PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Sejarah Paskah, Simbol dan Tradisi dalam Agama Kristen

3 min read

Sejarah paskah

Sejarah Paskah dalam Agama Kristen

Bagi banyak orang, Paskah menandai awal musim semi (bagi negara yang memiliki 4 musim) yang tidak resmi, tetapi bagi orang Kristen di seluruh dunia, itu adalah salah satu perayaan terpenting tahun ini. Apa sejarah Paskah? Bagaimana asal-usulnya? Pembaruan tentang sejarah Paskah dan tradisinya…

Berakar pada lebih dari 2.000 tahun ritual dan ritus, Paskah memperingati peristiwa sentral dari iman Kristen: kebangkitan Yesus Kristus, yang orang Kristen lihat sebagai pemenuhan nubuat Alkitab tentang seorang mesias yang bangkit dari antara orang mati yang menawarkan hidup kekal kepada murid-muridnya.

Perayaan berlangsung pada akhir Prapaskah, yaitu setelah empat puluh hari puasa dan pertobatan mengacu pada puasa empat puluh hari Yesus Kristus di padang pasir. Periode lean memuncak dengan Pekan Suci dan peringatan peristiwa alkitabiah seputar penganiayaan, penyaliban dan kematian Yesus. Pekan Suci dengan demikian mencakup Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci dan Paskah.

Episode-episode ini dijelaskan dalam Perjanjian Baru. Ditampilkan sebagai putra Allah dan raja orang Yahudi, Yesus dari Nazaret mengumpulkan di sekelilingnya sejumlah murid yang setia dan terus bertambah, saksi-saksi tentang mukjizat-mukjizat di mana ia adalah penciptanya dan belas kasihan-Nya terhadap yang paling membutuhkan dan yang lebih terpinggirkan.

Tetapi popularitas Yesus yang semakin meningkat segera membuatnya mendapatkan permusuhan dari otoritas Romawi dan ekstremis agama. Keengganan ini mencapai klimaksnya ketika Yesus memasuki kota Yerusalem dengan penuh kemenangan, di mana Ia disambut oleh orang banyak yang meletakkan daun palem dalam perjalanannya (episode sekarang dirayakan pada Minggu Palma).

Tak lama setelah itu, saat makan bersama murid-muridnya, yang kemudian disebut sebagai Perjamuan Terakhir, Yesus meramalkan bahwa salah satu rasulnya akan mengkhianatinya dan mengundang murid-muridnya untuk berbagi roti dan anggur untuk mengenangnya.

Setelah makan malam, Yesus ditangkap. Seperti dugaan Yesus, Yudas Iskariot, salah satu muridnya, telah memutuskan untuk menyerahkan Yesus kepada para imam besar Yahudi di kota itu dengan imbalan 30 keping perak (episode dirayakan pada Kamis Putih).

Yesus diadili dan dipukuli. Melihat bahwa massa sekarang telah berbalik melawan pengkhotbah muda, Pontius Pilatus, gubernur provinsi Romawi, setuju untuk menghukum mati dia. Yesus kemudian disalibkan, sebuah hukuman yang biasanya diperuntukkan bagi para penjahat. Dia meninggal dan dimakamkan (Jumat Agung) di sebuah makam di mana tubuhnya beristirahat sampai hari berikutnya (Sabtu Agung).

Tetapi ketika kerabatnya, dalam duka, datang untuk berdoa di makamnya pada hari Minggu, makam itu kosong. Yesus telah bangkit. Dia menampakkan diri kepada para murid, di pantai, seperti yang dilaporkan dalam Injil menurut Yohanes, dalam pasal 21, ayat 1 sampai 14. Episode inilah yang dirayakan pada Paskah.

Orang Kristen merayakan Paskah dengan berbagai cara, termasuk kebaktian pagi hari yang disukai oleh Protestan dan Malam Paskah, sebuah liturgi kuno dan ritus pembaptisan yang dirayakan oleh umat Katolik pada malam Sabtu Suci. Anggota Gereja Ortodoks juga merayakan Paskah, tetapi tiga belas hari lebih lambat dari umat Kristen lainnya, karena agama mereka didasarkan pada kalender Julian.

Baca juga: Hari Paskah bahwa Yesus disalibkan, mati dan dikuburkan dan pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati

Selama bertahun-tahun, Paskah telah menyatu dengan perayaan pagan tentang kedatangan musim semi. Tradisi populer termasuk kunjungan dari Kelinci Paskah, representasi musim semi yang membawa telur, simbol kehidupan yang diperbarui. Satu teori menyatakan bahwa tradisi ini berasal dari Jerman. Either way, berburu telur Paskah, menghias telur, dan makan permen selalu populer selama Liburan Musim Semi.

Asal nama Paskah?

Paskah berasal dari bahasa Ibrani Pesach, bagian yang menjadi pascha dalam bahasa Latin. Paskah merayakan pelarian orang-orang Yahudi dari Mesir dan penyeberangan Laut Merah. Paskah dirayakan pada hari bulan purnama musim semi, 14 Nizan. Namun, menurut Injil, pada malam Sabat, selama persiapan Paskah, penyaliban Yesus terjadi. Kebangkitannya, tiga hari kemudian, dirayakan dengan pesta Kristen, hari Minggu setelah bulan purnama musim semi.

Hari raya Yahudi dan hari raya Kristen menyandang nama yang sama, tetapi telah diucapkan dalam bentuk jamak di antara orang-orang Kristen sejak abad ke-16, untuk membedakan diri mereka dari hari raya Yahudi dan untuk membangkitkan sengsara, penyaliban dan kebangkitan Yesus.

Simbol dan tradisi Paskah

Jika pada perayaan Paskah, hari ini merupakan kebiasaan untuk menawarkan telur cokelat, kebiasaan ini masih sangat baru. Memang, baru pada abad ke-19 telur cokelat mulai ditawarkan pada hari Minggu Paskah. Sampai saat itu, telur ayam ditawari dicat merah dan dihias dengan gambar atau semboyan. Dari Renaisans, di istana kerajaan, telur ayam digantikan oleh telur emas.

Simbol lain dari liburan ini: lonceng Paskah. Memang merupakan kebiasaan untuk memberi tahu anak-anak bahwa lonceng Paskahlah yang membawa telur cokelat. Dan untuk alasan yang baik: pada abad ke-7, sejarah Paskah pada Gereja, untuk melarang membunyikan lonceng antara Kamis Putih dan Minggu Paskah, sebagai penghormatan kepada periode antara kematian Yesus dan kebangkitannya. Kami kemudian mulai mengatakan bahwa selama beberapa hari ini, lonceng berangkat ke Roma dan kemudian kembali untuk Paskah dengan telur yang mereka bagikan dalam perjalanan. Di negara-negara Jerman dan Anglo-Saxon, bukan lonceng Paskah yang membawa telur tetapi kelinci Paskah…

Akhirnya, tradisi Paskah lainnya: domba, yang biasanya dimakan pada hari Minggu Paskah. Dalam agama Yahudi, merupakan kebiasaan untuk mengorbankan seekor domba pada saat Paskah, untuk merayakan pembebasan orang-orang Ibrani. Dalam agama Kristen, Yesus dikaitkan dengan domba yang dikorbankan karena penyaliban-Nya untuk menyelamatkan manusia dari dosa-dosa mereka.


Hari Paskah bahwa Yesus disalibkan, mati dan dikuburkan dan pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CleverlySmart, Britannica, History, Christianity

Sumber foto: Wikimedia Commons (Public Domain)

Deskripsi foto: Tanggal: abad ke-17. Ikon Rusia dengan 5 tema: Tritunggal Mahakudus Perjanjian Baru; Penjahat Baik masuk Surga; Adam, Eva (Hawa) dan lainnya mengikuti Yesus dari Neraka ke Surga; Neraka Mengerikan; Penguburan Kristus.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!