fbpx

Penyebab Gigi Berlubang

Penyebab Gigi Berlubang

Masalah gigi berlubang sering dialami hampir dari setiap orang. Berikut adalah beberapa hal penyebab gigi berlubang (karies gigi):

 

Penyebab gigi berlubang - Karies gigi

Penyebab gigi berlubang – Karies gigi.

 

1. Kebersihan mulut yang buruk

Kebersihan mulut yang buruk tidak hanya mencakup menggosok gigi secara teratur, tetapi tidak membersihkan gigi secara teratur, tidak menyikat lidah, dan tidak menggunakan pencuci mulut. Anda harus menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari – pagi dan malam, tetapi sangat ideal untuk menyikat setelah setiap makan.

Dan ingat untuk menyikat setidaknya selama dua menit. Atur sedikit waktu Anda untuk menyikat gigi dan memastikan bahwa Anda menyikat gigi selama 2 menit. Kebersihan mulut yang tidak benar pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan gigi. Kerusakan gigi karena kebersihan mulut yang buruk dapat dihindari!

 

2. Celah gigi mendalam dan masalah enamel

Individu dengan masalah email gigi dan yang memiliki celah dalam di gigi mereka sangat mungkin memiliki masalah dengan kerusakan gigi. Ini karena celah-celah dalam memungkinkan bakteri dan plak akses mudah untuk tumbuh.

Dental sealant ( lapisan plastik tipis yang dipasang pada permukaan gigi untuk melindungi gigi dari kerusakan) biasanya digunakan untuk mencegah kerusakan gigi pada pasien dengan celah gigi yang dalam. Sealant gigi hanya aman untuk gigi yang tidak terinfeksi untuk mencegah kerusakan gigi.

 

3. Nutrisi yang kurang layak

Menghindari makanan yang tinggi gula, tinggi karbohidrat dan tinggi asam adalah cara terbaik untuk menghindari kerusakan gigi karena nutrisi yang tidak tepat. Makan makanan yang sehat, yang termasuk makanan sehat dan menghindari minuman asam manis adalah cara untuk pergi. Jadi, nutrisi yang buruk adalah salah satu penyebab gigi berlubang. Baca juga: Makanan Gizi Seimbang

 

4. Terlalu banyak makan dan minum yang manis

Makanan dan minuman adalah teman terbaik bakteri di mulut Anda. Bakteri di mulut Anda benar-benar memakan makanan bergula dan kemudian mulai melapisi gigi Anda dengan merusak asam alaminya. Ini semua dapat terjadi dalam hitungan detik dan dapat terjadi beberapa kali selama satu kali makan, itulah sebabnya mengapa disarankan untuk menyikat gigi setelah setiap makan untuk menghilangkan asam.

Ketika memikirkan makanan manis, Anda lebih mungkin berpikir tentang “permen” dan hal-hal seperti itu, padahal sebenarnya, ada banyak makanan yang mengandung “gula tersembunyi.” Jadi berhati-hatilah dan selalu waspada terhadap gula yang tersembunyi. Ingat, minuman manis seperti jus sama merusak gigi Anda seperti soda.

 

5. Makanan dan minuman asam

Ketika kebanyakan orang berpikir tentang “asam” mereka lebih mungkin berpikir tentang “soda,” padahal sebenarnya banyak makanan umum yang orang konsumsi setiap hari mengandung asam.

Yang mengejutkan, bahkan makanan seperti ikan dan roti mengandung asam. Tentu saja, minuman berkarbonasi seperti soda, serta jus buah adalah semua agen asam yang menyebabkan kerusakan gigi dan menjadi penyebab gigi berlubang. Tidak seperti cara bakteri memakan makanan bergula sehingga mereka dapat melapisi gigi dengan asam, makanan dan minuman asam segera mulai merusak enamel gigi dengan asam mereka sendiri.

 

6. Masalah mulut kering

Karena fakta bahwa air liur membantu menghambat pertumbuhan plak, orang dengan kondisi mulut kering akan lebih dari mungkin memiliki masalah gigi yang menyebabkan kerusakan gigi. Mulut kering dapat disebabkan oleh obat yang diresepkan, mungkin karena genetik, atau mungkin disebabkan oleh kondisi medis seperti diabetes (kencing manis). Seorang dokter gigi yang waspada akan bekerja sama dengan pasien untuk mencegah kerusakan gigi atau kerusakan gigi lebih lanjut karena masalah mulut kering.

 

7. Menggesek gigi

Banyak orang menggesek gigi (penggerindaan gigi) mereka dan bahkan tidak menyadari bahwa mereka melakukan ini, biasanya pada saat tidur. Gerinda gigi biasanya terjadi ketika orang sedang tidur atau ketika mereka sedang mengalami stres yang luar biasa. Penggerindaan gigi menyebabkan kerusakan gigi karena fakta itu menggores lapisan luar dari enamel gigi. Penggerindaan gigi dapat dicegah dengan penggunaan “pelindung gigitan”, juga dikenal sebagai “penjaga malam” dan dengan pengurangan stres.

 

8. Genetika

Sering kali, banyak orang mengalami masalah dengan kerusakan gigi karena genetika. Sama seperti Anda mewarisi warna mata dan rambut Anda dari keluarga Anda, Anda juga mewarisi celah gigi dalam dan masalah email, yang menjadi penyebab gigi berlubang.

 

9. Faktor umur

Ada banyak alasan mengapa gigi berlubang menjadi lebih umum dengan usia, tetapi beberapa di antaranya termasuk obat resep umum yang menyebabkan mulut kering, resesi gusi dengan usia dan kebersihan mulut yang tidak layak dan pada akhirnya mengejar usia.

 

10. Menghindari dokter gigi

Hal terakhir penyebab gigi berlubang adalah menghindari kunjungan ke dokter gigi tidak baik untuk gigi Anda dan pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan gigi di masa depan. Jika Anda takut dengan dokter gigi, jangan takut! Dokter gigi untuk membantu Anda. Idealnya, Anda sebaiknya harus mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk pembersihan karang gigi secara rutin dan pemeriksaan.

Selama pemeriksaan di dokter gigi, dokter gigi Anda akan memeriksa mulut Anda untuk menemukan tanda-tanda kerusakan gigi. Jika tanda-tanda kerusakan gigi ada, dokter gigi Anda akan bekerja dengan cepat untuk menangani masalah, serta menyediakan tindakan pencegahan untuk menghindari kerusakan gigi di masa depan.

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Web MD

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-01-14T18:45:25+07:00 Juni 10th, 2018|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment