fbpx

Naga Air Australia – Water Dragon (Intellagama Lesueurii)

Reptil Naga Air Australia

Water Dragon Australia atau Reptil Naga Air Australia adalah spesies agamid arboreal asli Australia timur.

Reptil Naga Air ini memiliki nama latin Intellagama lesueurii, sebelumnya disebut Physignathus lesueurii). Reptil Naga Air Australia ini meliputi naga air timur (Intellagama lesueurii lesueurii) dan subspesies naga air Gippsland (Intellagama lesueurii howittii).

Nama spesifiknya, lesueurii, untuk menghormati naturalis Prancis Charles Alexandre Lesueur.
 

Reptil naga air water dragon australia

Naga Air Australia – Water Dragon Air (Intellagama Lesueurii). Foto ini diambil dari Pantai Manly di daerah Sydney, Australia. Sumber foto: Pinter Pandai

 

Deskripsi Naga Air Australia

Memiliki anggota badan dan cakar yang kuat untuk memanjat, ekor panjang berotot berotot untuk berenang, dan puncak nuchal dan vertebral yang menonjol. (Lambang nuchal adalah deretan tengah paku di dasar kepala. Paku ini terus menuruni tulang belakang, semakin kecil saat mencapai pangkal ekor.)

Termasuk ekor mereka, yang terdiri dari sekitar dua pertiga dari total panjangnya, betina dewasa tumbuh hingga sekitar 60 cm (2 kaki) panjangnya, dan jantan dewasa dapat tumbuh sedikit lebih panjang dari satu meter (3 kaki) dan berat sekitar 1 kg. Jantan menunjukkan pewarnaan yang lebih berani dan memiliki kepala lebih besar dari betina. Warna remaja kurang berbeda.
 

Variasi Spesies Naga Air Australia

Naga air Australia adalah satu-satunya spesies dari genus Intellagama.

Ada dua subspesies:

Intellagama lesueurii lesueurii (naga air timur) dan Intellagama lesueurii howitti (naga air Gippsland). Intellagama lesueurii lesueurii cenderung ke arah putih, kuning dan merah di tenggorokan dan memiliki pita gelap di belakang matanya; Intelligama lesueurii howitti kekurangan ini dan sebagai gantinya memiliki pita gelap di kedua sisi tenggorokannya, yang bernoda kuning, oranye, atau biru.

Kedua subspesies berwarna abu-abu kehijauan terang dalam warna keseluruhan dengan pita hitam membentang di punggung, ekor, dan kaki. Naga air perlahan-lahan dapat mengubah warna kulit untuk membantu kamuflase. Kulit akan luruh selama periode pertumbuhan.
 

Tingkah laku Naga Air Australia

Naga air Australia sangat pemalu di alam liar, tetapi siap beradaptasi dengan keberadaan manusia yang berkelanjutan di taman dan taman pinggiran kota. Mereka adalah pelari cepat dan pendaki yang kuat. Ketika berhadapan dengan predator potensial, mereka mencari perlindungan di vegetasi yang lebat, atau jatuh dari dahan yang menjorok ke dalam air. Mereka dapat berenang benar-benar tenggelam, dan beristirahat di dasar sungai yang dangkal atau danau hingga 90 menit, untuk menghindari deteksi.

Baik jantan dan betina menunjukkan perilaku agamid yang khas seperti berjemur, melambai-lambaikan tangan dan mengangguk-angguk.

Dominasi sinyal lambaian lengan cepat, sementara pengajuan sinyal lambaian lengan lambat. Laki-laki adalah teritorial, dan di daerah-daerah dengan kepadatan populasi yang lebih tinggi, laki-laki menunjukkan sikap agresif terhadap laki-laki lain termasuk sikap, mengejar dan berkelahi.
 

Pembiakan Naga Air Australia

Mereka hidup di iklim Australia yang lebih dingin berhibernasi selama musim dingin. Selama musim semi, biasanya pada awal Oktober, betina menggali lubang sekitar 10-15 cm (3,9-5,9 in) dan terletak antara 6 dan 18 telur. Sarang biasanya di tanah berpasir atau lunak, di daerah yang terbuka untuk matahari.

Ketika ibu telah meletakkan telur, dia mengisi ruangan dengan tanah dan menyebarkan puing-puing di atasnya. Naga air Australia menunjukkan penentuan jenis kelamin yang bergantung pada suhu; jenis kelamin tukik ditentukan oleh suhu situs sarang.

Ketika anak-anak lahir, mereka tinggal di dekat pintu masuk liang untuk beberapa waktu sebelum meninggalkan rumah. Ketika mereka akhirnya meninggalkan sarang, mereka cenderung berkelompok jauh dari populasi dewasa.
 

Habitat Naga Air Australia

Seperti namanya, naga air Australia dikaitkan dengan air dan bersifat semi-akuatik. Ini dapat ditemukan di dekat anak sungai, sungai, danau dan badan air lainnya yang memiliki situs berjemur seperti menggantung cabang atau batu di matahari terbuka atau disaring. Spesies ini sangat umum di bagian hutan hujan Brisbane Botanic Gardens, Mount Coot-tha di Queensland, dan sebuah monumen telah dibangun untuk mereka di sana.

Ada laporan anekdotal tentang koloni kecil yang tinggal di Sixth Creek di kawasan Forest Range Australia Selatan, yang mungkin diperkenalkan di sana selama tahun 1980-an oleh penggila reptil lokal. Ini ratusan kilometer di luar jangkauan alami mereka.
 

Predator, ancaman dan makanan Naga Air Australia

Mereka memangsa burung, ular, kucing, anjing, dan rubah. Nestling dan naga air remaja yang lebih kecil rentan terhadap pemangsaan oleh kookaburras, currawong, butcherbirds, dan burung karnivora lainnya.

Mereka juga cenderung menjadi road kill karena daya tarik aspal hangat dan beton untuk berjemur.

Makanan naga air Australia tergantung pada ukurannya. Remaja dan anak-anak cenderung memakan serangga kecil seperti semut, laba-laba, jangkrik, dan ulat. Ketika mereka bertambah besar, mangsa mereka pun bertambah. Makanan Naga Air Australia dewasa termasuk tikus kecil seperti bayi tikus, meskipun serangga masih yang paling sering dikonsumsi.
 

Bacaan Lainnya

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber foto: Wikipedia Commons

Sumber bacaan: Math is Fun, I Practice Math

                                   
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

By | 2019-03-23T06:06:32+07:00 Maret 19th, 2019|Geografi & Sejarah, IPA|0 Comments

Leave A Comment