Nymphomania Penyakit Obsesi Seksual (Hiperseksual atau Kecanduan Seks)

Nymphomania (Hiperseksual)

Nymphomania adalah kecanduan seks. Ini adalah perilaku patologis kompulsif yang tidak ada hubungannya dengan nafsu seksual yang kuat. “Kita sudah tidak lagi menggunakan istilah nymphomania terlalu banyak, kita berbicara lebih banyak tentang hiperseksualitas, gangguan yang dapat mempengaruhi perempuan dan laki-laki”.

Baca juga: Fetish Seksual | Parafilia (Gangguan Seksual), Nama Klinis dan Contoh

Nymphomania, patologi yang terkait dengan kecanduan seksual ini, sedang membicarakannya. Dan untuk alasan yang baik, beberapa kasus telah menyebabkan skandal, termasuk Charlie Sheen, Kanye West atau kehidupan dekaden tersembunyi dari Tiger Woods. Sutradara Steve McQueen juga menggambar patologi untuk film “Shame”, mengungkapkan kekerasan kehidupan sehari-hari seorang erotomaniak. Disalahkan, para pecandu seks memang menderita penyakit yang disalahartikan dengan penyimpangan seksual ini. Fokus pada nymphomania, gangguan yang sulit dimengerti.

Apa seksualitas pada wanita nymphomaniac?

Nymphomania ditandai dengan kecanduan seks kompulsif dan serakah. Nymphomaniacs baru saja selesai berhubungan seks ketika mereka sudah ingin memulai lagi. Untuk pemilihan partner, cepat karena tidak ada seleksi. “Para wanita ini tidak memilih pasangannya, mereka mengambil siapa saja yang didahulukan. Dan ketika mereka tidak menemukannya, mereka sangat ngotot untuk mendapatkan seks, berbatasan dengan pelecehan”, jelas Jaqueline Breut. Ketika mereka tidak memiliki pasangan seksual, mereka melakukan masturbasi. Perilaku mereka menyerupai pecandu narkoba yang membutuhkan narkoba atau pecandu alkohol yang membutuhkan alkohol. “Frustrasi atau gangguan sekecil apa pun mengirim mereka ke dalam perilaku masturbasi kompulsif.”

Baca juga: Erotomania | Delusi cinta bertepuk sebelah tangan (penyakit kejiwaan)

Dorongan terus-menerus ini menyerang setiap hari dan dapat merusak hubungan yang mereka pertahankan dengan orang lain: profesional, teman, keluarga, cinta… “Kecanduan ini dapat membahayakan pekerjaan mereka tetapi juga persahabatan mereka karena mereka dapat menyengat si kecil. pacarnya. Tindakan mereka membuat mereka mendapat penolakan dari kerabat mereka dan mereka sangat menderita”.

Wanita nymphomaniac tidak mampu jatuh cinta dan setia pada pasangan.

Akhirnya, nymphomania juga mendorong para wanita ini untuk mengadopsi perilaku seksual berisiko. Mereka tidak segan-segan melakukan hubungan seks tanpa pengaman. Dorongannya sedemikian rupa sehingga mereka melupakan segala sesuatu yang lain, terutama bahayanya.

Apa penyebab hiperseksualitas pada wanita?

Hiperseksualitas adalah gangguan mental yang terkait dengan konflik intrapsikis yang berlangsung lama. Ini sebenarnya merupakan mekanisme pertahanan simtomatik dari masalah psikologis yang belum terselesaikan. “Seringkali masalah pengabaian atau oedipus yang tidak cocok dengan ayah yang agak gagal atau sebaliknya sangat bermanfaat ketika putrinya masih kecil.” Karena takut ditinggalkan sekali lagi, wanita nymphomaniac harus selalu berada di depan panggung atau berusaha mendapatkan kembali tatapan penuh kasih dan indah yang dia nikmati sepanjang masa kecilnya. “Para wanita ini tidak mengerti mengapa pria tidak menganggap mereka sebagai ayah mereka. Semua ini tentu saja tidak disadari, mereka tidak menyadarinya”, analisis para pakar.

Bagaimana cara mengobati hiperseksualitas?

Menemukan penyebab obsesi terhadap seks ini adalah hal pertama yang harus dilakukan. Menentukan sumber masalahnya memungkinkan para wanita ini menyadari keseriusan kecanduan mereka. Untuk ini, pasien hiperseksual perlu merasa percaya diri dengan terapis yang mengikutinya. Kami berbicara tentang aliansi terapeutik. Setelah kepercayaan telah terjalin di antara kedua belah pihak, pekerjaan terapeutik akan dilakukan secara bertahap dengan tujuan membantunya menjadi aktor dalam hidupnya dan tidak lagi menjadi penonton.

1. Mengalihkan obsesi dari fokus mereka ke sesuatu selain seks

Langkah pertama adalah mengalihkan obsesi dari fokus mereka ke sesuatu selain seks. “Itu bisa teater, misalnya. Idenya adalah untuk mementaskan mereka secara berbeda, untuk menonjolkan kualitas mereka untuk mengajari mereka bersinar selain melalui nafsu melahap mereka untuk seks”.

2. Mencoba untuk mengurangi nafsu

Langkah kedua adalah menyesuaikan perilaku Anda dan mundur selangkah. Bagaimana? ‘Atau’ Apa? Melalui ritual kecil:

  • Menghindari tempat dan situasi yang mempromosikan seks (dengan lebih jarang keluar, misalnya).
  • Mencoba melepaskan diri dari situasi yang memicu kecemasan yang saya alami dengan menuliskannya dan menggambarkan keadaan pikiran yang saya alami. Hal ini tidak serta merta mencegah terjadinya hubungan seksual, tetapi tulisan membantu pasien untuk mundur selangkah dari tindakannya dan fortiori, untuk berpikir sebelum mengambil tindakan.

3. Perawatan obat yang menghambat libido

Mereka memiliki efek fisiologis dan bukan psikologis, oleh karena itu pentingnya memiliki jalan lain, di samping bantuan psikologis.

Dalam jangka panjang (beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan), pekerjaan terapeutik memungkinkan para wanita ini untuk membuka diri terhadap hubungan romantis yang stabil. “Secara umum, mereka berhasil menghilangkan kecanduan ini ketika mereka merasakan kesenangan kecil dari kehidupan pernikahan”. Cinta dan stabilitas akan semakin meningkat seiring persahabatan dan hubungan profesional mereka menjadi lebih sehat. Mengalami sesuatu selain penderitaan, kesepian, dan ketidakpuasaan membantu mereka melepaskan kecanduan seks ini. Mereka menemukan seksualitas yang berbeda dan memuaskan.

Penyebab

Ini adalah gangguan mental. Penyebab psikoafektif sering disebut: perilaku ini dapat diakibatkan oleh pengabaian, dari Oedipus yang dikelola dengan buruk… Karena takut ditinggalkan lagi, nymphomaniac terus-menerus mencari pemulihan hubungan seksual, yang identik dengan keterikatan emosional untuknya. “Perilaku ini juga dimanifestasikan dalam kasus gangguan bipolar, selama episode manik”, kata psikiater.

Di sisi lain, hiperseksualitas mendadak dapat dijelaskan oleh asal neurologis, dan lebih khusus lagi serangan sistem limbik, atau berturut-turut untuk mengambil perawatan medis (perawatan tertentu terhadap penyakit Parkinson misalnya).

Diagnostik

Hal ini didasarkan pada deskripsi perilaku dan penderitaan yang diakibatkannya. “Seringkali kerabat lebih mudah membicarakannya”.

Kapan harus berkonsultasi?

Ketika situasi menjadi sumber penderitaan, itu mengganggu hubungan dengan orang lain.

Siapa yang harus berkonsultasi?

Seorang psikiater atau psikolog akan menjadi lawan bicara terbaik untuk berbicara tentang nymphomania.

“Terapi kognitif dan perilaku dan hipnosis adalah yang paling efektif. Perawatan obat-obatan seperti antidepresan untuk depresi dan juga karena mereka menghambat libido kadang-kadang digunakan.

Apa mekanisme psikologis kecanduan seks?

Apapun praktik seksual yang digunakan, mekanismenya selalu sama. Pecandu berusaha untuk menghilangkan perasaan negatif (kebosanan, kecemasan atau sejenisnya) dengan beralih ke kepuasan langsung yang berasal dari seks. Ini adalah mekanisme psikologis yang sama dengan pecandu alkohol atau narkoba.

Seperti pecandu narkoba untuk mendapatkan kepuasan yang sama dia dituntun untuk menambah dosis untuk mendapatkan efek yang sama dan pada akhirnya dia tidak lagi merasakan kesenangan.

Bagaimana Anda tahu jika Anda kecanduan seks?

Kehidupan seks pecandu adalah balapan panik yang kosong dari sensasi. Sifat kompulsif dari perilakunya membuatnya mengambil risiko untuk dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya: cedera fisik, infeksi menular seksual, isolasi sosial, putus cinta.

Selain risiko ini, pecandu berada dalam cengkeraman penderitaan psikologis yang hebat. Kesadaran tidak memiliki kontrol merusak harga diri seseorang. Pikiran seksual obsesif dalam benaknya sepanjang waktu mencegahnya melakukan interaksi normal dengan orang lain.

Kecanduan seksual seperti kebanyakan kecanduan sering digabungkan dengan kecanduan lain seperti alkoholisme atau penggunaan narkoba (terutama obat-obatan yang mempengaruhi kinerja seksual).

Kecanduan seks: ketidakseimbangan hormon?

Mencari penyebab libido tinggi memerlukan mengacu pada “norma” tetapi harus diingat bahwa dalam hal libido ada perbedaan alami antara individu tanpa sistematis mengkhawatirkan mereka.

Diketahui bahwa libido terkait dengan produksi testosteron. Ada hubungan langsung antara jumlah testosteron yang diproduksi dan tingkat libido pria.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang testosteron, Anda dapat membaca artikel kami: Hormon Testosteron – Penjelasan, Kadar, Pengobatan dan Contoh

Namun, hiperlibido bisa menjadi gejala dari beberapa penyakit. Ini karena hiperlibido dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon tertentu atau oleh bipolaritas.

Apa perbedaan antara kecanduan seks dan hiperseksualitas?

Pecandu Seks dan Hiperseksual adalah 2 orang dengan aktivitas seksual di atas “normal”.

Perbedaan keduanya terletak pada pengertian kenikmatan/penderitaan.

Si hiperseksual mempertahankan kontrol libidonya yang memberinya kesempatan untuk berkembang dalam seksualitas yang intens dan kaya karena pecandu seks menderita perilaku kompulsif dan lingkaran setan yang dialaminya.

Di mana hiperseksual secara sadar menjalani kehidupan yang penuh dengan beragam pengalaman, pecandu secara kompulsif mengulangi pola penyakit yang sama yang tidak dapat ia kendalikan.

Konsekuensi dari kecanduan seks pada pasangan

Lebih dari sekedar keinginan, pecandu seks memiliki kebutuhan seks yang kompulsif. Hal ini diwujudkan dengan meningkatnya ketergantungan pada cybersex, frekuensi masturbasi yang berlebihan, kebutuhan untuk meningkatkan jumlah pasangan seksual atau bahkan konsultasi panik film X. Kecanduan seks mendorong pria atau wanita untuk memfokuskan kehidupan sehari-hari mereka pada seks. ‘kepuasan dorongan hatinya, dengan merugikan kehidupan profesional dan keluarga dan pasangannya. Pencariannya untuk seks dengan segala cara lebih diutamakan daripada yang lain, yang secara bertahap dia abaikan, seringkali dengan efek bencana.

Untuk berbagai alasan, kecanduan seks adalah bahaya bagi pasangan. Pecandu seks tidak melakukan apa-apa selain mengkonsumsi seks, yang menjadi hal biasa dan kehilangan tujuan aslinya – untuk berbagi momen keintiman yang istimewa: pasangan tidak lagi menganggap hubungan mereka di bawah tanda kesenangan dan cinta seksual. Selain itu, pasangan dengan kecanduan seks sangat menuntut, dan yang lainnya gagal untuk mengimbangi. Inilah sebabnya mengapa kebanyakan orang yang terkena kecanduan seks menipu pasangannya, karena perzinahan dapat menyebabkan pasangan itu putus. Tetapi hasil yang paling tidak menguntungkan, baik untuk pecandu seks pada tingkat pribadi dan untuk kekasih dalam hidup mereka bersama, adalah hipotesis di mana kecanduan mengarah pada depresi.

Bagaimana Anda dapat membantu seseorang yang kecanduan seks?

Seperti bentuk kecanduan lainnya, kecanduan seks adalah sumber penderitaan bagi orang yang bersangkutan: akhirnya berdampak pada kehidupan profesional, emosional, dan sosial mereka.

Jadi kita harus membicarakannya, mengatasi masalah, meski tidak mudah.

Anda tidak harus langsung ke inti masalahnya (idenya bukan untuk mendapatkan tempat terapis), tetapi cobalah untuk membuat orang tersebut berpikir tentang masalah yang berkaitan dengan kecanduannya; tanpa harus berbicara tentang kecanduannya secara langsung.

Seorang pecandu sering menutup mata terhadap kecanduan mereka, tetapi jika itu berasal dari seseorang yang dekat dengan mereka, kemungkinan besar mereka akan mendengarkan Anda. Yang penting ada kesadaran.

Kemudian, di atas segalanya, orang tersebut tidak boleh merasa bersalah: hanya perlu berusaha membantunya. Dan bantuan terbaik saat menghadapi kecanduan adalah bantuan spesialis, seperti terapis seks.

Dikelilingi oleh orang yang dicintai tentu saja penting dan akan menentukan; tetapi sangat sulit untuk keluar dari kecanduan Anda sendiri: itu adalah proses yang membutuhkan waktu dan kerja.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan Anda lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan nasihat tentang kondisi medis tertentu.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, New York University, International Business Times

Sumber foto: PicPedia / Nick Youngson CC BY-SA 3.0 Alpha Stock Images

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-09-02T03:28:32+07:00 Agustus 21st, 2021|Sehat dan Cantik | Kesehatan & Pengobatan|0 Comments

Leave A Comment