Dewi Kwan Im (Guan Yin) | Bodhisattva Welas Asih, Dewi Kasih Sayang

3 min read

Dewi Kwan Im

Dewi Kwan Im pertama diperkenalkan ke Cina pada abad pertama SM, bersamaan dengan masuknya agama Buddha. Pada abad ke-7, Kwan Im mulai dikenal di Korea dan Jepang karena pengaruh Dinasti Tang. Pada masa yang sama, Tibet juga mulai mengenalNya dan menyebutnya dengan nama Chenrezig. Dalai Lama sering dianggap sebagai reinkarnasi dari Kwan Im di dunia.

Dalam bahasa Mandarin disebut Guan Yin. Kwan Im sendiri adalah dialek Hokkian dan Hakka yang dipergunakan mayoritas komunitas Tionghoa di Indonesia. Nama lengkapNya adalah Kwan She Im Phosat. Dalam bahasa Kanton, Dewi Kwan Im disebut Gun Yam.

Menurut legenda, Guan Yin, yang sering disebut sebagai Buddha Wanita, adalah seorang putri cantik India yang meninggalkan dunia ini untuk menjadi makhluk yang tercerahkan, atau bodhisattva. Membalikkan kehidupan duniawi, Guan Yin mencari pencerahan spiritual. Kisah hidupnya mirip dengan sejarah Buddha, Pangeran Siddhartha Gautama. Kedua individu ini akhirnya menjadi makhluk spiritual yang tercerahkan dan welas asih yang berusaha untuk meringankan penderitaan umat manusia.

Setelah mencapai pencerahan dan hak untuk memasuki Surga Buddha atau Nirwana, legenda mengatakan bahwa di Gerbang Surga, Guan Yin mendengar teriakan putus asa seseorang di bumi. Setelah mendengar tangisan sedih ini, dia segera kembali ke alam bumi, dan berjanji untuk tinggal di sana untuk membantu semua orang yang menderita untuk mencapai tingkat pencerahan yang sama seperti yang dia miliki, sehingga mereka juga, bisa masuk Nirvana. Nama Guan Yin berarti “Dia yang mendengar tangisan dunia.

Baca juga ? Jenis Agama Buddha (Aliran) Theravada, Mahayana, Vajrayana, Navayana

Dewi Kasih Sayang Kwan Im

Selama berabad-abad, budaya Timur telah memuja Dewi Kwan Im (Guan Yin) sebagai welas asih yang menyelamatkan dari Timur, dia adalah dewi kasih sayang, sosok ibu bagi mereka yang membutuhkan cinta dan simpati.

Bantuan emosional

Dewi memenuhi kebutuhan paling tulus dari manusia biasa. Dia dapat didekati oleh semua orang, apa pun status sosialnya, dan akan datang untuk menyelamatkan emosional seseorang yang memanggilnya di saat krisis. Ada banyak cara untuk memanggil Guan Yin dalam hidup Anda.

Mantra Dewi Kwan Im

Cara tradisionalnya adalah dengan mengucapkan mantra OM MANI PADME HUM. Panggilan dari hati dalam bahasa Barat sudah cukup.

Memiliki gambar atau patung Guan Yin (yang terbuat dari bahan alami, untuk penghormatan) di rumah Anda akan membawa keberuntungan dan perlindungan bagi keluarga.

Bodhisatwa Dewi Kwan Im Laut Selatan

Bodhisatwa adalah makhluk yang mendedikasikan dirinya demi kebahagiaan makhluk selain dirinya di alam semesta.

Kwan Im adalah bodhisatwa welas asih dalam ajaran Buddha Mahayana. Ia bersumpah tidak akan beristirahat hingga ia berhasil membebaskan seluruh makhluk hidup dari penderitaan samsara (atau kelahiran kembali berulang ke dunia). Di China, para nelayan berdoa kepadanya agar selamat selama di laut mencari ikan. Itulah sebabnya Bodhisatwa Kwan Im juga dijuluki Kwan Im Laut Selatan, yang sebenarnya merujuk pada Laut Cina Selatan.

Pada saat terjadi diaspora penduduk China ke Asia Tenggara, khususnya Indonesia, Kwan Im Laut Selatan dianggap sebagai pelindung para imigran tersebut. Seluruh wilayah di selatan China (termasuk Laut China Selatan) dipercaya berada di bawah perlindungan (kekuasaan) Kwan Im.

Oleh sebab itu, pemujaan terhadapNya cukup populer di Indonesia, misalnya di Klenteng Sanggar Agung di Surabaya dan Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa di Simpenan, Sukabumi.

Nama Lain Dewi Kwan Im

Dewi Kwan Im dikenal dengan banyak nama:

  • Chenrezig (male) — Tibet སྤྱན་རས་གཟིགས
  • Gwun Yam, Gun Yam, Kwun Yam, Kun Lam (female)— Bahasa dialek Kantonis 觀音 or 觀世音
  • Kwan Im Ma, Guanyin Pusa, Guan Shi Yin Pusha — Bahasa Mandarin
  • Kanon, Kan’on, Kanzeon, Kwannon, Knnon, Nyoirin Kannon (biasanya laki-laki)— Bahasa Jepang 観音 or 観世音
  • Kuan Im, Phra Mae Kuan Im, Chao Mae Kuan Im — Bahasa Thailand พระแม่กวนอิม
  • Kwan Yin Medaw — Burma ကွမ်ယင်မယ်တော်
  • Kwan Im, Dewi Kwan Im, Mak Kwan Im — Indonesia
  • Gwan-eum, Gwanse-eum — Korea 관음 or 관세음
  • Quan Am, Quan The Am, Vietnam
  • Natha Deviyo — Sinhalese නාථ දෙවියෝ
  • Preah Mae Kun Ci Lem — Khmer
  • Kab Yeeb — Hmong

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Buddha Weekly

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Doa Islam untuk Seseorang yang Ingin Hamil

Dalam doa Islam untuk seseorang yang Ingin hamil adalah sarana untuk memohon kepada Allah SWT, memohon anugerah keberkahan, dan diberikan keturunan yang dikaruniai-Nya. Berikut...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *