Obat Kemoterapi | Daftar obat yang digunakan dalam kemoterapi

4 min read

Obat kemoterapi kombinasi

Daftar Obat Kemoterapi

Obat kemoterapi, juga dikenal sebagai obat kemo, adalah obat kuat yang digunakan dalam pengobatan kanker. Mereka bekerja dengan menargetkan dan menghancurkan sel kanker, membantu mengecilkan tumor, mencegah pertumbuhannya, atau meringankan gejala terkait kanker. Berikut adalah daftar lengkap obat kemoterapi yang biasa digunakan dalam pengobatan kanker, beserta contoh jenis kanker yang digunakan untuk mengobatinya.

Terdapat lebih dari 100 jenis obat kemoterapi. Di bawah ini adalah jenis utama kombinasi obat kemoterapi, jenis kanker yang mereka tangani dan contohnya. Perhatian mencakup hal-hal yang berbeda dari efek samping kemoterapi yang khas.

Kombinasi obat kemoterapi yang umum

Jenis KankerObat KemoterapiSingkatan
Kanker payudaraCyclophosphamide, methotrexate, 5-fluorouracil, vinorelbineCMF
Doxorubicin, cyclophosphamideAC
Hodgkin limfomaDocetaxel, doxorubicin, cyclophosphamideTAC
Doxorubicin, bleomycin, vinblastine, dacarbazineABVD
Mustine, vincristine, procarbazine, prednisoloneMOPP
Non-Hodgkin limfomaCyclophosphamide, doxorubicin, vincristine, prednisoloneCHOP
Germ cell tumor (testis)Bleomycin, etoposide, cisplatinBEP
Kanker perutEpirubicin, cisplatin, 5-fluorouracilECF
Epirubicin, cisplatin, capecitabineECX
Bladder cancerMethotrexate, vincristine, doxorubicin, cisplatinnMVAC
Kanker paru-paruCyclophosphamide, doxorubicin, vincristine, vinorelbineCAV
Kanker kolorektal5-fluorouracil, folinic acid, oxaliplatinFOLFOX

5 Kelompok Utama Obat Kemoterapi

1. Agen Alkylating:

Contoh: Siklofosfamid, Cisplatin, Busulfan
Tindakan: Agen alkilasi bekerja dengan merusak DNA sel kanker, mencegah replikasi dan pertumbuhannya. Mereka digunakan untuk mengobati berbagai jenis kanker, termasuk leukemia, limfoma, dan tumor padat.

2. Antimetabolit:

Contoh: Methotrexate, Fluorouracil (5-FU), Capecitabine
Tindakan: Antimetabolit mengganggu sintesis DNA dan RNA sel kanker, menghambat pertumbuhannya. Mereka umumnya digunakan dalam pengobatan kanker payudara, kanker kolorektal, dan berbagai jenis kanker lainnya.

3. Antrasiklin:

Contoh: Doxorubicin, Daunorubicin, Epirubicin
Tindakan: Antrasiklin bekerja dengan mengganggu proses replikasi DNA dalam sel kanker, yang menyebabkan kehancurannya. Mereka banyak digunakan dalam pengobatan kanker payudara, limfoma, dan berbagai jenis kanker lainnya.

4. Taxan:

Contoh: Paclitaxel, Docetaxel
Aksi: Taxanes menghambat kemampuan sel kanker untuk membelah dan berkembang biak dengan menstabilkan mikrotubulus. Mereka umumnya digunakan dalam pengobatan kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker ovarium.

5. Senyawa Platina:

Contoh: Carboplatin, Oxaliplatin, Cisplatin
Tindakan: Senyawa platinum bekerja dengan membentuk ikatan silang DNA di dalam sel kanker, mencegah replikasinya dan menyebabkan kematiannya. Mereka digunakan dalam pengobatan berbagai jenis kanker, termasuk kanker ovarium, kanker testis, dan kanker paru-paru.
Penting untuk diperhatikan bahwa kelompok obat kemoterapi ini tidak eksklusif, dan beberapa obat mungkin termasuk dalam beberapa kategori. Selain itu, ada banyak obat kemoterapi lain yang tersedia yang mungkin tidak termasuk dalam lima kelompok ini. Rencana perawatan disesuaikan dengan masing-masing pasien dan mungkin melibatkan kombinasi obat kemoterapi yang berbeda untuk memaksimalkan efektivitas dan meminimalkan efek samping. Obat spesifik yang digunakan akan bergantung pada jenis dan stadium kanker, serta tujuan kesehatan dan pengobatan pasien secara keseluruhan.


Jenis Obat Kemoterapi

1. AGEN ALKYLASI

Ini menciptakan adukan DNA. Sebagai kerusakan DNA , mereka mengganggu metilasi DNA, antara lain, dan secara permanen dapat mengubah informasi genetik. Perbaikan DNA yang salah terkadang menyebabkan mutasi. Dalam konsentrasi yang lebih tinggi mereka menyebabkan kerusakan untai DNA. Agen alkilasi bifungsional juga dapat secara kimiawi menghubungkan dua untai DNA secara permanen. Semua agen alkylating berpotensi mutagenik dan karsinogenik.

Agen alkilasi digunakan sebagai sitostatika (obat kemoterapi untuk mengobati kanker), sebagai desinfektan dingin dalam pengolahan air dan dalam industri makanan, dan sebagai inhibitor ribonuklease dalam biologi molekuler.

Digunakan untuk mengobati:

Contoh:

  • Busulfan (Myleran)
  • Siklofosfamid
  • Temozolomide (Temodar)

Peringatan:

Dapat merusak sumsum tulang, yang dapat menyebabkan leukemia

2. ANTIMETABOLIT

Antimetabolit adalah bahan kimia yang mencegah penggunaan metabolit, yang merupakan bahan kimia lain yang merupakan bagian dari metabolisme normal. Zat-zat ini seringkali serupa dalam strukturnya dengan metabolit yang mengganggu mereka seperti antifolat yang mengganggu penggunaan asam folat. Antimetabolit dapat dengan kehadirannya memiliki efek toksik pada sel, seperti menghentikan pertumbuhan dan pembelahan sel, sehingga senyawa ini digunakan dalam kemoterapi melawan kanker.

Digunakan untuk mengobati:

Contoh:

  • 5-fluorouracil (5-FU)
  • 6-mercaptopurine (6-MP)
  • Capecitabine (Xeloda)
  • Gemcitabine

Perhatian: Tidak ada.

3. ANTIBIOTIK ANTI-TUMOR

Antibiotik antitumor mencegah pembelahan sel dengan mengikat DNA untuk mencegah sel bereproduksi atau dengan menghambat sintesis RNA.

Digunakan untuk mengobati:

Banyak jenis kanker.

Contoh:

  • Dactinomycin (Cosmegen)
  • Bleomisin
  • Daunorubisin (Cerubidine, Rubidomycin)
  • Doksorubisin (Adriamycin PFS, Adriamycin RDF)

Peringatan:

Dosis tinggi bisa merusak jantung.

4. INHIBITOR TOPOISOMERASE

Inhibitor topoisomerase adalah agen yang dirancang untuk menghambat aksi topoisomerase (topoisomerase I dan II), enzim yang mengontrol struktur topologi DNA dengan menghasilkan pemotongan sementara di dalamnya dan mengkatalisis perjalanan segmen DNA melalui pemotongan ini sebelum menutupnya.

Digunakan untuk mengobati:

Contoh:

  • Etoposida
  • Irinotecan (Camptosar)
  • Topotecan (Hycamtin)

Peringatan:

Beberapa dapat membuat seseorang lebih mungkin terkena kanker kedua, yang disebut leukemia myeloid akut, dalam waktu 2 sampai 3 tahun.

5. INHIBITOR MITOTIK

Inhibitor mitosis adalah obat yang menghambat mitosis, atau pembelahan sel. Obat ini mengganggu mikrotubulus, yaitu struktur yang memisahkan kromosom saat sel membelah. Inhibitor mitosis digunakan dalam pengobatan kanker karena sel kanker mampu tumbuh dan akhirnya menyebar dalam metastasis) pembelahan mitosis terus menerus. Dengan demikian, sel kanker lebih sensitif untuk menghambat mitosis dibandingkan sel normal. Inhibitor mitosis juga digunakan dalam sitogenetika (studi tentang kromosom), di mana mereka menghentikan pembelahan sel pada tahap di mana kromosom dapat dengan mudah diperiksa.

Inhibitor Siklus Sel/Agen Antimikrotubulus

Agen antimikrotubulus adalah bahan kimia antimitotik yang berasal dari tumbuhan yang menghambat proliferasi sel dengan bekerja pada dinamika polimerisasi gelendong, yang penting untuk fungsi gelendong yang tepat dari mikrotubulus.

Mikrotubulus adalah bagian penting dari struktur sitoskeleton intraseluler dan memiliki dinamika polimerisasi unik yang sangat penting untuk banyak fungsi seluler termasuk pembelahan sel.

Alkaloid Vinca dan taxanes adalah dua kelas agen antimikrotubulus yang berbeda yang menyebabkan disfungsi mikrotubulus. Alkaloid vinca seperti vincristine dan vinblastine mengikat dimer tubulin dan mencegahnya dari polimerisasi. Di sisi lain, taxanes seperti paclitaxel dan docetaxel memiliki mekanisme aksi yang berlawanan. Agen penstabil ini mengikat mikrotubulus dan mencegahnya dari depolimerisasi. Penekanan dinamika mikrotubulus spindel menghasilkan penghentian siklus sel melalui perlambatan atau pemblokiran mitosis pada transisi metafase-anafase yang mengarah pada induksi kematian sel apoptosis.

Digunakan untuk mengobati:

Contoh:

  • Docetaxel (Taxotere)
  • Eribulin (Halaven)
  • Ixabepilone (Ixempra)
  • Paclitaxel (Taxol)
  • Vinblastine

Peringatan:

Lebih mungkin dibandingkan jenis kemoterapi lain untuk menyebabkan kerusakan saraf yang menyakitkan.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.

Chemotherapy Drugs Combinations | Chemo Medications: Understanding Medications for Cancer Treatment


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: CleverlySmart, Chemo Care, Medline Plus

Sumber foto: Pixabay

Menjalani Kemoterapi dalam pengobatan kanker – Proses, Persiapan dan Apa Yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Kemoterapi?

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing