

Dua bangunan penuh hadiah yang telah dikirim ke Kim Il-sung dan Kim Jong-il. Ini berasal dari seluruh dunia dan setiap bangunan memiliki beberapa lantai.

Nampo

Kota pelabuhan yang terletak di pantai barat RRDK. Lihat deskripsi tempat-tempat utama yang ada untuk dilihat di kota Korea Utara ini.

Bendungan Nampo (West Sea Barrage)

Juga dikenal sebagai Bendungan Nampo. Memiliki panjang 8 km dan merupakan sumber kebanggaan nasional di RRDK.

Desa Rakyat Sariwon

Temukan Desa Rakyat Korea dan lihat seperti apa kehidupan di zaman Korea kuno.

Haeju

Ibu kota pelabuhan Provinsi Hwanghae Selatan. Daerah sekitarnya adalah rumah bagi tempat-tempat bersejarah, yang berasal dari Negara Bagian Koguryo (didirikan 950 tahun sebelum Dinasti Koryo), dan lembah serta pegunungan yang indah.

Sinchon

Terletak di Provinsi Hwanghae Selatan, daerah ini memiliki Museum Kejahatan Perang Amerika Sinchon yang, secara sangat grafis, RRDK klaim tentara AS telah lakukan di sini di musim gugur tahun 1950, tak lama setelah Perang Korea dimulai.

Sinuiju

Berbatasan dengan kota Dandong di Cina, zona ekonomi khusus ini menjadi titik keluar / masuk kita ke DPRK bila menggunakan kereta. Beberapa tur dapat singgah satu hari di sini dan dapat dikombinasikan dengan kota Dongrim yang baru dibuka.

Kota Dongrim

Ini adalah kota yang hanya dibuka untuk wisatawan pada bulan Oktober 2014 dan menjadi yang pertama mengatur perjalanan ke sini untuk orang Barat. Kami bermalam di sini saat pergi ke Sinuiju di salah satu hotel terbaru dan terbaik yang tersedia di negara ini.

Wilayah Timur

Hamhung- kota terbesar kedua di RRDK. Kota industri yang terletak di sisi timur negara ini dan dibuka untuk pariwisata pada tahun 2010.

Wonsan

Kota pelabuhan utama di Korea Utara. Pergi ke sana akan memungkinkan Anda untuk menjelajahi daerah-daerah dan kota-kota kecil di RRDK karena Anda benar-benar menyeberang dari satu sisi negara ke sisi lainnya!

Gunung Kumgang

terletak di sebelah timur RRDK. Korea Selatan dekat dengan bagian negara yang menakjubkan ini. Kami menyelenggarakan tur pendakian dan perkemahan di sini, serta tur Korea Utara standar.


Fakta Korea Utara

1. Hanya ada 15 potongan rambut yang disetujui

Sisi positifnya, kesetaraan gender karena kedua jenis kelamin memiliki 15 potongan rambut yang disetujui oleh rezim. Namun, tidak ada potongan rambut yang disetujui pria yang mirip dengan pemimpin tertinggi mereka.

2. Mereka tidak mengikuti kalender dan garis waktu yang sama dengan negara-negara lainnya

Kalender Korea Utara didasarkan pada tanggal lahir pendirinya!

Ini mungkin abad ke-21 untuk seluruh dunia tetapi bagi orang-orang di Korea Utara, ini masih tahun ke-106 Juche. Kalender Juche Korea Utara dimulai dari 15 April 1912, tanggal lahir pendirinya Kim Il-Sung.

Kalender Korea Utara menghitung tahun setelah pendirinya, ulang tahun Kim II-Sung pada tahun 1912. Jadi, meskipun kita hidup di tahun 2019, di sana masih tahun 107.

3. Salah satu stadion terbesar di dunia

Dengan kursi untuk 150.000 orang, Stadion Rungrado di Korea Utara tidak diragukan lagi adalah stadion terbesar di dunia. Michigan Stadium berada di posisi kedua dengan lebih dari 40.000 kursi lebih sedikit.

4. Ada kebijakan ‘hukuman 3 generasi’

Jika seseorang melanggar hukum, bukan hanya orang itu yang dihukum, tetapi seluruh keluarga selama tiga generasi ke depan.

Aturan hukuman tiga generasi adalah kenyataan mengerikan negara yang tidak tahan kritik dari warganya. Jadi, jika satu orang melakukan kejahatan, seluruh garis keturunannya, termasuk kakek-nenek, orang tua dan anak-anak, akan dikirim ke penjara.

5. Tentara Korea Utara diperkirakan memiliki lebih dari 1,2 juta tentara

Meskipun bukan kekuatan militer terkuat di dunia, para ahli mengatakan bahwa tentara Korea Utara jelas merupakan yang terbesar dengan lebih dari 1,2 juta tentara.

6. Kim Il-sung membeli 1.000 mobil Volvo dari Swedia tetapi tidak pernah membayarnya

Pendiri Kim II-Sung membeli mobil Volvo dari Swedia pada tahun 70-an tetapi tidak pernah membayarnya.

Rupanya, pemerintah Swedia masih mengirimkan faktur setiap tahun, dan utang saat ini sekitar 2,8 juta USD.

7. Hanya ada 3 saluran TV

Korean Central Television (KCTV) adalah saluran utama dan tersedia di seluruh negeri. Yang lainnya hanya tersedia pada akhir pekan.

Opera Korea Selatan sangat populer, dan disiarkan secara ilegal atau diselundupkan. Namun, jika rezim mengetahuinya, hukumannya bisa sekeras kematian.

8. Ini satu-satunya negara di dunia yang pernah menagkap Kapal Angkatan Laut AS

Kapal mata-mata USS Pueblo Amerika ditangkap pada tahun 1968, dengan 83 orang Amerika di dalamnya. Mereka ditahan selama 11 bulan, dan seluruh situasi hampir meningkat menjadi perang skala penuh antara kedua negara.

9. Ada Zona Demiliterisasi (DMZ) yang sangat besar

Antara Korea Selatan dan Utara, ada zona demiliterisasi yang sangat besar, yang dikenal sebagai DMZ. Panjangnya 248 kilometer dan lebarnya sekitar 4 kilometer.

10. Hanya sekitar 5.000 turis per tahun

Kebanyakan turis yang datang ke sini berasal dari China, dan banyak yang naik bus. Sedangkan untuk turis Barat, hanya sekitar 5000-6000 kunjungan setiap tahunnya. Jumlahnya terus meningkat karena semakin banyak orang yang penasaran dan ingin melihat seperti apa rasanya.

11. Wanita adalah bagian yang terintegrasi penuh dari angkatan bersenjata dan militer negara

Sementara perempuan diintegrasikan ke dalam masyarakat, ada kerugian besar yang digambarkan oleh banyak pembelot. Banyak wanita dipaksa untuk menghadiri pesta dan memenuhi kewajiban seksual kepada pria yang bekerja untuk rezim tersebut.

Para pejabat memeriksa sekolah-sekolah di seluruh negeri dan memilih sendiri gadis-gadis remaja untuk “bekerja”. Ada juga beberapa laporan dari pembelot KDRT terhadap perempuan.

12. Kotoran manusia digunakan untuk pemupukan

Karena kemiskinan, petani perlu menggunakan kotoran manusia sebagai pupuk. Ini meningkatkan risiko penyakit dan penyebaran parasit.

13. Paektu adalah gunung tertinggi dengan 2.744 meter

Gunung Paektu (Gunung Baekdu) hampir 1000 meter lebih tinggi dari gunung tertinggi di Korea Selatan, Gunung Hallasan di Pulau Jeju.

Gunung Baekdu adalah gunung stratovolcano aktif di perbatasan Cina-Korea Utara. Dan di China dinamakan sebagai Gunung Changbai.

Gunung ini memiliki ketinggian setinggi 2.744 m dan merupakan gunung tertinggi di pegunungan Changbai. Gunung ini juga merupakan gunung tertinggi di Korea dan Manchuria.

Salah satu danau kawah terbesar, danau surga (천지/天池), berada di puncak gunung ini.

Gunung baekdu korea utara

Gunung Baekdu adalah gunung stratovolcano aktif di perbatasan Cina-Korea Utara. Sumber foto: Pikist

Danau kawah besar yang disebut Chon (“Danau Surga”) terletak di puncak, dikelilingi oleh tebing batu yang gundul. Ini adalah danau kawah terdalam di dunia, dan juga salah satu yang terdingin. Danau Chon adalah sumber dari dua sungai Korea terpanjang – Amnok (803 km) dan Tumen (521 km) yang berfungsi sebagai perbatasan Tiongkok-Korea hampir di seluruh panjangnya.

Daerah di sekitar gunung dipenuhi dengan situs sejarah revolusioner dan kamp rahasia yang berhubungan dengan perang gerilya Korea melawan Jepang, yang menahan Semenanjung Korea sebagai koloni sampai penyerahan diri mereka pada tahun 1945 mengakhiri Perang Dunia II.

Orang Korea menganggap Gunung Paektu tidak hanya sebagai jantung Revolusi Korea tetapi juga sebagai tempat asal nenek moyang mereka dan sebagai gunung suci, salah satu dari tiga gunung “roh” (Jirisan, Hallasan dan Paektusan); yang terkandung dalam fondasi legendaris Korea.

14. Korea Utara memiliki 51 “Kategori Sosial”

Meskipun setiap masyarakat memiliki beberapa bentuk kelas yang bergantung pada beberapa faktor, tidak ada negara lain yang diketahui memiliki kategori atas warganya tergantung pada seberapa loyal mereka kepada pemerintah.
Jika Anda adalah warga negara yang sangat setia, Anda akan dimasukkan ke dalam kategori sosial yang berperingkat lebih tinggi.

15. Pyongyang hanya untuk elit

Semua warga Pyongyang dikenal sebagai warga negara yang dapat dipercaya dan setia kepada rezim. Kim Jong Un dan pemerintah memutuskan siapa dan apakah seseorang layak tinggal di ibu kota.

Kehidupan di Pyongyang sangat berbeda, dan pada 2018, bahkan ada restoran yang menyajikan makanan internasional, seperti hamburger dan pizza.

Korea Utara sangat membatasi akses internet bagi warganya.

Ada satu server internet yang aman di negara ini, tetapi bahkan tidak 1% dari populasi menemukan dirinya di internet.

Sebaliknya, warga negara diturunkan menggunakan intranet domestik yang dikendalikan negara yang disebut Kwangmyong. Layanan ini gratis (jika Anda mampu membeli komputer), tetapi hanya mengizinkan akses ke daftar situs web tersensor tertentu.

Menurut The Telegraph, satu-satunya warga Korea Utara yang dapat menggunakan internet seperti yang kita ketahui adalah para pemimpin politik dan keluarga mereka, mahasiswa di universitas elit, dan orang-orang yang bekerja untuk unit perang siber nasional.


Visa

Pada prinsipnya, setiap orang diperbolehkan untuk melakukan perjalanan ke Korea Utara, dan hanya warga Korea Selatan dan wartawan secara rutin ditolak. Agen perjalanan khusus dapat membantu pengunjung yang potensial melalui proses birokrasi.

Pengunjung tidak diperbolehkan untuk melakukan perjalanan di luar daerah tur yang ditunjuk tanpa pemandu Korea mereka.

Sebelum tahun 2010, wisatawan pemegang paspor Amerika Serikat tidak dijamin akan mendapatkan visa, kecuali selama pertandingan olahraga Festival Arirang (아리랑 축제). Warga negara Amerika Serikat, wartawan, dan warga negara dari negara lainnya akan diberi izin khusus sebagai anggota dari Korean Friendship Association dan Choson Exchange.

Warga Korea Selatan memerlukan izin khusus dari kedua pemerintah untuk memasuki Korea Utara, dan biasanya izin tersebut tidak diberikan untuk pariwisata biasa kecuali di daerah-daerah wisata khusus yang ditujukan untuk warga Korea Selatan.


Bagaimana saya bisa masuk dan berkunjung ke Korea Utara?

Setelah mendaftar untuk tur dan ketika visa dan izin Anda untuk masuk ke Korea Utara diberikan, Anda akan terbang dari Beijing ke Pyongyang dengan Air Koryo – maskapai penerbangan milik negara. Air Koryo secara konsisten mendapat peringkat buruk, tetapi penerbangan ke Korea Utara adalah satu-satunya cara untuk masuk.

Mayoritas tur terorganisir meninggalkan Pyongyang dengan kereta api, kembali ke China (khususnya Beijing), di mana penjaga Korea Utara akan memasuki kereta sebelum masuk ke China untuk memeriksa kamera Anda dan memastikan Anda tidak mengambil materi yang menyinggung di luar Korea Utara . Tur lain juga dapat terbang kembali ke China melalui Air Koryo.

Amankah Bepergian ke Korea Utara?

Selama Anda mengikuti semua aturan yang diuraikan kepada Anda sebelum Anda memasuki Korea Utara, perjalanan ‘dianggap aman’ karena Anda tidak pernah sendirian, tidak pernah diizinkan untuk bepergian atas kemauan Anda sendiri, atau diizinkan untuk bepergian ke luar area yang ditentukan di mana Anda didampingi oleh pemandu Korea Utara setiap saat. Artinya, sangat kecil kemungkinan Anda akan terpengaruh oleh kejahatan serius atau menjadi korbannya, atau menyaksikan situasi besar apa pun yang terjadi di negara tersebut pada saat itu karena sifat kunjungan yang “terkendali”. Jadi jangan keluyuran sendiri atau keluar dari tur dan grup Anda!

Tidak ada yang layak dibanggakan tentang bepergian di Korea Utara dan semua orang secara efektif berisiko bepergian ke sana.

Jangan mencoba untuk bernalar, membantah, menyatakan fakta, mengubah narasi, atau mencoba membalikkan kata-kata dan tindakan pemandu Korea Utara Anda atau yang Anda temui di situs yang ditentukan. Ini adalah tugas mereka, dan meskipun Anda mungkin tahu sesuatu yang tidak benar, mereka tidak punya pilihan, dan Anda memilih untuk berada dalam situasi yang dibatasi dan sarat propaganda ini.

Juga merupakan hal yang bijaksana untuk selalu mengikuti perkembangan berita terbaru, di samping ketegangan politik di wilayah tersebut dan ketegangan antara Korea Utara dan negara kewarganegaraan Anda yang dapat mempengaruhi masuknya Anda ke negara tersebut serta larangan atau perubahan aturan yang tertunda atau yang mendadak berganti tanpa pemberitahuan sebelumnya.


Sejarah Korea Utara

Dimulai saat Jepang menyerah di akhir Perang Dunia II pada 1945 sehingga membuat perpisahan antara Korea di garis 38. Uni Soviet menduduki bagian utara, sementara Amerika Serikat menduduki bagian selatan.

Uni Soviet dan Amerika Serikat gagal untuk mencapai kesepakatan menyatukan kembali negara tersebut, dan pada 1948 kedua negara mendirikan dua pemerintahan yang terpisah – Uni Soviet membentuk Republik Demokratik Rakyat Korea sementara barat membentuk Republik Korea yang keduanya saling mengklaim sebagai pemerintah resmi yang berdaulat atas seluruh wilayah Korea.

Pada 1950 saat Perang Korea pecah, pemisahan garis di pararel utara ke-38 digantikan menjadi Zona Demiliterisasi Korea. Ketegangan antara kedua pihak terus berlanjut. Kim-Il-Sung memimpin korea hingga akhir hidupnya pada 1994. Ia membangun budaya pemujaan individu atas dasar prinsip Juche.

Putra Kim-Il-Sung, Kim-Jong-il menjadi penerusnya dan kekuasaan tersebut masih diteruskan hingga putranya, Kim Jong-un. Korea Utara mendapat perhatian internasional atas program misil nuklir nya. Pada 2018, Kim Jong-un membuat usul perdamaian antara Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Baca juga 👉 Perang Korea (1950-1953) – Sejarah dan Penjelasan

Pemisahan Korea

Melalui Konferensi Tehran pada November 1943 dan Konferensi Yalta pada 1945, Uni Soviet berjanji untuk bergabung dengan sekutunya pada Perang Pasifik di Hari Kemenangan di Eropa dalam waktu 3 bulan. Pada 8 Agustus 1945, Uni Soviet mendeklarasikan perang terhadap Jepang. Pasukan Soviet bergerak cepat dan pemerintahan AS khawatir Soviet akan menduduki seluruh Korea.

Pada Agustus 10, pemerintah AS memutuskan untuk mengajukan garis 38 sebagai garis pemisah antara area yang dikuasai oleh Soviet di utara dan area yang dikuasai oleh AS di bagian selatan. Pemisahan dipilih karena akan menempatkan Seoul dibawah kontrol Amerika. Secara mengejutkan bagi Amerika Serikat, Soviet menerima tawaran tersebut. Persetujuan dituangkan dalam Perintah Umum No. 1 (disetujui pada 17 Agustus 1945) atas menyerahnya Jepang. Pemisahan menempatkan 16 juta warga Korea dalam zona Amerika dan 9 juta di zona Soviet.

Tentara Soviet memulai pendaratan amfibi di Korea pada 14 Agustus dan segera mengambilalih wilayah timur laut, dan pada 16 Agustus mereka mendarat di Wonsan. Pada 24 Agustus, pasukan merah berhasil mencapai Pyongyang. Tentara AS tidak sampai di selatan hingga 8 September.

Pada September 19, Kim Il-Sung dan 66 pasukan tentara merah lainnya tiba di Wonsan. Mereka bertarung dengan Jepang di Manchuria pada 1930an namun tinggal di Uni Soviet dan berlatih dengan Pasukan Merah hingga 1941. Pada 14 Oktober, Soviet memperkenalkan Kim kepada warga Korea Utara sebagai pahlawan gerilya.

Pada Desember 1945, di Konferensi Moskow, Uni Soviet setuju pada proposal AS mengenai Wilayah Perwalian atas Korea hingga lima tahun. Kebanyakan warga Korea menghendaki kemerdekaan dengan segera, tetapi Kim dan kelompok Komunis lainnya mendukung ide wilayah perwalian tersebut dengan tekanan dari pemerintah Uni Soviet.

Cho Man-Sik menentang proposal tersebut saat rapat umum pada 4 Januari 1946 dan menghilang dalam tahanan rumah. Pada 8 Februari 1946, Komite Rakyat direstrukturisasi yang didominasi oleh Komunis. Rezim baru melakukan perubahan kebijakan redistribusi tanah, nasionalisasi industri, reformasi hukum buruh dan kesetaraan perempuan.


Hak asasi manusia di Korea Utara

Hak asasi manusia di Korea Utara sangat dikekang, sebagaimana yang ditemukan oleh organisasi hak asasi manusia internasional.

Meskipun sejumlah hak asasi diabadikan dalam konstitusi negara, pada kenyataannya warga negara Korea Utara tidak memiliki hak kebebasan berbicara atau berpendapat,
dan satu-satunya stasiun radio, televisi, dan kantor berita resmi dikelola oleh pemerintah.

Diperkirakan terdapat sekitar 150.000 hingga 200.000 tahanan politik yang dijebloskan ke kamp-kamp konsentrasi di Korea Utara. Di kamp tersebut, mereka dipekerjakan sebagai pekerja paksa, atau dipukuli, disiksa dan sampai dihukum mati.

Rincian lengkap pelanggaran hak asasi manusia di Korea Utara masih belum jelas. Pemerintah Korea Utara menerapkan peraturan yang menyebabkan sangat sulit bagi warga asing untuk memasuki negara tersebut, dan secara ketat memantau setiap kegiatan yang mereka lakukan.

Para pekerja kemanusiaan di Korea Utara diawasi setiap kegiatannya dan dilarang memasuki wilayah-wilayah yang tidak diizinkan oleh pemerintah. Sejak warga negara dilarang meninggalkan Korea Utara, masalah-masalah seperti pembelotan dan pengungsi gelap telah menjadi hal umum.

Menurut kantor berita pemerintah Korean Central News Agency, negara ini  tidak memiliki masalah pelanggaran hak asasi manusia karena sistem Juche yang diberlakukan di negara tersebut diputuskan oleh rakyat dan bertugas melayani mereka dengan setia.

Juche adalah

Juche (bahasa Korea: 주체/主體; Pengucapan Korea: [tɕutɕʰe]; biasanya tak diterjemahkan atau terkadang juga disebut “berdikari”) adalah ideologi resmi Korea Utara, dijelaskan oleh pemerintahan Korea Utara sebagai “kontribusi asli, brilian, dan revolusioner dari Kim Il-sung terhadap pemikiran nasional dan internasional”.

Juche berdalil bahwa “manusia menguasai takdirnya”, dan rakyat Korea Utara adalah “penguasa revolusi dan pembangunan” dan bila rakyat menjadi kuat dan mandiri, bangsa akan memperoleh sosialisme yang lebih nyata.

Baca juga 👉 Penggolongan HAM (Hak Asasi Manusia) dan Contohnya

Bisakah orang Korea Utara meninggalkan Korea Utara?

Warganegaranya biasanya tidak bisa dengan bebas bepergian ke seluruh negeri, apalagi bepergian ke luar negeri. Emigrasi dan imigrasi dikontrol dengan ketat. Ini karena pemerintah Korea Utara memperlakukan para emigran dari negara itu sebagai pembelot.

Apa yang terjadi jika seorang Korea Utara lolos melarikan diri dari negaranya?

Para warga negara pembelot atau seseorang yang yang melarikan diri dari Korea Utara berisiko dibunuh, dipenjara, dan diperdagangkan setelah mereka melarikan diri. Lebih dari 1.000 warga Korea Utara mencoba melarikan diri dari negara itu setiap tahun.

Mereka berisiko dibunuh, dipenjarakan, atau diperdagangkan, saat mereka melarikan diri melalui Cina, Mongolia, dan berbagai wilayah Asia Tenggara.


Geografi Korea Utara

Korea Utara terletak di Asia Timur di wilayah utara Semenanjung Korea. Korea Utara berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok yang dipisahkan oleh Sungai Amnok, dengan Rusia oleh Sungai Duman serta Korea selatan oleh Zona Demiliterisasi Korea (DMZ). Laut Kuning berada di sebelah barat dan Laut Jepang di sebelah timur.

Luas wilayahnya adalah 120,540 km² yang terdiri dari 120,410 km² wilayah daratan dan 130 km² wilayah perairan. Panjang perbatasan keseluruhan adalah 1673 km, dengan panjang 1416 km berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok, 238 km dengan Korea Selatan dan 19 km dengan Rusia.

Korea Utara mempunyai garis pantai yang tidak rata (berteluk-teluk) sepanjang 2495 km.

Titik elevasi ekstrem Korea Utara

Titik terendah: Laut Jepang 0 m dpl
Titik tertinggi: Gunung Baekdu (Paektusan) 2744 m
Sekitar 80% daratan Korea Utara adalah dataran tinggi dan pegunungan dan seluruh titik di atas 2000 meter di semenanjung berada di wilayahnya. Konsentrasi penduduk berada di daerah dataran rendah.

Gunung Baekdu yang merupakan titik tertinggi, adalah sebuah gunung berapi dengan kawah lebar yang berbatasan dengan RRT. Rangkaian Hamgyong tersusun sampai ke bagian timur semenanjung dan mempunyai puncak-puncak tinggi seperti Gunung Gwanmo (1756 m). Rangkaian lain yang membentuk daratan Korea Utara adalah Pegunungan Rangrim yang memisahkan dataran rendah di sebelah barat dan timur, Rangkaian Kangnam di perbatasan dengan RRT, serta Rangkaian Taebaek yang membentang sampai Korea Selatan. Puncak tertinggi Rangkaian Taebaek adalah Gunung Kumgang (1638 m).

Dataran rendah persentasenya sangat kecil. Dataran rendah Pyongyang dan Chaeryong di sebelah barat memiliki luas 500 km², sementara di sebelah timur semenanjung lebih sempit.

Pegunungan

Pegunungan di bagian utara dan barat wilayah Korea Utara merupakan mata air bagi sungai-sungai penting, yang mengalir ke wilayah barat dan timur. Di sebelah barat, sungai-sungai utama bermuara ke Teluk Korea dan Laut Kuning.

Sungai dan laut

Sungai terpanjang adalah Sungai Amnok, membatasi wilayah RRT dan bisa dilayari sepanjang 678 dari 790 km panjangnya. Sungai Duman adalah sungai terpanjang ke-2 dengan aliran 521 km ke Laut Jepang. Sungai Duman hanya bisa dilayari sepanjang 85 km karena topografi yang bergunung-gunung. Sungai Taedong yang mengalir melewati kota Pyongyang panjangnya adalah 394 km adalah sungai terpanjang ke-3, mengalir ke Laut Kuning.


Daftar Kota di Korea Utara

Kota-kota penting di Korea Utara memiliki status pemerintahan sendiri yang setara dengan provinsi. Pyongyang, kota dan ibu kota terbesar, diklasifikasikan sebagai chikhalsi (ibu kota), sedangkan satu kota (lihat daftar di bawah) diklasifikasikan sebagai t’ŭkpyŏlsi (kota khusus).

Kota-kota lain diklasifikasikan sebagai si (kota) dan berada di bawah yurisdiksi provinsi, pada tingkat yang sama dengan kabupaten

Berikut adalah daftar kota di Korea Utara:

  • P’yŏngyang (평양, 平壌)
  • Anju-si (안주시, 安州市)
  • Chasŏng (자성, 慈城)
  • Chon’chon (전촌)
  • Ch’ŏngjin-si (청진시, 淸津市)
  • Haeju-si (해주시, 海州市)
  • Hamhŭng-si (함흥시, 咸興市)
  • Hoeryŏng-si (회령시, 會寧市)
  • Hongwŏn-si (홍원시)
  • Hŭich’ŏn-si (희천시, 熙川市)
  • Hyesan-si (혜산시, 惠山市)
  • Kaech’ŏn-si (개천시, 价川市)
  • Kaesŏng (개성시, 開城市)
  • Kanggye-si (강계시, 江界市)
  • Kapsan-si (갑산, 甲山)
  • Kimch’aek-si (김책시, 金策市)
  • Kimkol (김골)
  • Kowon (고원, 高原)
  • Manpo-si (만포시, 滿浦市)
  • Namyang
  • Nampho (남포, 南浦)
  • Munch’ŏn-si (문천시, 文川市)
  • Rajin-si (라진시, 羅津市)
  • Ryongch’ŏn-si (용천, 龍川)
  • Pujon (푸존)
  • Pyŏktong (펵통)
  • P’yŏngsŏng-si (평성시, 平城市)
  • Sariwŏn-si (사리원시, 沙里院市)
  • Ryongdae (용대)
  • Ryongdung (융등)
  • Samjiyon (삼지연, 三池淵)
  • Sangwon (상원, 祥原)
  • Sariwon (사리원, 沙理院)
  • Sinpo-si (신포시, 新浦市)
  • Sinŭiju (신의주, 新義州市)
  • Songrim-si (송림시, 松林市)
  • Sunch’ŏn-si (순천시, 順天市)
  • Tanch’ŏn-si (단천시, 端川市)
  • Taegwan kun (대관군)
  • Tŏkch’ŏn-si (덕천시, 德川市)
  • Unhung (운흥, 雲興)
  • Wiwŏn (위원)
  • Wŏnsan-si (원산시, 元山市)
  • Yŏnsan (연산)

Kota-kota besar

  • Pyongyang
  • Hamhung
  • Chongjin
  • Nampo
  • Sinuiju
  • Wonsan
  • Pyongsong
  • Sariwon
  • Anju
  • Haeju
  • Kanggye
  • Kimchaek
  • Hyesan
  • Kaesong
  • Songrim
  • Hoeryong

Hari Libur di Korea Utara

Berikut ini adalah daftar hari libur di Korea Utara.

Tanggal Nama Indonesia Catatan Dirayakan selama Nama lokal
1 Januari Hari Tahun Baru merayakan pembukaan Tahun Baru Gregorian.
14 Februari Hari Generalissimo Menghormati hari ketika Kim Jong Il meraih gelar “Generalissimo Republik Rakyat Demokratik Korea” secara anumerta pada 2012.[1]
16 Februari ko [Hari Bintang Bersinar] Hari ulang tahun Kim Jong-il.[2] 2 hari
2 Maret Hari Menanam Pohon Masyarakat di seluruh negara tersebut menanam pohon.[3][4][5]
8 Maret Hari Wanita Internasional[1]
Hari terakhir bulan candra ke-12 Seotdal Geumeum Tahun Baru Korea, berdasarkan pada Korean calendar.
Hari ke-1 bulan candra ke-1 Seollal Tahun Baru Korea, berdasarkan pada kalender Korea. 3 hari
15 April Hari Sun Hari ulang tahun Kim Il-sung. 3 hari 태양절
21 April Hari ulang tahun Kang Pan-sok Memperingati kelahiran ibu Kim Il-sung.
25 April Hari Pembentukan Militer Kim Il-Sung memindahkan tanggal dari 8 Februari ke tanggal pendirian tentara gerilya-nya pada 1932, yang dianggap sebagai pendahulu Tentara Rakyat Korea. 인민군 창건일
Hari ke-15 bulan candra ke-1 Daeboreum Berdasarkan pada kalender Korea.
Hari ke-1 bulan candra ke-1 Meoseumnal Berdasarkan pada kalender Korea.
Hari ke-3 bulan candra ke-3 Samjinnal Berdasarkan pada kalender Korea.
Hari ke-105 setelah titik balik musim dingin Hansik Berdasarkan pada kalender Korea.
Hari ke-8 bulan candra ke-4 Chopail Berdasarkan pada kalender Korea.
1 Mei Hari Buruh Merayakan prestasi sosial dan ekonomi para pekerja.
Hari ke-5 bulan candra ke-5 Surinal Berdasarkan pada kalender Korea.
27 Juli Hari Kemenangan dalam Perang Pembebasan Tanah Air Akhir Perang Korea pada 1953. 조국해방전쟁 승리 기념일
15 Agustus Hari Pembebasan Dibentuk setelah pembebasan Korea pada 1945. 조국해방기념일
25 Agustus ko [Hari Songun] Sebuah hari libur yang dibentuk pada 2013 untuk memperingati kunjungan inspeksi Kim Jong-il ke Divisi Bersenjata ke-105 Pertahanan Ryu Kyong Su Seoul dari Tentara Rakyat Korea pada 25 Agustus 1960, yang selalu disebut sebagai “dimulainya kepemimpinan revolusioner Songun” oleh pemerintah Korea Utara. 광명성절
9 September ko [Hari Pembentukan Republik] Pendirian Republik Rakyat Demokratik Korea pada 1948. 인민정권 창건일
Hari ke-15 bulan candra ke-6 Yudu Berdasarkan pada kalender Korea.
Hari ke-7 bulan candra ke-7 Chilseok Berdasarkan pada kalender Korea.
Hari ke-15 bulan candra ke-7 Baekjung Berdasarkan pada kalender Korea.
Hari ke-15 bulan candra ke-8 Hangawi Berdasarkan pada kalender Korea.
10 Oktober Hari Pembentukan Partai Pendirian Partai Pekerja Korea pada 1945. 노동당 창건일
Hari ke-9 bulan candra ke-9 Jungyangjeol Berdasarkan pada kalender Korea.
Sabtu ke-2 pada bulan November Hari Ibu Hari libur dari 2012 untuk menghormati seluruh ibu.
20 Desember Dongji Titik balik musim dingin, berdasarkan pada kalender Korea.
24 Desember Hari Kim Jong-suk Memperingati kelahiran ibu Kim Jong-il.
27 Desember Hari Konstitusi Pengundang-undangan Konstitusi Korea Utara pada 1998.
31 Desember Malam Tahun Baru Merayakan penutupan Tahun Baru Gregorian.

Tempat Wisata Lainnya Dan Yang Harus Dikunjungi Di Indonesia Dan Luar Negeri

Segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Panduan ini akan membuat Anda untuk tidak melewatkan tempat penting dan memberikan pengalaman wisata Anda ke tempat-tempat yang hebat!

Klik disini untuk melihat tempat-tempat lainnya, seperti di Bali, Jogja, Paris, Tokyo, Tibet, Bogor dan masih banyak lagi.


Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Business Insider, World Nomads, Britannica, Swedish Nomad, Telegraph, Korea Konsult, Tour Beijing, Young Pioneer Tours

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

By | 2020-09-04T11:23:31+07:00 September 4th, 2020|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment