PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Payback Period | Rumus, Cara menghitung waktu pengembalian? Definisi & contoh

4 min read

Payback period

Payback Period dalam Investasi atau Waktu Pengembalian ROI

Payback period adalah periode waktu yang diperlukan untuk mendapatkan penghasilan untuk menutupi biaya investasi seorang investor.

Seorang investor akan bertanya pada dirinya sendiri tentang investasi apa yang akan memungkinkan dia untuk memulihkan investasinya secepat mungkin. Oleh karena itu payback period, ini merupakan indikator yang signifikan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengarahkan pengambilan keputusannya dalam investasi yang ingin dilakukan.

Ada dua jenis pengembalian: sederhana dan diskon

Sederhana

Pengembalian sederhana didefinisikan sebagai jumlah periode (tahun, bulan, minggu, dll.) untuk memulihkan investasi awal dan dihitung dengan menambahkan jumlah arus kas yang diperoleh, periode demi periode, hingga jumlah ini sama dengan nilai investasi awal.

Diskon

Discounted payback dihitung dari arus kas, hasil antara pendapatan dan pengeluaran. Tapi kemudian, tingkat diskonto ditambahkan ke perhitungan yang akan mengoreksi nilai untuk periode tersebut. Tarif ini biasanya merupakan tarif daya tarik minimum.

Cara Menghitung Payback Period di Excel

Meskipun mungkin untuk memiliki satu rumus untuk menghitung pengembalian, lebih baik membagi rumus menjadi beberapa rumus parsial. Dengan cara ini, lebih mudah untuk mengaudit spreadsheet dan memperbaiki masalah.

Langkah-langkah untuk menghitung pengembalian di Excel:

1. Masukkan semua investasi yang diperlukan. Biasanya, hanya investasi awal.
2. Masukkan semua arus kas.
3. Hitung Akumulasi Arus Kas untuk setiap periode
4. Untuk setiap periode, hitung pecahan untuk mencapai titik impas. Gunakan rumus “ABS”
5. Hitung jumlah tahun dengan akumulasi arus kas negatif. Gunakan rumus “JIKA”
6. Temukan pecahan yang dibutuhkan, dengan menggunakan angka tahun dengan arus kas negatif sebagai indeks. Gunakan rumus “INDEX”
7. Untuk mendapatkan periode pengembalian yang tepat, jumlahkan jumlah tahun dengan akumulasi arus kas negatif dan fraksi yang sesuai.

Batas atau limitasi penggunaan Payback Period

Batas payback period agak berat, bahkan bisa menjadi penghalang. Yang paling penting terkait dengan bagaimana memperhitungkan arus keuangan. Ini tidak pernah diperbarui. Dengan kata lain, setiap aliran keuangan memiliki kepentingan yang sama, bahkan yang paling jauh, meskipun paling hipotetis. Nilai waktu benar-benar diabaikan.

Batas kedua adalah pengaturan pengembalian maksimum. Mengapa, misalnya, memilih periode pengembalian maksimum dua tahun, bukan empat? Atas dasar obyektif apa pengembalian itu diputuskan? Arus keuangan yang paling jauh juga diabaikan. Namun, banyak aset tetap dijual di akhir masa pakainya, menghasilkan aliran yang signifikan. Yang terakhir kemungkinan akan dikecualikan dari perhitungan dengan secara sewenang-wenang menetapkan periode perhitungan maksimum. Investasi yang berpotensi menguntungkan dapat dikecualikan dari analisis apa pun dengan metode ini.

Ketiga, indikator tidak memperhitungkan nilai waktu uang [Nilai Masa Uang | Time Value of Money (TVM) | Soal dan Jawaban]. Ketika membandingkan proyek dengan periode pengembalian yang sama, tetapi dengan skema pembayaran yang berbeda, fakta diabaikan bahwa aliran dana pada periode pertama proyek tidak sama dengan aliran masuk periode berikutnya. Prinsip dikecualikan bahwa selalu lebih baik untuk menerima dana sedini mungkin.

Indikator tidak memperhitungkan semua penerimaan kas setelah tanggal penggantian penuh biaya awal. Saat membandingkan proyek dengan periode pengembalian yang sama, jumlah arus kas masuk setelah periode pengembalian untuk proyek diabaikan.

Saat memilih dari beberapa proyek investasi, jika kita hanya melanjutkan dari periode pengembalian investasi, jumlah keuntungan yang dihasilkan oleh proyek tidak akan diperhitungkan.

Contoh Soal dan Jawaban

1. Jika terdapat investasi sebesar $ 100.000. Pada saat yang sama, kita mengasumsikan keuntungan $ 20.000 per tahun. Temukan waktu pengembaliannya!

Jawaban:

Rumusnya menjadi $ 20.000 / $ 100.000 = 20%, atau 5 tahun.

Jadi, dengan menginvestasikan $ 100.000, dibutuhkan waktu 5 tahun untuk menemukan uang Anda.

Kesimpulannya, laba atas investasi bukan satu-satunya rasio penting dalam kehidupan bisnis. Cukup sederhana dengan memulai dengan titik impas (break even point) yang lebih kompleks untuk dihitung.

2. Pada Mei 20XX, pembuat elektronik terkenal Apple mengumumkan bahwa mereka telah membeli Beats seharga $ 3 miliar, sebuah perusahaan yang berspesialisasi dalam headphone dan peralatan audio. Berapa tahun harus berlalu sebelum investasi ini terbayar? Bagaimana cara menghitung waktu pengembalian? Rumus & aturan waktu kembali, dengan contoh digital. Berapa tahun kita harus menunggu sebelum arus keuangan kumulatif melebihi investasi awal?

Jawaban:

Oleh karena itu, rumus waktu pengembalian modal, dalam versi paling klasiknya, terdiri dari penetapan hubungan antara investasi awal dan arus keuangan yang dirasakan rata-rata, selama periode tertentu:

Rumus waktu pengembalian investasi:

Waktu pengembalian modal (y) = Investasi awal / Aliran arus keuangan tahunan secara rata-rata

Jika, dalam praktiknya, arus tidak dirasakan pada akhir tahun, tetapi sepanjang itu, secara linier, investor dapat lebih tepat menghitung waktu pengembalian modal. Arus kumulatif di tahun pertama dan tahun kedua berjumlah € 60.000.

Oleh karena itu, hanya tersisa €40.000 untuk diperoleh, ketika tahun ketiga dimulai, agar investasi itu menguntungkan. Tahun ketiga menghasilkan total € 60.000 dalam aliran. Dibutuhkan 40.000 € * 365 / 60.000 € = 243 hari tambahan untuk mencapai waktu kembali. Secara total, oleh karena itu perlu menunggu 2 tahun 243 hari agar investasi ini dapat dikembalikan.

3. Sebuah perusahaan dapat memutuskan untuk berinvestasi dalam aset dengan biaya awal $ 1 juta. Selama lima tahun ke depan, perusahaan kemudian menerima arus kas positif yang berkurang seiring waktu. Apa periode pengembaliannya?

Jawaban:

Investasi awal sepenuhnya diimbangi oleh arus kas positif di suatu tempat antara periode tahun ke-2 dan 3.

4. Asumsikan bahwa Perusahaan A memiliki proyek yang membutuhkan pengeluaran kas awal sebesar $3.000. Proyek ini diharapkan untuk mengembalikan $1.000 setiap periode untuk lima periode berikutnya, dan tingkat diskonto yang sesuai adalah 4%. Perhitungan periode pengembalian yang didiskon dimulai dengan pengeluaran tunai -$3.000 di periode awal. Periode pertama akan mengalami arus kas masuk +$1.000. Hitung Periode Pengembalian Diskon!

Jawaban:

Menggunakan perhitungan diskon nilai sekarang, angka ini adalah $1.000/1,04 = $961,54. Jadi, setelah periode pertama, proyek masih membutuhkan $3.000 – $961,54 = $2.038,46 untuk mencapai titik impas. Setelah arus kas yang didiskontokan sebesar $1.000 / (1.04)2 = $924.56 pada periode dua, dan $1.000/(1.04)3 = $889.00 pada periode tiga, saldo proyek bersih adalah $3.000 – ($961,54 +$924.56 + $889.00) = $224,90.

Oleh karena itu, setelah menerima pembayaran keempat, yang didiskon menjadi $854,80, proyek akan memiliki saldo positif $629,90. Oleh karena itu, periode pengembalian diskon kadang-kadang selama periode keempat.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Investopedia, Lumen LearningGoCardless, Wall Street Prep, Corporate Finance Institute

Sumber foto: Pxhere

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.