Penyebab Gigi Copot

4 min read

Penyebab gigi copot - gigi rontok

Penyebab Gigi Copot

Menghindari kehilangan gigi mungkin sebagian dalam kendali Anda, penelitian menunjukkan. Dalam Journal of Periodontology, ahli gigi mencatat 10 faktor risiko kehilangan gigi karena penyakit periodontal. Berikut adalah penyebab gigi copot:

1. Penyakit gusi (penyakit periodontal)

Penyakit periodontal adalah infeksi bakteri kronis pada gusi dan tulang pendukung gigi. Contohnya seperti karies gigi yang kronis dan  berkelanjutan adalah salah satu penyebab gigi copot. Penyakit gusi, juga dikenal sebagai penyakit periodontal, adalah penyebab kehilangan gigi nomor satu di antara orang dewasa — yang menyebabkan 70 persen gigi tanggal. Ini dimulai dengan bakteri dan pembengkakan pada gusi. Seiring perkembangannya, ini menghancurkan jaringan gusi dan dapat menghancurkan tulang rahang di bawah gusi, sehingga gigi tidak dapat menopang.

2. Gigi berlubang

Gigi berlubang adalah lubang pada gigi yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang berubah menjadi kerusakan gigi. Jika tidak dirawat, gigi berlubang dapat merusak pulpa di tengah gigi, yang kemungkinan besar akan menyebabkan saluran akar atau bahkan pencabutan gigi. Cegah gigi berlubang dengan mempraktikkan kebiasaan kesehatan mulut yang baik, memilih makanan dan minuman yang sehat, serta rutin ke dokter gigi untuk deteksi dini. Perawatan dini bisa menyelamatkan gigi Anda.

3. Cedera fisik atau kecelakaan

Mereja dapat terjadi, terutama saat berolahraga, itulah mengapa pelindung mulut penting. Jatuh, kecelakaan mobil dan lainnya juga bisa menyebabkan gigi tanggal. Namun, Anda bisa waspada untuk menghindari beberapa penyebab umum gigi tanggal atau kerusakan karena kecelakaan.

Jangan menggunakan gigi Anda untuk melepas tutup, atasan atau kelopak mata, untuk melonggarkan simpul tali, merobek tag atau memotong benang. Anda juga tidak boleh menggunakan gigi untuk mengunyah es, membuka kulit kacang, atau mengunyah biji berondong jagung jika Anda ingin memastikan gigi Anda tetap utuh.

4. Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang menyebabkan tulang melemah dan menjadi keropos. Akibatnya, benturan dan benturan kecil pun dapat menyebabkan patah tulang. Meskipun osteoporosis umumnya menyerang tulang belakang, pinggul, dan pergelangan tangan, hal itu juga dapat merusak tulang di rahang yang menopang gigi.

5. Penyakit dan faktor risiko lainnya

Selain penyakit periodontal, penyakit dan faktor risiko berikut dapat menyebabkan gigi tanggal:

Penyebab gigi copot - gigi rontok
Penyebab gigi copot – gigi rontok. Sumber foto: Pixabay

Alasan utama untuk kerontokan gigi / Penyebab gigi copot

Penyakit periodontal dianggap sebagai alasan utama untuk kehilangan gigi. Ini, pada kenyataannya, adalah salah satu penyebab utama hilangnya gigi di dunia. Selain itu, pria lebih rentan memiliki gigi yang diekstraksi dibandingkan dengan wanita. Kerontokan gigi juga lebih umum di antara pasien yang berusia 35 tahun ke atas.

Konsekuensi Perawatan Gigi Tidak baik atau jarang sikat gigi.

Saat ini, banyak orang masih mengakui tidak memiliki atau mengabaikan perawatan gigi profesional. Hanya beberapa orang yang mencari perawatan mulut profesional setiap 6 bulan sekali.

Kebanyakan orang mengunjungi dokter gigi hanya ketika rasa sakit atau terjadi keadaan darurat gigi. Tidak banyak yang tahu betapa berharganya menjaga mulut, gusi dan gigi.

Selain ini, karena jadwal sibuk atau kemalasan, beberapa orang tidak mengikuti praktik kebersihan mulut yang tepat setiap hari.

Penyebab Kerontokan Gigi

Penyebab kehilangan gigi dapat terdiri dari kecelakaan malapetaka, penyakit mulut, konsumsi alkohol atau obat berlebihan dan bahkan kekurangan gizi. Penyebab lain mungkin termasuk penyakit periodontal seperti gingivitis yang mengacu pada bentuk ringan penyakit gusi dimana bakteri menyebabkan gusi berdarah dan menjadi merah atau peradangan.

Sementara itu, periodontitis berkenaan dengan bentuk lanjutan dari penyakit gusi dimana getah mulai menarik diri dari gigi.

Sebenarnya, penyakit periodontal dapat disebabkan oleh penggunaan produk tembakau (merokok); Namun, ini juga dapat disebabkan oleh stres, perubahan hormonal, diabetes, penyakit dan beberapa bentuk obat. Beberapa orang bahkan lebih rentan terhadap masalah gusi karena berjalan di dalam darah (genetika).

Demikian juga, orang yang menderita diabetes memiliki risiko lebih besar untuk penyakit mulut. Kondisi ini sebenarnya dapat menyebabkan hilangnya jaringan ikat dan tulang di mulut dan ini dapat menyebabkan gigi tanggal. Tapi, kehilangan gigi dapat dicegah dengan suntikan insulin secara konstan. Baca juga: Pengertian & Penjelasan Diabetes / Kencing Manis

Seiring bertambahnya usia, risiko karies gigi menjadi semakin signifikan. Genetika juga merupakan penyebab kehilangan gigi yang penting, terutama berkaitan dengan bagaimana gen seseorang memengaruhi pembentukan akar-akarnya.

Terlepas dari sepuluh faktor risiko ini, penyebab lain dari penyebab gigi copot terdiri dari pemasangan “jembatan” yang buruk, penambalan yang rusak, pola makan yang buruk, gigi yang tidak selaras, kontrasepsi oral, kekuatan menggigit berlebihan, steroid, penghambat saluran kalsium, penyakit AIDS serta obat terapi kanker.

Meskipun benar bahwa ada beberapa alasan mengapa seseorang lebih mungkin kehilangan gigi, yang sebenarnya paling penting adalah segera mengganti gigi Anda yang copot untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Corsodyl, Delta Dental Plan of Michigan, Web MDHawaii Family Dental

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.