Mental dan Kesehatannya – Sudah Waktunya Untuk Memiliki Waktu Kualitas (Quality Time)

Mental

Kesehatan mental adalah konsep yang mengacu pada kesejahteraan emosional dan psikologis individu manusia. Kesehatan mental sebagai “Suatu keadaan emosional dan psikologis di mana seorang individu dapat menggunakan kemampuan kognitif dan emosionalnya, berfungsi dalam masyarakat, dan memenuhi tuntutan kehidupan sehari-hari.”

Definisi menurut WHO

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tidak ada definisi yang “resmi” tentang kesehatan mental. Perbedaan budaya, penilaian subjektif, dan teori profesional yang bersaing semuanya memengaruhi bagaimana definisi “kesehatan mental”. Secara umum, sebagian besar ahli setuju bahwa “kesehatan mental” dan “penyakit mental” tidak berlawanan. Dengan kata lain, tidak adanya gangguan jiwa yang dikenali belum tentu menjadi indikator kesehatan mental.


Hari Kesehatan Mental Sedunia (10 Oktober) – World Mental Health Day

adalah hari internasional untuk pendidikan kesehatan mental global, kesadaran dan advokasi melawan stigma sosial. Ini pertama kali dirayakan pada tahun 1992 atas prakarsa Federasi Dunia untuk Kesehatan Mental, sebuah organisasi kesehatan mental global dengan anggota dan kontak di lebih dari 150 negara.

Hari ini, setiap bulan Oktober, ribuan pendukung datang untuk merayakan program kesadaran tahunan ini untuk memberikan perhatian pada penyakit mental dan efek utamanya pada kehidupan masyarakat di seluruh dunia.

Salah satu cara untuk memikirkan kesehatan mental adalah dengan melihat seberapa efektif dan berhasil seseorang berfungsi. Merasa mampu dan kompeten; mampu menangani tingkat stres yang normal, memelihara hubungan yang memuaskan, dan menjalani hidup mandiri; dan kemampuan untuk “bangkit kembali”, atau pulih dari situasi sulit, semuanya merupakan tanda kesehatan mental.

Gangguan depresi, gangguan bipolar, dan penyakit mental lainnya dapat menyebabkan gangguan yang parah pada kemampuan seseorang untuk berfungsi di tempat kerja atau peran lainnya.

Selain itu, tempat kerja dan pemicu stres lainnya dapat memperburuk episode depresi, mania, kecemasan, atau penyakit lainnya. Jika dibiarkan, kesehatan mental dapat terus menurun dan dapat menyebabkan morbiditas yang serius. Namun, karena kurangnya kriteria obyektif dan persepsi budaya bahwa seseorang dapat dengan mudah mengubah status kesehatan mental, mungkin tidak ada kebutuhan untuk cuti kerja karena alasan kesehatan mental.


Apakah Kesehatan Mental Itu?

Kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial kita. Itu memengaruhi cara kita berpikir, merasa, dan bertindak. Ini juga membantu menentukan bagaimana kita menangani stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan. Kesehatan mental penting di setiap tahap kehidupan, dari masa kanak-kanak dan remaja hingga dewasa.

Selama hidup Anda, jika Anda mengalami masalah kesehatan mental, pemikiran, suasana hati, dan perilaku Anda dapat terpengaruh. Banyak faktor yang berkontribusi terhadap masalah kesehatan mental, termasuk:

  • Faktor biologis, seperti gen atau kimiawi otak
  • Pengalaman hidup, seperti trauma atau pelecehan
  • Riwayat keluarga masalah kesehatan mental

Masalah kesehatan seperti ini biasa terjadi tetapi bantuan tersedia. Orang dengan masalah kesehatan mental bisa menjadi lebih baik dan banyak yang sembuh total.


Tanda Peringatan Dini

Tidak yakin apakah Anda atau seseorang yang Anda kenal hidup dengan masalah kesehatan mental? Mengalami satu atau beberapa perasaan atau perilaku berikut ini bisa menjadi tanda peringatan awal dari sebuah masalah:

  • Makan atau tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit
  • Menarik diri dari orang-orang dan aktivitas biasa
  • Memiliki energi yang rendah atau tidak ada sama sekali
  • Merasa mati rasa atau seperti tidak ada masalah
  • Memiliki rasa sakit dan nyeri yang tidak dapat dijelaskan
  • Merasa tidak berdaya atau putus asa
  • Merokok, minum alkohol, atau menggunakan narkoba lebih dari biasanya
  • Merasa sangat bingung, pelupa, gelisah, marah, kesal, khawatir, atau takut
  • Berteriak atau berkelahi dengan keluarga dan teman
  • Mengalami perubahan suasana hati yang parah yang menyebabkan masalah dalam hubungan
  • Memiliki pikiran dan ingatan yang gigih yang tidak bisa Anda lepaskan dari kepala Anda
  • Mendengar suara atau mempercayai hal-hal yang tidak benar
  • Berpikir untuk menyakiti diri sendiri atau orang lain
  • Ketidakmampuan untuk melakukan tugas sehari-hari seperti merawat anak-anak Anda atau berangkat kerja atau sekolah

Apa penyebab penyakit mental?

Tidak ada penyebab tunggal untuk penyakit mental. Sejumlah faktor dapat berkontribusi pada risiko penyakit mental, seperti:

  • Pengalaman hidup yang merugikan awal, seperti trauma atau riwayat pelecehan (misalnya, pelecehan anak, kekerasan seksual, menyaksikan kekerasan, dll.)
  • Pengalaman terkait kondisi medis lain yang sedang berlangsung (kronis), seperti kanker atau diabetes.
  • Faktor biologis, seperti gen atau ketidakseimbangan kimiawi di otak
  • Penggunaan alkohol atau narkoba
  • Memiliki sedikit teman
  • Memiliki perasaan kesepian atau terisolasi

Daftar Penyakit Gangguan Psikologis atau Gangguan Jiwa

Gangguan mental adalah pola gejala perilaku atau psikologis yang memengaruhi berbagai bidang kehidupan. Gangguan ini menimbulkan tekanan bagi orang yang mengalami gejala ini. Klik disini untuk membacanya!


Quality Time

Quality time adalah waktu bermakna yang kita habiskan dengan orang-orang yang berharga untuk kita.

Contoh Kualitas Waktu (Quality Time)

Waktu berkualitas adalah praktik menyisihkan waktu untuk sesuatu yang penting bagi kualitas hidup Anda. Istilah tersebut menyiratkan bahwa Anda sepenuhnya mencurahkan waktu Anda untuk suatu aktivitas tanpa gangguan. Berikut ini adalah contoh ilustrasi.

Tidur

Utamakan tidur dengan menyisihkan waktu seperti 8 jam untuk mencoba tidur tanpa gangguan seperti ponsel pintar.

Beristirahat

Luangkan waktu setiap hari atau minggu untuk bersantai seperti menonton film.

Kerja

Istilah kualitas waktu dikaitkan dengan kehidupan pribadi dan sosialisasi. Namun, tergantung pada konteksnya, ini juga dapat diterapkan pada pekerjaan. Misalnya, seseorang dengan kehidupan sosial yang aktif mungkin menyisihkan waktu berkualitas untuk fokus pada profesinya.

Olahraga

Berolahraga sebagai kebiasaan untuk memprioritaskan kesehatan dan perasaan sejahtera.

Keluarga

Mencurahkan waktu untuk anggota keluarga seperti orang tua, pasangan atau anak. Misalnya, seorang ibu atau ayah yang sering mencurahkan waktu untuk perjalanan keluarga, olah raga, permainan, bermain dan membaca untuk anak-anak pada malam hari dan akhir pekan.

Teman

Memprioritaskan aktivitas sosial sehingga Anda dapat diandalkan dan fokus pada teman-teman Anda saat bertemu mereka.

Masyarakat

Waktu untuk interaksi komunitas dan menjadi sukarelawan.

Perbaikan diri

Peningkatan diri seperti belajar atau mempraktikkan keterampilan. Misalnya, seorang ekspatriat di Jerman yang mengabdikan satu jam sehari untuk belajar bahasa Jerman agar dapat lebih berintegrasi dengan budaya lokal. Atau belajar memasak dan keterampilan lainnya.

Hobi & Minat

Mendedikasikan waktu untuk mengejar hobi atau minat.

Pengalaman bermakna

Menemukan waktu untuk mengejar pengalaman yang tidak biasa, mendebarkan, mengharukan, dan / atau bermakna. Misalnya, seseorang yang meluangkan waktu setiap tahun untuk berlayar melintasi lautan.

Refleksi Pribadi

Waktu untuk berpikir atau meditasi. Misalnya, seseorang dengan etos kerja yang kuat yang mengambil hari libur untuk tidak melakukan apa-apa.


Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Mentalhealth.gov

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz |Matematika|IPA | Geografi & Sejarah|Info Unik|Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-10-14T22:12:42+07:00 Oktober 14th, 2020|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment