Sakit Saat Menelan Gejala Penyakit Apa? (Info Kesehatan)

Sakit Saat Menelan

Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin merasa sakit saat menelan. Kemungkinan besar, itu seperti infeksi, meski bisa ada alasan lainnya yang lebih serius.

Meski bisa jadi tidak nyaman, rasa sakit saat menelan biasanya hanya bersifat sementara. Bergantung pada penyebabnya, rasa sakit saat menelan sering kali hilang dalam beberapa hari.

Misalnya, jika rasa sakitnya karena flu, biasanya hilang dalam seminggu.

Jika infeksi bakteri atau jamur menyebabkan nyeri, pengobatan biasanya berhasil. Sementara itu, orang dapat menggunakan pengobatan rumahan untuk mengelola gejala mereka dan mengurangi ketidaknyamanan.

Kemungkinan penyebab nyeri di satu sisi tenggorokan saat menelan
Tenggorokan Anda mencakup beberapa bagian tubuh Anda dari amandel ke kerongkongan Anda. Tindakan menelan terjadi dalam tiga tahap berbeda, di:

  • Mulut
  • Laring dan epiglotis
  • Kerongkongan

Infeksi Pilek, Flu, atau Sinus

Sakit tenggorokan yang menyebabkan nyeri saat menelan sering kali menandakan bahwa Anda terkena salah satu penyakit umum ini. Ini bisa dimulai sehari sebelum gejala lain seperti pilek dan batuk.

Jika pilek, Anda harus menunggu dengan menyesap cairan dan banyak istirahat. Jika itu mungkin flu, yang terasa jauh lebih buruk dan jauh lebih serius daripada pilek, Anda perlu ke dokter.

Dengan infeksi sinus, terus-menerus berusaha membersihkan tenggorokan dari drainase dapat menyebabkan iritasi dan nyeri saat menelan sampai infeksi sembuh.

Neuralgia glossopharyngeal (nyeri di satu sisi tenggorokan)

Nyeri di satu sisi tenggorokan Anda setelah menelan bisa jadi akibat nyeri saraf dari neuralgia glossopharyngeal. Kondisi ini bisa terjadi di satu sisi di telinga, belakang lidah, amandel, atau di rahang.

Ini adalah kondisi langka yang dapat menyebabkan serangan nyeri mendadak dan parah. Anda dapat mengalami beberapa serangan ini selama berhari-hari dan berminggu-minggu. Menelan bisa memicu rasa sakit.

Strep Throat (radang tenggorokan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri Streptococcus pyogenes atau Streptococcus grup A)

Sering hanya disebut strep, infeksi bakteri ini bisa sangat menyakitkan. Tanda-tanda lain dari strep adalah tidak memiliki gejala flu biasa dan tidak batuk.

Ketika orang dewasa terkena strep, gejalanya biasanya berupa sakit tenggorokan yang tiba-tiba, kemungkinan disertai demam, dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher Anda. Anak-anak usia 3 tahun ke atas dapat mengalami demam, mual, dan muntah bersamaan dengan sakit tenggorokan. Anak-anak di bawah 2 tahun biasanya tidak terkena strep.

Temui dokter Anda untuk tes radang cepat atau kultur tenggorokan, yang dapat menemukan infeksi yang terkadang terlewatkan oleh tes cepat. Antibiotik adalah pengobatan biasa. Meskipun akan hilang dengan sendirinya, pengobatan disarankan untuk membuat perasaan lebih baik, mencegahnya menyebar ke orang lain, dan mencegah komplikasi.

Mononukleosis

Infeksi yang disebabkan oleh virus Epstein-Barr ini mudah didapat – dan menyebar. Selain nyeri saat menelan, Anda mungkin juga mengalami gejala berikut: demam, sakit kepala, amandel dan kelenjar getah bening yang membengkak, nyeri otot, dan kelelahan.

Anda harus melakukan tes darah untuk mendiagnosis mono. Kebanyakan orang merasa lebih baik dari waktu ke waktu tanpa perawatan khusus, dan dokter Anda akan mengawasi kesehatan Anda untuk memastikan Anda tidak mengalami komplikasi.

Tonsilitis (Amandel bengkak)

Tonsilitis adalah infeksi dan peradangan amandel, yang merupakan dua kelenjar getah bening di bagian belakang tenggorokan. Tonsilitis adalah penyebab umum nyeri saat menelan.

Tonsilitis adalah kondisi menular. Virus atau infeksi bakteri, termasuk radang tenggorokan, dapat menyebabkan tonsilitis.

Jika rasa sakit saat menelan disebabkan oleh tonsilitis, orang mungkin juga memperhatikan:

amandel bengkak
bercak putih atau kuning pada amandel
bau mulut
rahang atau leher yang lembut
demam

Epiglotitis
Epiglotitis adalah infeksi tenggorokan yang menyebabkan peradangan pada epiglotis, yaitu penutup di bagian belakang tenggorokan yang mencegah makanan masuk ke tenggorokan.

Selain nyeri saat menelan, gejala khas epiglotitis antara lain:

kesulitan menelan, yang dikenal sebagai disfagia
demam tinggi
air liur
preferensi untuk duduk condong ke depan
Infeksi jamur
Infeksi jamur di mulut, tenggorokan, atau pipa makanan juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman saat menelan. Ragi adalah sejenis jamur yang dapat tumbuh di luar kendali jika kondisi di dalam tubuh berubah dengan cara yang mendorong pertumbuhan ragi.

Bakteri yang disebut Candida adalah penyebab umum infeksi jamur.

Gejala tambahan mungkin termasuk:

kehilangan rasa
bercak putih di lidah
kemerahan di sudut mulut
Esofagitis
Pipa makanan, juga disebut kerongkongan, adalah pipa yang membawa makanan dan cairan dari mulut ke perut. Esofagitis adalah peradangan pada esofagus.

Penyebab paling umum dari esofagitis adalah penyakit refluks lambung, yaitu suatu kondisi yang memungkinkan asam lambung mengalir kembali ke saluran makanan.

Obat-obatan tertentu dan reaksi alergi juga dapat menyebabkan esofagitis.

Esofagitis dapat menyebabkan gejala berikut bersamaan dengan nyeri saat menelan:

nyeri dada
sakit perut
suara parau
batuk
maag
mual

Cedera tenggorokan

Meski kurang umum dibandingkan penyebab lainnya, cedera pada tenggorokan juga bisa menyebabkan rasa sakit saat menelan.

Makan atau minum sesuatu yang terlalu panas bisa membakar bagian dalam tenggorokan atau pipa makanan. Orang juga bisa menggaruk atau memotong bagian belakang tenggorokannya saat makan kerupuk atau keripik yang ujungnya tajam.

Bergantung pada lokasi dan luasnya cedera, mungkin hanya ada rasa sakit di satu sisi tenggorokan atau di bagian bawah pipa makanan.

Virus Herpes Simplex

Tipe 1 dari virus ini dapat menyebabkan luka di dalam mulut Anda (juga di sepanjang bibir) dan nyeri saat menelan. Luka sembuh dalam beberapa hari, tetapi hubungi dokter Anda jika ini adalah wabah pertama Anda atau jika Anda mengidap HIV. Saat Anda memulihkan diri, lewati makanan asam seperti jeruk, istirahat yang cukup, dan cobalah menghindari stres agar merasa lebih baik.

Seriawan

Infeksi jamur ini umum terjadi pada orang dengan HIV, tetapi Anda juga berisiko jika menderita diabetes atau penyakit esofagus, mengonsumsi steroid tertentu, atau mengonsumsi antibiotik. Jika sariawan adalah penyebabnya, Anda mungkin juga mengalami gejala berikut: kehilangan rasa, terasa seperti kapas di mulut, dan kulit kering, pecah-pecah, dan merah di sudut bibir.

Temui dokter Anda untuk perawatan, yang mungkin berarti minum obat antijamur.

CMV

Bagian dari keluarga virus yang sama yang menyebabkan herpes dan mono, cytomegalovirus dapat beralih antara periode aktif dan tenang. Jika CMV adalah penyebabnya, Anda mungkin juga mengalami gejala ini: kelelahan, nyeri otot, demam, mual, dan muntah. Makan dengan baik dan banyak istirahat akan membantu tubuh Anda melawan infeksi, tetapi temui dokter Anda jika Anda hamil atau mengidap HIV atau sistem kekebalan yang lemah karena CMV bisa sangat serius untuk Anda.

Menelan Pil atau Makanan
Anda tidak ingin apa pun menempel dan mengiritasi kerongkongan Anda. Pil kecil, oval, dan lebih berat lebih mudah masuk daripada pil besar, bulat, dan ringan. Obat yang paling mungkin menyebabkan masalah adalah antibiotik seperti doksisiklin dan tetrasiklin, suplemen kalium, dan NSAID. (Itu bisa terjadi jika Anda menelan makanan bergerigi juga.)

Untuk mencegah hal ini, minumlah setidaknya setengah cangkir air saat Anda minum pil, dan duduk tegak selama setidaknya 10 menit sesudahnya. Jika itu adalah obat yang diketahui dapat menyebabkan iritasi, minumlah secangkir air dan jangan berbaring setidaknya selama 30 menit.

GERD

GERD adalah penyakit gastroesophageal reflux. Jika Anda mengalaminya, Anda mungkin juga mengalami gejala berikut: mulas disertai nyeri di dada dan tenggorokan, rasa asam di mulut, muntah, kesulitan menelan, dan suara serak. Rasa sakit saat menelan bisa terjadi jika refluks asam menggerogoti lapisan kerongkongan Anda.

Temui dokter Anda jika Anda mengalami mulas dua kali atau lebih dalam seminggu. Perubahan pola makan Anda dapat membantu, bersama dengan pengobatan GERD.

Penyakit Crohn

Crohn’s jarang mempengaruhi kerongkongan Anda (biasanya mempengaruhi usus besar), tetapi bisa terjadi di mana saja di sepanjang saluran pencernaan, mulai dari mulut atau kerongkongan Anda. Anda mungkin merasa sulit dan menyakitkan untuk menelan.

Jika Anda menderita Crohn, Anda mungkin juga mengalami gejala berikut: diare dan kram, penurunan berat badan, dan nafsu makan yang buruk. Beritahu dokter Anda apa yang terjadi. Anda mungkin perlu menjalani tes yang disebut endoskopi untuk mencari bisul di kerongkongan Anda.

Kanker dan Tumor

Menelan yang menyakitkan sepertinya bukan kanker. Tapi itu bisa jadi gejala kanker tenggorokan dan kerongkongan. Anda mungkin merasa sakit saat menelan saat tumor tumbuh dan lorong semakin menyempit.

Jika Anda pernah mengalami gejala ini selama beberapa waktu dan mulai merasa perlu makan makanan lunak dalam gigitan kecil, temui dokter Anda. Anda mungkin perlu mendapatkan tes pencitraan dari bagian atas sistem pencernaan Anda.

Beberapa pengobatan untuk berbagai jenis kanker juga bisa membuat sakit menelan. Kemoterapi atau radiasi pada kepala, leher, atau dada bagian atas dapat mengobarkan lapisan mulut, tenggorokan, atau kerongkongan. Gejala lainnya termasuk mulut kering atau bengkak. Jika Anda mengalami masalah ini saat menjalani pengobatan kanker, cobalah makan makanan yang lebih lembut, minuman blender, sup, dan bubur. Selain itu, makanan dingin bisa menenangkan, sedangkan makanan yang sangat pedas bisa lebih menyakitkan. Nyeri ini akan berhenti segera setelah Anda selesai dengan pengobatan kanker Anda.

Pengobatan Sakit Saat Menelan

Perawatan untuk nyeri saat menelan umumnya tergantung pada penyebabnya.

Pengobatan adalah pengobatan standar untuk jenis infeksi tertentu. Dokter biasanya merekomendasikan obat antijamur untuk mengobati infeksi jamur dan antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri, termasuk radang tenggorokan.

Ketika orang mengalami tonsilitis berulang, atau tidak merespon pengobatan dengan baik, dokter mungkin merekomendasikan pengangkatan amandel dalam prosedur yang disebut tonsilektomi.

Disebabkan oleh flu

Jika sakit tenggorokan Anda disebabkan oleh flu, dokter Anda mungkin meresepkan obat antivirus. Antibiotik tidak bekerja pada virus. Kebanyakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus tipe flu atau flu hilang dalam seminggu hingga 10 hari.

Disebabkan oleh bakteri

Jika sakit tenggorokan Anda disebabkan oleh bakteri, dokter Anda akan meresepkan antibiotik. Anda akan merasa lebih baik dalam beberapa hari. Penting untuk meminum semua antibiotik Anda. Ini mengurangi risiko sakit tenggorokan kembali.

Disebabkan oleh mono

Gejala akibat mono bisa berlangsung selama 4 minggu atau lebih. Perawatan untuk mono adalah istirahat dan olahraga yang dikurangi.

Disebabkan oleh alergi

Jika sakit tenggorokan disebabkan oleh alergi, dokter Anda mungkin berbicara dengan Anda tentang pemicu alergi. Ia mungkin merekomendasikan obat untuk alergi.

Disebabkan oleh tonsilitis (amandel)

Jika sakit tenggorokan Anda disebabkan oleh tonsilitis, Anda mungkin perlu dioperasi. Ini disebut tonsilektomi. Operasi mengangkat amandel Anda. Kebanyakan orang yang menderita tonsilitis tidak memerlukan pembedahan. Anda mungkin memerlukan operasi jika Anda sering mengalami tonsilitis parah. Anda mungkin perlu dioperasi jika amandel Anda terlalu besar.

Tindakan berikut seringkali dapat membantu meredakan sakit tenggorokan

  • Minum ibuprofen atau paracetamol – parasetamol lebih baik untuk anak-anak dan orang yang tidak bisa minum ibuprofen (perhatikan bahwa anak di bawah 16 tahun tidak boleh minum aspirin)
    minum banyak cairan dingin atau hangat, dan hindari minuman yang sangat panas.
  • Makan makanan agak dingin dan lembut.
  • Hindari tempat merokok dan tempat berasap.
  • Berkumurlah dengan obat kumur air hangat dan asin buatan sendiri
    menghisap permen pelega tenggorokan, permen keras, es batu atau es permen – tetapi jangan berikan anak kecil apa pun yang kecil dan sulit dihisap karena risiko tersedak
  • Ada juga produk seperti tablet hisap obat dan semprotan yang dijual di apotek yang mungkin ingin Anda coba. Tidak banyak bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa mereka membantu, meskipun beberapa orang menganggapnya layak digunakan.
  • Antibiotik biasanya tidak diresepkan untuk sakit tenggorokan, meskipun disebabkan oleh infeksi bakteri, karena kemungkinan tidak akan membuat Anda merasa lebih baik lebih cepat dan dapat menimbulkan efek samping yang tidak menyenangkan.

Apa 5 Klasifikasi Antibodi dan Fungsinya?

Lima klasifikasi antibodi atau kelas yang berbeda diketahui berada pada tubuh mamalia dan memainkan peran yang berbeda dan menolong mengarahkan respon imun yang tepat untuk tiap tipe benda asing berlainan yang masuk ke dalam tubuh, yaitu: IgM, IgD, IgG, IgA, dan IgE. Mereka yang memberikan setiap isotipe dengan karakteristik dan peran yang berbeda. Untuk lebih detilnya baca: Klasifikasi Antibodi Beserta Contoh dan Fungsinya: IgM, IgD, IgG, IgA, IgE)

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan Anda lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan nasihat tentang kondisi medis tertentu.

Sumber bacaan: Medical News Today, Family Doctor, Health Line

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-11-18T02:49:35+07:00 November 18th, 2020|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment